Kamis, 09-07-2020 - 21:18:53 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Akibat Salah Paham dan Mengkomsumsi Narkoba, Pelaku Pembacokan Di Dayun Akhirnya Tertangkap | | Kegiatan Keramaian, Jika Sudah Kantongi Surat Rekomendasi dari Gugus Tigas Covid-19 | | Hari Terakhir Ops Patub Lancang Kuning 2020, Sat Lantas Polres Pelalawan Bagikan Kotak P3K, Helm Dan 187 Kendaraan Ditilang | | Percam Lubuk Dalam Salurkan BST Kemensos RI Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 | | Pemkam Suak Merambai Salurkan BLT-DD Tahap I II dan III Kepada Warga Yang Terdampak Covid-19 | | 245 KK Kampung Benhul Terima BST Tahap III Untuk Masyarakat Yang Terkena Dampak Covid-19
 
Dukung Ketahanan Pangan Instruksi Presiden Joko Widodo
Kunjungi wisata Ketapang Urban Agriculture, Panglima TNI-Kapolri Panen Tambak dan Tanam Mangrove Bersama
Kamis, 09-07-2020 - 21:18:53 WIB

TERKAIT:
 
  • Kunjungi wisata Ketapang Urban Agriculture, Panglima TNI-Kapolri Panen Tambak dan Tanam Mangrove Bersama
  •  

    TANGERANG (BANTEN), DELIKRIAU - Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi wisata Ketapang Urban Agriculture di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten. Kunjungan itu dilakukan dalam rangka memanen hasil tambak dan penanaman bibit mangrove.

    Acara bertajuk 'Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan' merupakan tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo. Acara Panen Raya Nusantara ini juga sebagai bentuk sinergitas TNI-Polri sebagai penggerak dan pembantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

    Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, kesediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu harus tetap terjaga. Menurutnya, program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh TNI dan Polri dengan memanfaatkan lahan-lahan di wilayah kantor TNI maupun Polri bisa bermanfaat untuk warga.

    "Panen Raya Nusantara menjadi bukti kesungguhan TNI-Polri membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19," kata Hadi, Kamis (09/07/2020) di lokasi Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

    Lebih lanjut Hadi menjelaskan, potensi Indonesia sebagai negara maritim merupakan keunggulan yang tidak dimiliki negara lain. Oleh sebab itu, ia meminta potensi kelautan melalui budidaya perikanan harus diberdayakan secara maksimal.

    "Yang tidak kalah penting sesungguhnya peningkatan konsumsi protein hewani yang bersumber dari ikan oleh masyarakat. Kecukupan gizi, terutama bagi anak-anak kita, akan menghasilkan generasi penerus yang tangguh dan berkualitas," jelasnya.

    Dalam kesempatan itu, dua jenderal bintang tersebut juga melakukan pertemuan virtual dengan 34 Kepolisian Daerah di seluruh Indonesia agar program ini bisa terlaksana dengan baik. Serta meluncurkan program Kampung Tangguh Nusantara secara virtual.

    Empat Polda sebagai perintis program tersebut memberikan laporan. Di Majalengka, Polda Jawa Barat melaksanakan panen 8 hektar tanaman padu dan tebar benih satu ton ikan jenis nila, mas dan lele.

    Untuk Kabupaten Sidoarjo, Polda Jawa Timur memanen dan menebar benih ikan bandeng di tambak sebagai langkah swasembada untuk petani lokal Kecamatan Sedati. Polda Jawa Tengah memanen ikan jenis nila dan lele kualitas unggul. Di tambak buatan yang dibangun di dekat Markas Komando Kepolisian Air dan Udara itu, Polda Jateng juga memanen komoditas udang.

    Sementara mendukung kegiatan tersebut, Polda Metro Jaya membentuk Program JABAT atau Jabodetabek Hebat, salah satunya di wilayah Tanggerang Selatan sebagai upaya solusi penyebaran Covid -19.

    Hingga kini, TNI-Polri telah membentuk 7.024 Kampung Tangguh Nusantara. Program ini merupakan upaya inovasi melawan Covid-19 berbasis lingkungan RT dan RW. Masyarakat secara langsung dilibatkan untuk menjaga kampungnya dari penularan virus corona.

    "Sebuah kampung dapat disebut tangguh jika mempunyai syarat penerapan protokol kesehatan, keamanan dan sosial ekonomi secara ketat dalam kehidupan 'new normal' yang ditetapkan pemerintah," ujarnya.

    "Menunjang kegiatan tersebut, pembangunan infrastruktur desa seperti pos kesehatan warga, rumah karantina, lengkap dengan fasilitas penunjang yang dibutuhkan hingga pelatihan penanganan Covid-19 jika ada warga yang terinfeksi," sambungnya.

    Selain itu, untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19, TNI-Polri turut serta turun ke masyarakat untuk membagikan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan dengan melibatkan perangkat desa setempat.

    "Program Kampung Tangguh Nusantara diharapkan dapat membantu perekonomian dan mendukung ketahanan pangan masyarakat. Inilah bentuk kehadiran TNI-Polri di tengah masyarakat untuk mewujudkan lembaga kepolisian dan tentara profesional, modern dan terpercaya," tutupnya.

    Turut hadir Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Inspektur Jenderal Kementerian Perikanan dan Kelautan Muhammad Yusuf, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriardi.

    Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Kabaharkam Polri Komjen Agus Ardianto, Kabaintelkam Komjen Rycko Amelza Dahniel, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit, serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya. (Mc)



     
    Berita Lainnya :
  • Kunjungi wisata Ketapang Urban Agriculture, Panglima TNI-Kapolri Panen Tambak dan Tanam Mangrove Bersama
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kegiatan Keramaian, Jika Sudah Kantongi Surat Rekomendasi dari Gugus Tigas Covid-19
    02 Akibat Salah Paham dan Mengkomsumsi Narkoba, Pelaku Pembacokan Di Dayun Akhirnya Tertangkap
    03 Hari Terakhir Ops Patub Lancang Kuning 2020, Sat Lantas Polres Pelalawan Bagikan Kotak P3K, Helm Dan 187 Kendaraan Ditilang
    04 Pasien positif Covid-19 di Kabupsten Pelalawan Berjumlah 16 orang Sembuh 3 orang
    05 Polsubsektor Pelalawan Melaksanakan Patroli Karhutla, Sekalian Pengecekan Kanal Bloking Dibuat oleh CV Arya Bumi Riau Teknik
    06 Pilkada Bengkalis 2020, Aktivis Mahasiswa dan Generasi Milenial Dukung Program Pendidikan AMAN
    07 Polsek Sei Kijang Laksanakan Kegiatan Kebiasaan Adaptasi Baru Covid-19
    08 Reses Anggota DPD-RI, MISHARTI Serap Aspirasi Warga Desa Kiyap Jaya Pelalawan Riau
    09 Festival Siak Bermadah Ikut Dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020
    10 5 Agustus 2020, Pemkab Meranti Mulai Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Pelajar Tingkat SMP Sederajat
    11 Tetap Kedepankan Independen, PWI Bengkalis "Welcome" Kepada Siapapun
    12 Curi 3 Kardus Rokok, Pasutri Asal Dayun Siak Berhasil Ditangkap Polsek Tapung Hilir Kampar
    13 Guna Cegah C3, Personil Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Patroli di Perumahan Penduduk yang Ditinggal Liburan
    14 Masuk Dalam Bursa Calon Kepala Daerah Pilkada Bengkalis 2020, Iyeth Bustami Berpotensi Sapu Suara Swing Voters
    15 Produksu Pertanian Holtikultur Tak Terkendala pandemi, Bupati Alfedri Bersama Warga Panen Semangka
    16 Sambagi Rumah Korban Kebakaran Warga Minas Barat, Bupati Alfedri Serahkan Bantuan dan Uang Tunai
    17 Pondok Pesantren Kembali Di Buka, Ini Pesan Bupati Alfedri
    18 Kapolsubsektor Pelalawan Zulmaheri Lakukan Penerapan Pola Adaptasi Untuk Menghadapi Wabah Virus Covid-19
    19 Polsek Bandar Sei Kijang Bersama Masyarakat Berhasil Tangkap2 orang Diduga Pelaku Curanmor
    20 Safari Jum'at, H.Alfedri: Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan Langkah Terbaik Dalam Memerangi Penyebaran Covid-19
    21 Bupati Alfedri: Mari Bersama Kita Mengambil Ibrah Dari Kisah Pengorbanan Nabi Ibrahim
    22 Hari Raya Idul Adha 1441 H, Rahmah Yenny Kembali Sumbang Hewan Qur'ban Satu Ekor Sapi di Desa Sepahat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI