Jumat, 27-09-2019 - 23:18:14 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Gedung Server Plaza Telkom Pekanbaru Terbakar, Jaringan Telokmsel Hilang | | Kadisos Martini: Hari ini Dana BST di Transfer Ke Rekening 34. 529 KK dan 209 Anak Panti | | Gubri Syamsuar segera Usulkan Plt Bupati Bengkalis Ke Mendagri | | Plh Bupati Bengkalis H Bustamy HY Buka MTQ Ke-25 Tingkat Kecamatan Bantan | | Akibat Salah Paham dan Mengkomsumsi Narkoba, Pelaku Pembacokan Di Dayun Akhirnya Tertangkap | | Kegiatan Keramaian, Jika Sudah Kantongi Surat Rekomendasi dari Gugus Tigas Covid-19
 
Tingkatkan Kualitas Aparatur Menyusun Program Pro Masyarakat
Bupati Meranti Buka Kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
Jumat, 27-09-2019 - 23:18:14 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Meranti Buka Kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
  •  

    BATAM, DELIKRIAU - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, membuka secara resmi kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kepulauan Meranti, kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas dan pengetahuan Aparatur ASN yang handal dalam menjalankan visi dan misi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu, Jumat (27/9/2019) di Ballroom Hotel Nagoya Hill, Batam, Kepri.

    Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Asisten Deputy Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB Komaruddin AK MSc, Nara Suber Hari Kamto, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner MP.d, Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Makmun Murod dan Jajaran Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Ortal Rika S. Sos dan Jajaran Pejabat Eselon III, Para Camat Se-Kabupaten Meranti, Kasubag Program tiap OPd dan lainnya.

    Dalam pidatonya Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, menjelaskan kegiatan tersebut sangat strategis dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi di Kepulauan Meranti melalui peningkatkan kualitas SDM Aparatur Pemerintahan, menurutnya dengan Aparatur yang handal akan memberikan pengaruh yang besar terhadap percepatan pembangunan daerah.

    "Untuk menbangun sebuah Kabupaten/Kota diperlukan SDM yang handal dalam menjalankan visi dan misi daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati Irwan.

    Dan saat ini, untuk percepatan pembangunan Nasional, Kementrian PAN-RB RI, telah menerapkan program Sistem Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah (SAKIP), dalam upaya meningkatkan kualitas dan penganggaran keuangan di Pemerintahan Daerah. Dengan begitu program yang dijalankan Pemerintah Daerah di tiap SKPD berjalan dengan Efektif, Efisien, Akuntable, serta Tepat Sasaran dalam mewujudkan Pemerintah yang bersih dan berwibawa.

    Lebih jauh ditegaskan Bupati, kegiatan ini tidak semata-mata memberikan pengetahuan kepada Aparatur dalam menyusun SAKIP yang baik, lebih dari itu melalui kegiatan ini Aparatur ASN diharapkan dapat menyusun program dan penganggaran yang Efisien, Efektif, Terukur dan bisa dipertanggungjawabkan.

    Selanjutnya dalam kegiatan yang difasilitasi oleh Bappeda dan Bagian Ortal Sekda Meranti itu, Bupati Irwan meyakini dengan SDM Aparatur yang berkualitas dan berkemampuan tinggi Kepualuan Meranti akan dapat bersaing bahkan bisa lebih baik dari Kabupaten Kota lainnya di Riau meskipun serba keterbatasan.

    "Meranti merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki sumber daya alam terbatas, dengan APBD paling kecil. Oleh karena itu perlu diperkuat SDM yang berkualitas dan memiliki kemampuan yang tinggi, dengan begitu  Meranti pasti bisa bersaing bahkan lebih baik dari kabupaten lainnya di Riau," jelas Irwan.

    Dihadapan para Kepala SKPD, Bupati Irwan berharap semua SKPD dapat fokus menyusun program SKPD sesuai dengan Visi dan Misi Kepala Daerah, dalam upaya menekan angka kemiskinan di Meranti sebesar 28.3 persen yang dinilai masih cukup tinggi. 

    Bupati Irwan meminta semua Aparatur harus bekerja keras menekan angka kemiskinan itu salah satunya dengan membangun infrastruktur dasar untuk membuka Isolasi daerah, seperti pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sehingga mobilitas masyarakat dan produksi pertanian dapat berjalan dengan lancar dan cepat dan berdampak pada peningkatan penghasilan masyarakat dipedesaan.

    "Kita harus kerja keras membangun infrastruktur dasar, fasilitas kesehatan, pendidikan, serta menciptakan berbagai inovasi untuk melayani masyarakat. Dan kuncinya adalah SDM Aparatur yang mumpuni dan memahami tugas dan fungsinya masing-masing," ucap Bupati.

    Kemudian agar program strategis ditiap SKPD berjalan dengan optimal dalam menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bupati Irwan mengingatkan perlunya Sinergitas antar SKPD, selain itu disarankan tidak menyusun program terlalu banyak.

    "yang penting program andalan yang dilaksanakan harus fokus dan terukur serta memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat," jelasnya.

    Hal itu sekaligus untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Daerah.

    Terakhir Bupati mengintruksikan kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan Asistensi itu dengan baik  sesuai perunjuk Narasumber dari Kemenpan RB, sehingga setiap SKPD mampu menyusun SAKIP dengan baik. 

    Sekedar informasi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah berhasil meraih Nilai SAKIP BB atau B Plus. Kedepan Bupati Meranti menargetkan Meranti dapat meraih Nilai SAKIP A. Dan kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kabupaten Kepulauan Meranti ini adalah salah satu kegiatan untuk memperkuat kemampuan Aparatur ASN Meranti untuk menyusun SAKIP dengan baik. 

    Senada dengan Bupati Meranti, Asisten Deputy Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB Komaruddin dalam pemaparannya, berharap melalului Asisten itu mampu mencetak SDM Aparatur Meranti yang profesional yang mampu menyusun program pro masyarakat secara Efektif, Efisien, Ekonomis fokus pada Outcome bukan Income atau dengan kata lain sesuai kebutuhan masyarakat bukan keinginan dari SKPD. (rilis)



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Meranti Buka Kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kadisos Martini: Hari ini Dana BST di Transfer Ke Rekening 34. 529 KK dan 209 Anak Panti
    02 Gedung Server Plaza Telkom Pekanbaru Terbakar, Jaringan Telokmsel Hilang
    03 Gubri Syamsuar segera Usulkan Plt Bupati Bengkalis Ke Mendagri
    04 Plh Bupati Bengkalis H Bustamy HY Buka MTQ Ke-25 Tingkat Kecamatan Bantan
    05 Kegiatan Keramaian, Jika Sudah Kantongi Surat Rekomendasi dari Gugus Tigas Covid-19
    06 Akibat Salah Paham dan Mengkomsumsi Narkoba, Pelaku Pembacokan Di Dayun Akhirnya Tertangkap
    07 Hari Terakhir Ops Patub Lancang Kuning 2020, Sat Lantas Polres Pelalawan Bagikan Kotak P3K, Helm Dan 187 Kendaraan Ditilang
    08 Pasien positif Covid-19 di Kabupsten Pelalawan Berjumlah 16 orang Sembuh 3 orang
    09 Polsubsektor Pelalawan Melaksanakan Patroli Karhutla, Sekalian Pengecekan Kanal Bloking Dibuat oleh CV Arya Bumi Riau Teknik
    10 Pilkada Bengkalis 2020, Aktivis Mahasiswa dan Generasi Milenial Dukung Program Pendidikan AMAN
    11 Polsek Sei Kijang Laksanakan Kegiatan Kebiasaan Adaptasi Baru Covid-19
    12 Reses Anggota DPD-RI, MISHARTI Serap Aspirasi Warga Desa Kiyap Jaya Pelalawan Riau
    13 Festival Siak Bermadah Ikut Dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020
    14 5 Agustus 2020, Pemkab Meranti Mulai Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Pelajar Tingkat SMP Sederajat
    15 Tetap Kedepankan Independen, PWI Bengkalis "Welcome" Kepada Siapapun
    16 Curi 3 Kardus Rokok, Pasutri Asal Dayun Siak Berhasil Ditangkap Polsek Tapung Hilir Kampar
    17 Guna Cegah C3, Personil Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Patroli di Perumahan Penduduk yang Ditinggal Liburan
    18 Masuk Dalam Bursa Calon Kepala Daerah Pilkada Bengkalis 2020, Iyeth Bustami Berpotensi Sapu Suara Swing Voters
    19 Produksu Pertanian Holtikultur Tak Terkendala pandemi, Bupati Alfedri Bersama Warga Panen Semangka
    20 Sambagi Rumah Korban Kebakaran Warga Minas Barat, Bupati Alfedri Serahkan Bantuan dan Uang Tunai
    21 Pondok Pesantren Kembali Di Buka, Ini Pesan Bupati Alfedri
    22 Kapolsubsektor Pelalawan Zulmaheri Lakukan Penerapan Pola Adaptasi Untuk Menghadapi Wabah Virus Covid-19
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI