Rabu, 29 Juni 2022
Follow Us ON :
 
 
 
| Mayarakat Kecamatan Sungai Apit Berikan Apresiasi Kegiatan Bujang Kampung | | Satreskrim Polres Rohul Ringkus Diduga Pelaku KDRT | | Bupati H Sukiman Tinjau dan Berikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Rambah Hilir | | Luar Biasa, Personil Polsek Tambusai Ringkus Tiga Pelaku TP Narkotika, Barang Buktinya Mengejutkan | | Wabup Rohul dan Wakil Ketua DPRD Terima Gelar Kehormatan Adat, Bupati H Sukiman: Keragaman Suku Bangsa Kekuatan Dalam Membangun | | Dinas Perkim Rohul Tinjau Lokasi Kebakaran, Dinas PUPR PKPP Riau akan Bangun 7 Unit RLH untuk Korban Kebakaran di Rambah Hilir
 
Geram Dengan Ulah PT SISL, Ketua DPRD Pelalawan Angkat Bicara
Rabu, 26-01-2022 - 08:31:44 WIB

TERKAIT:
   
 

PELALAWAN, DELIK RIAU -  Beroperasi di wilayah Kabupaten Siak, PT Sri Indrapura Sawit Lestari ( PT.SISL) yang terletak di desa Kerinci Kiri, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Provinsi Riau diduga telah mencemari sungai Kiab dengan rute aliran melalui sungai Ginging ke sungai Kiab Jaya hingga sampai ke sungai kampar Kabupaten Pelalawan, Riau.

Dampak diduga limbah yang mengalir ke Sungai yang aliran sungainya masuk ke daerah Kabupaten Pelalawan, diketahui oleh masyarakat menghitam pada Jumat 21 Januari 2022 demikian juga pada Tahun 2021 lalu. Warga Desa Kiab pun mulai resah karena aktifitas mereka kembali terganggu. Sebab sungai yang biasa mereka gunakan untuk fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) tidak dapat digunakan. Hitamnya air sungai mulai hari jumat dan sabtu, namun kurang lebih kurang 35 jam kemudian air sudah berubah lebih jernih.

"Kejadian ini sudah berulang kali terjadi," kata salah seorang warga kepada wartawan.

Menanggapi pencemaran lingkungan yang diduga dilakukan oleh PT SISL, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Baharuddin,SH memberikan tanggapannya saat ditemui awak media di ruangan kerjanya, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau Selasa (25/01/2022).

Terkait PT SISL, Ketua DPRD Baharuddin sangat menyayangkan dan menghimbau agar PT SISL, tidak mengulah.

"Kami sudah pernah turun kelapangan, dan sudah di tangani oleh Gakkum pusat. Sedang proses hukum namun hasilnya belum keluar, mudah-mudahan sanksinya sesuai dengan keinginan masyarakat," ujarnya.

Ditjen GAKKUM - KLHK. Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan unsur pelaksana pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia

"Dan untuk yang kali ini itu kita sangat menyayangkan, kalau memang itu limbah karena saya lihat hitam airnya, saya sampai dikirim gambar oleh kawan-kawan, nah artinyakan ini harus ada tindakan yg tegas, sumbernya dari mana karena ini sudah berkali-kali, apakah dari kesengajaan atau dari aplikasinya," tambah Baharudin.

Di akuinya pemkab Pelalawan kesulitan terkait PT SISL karena letaknya ada di 2 Kabupaten. Pabrik beserta aplikasinya ada di kabupaten Siak, sedangkan dampaknya di Pelalawan. Sebab aliran sungainya dimanfaatkan oleh masyarakat Pelalawan.

"Walaupun dia sekarang sedang melakukan normalisasi terhadap sungai, tapi saya rasa tidak bisa hanya seperti itu. Dia juga berkewajiban melakukan perbaikan terhadap pengelolaan limbah itu sendiri," sambungnya.

Terkait Dinas Lingkungan Hidup (DLH), "Saya selaku ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, meminta di buka secara transparan apapun hasilnya. Kita minta juga nanti DLH Provinsi dan juga Kabupaten supaya juga mengumumkan ke publik apapun hasil dan bentuk sanksinya. Dan kita berharap semua pihak betul-betul memperhatikan masalah lingkungan itu sendiri," tegasnya.

"Apalagi sungai itu kan memang di manfaatkan oleh masyarakat untuk mandi dan sebentar lagi akan ada acara balimau Kasai di sana, untuk mendorong perekonomian masyarakat. Tapi sekali lagi memang karena ini secara letaknya ada di dua kabupaten tentunya yang lebih berkewenangan provinsi. Tapi kami sebagai anggota DPRD nanti akan kami sampaikan. Insyaallah saya nanti terhadap persoalan ini saya minta hasilnya supaya transparan kepada pihak perusahaan nanti akan saya sampaikan kepada pihak terkait," tuturnya.

Sementara ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Profesional Jaringan Mitra Negara ( LSM PROJAMIN ) Nila Hermawati SH. ikut memberikan keterangan terkait masalah PT SISL.

"pada saat kejadian pada tahun 2021 lalu kami mendampingi masyarakat yang meminta untuk melakukan aksi/demo, karena belum mendapatkan ijin maka demo tersebut batal. Kami mendapatkan ancaman apabila melakukan aksi maka akan di jemput paksa," katanya.

Selanjutnya, Nila menceritakan dampak dari limbah tahun lalu yang dirasakan oleh masyarakat.

"Di Kiab Jaya terjadi alergi kulit, di Rantau Baru Bawah ada sekitar 15 kerambah ikan masyarakat hancur semua, begitu juga dengan sampan hancur akibat dari limbah tersebut," ujar Nila.

"Kita sudah melayangkan surat ke DLH sudah daftar online katanya Januari akan di tanggapi, kalau tidak di tanggapi juga akan kami surati lagi. Rencana DLH Provinsi sama dengan yang di Medan buat surat disposisi sama DLH Pekanbaru," imbuhnya.

Belum ada keterangan resmi dari pihak DLH Kabupaten Siak Dan Kabupaten Pelalawan tentang hasil semple cek labor diduga air limbah saat kejadian pada tahun 2021 lalu.

Pihak Humas PT.SISL sendiri saat dihubungi via Wattsap tidak merespon sampai berita ini diterbitkan. Seakan permasalahan yang di hadapi masyarakat Pelalawan bukan urusan mereka. (Tim/AK/DR)



 
Berita Lainnya :
  • Geram Dengan Ulah PT SISL, Ketua DPRD Pelalawan Angkat Bicara
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Satreskrim Polres Rohul Ringkus Diduga Pelaku KDRT
    02 Bupati H Sukiman Tinjau dan Berikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Rambah Hilir
    03 Luar Biasa, Personil Polsek Tambusai Ringkus Tiga Pelaku TP Narkotika, Barang Buktinya Mengejutkan
    04 Wabup Rohul dan Wakil Ketua DPRD Terima Gelar Kehormatan Adat, Bupati H Sukiman: Keragaman Suku Bangsa Kekuatan Dalam Membangun
    05 Bupati Siak Hadir Ramah Tamah Bersama Para Peserta MTQ Provinsi Riau, ini pesan Alfedri
    06 Bujang Kampung Terbitkan 164 NIB Untuk Pelaku UMKM
    07 Serahkan Jaminan Kematian, Bupati Alfedri: Semoga Program ini Terus Berlanjut
    08 Batas Akhir Pendataan Tenaga Kerja PPPK, Pemkab Siak Fokus Data Pegawai Honorer Ikut Seleksi
    09 Dinas Perkim Rohul Tinjau Lokasi Kebakaran, Dinas PUPR PKPP Riau akan Bangun 7 Unit RLH untuk Korban Kebakaran di Rambah Hilir
    10 Sekolah Segudang Penuh Prestasi, Hari Ini Para Calon Siswa/i SMAN 2 Dayun Berbondong-bondong Mendaftarkan Dirinya
    11 Seminar Psikologi Industri dan Organisasi Fakultas Psikologi Tahun 2022 Melatih Anak Muda Menjadi Pengusaha Sukses
    12 Bupati Siak Hadiri Wisuda Ponpes Daarun Nahdhah Thawalib Kampar, Alfedri Sebut Banyak Santri Jadi Tokoh Penting Bangsa
    13 Alhamdulillah, Jamaah Calon Haji Asal Kabupaten Bengkalis dalam Kondisi Sehat di Tanah Suci
    14 Raih 18 Medali di POPDA Ke 15 Provinsi Riau 2022, Siak Duduki Peringkat 3
    15 Berikan Bantuan ke Jurnalis Senior, Aksi Peduli Personel Polda Riau
    16 Kapolda Riau Jamu Pemenang Pertama Lomba Film ‘Sogok’ Sampaikan Rasa Bangga Raihan Prestasi
    17 Sempena Hari Bhayangkara ke 76, Tim Anjang Sana Polda Riau Kunjungi Keluarga Jurnalis Mitra
    18 Dihadiri Utusan Lembaga Pertanahan Belanda, Bujang Kampung ke 19 di Muara Kelantan
    19 Tim Opsnal Polsek Tualang Telah Amankan Pria Sepesialis Curanmor
    20 Adzanu Getar Nusantara Memimpin Rapat Paripurna Pergantian Wakil Ketua DPRD Dari PAN
    21 Mayarakat Kecamatan Sungai Apit Berikan Apresiasi Kegiatan Bujang Kampung
    22 Silaturahmi ke Purnawirawan Polri, Kapolda Irjen Iqbal : Beliau Adalah Guru Panutan dan Senior Kami
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI