Minggu, 24 09 2023
Follow Us ON :
 
 
 
| Dibuka Presiden Jokowi, 114 Wartawan Riau Semarakkan Kongres PWI XXV di Bandung | | DPRD Rohul Rapat Paripurna Tiga Agenda Ranperda APBD | | DPRD Siak Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan RAPBD-P tahun Anggaran 2023 | | Ini Tanggapan dan Jawaban Pemda Terhadap Penyampaian Pandangan Umum Fraksi DPRD tentang RAPBD-P Tahun Anggaran 2023 | | 32 Kampung di Siak, Rabu Besok Laksanakan Pilpung Serentak | | Wujudkan PAUD Berkualitas, Hj. Rasidah Buka workshop yang ditaja Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak-PGRI Kabupaten Siak
 
Project Jembatan Nillo Kerinci, Perusahaan Diduga Gunakan BBM Subsidi
Selasa, 06-04-2021 - 04:31:43 WIB

TERKAIT:
   
 

PELALAWAN, DELIK RIAUKontraktor Pelaksana PT Semangat Hasrat Jaya bersama PT Tata Inti Sepakat (KSO) dan Konsultasi Supervisi PT Dhanesmantara, Consultan KSO PT Epadascon Permata KSO PT Raissa Gemilang. Proyek Pembangunan Jembatan Nilo II dalam tahap pengerjaan dari akhir Desember 2020 hingga kini, pembangunan jembatan tersebut sebagai penghubung jalan lintas Timur dari Pangkalan Kerinci ke Desa Sering, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Pembangunan proyek tersebut, terlihat beberapa alat berat Exskavator dan Crane yang aktif bekerja di lokasi.

"Dalam pengerjaannya, Unit alat berat tersebut digunakan untuk berkerja  di Duga menggunakan BBM Subsidi, terlihat dilokasi ada temuan jerigen. Diduga Bahan Bakar (solar) tersebut dibeli dari SPBU", kata YS yang tidak ingin disebutkan namanya kepada awak media, Selasa (30/03/2021).

Lebih lanjut YS mengatakan, pada bulan November 2020 lalu, kontraktor kami sudah membuat surat pengajuan atau penawaran untuk penyediaan BBM tersebut, dan sudah berjalan beberapa minggu, seiring berjalan. Surat Perintah Kerja (SPK) kami pun sudah ditanda tangani oleh Foza Dona sebagai Team Pelaksana PT SHJ - PT TIS pada tanggal 14 Nopember 2020 yang lalu.

"Mirisnya, tanpa ada titik terang dari Team pelaksana PT SHJ - PT TIS melakukan pemutusan kerja secara sepihak, terkait SPK tersebut. Diduga karena ada yang mengisi atau yang menyediakan BBM subsidi agar harga lebih murah dibandingkan Non Subsidi / BBM industri," ujar YS.

Kemudian YS mengatakan bahwa saat kami pertanyakan terkait Surat Perintah Kerja (SPK) tersebut ke pihak PT SHJ - PT TIS namun tidak mendapatkan kejelasan.

"Selanjutnya Tim Pelaksana PT SHJ - PT TIS menjanjikan, akan memberikan pekerjaan lain, untuk pembuatan pagar pembatas di area desa sering. Kami pun membuat surat penawaran tersebut. Namun kenyataannya, Nihil. Sampai saat ini, itu tidak diberikan," imbuh YS.

"Sementara itu, inikan proyek besar, yang menelan anggaran sesuai kontrak sebesar Rp.94.401.810.081,00. Kok masih mengunakan BBM subsidi," tutup YS.

Sementara Sekjen LSM Peduli Riau Junaidi menambahkan, terkait PT atau Perusahaan yang mengerjakan Proyek pembangunan jembatan Nillo II, ini proyek besar, dan setiap perusahaan yang bergerak di bidang usahanya wajib mengunakan BBM industri dan semua ada ketentuannya.

"Sesuai Peraturan Pemerintah (Permen) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 18 Tahun 2013, Sesuai Perpres RI Nomor 191 Tahun 2014 Tentang Bahan Bakar Minyak, Tentang Penyediaan dan Penggunaan Bahan Bakar sudah diatur dalam pasal 3 dan pasal 17 ayat 1," jelasnya.

"Terkait penggunaan BBM atau penyimpanan oleh perusahaan pelanggaran atas hal itu sudah jelas akan dikenakan Sanki Pidana sebagaimana diatur didalam Undang - Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2021", tambah Junaidi.

Saat dikonfirmasi pihak perusahaan melalui salah satu Tim pelaksana Robi, melalui via seluler dan pesan whatsapp tidak mendapatkan jawaban.

Selanjutnya awak media ini, konfirmasi melalui kepala Logistik Foza Dona melalui via selulernya Kamis 01 April 2021 mengatakan, kami tidak ada memutuskan sepihak terkait pengadaan BBM melalui SPK tersebut, pihak mereka yang tidak sanggup dan mengunduran diri.

"Pihak mereka yang tidak sanggup dan mengundurkan diri," ucap kepala Logistik Foza Dona.

'Saat dipertanyakan terkait pagar pembatas.

"Kami tidak ada menjanjikan soal pagar pembatas tersebut, kepada YS," ujarnya.

Awak media ini kembali mempertanyakan terkait BBM yang digunakan, telepon selulernya langsung dimatikan. Dan menunggu lanjutan akan dikonfirmasi ulang namun tidak ada, Hingga berita ini diterbitkan. (DR)



 
Berita Lainnya :
  • Project Jembatan Nillo Kerinci, Perusahaan Diduga Gunakan BBM Subsidi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dibuka Presiden Jokowi, 114 Wartawan Riau Semarakkan Kongres PWI XXV di Bandung
    02 DPRD Rohul Rapat Paripurna Tiga Agenda Ranperda APBD
    03 Ini Tanggapan dan Jawaban Pemda Terhadap Penyampaian Pandangan Umum Fraksi DPRD tentang RAPBD-P Tahun Anggaran 2023
    04 Bupati Alfedri Harap Penghulu Terpilih Mampu Bersinergi Bersama Pemkab Siak
    05 Wujudkan PAUD Berkualitas, Hj. Rasidah Buka workshop yang ditaja Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak-PGRI Kabupaten Siak
    06 32 Kampung di Siak, Rabu Besok Laksanakan Pilpung Serentak
    07 Pria Tua Cabul Dua Anak Di Umur Bawah, Diciduk Sat Reskrim
    08 DPRD Siak Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan RAPBD-P tahun Anggaran 2023
    09 Kejari Siak Lakukan Penahanan 2 Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi Penyimpangan dalam Pendistribusian Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Kerinci Kanan
    10 Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri Pada Anak Usia Dini Dilingkungan Sekolah
    11 Kunjungi Riau, Ketua PWI Tanah Datar Doakan Zulmansyah Jadi Ketua Umum PWI Pusat
    12 Sukiman : Peserta Harus Berpartisipasi aktif Menyusun DIP Dan DIK
    13 Kolaborasi KY RI dan UNRI dalam Diskusi Publik Perubahan UU KY
    14 Tamrin dan Indra Fitra Terima Bantuan Kursi Roda dari TNI
    15 Pelaku Tabrak Lari, Tidak Sampai Dua Jam Diamankan di Perawang
    16 AKBP Asep Sujarwadi Pimpin Apel Bulanan Rutin Polisi RW
    17 Laka Lantas, Pemotor Tewas Dan Mobil Ringsek Masuk Danau Di Koto Gasib
    18 5 Tersangka Curat Spesialis Rumah Kosong Ditangkap Polisi
    19 Bupati Sukiman Serahkan SK PPPK Formasi
    20 Sidang Perkara Perambahan Hutan Di Rohul, Ediko DPO
    21 Kompol Amru Pimpin Patroli Blue Lihgt Berskala Besar, Sasar Warung Remang-remang Dan Balap Liar
    22 Tersangka Pencuri 26 Konsen Jendela Dan 21 Pintu Di Amankan Polres Rohul
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI