Minggu, 16 Juni 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Giat Lakukan Sosialisasi, Berantas Pungli Dan Berikan Efek Jera Kepada Pelakunya | | Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pabrik Pupuk NPK Segera Beroperasi Ditualang | | Dua Periode Alfedri - Husnie, Partai Perindo Siak Beri Dukungan | | Sekda Arfan Menghadiri Pembukaan Kejuaraan Menembak Piala Dandim Cup Tahun 2024 | | Ditreskrimum Polda Sumsel Subdit III, Amankan 2 Deb Collector | | Suami Tusuk Perut Istri hingga Tewas di Kampar
 
Ini Alasannya
Sekolah Harus Izin Kepala Dinas Yang Ingin Gelar 'Study Tour'
Kamis, 15-05-2024 - 17:26:10 WIB
Ilustrasi Sekolah Dasar
TERKAIT:
   
 

YOGYAKARTA, DELIK RIAU  - Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman memiliki kebijakan terkait dengan kegiatan sekolah study tour maupun outing class. Setiap sekolah yang akan mengadakan study tour maupun outing class harus lebih dulu mengajukan izin ke Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana mengatakan, pihaknya sudah lama menerapkan kebijakan terkait dengan kegiatan sekolah study tour maupun outing class.

"Dinas Pendidikan Sleman itu tidak ada langkah khusus karena semuanya sudah kita lakukan sejak awal," ujarnya, dilansir dari Kompas.com, Rabu (15/05/2024).

Ery menjelaskan, kegiatan sekolah berupa study tour atau outing class sifatnya tidak wajib. Namun, jika akan melaksanakan kegiatan tersebut atas persetujuan dari orangtua siswa.

"Tetapi kalau melaksanakan study tour untuk menambah wawasan anak-anak itu tentunya atas persetujuan orangtua dan itu sudah disepakati dan itu tidak wajib, jadi sifatnya sukarela," tuturnya.

"Karena memang yang namanya study tour atau outing class itu untuk menambah wawasan anak-anak itu memang dipandang perlu juga karena biar wawasan anak semakin bertambah," imbuhnya.

Selain itu, setiap sekolah yang akan melaksanakan study tour atau outing class harus mengajukan izin terlebih dahulu ke Dinas Pendidikan Sleman.

"Kami sudah mengimbau ke satuan pendidikan semuanya yang akan melaksanakan outing class atau study tour itu harus mengajukan izin ke dinas pendidikan. Harus mengajukan izin," tegasnya.

Surat izin tersebut disertai dengan tembusan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman. Nantinya, Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman akan melakukan pengecekan armada yang digunakan untuk study tour atau outing class. Pengecekan kelayakan armada ini untuk kendaraan roda empat atau lebih.

"Jadi harus ada surat layak jalan dari Dinas Perhubungan. Jadi surat-surat yang kita keluarkan nanti terus sekolah itu menyampikan ke Dinas Perhubungan. Dan dinas perhubungan akan mengadakan pengecekan kendaraan itu. Itu sudah kita lakukan tidak hanya sekarang, tapi sudah berjalan," tandasnya.

Sebisa mungkin sekolah mengajukan surat izin ke Dinas Pendidikan jauh-jauh hari. Sebab, proses pencekan armada oleh Dinas Perhubungan Sleman membutuhkan waktu.

"Kalau izin melaksanakan dari kami, tetapi di surat izin kami itu kan juga ada klausul bahwa armada kendaraan harus layak jalan dan harus mendapatkan surat keterangan pengecekan dari dinas perhubungan," ungkapnya.

Ery menyampaikan, study tour atau outing class yang tidak mengantongi izin serta tanpa proses pengecekan armada maka dilarang berangkat. Jika ada yang tetap nekat, maka tahun depan tidak akan diberikan izin.

"Kalau ada sekolah yang melaksanakan study tour tanpa izin kami, kalau kami tahu nanti di tahun berikutnya kalau mau study tour lagi tidak kita izinkan. Jadi izin itu praktis harus dan ini sudah banyak, semua yang melakukan itu pada izin ke kami," bebernya.

Lebih lanjut Ery, mengatakan, sosialisasi terkait kebijakan tersebut sudah lama dilakukan. Bahkan, setiap pertemuan atau rapat dengan para sekolah, hal itu selalu disampaikan.

"Itu sebetulnya setiap kita rapat mengundang kepala sekolah mesti kita sampaikan. Bahkan kalau sekolah mau mengadakan study tour di waktu-waktu jam efektif di dalam surat pengajuan izin itu harus ada jadwal penggantian," urainya.

Menurut Ery rata-rata untuk taman kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) melaksanakan study tour hanya di sekitar Yogyakarta. Ada juga SD yang study tour ke Semarang.

Sedangkan untuk sekolah menengah pertama (SMP), ada yang ke Malang, Bandung dan Bali. Namun semua sekolah tersebut sudah mengantongi izin dari Dinas Pendidikan Sleman dan menjalani pengecekan armada oleh Dinas Perhubungan Sleman.

Saat ini banyak surat izin yang diajukan oleh sekolah-sekolah dan masih dalam proses. 

"Bahkan sudah ada yang jalan, sudah ada yang pulang, ini yang sudah mengajukan juga ada. Berjalan terus," pungkasnya. (**)

Sumber : Kompas.com



 
Berita Lainnya :
  • Sekolah Harus Izin Kepala Dinas Yang Ingin Gelar 'Study Tour'
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Giat Lakukan Sosialisasi, Berantas Pungli Dan Berikan Efek Jera Kepada Pelakunya
    02 Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pabrik Pupuk NPK Segera Beroperasi Ditualang
    03 Dua Periode Alfedri - Husnie, Partai Perindo Siak Beri Dukungan
    04 Sekda Arfan Menghadiri Pembukaan Kejuaraan Menembak Piala Dandim Cup Tahun 2024
    05 Ditreskrimum Polda Sumsel Subdit III, Amankan 2 Deb Collector
    06 Suami Tusuk Perut Istri hingga Tewas di Kampar
    07 Pemkab Bengkalis Raih Peringkat Terbaik 1 Penghargaan Patriana Award 2023
    08 Jum'at Curhat Dimanfaatkan Warga Untuk Mencurahkan Aspirasi Dan Keluhan Di Masyarakat
    09 Polsek Tualang Gotong Royong di Tempat Rumah Ibadah, Menyambut HUT Bhayangkara Ke-78
    10 Bersama RSUD Kabupaten Siak Polres Siak Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis, Sambut Hari Bhayangkara Ke 78
    11 AKP Basuki Yuniarto pimpin Apel Personil Pengamanan Olimpiade Olahraga dan Festival Lomba Seni Siswa
    12 Keluarkan Limbah Busuk, Sebabkan Posyandu Mengungsi dan Tak Hiraukan Keluhan Warga, Penampung Cangkang Sawit Diduga Tanpa Izin dan Amdal
    13 Serahkan Langsung SK 2.578 PPPK ke Daerah, Pj Gubri SF Hariyanto
    14 Landasan Kebijakan Pembangunan Kependudukan Terintegrasi, GDPK Jadikan Landasan
    15 Diringkus Polisi ujung Batu, 2 Pengedar Sabu Tak Berkutik
    16 Direktur PJC Terus Berkomitmen Lahirkan Wartawan Profesional, Penyerahan Berkas Ke Kesbangpol
    17 Gelar Apel Pencanangan dan Deklarasi Pembangunan Wilayah Bebas Dari Korupsi, Dipimpin Kapolres Kepulauan Meranti
    18 Kejuaraan Menembak Piala Dandim, Meningkatkan Keterampilan Dan Prestasi
    19 Penyerahan "SK" Dukungan Penuh DPP Partai PAN, Alfedri Bakal Calon Bupari Siak
    20 Hadiri Wisuda IQRA dan Khatam Al-Quran Santri MDTA dan TPQ KE-XV Se Kecamatan Tualang, Tahun Pelajaran 2023-2024
    21 Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu Adhoc Bagi Panwaslu Kecamatan Se- Kabupaten Siak Untuk Pemilu Serentak Tahun 2024, Bawaslu Siak Taja
    22 Gelar Ormas Expo 2024, Tema "Kreatif, Mandiri, Mengayomi",
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI