Rabu, 29 Juni 2022
Follow Us ON :
 
 
 
| Mayarakat Kecamatan Sungai Apit Berikan Apresiasi Kegiatan Bujang Kampung | | Satreskrim Polres Rohul Ringkus Diduga Pelaku KDRT | | Bupati H Sukiman Tinjau dan Berikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Rambah Hilir | | Luar Biasa, Personil Polsek Tambusai Ringkus Tiga Pelaku TP Narkotika, Barang Buktinya Mengejutkan | | Wabup Rohul dan Wakil Ketua DPRD Terima Gelar Kehormatan Adat, Bupati H Sukiman: Keragaman Suku Bangsa Kekuatan Dalam Membangun | | Dinas Perkim Rohul Tinjau Lokasi Kebakaran, Dinas PUPR PKPP Riau akan Bangun 7 Unit RLH untuk Korban Kebakaran di Rambah Hilir
 
Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci ( Bagian Akhir )
Minggu, 07-03-2021 - 20:33:27 WIB

TERKAIT:
   
 

PELALAWAN, DELIK RIAU – Pada hari Sabtu siang (6/3/2021) delikriau.com berhasil mewawancarai Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Provinsi Riau, Dewi Arisanty. Saat ditanya apa yang akan dilakukan oleh Komnas PA untuk membela kepentingan korban Intan Aulia (15), siswi SMPN Bernas Pangkalan Kerinci yang diduga dibunuh oleh tersangka A (17).

Dewi mengatakan bahwa yang akan kita lakukan, memberikan keadilan kepada korban sesuai dengan peraturan UU yang diatur dalam pasal 340 dan pasal 338. Karena apa yg dilakukan pelaku telah dengan sengaja menghilangkan nyawa seseorang. Walaupun pelaku sendiri masih di bawah umur.

"Kita juga dari Komnas Perlindungan Anak akan meminta orang tua pelaku untuk diperiksa, dikarenakan kurangnya perhatian orang tua dalam mengawasi anak tersebut. Apalagi anak tersebut dibesarkan dilingkungan keluarga yang notabene pendidik ,” kata Dewi.

Lebih lanjut Dewi menjelaskan mengenai rekonstruksi yang dilakukan pihak kepolisian dikarenakan tidak dihadirkannya pihak korban dalam rekonstruksi tersebut, Ia selaku Ketua Komnas PA akan mendorong pihak kepolisian untuk melakukan rekonstruksi ulang di TKP dan disaksikan pihak korban dan pihak Kejari Pelalawan agar kasus tersebut lebih transparan dan jelas.

"Yang jelas Komnas PA juga berharap pihak kepolisian untuk turut serta menjerat pihak orang tua terkait kurangnya pengawasan dan kepedulian orang tua terhadap anak dalam membentuk karakter dan jiwa anak yang baik," ujar Dewi.

"Pihak Komnas PA bisa menghadirkan saksi lain agar pihak kepolisian tidak timpang sebelah dalam menetapkan pasal bagi pelaku", ujar Dewi mengakhiri.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Pelalawan, Monang Pasaribu S.Sos,M.Si turut berkomentar, Pertama, kami dari komisi III DPRD Kabupaten Pelalawan, Riau mengapresiasi terhadap Polres pelalawan, karna dengan cepat mengungkap pelaku.

"Tapi baiknya diperiksa juga kejiwaan anak (pelaku), apalagi pelaku masih dibawah umur. Terkhusus keluarga korban, kami menyampaikan duka cita yang mendalam", ucap Monang  kepada wartawan delikriau.com Minggu (07/03/2021).

Terkait hukuman kepada pelaku, kata Monang menjelaskan ini sepenuhnya kita serahkan ke penegak hukum, sebagaimana diatur dalam KUHP dan UU No.11 tahun 2012 tentang sistem Peradilan anak, yaitu berupa pidana dan tindakan.

"Harapan kita kepada anak - anak remaja agar hati - hati dalam pergaulan zaman sekarang, juga orang tua kita harapkan agar selalu memantau dan mengedukasi anak - anak kita, tidak cukup hanya menyerahkan semua kepada guru disekolah, butuh kerja sama yang baik", tambah Monang.

Kemudian Monang menjelaskan, terkait ada dugaan pelaku lebih dari satu orang, itu kewenangan kepolisian yang bisa menjelaskan, mungkin lebih layak ditanya ke bagian penyidik. Terkait waktu yang diatur dalam UU jelas, polisi diberikan waktu dan dapat diperpanjang yang telah ditentukan hingga berkas dinyatakan lengkap (P21).

"Terkait rekonstruksi kita mendukung Komnas PA, hingga kasus ini diusut dengan tuntas", imbuhnya.

Selanjutnya Monang mengatakan, terkait siapa saja yg diperiksa dalam hal ini, tentu penyidik bisa mengembangkan orang - orang  yang patut diperiksa, termasuk orang tuanya.

"Kalau masyarakat datang menyampaikan aspirasi ke DPRD wajib kita terima, namun terkait penegakan hukum itu domainnya yudikatif, dalam hal ini kepolisian dan lain-lain. Kita berharap kasus ini diusut secara transparan dan tuntas,” ujar Monang menutup jawabannya melalui pesan tertulis.

Eva, ibu korban juga sangat berharap, kami atas nama keluarga korban mengucapkan terima kasih, atas tertangkapnya tersangka dalam waktu yang singkat oleh pihak Polres Pelalawan.

"Kami ucapkan terima kasih atas bantuannya semua pihak. Keluarga akan menunjuk penasehat hukum untuk mendampingi dan mengawal kasus ini. Kami percayakan semua kepada mereka untuk memperjuangkan agar keadilan benar-benar ditegakkan," ucap Eva.

"Saya sudah kehilangan anak perempuan darah daging saya. Sembilan bulan saya mengandung, melahirkan dan membesarkan Intan dengan susah payah mengais rezeki dengan berjualan makanan. Tiba-tiba anak perempuan harapan hidup saya mati dengan mengenaskan. Dibunuh secara keji. Wajar kalau saya meminta keadilan kepada bapak-bapak polisi, jaksa dan hakim," imbungnya.

“Saya mau keadilan ditegakkan dengan benar. Pelakunya dihukum seberat-beratnya sesuai kelakuan dan perbuatannya,” ujar Eva dengan nada sedih dan berlinang air mata. Suaranya serak, dadanya naik turun memendam beban.

Sampai akhirnya, tangisnya pun pecah juga. Tangis kesedihan yang dalam. Suaranya merintih, mengiris, ditimpa gerimis yang turun sejak sore tadi. 

(Penulis : Dedy R)



 
Berita Lainnya :
  • Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci ( Bagian Akhir )
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Satreskrim Polres Rohul Ringkus Diduga Pelaku KDRT
    02 Bupati H Sukiman Tinjau dan Berikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Rambah Hilir
    03 Luar Biasa, Personil Polsek Tambusai Ringkus Tiga Pelaku TP Narkotika, Barang Buktinya Mengejutkan
    04 Wabup Rohul dan Wakil Ketua DPRD Terima Gelar Kehormatan Adat, Bupati H Sukiman: Keragaman Suku Bangsa Kekuatan Dalam Membangun
    05 Bupati Siak Hadir Ramah Tamah Bersama Para Peserta MTQ Provinsi Riau, ini pesan Alfedri
    06 Bujang Kampung Terbitkan 164 NIB Untuk Pelaku UMKM
    07 Serahkan Jaminan Kematian, Bupati Alfedri: Semoga Program ini Terus Berlanjut
    08 Batas Akhir Pendataan Tenaga Kerja PPPK, Pemkab Siak Fokus Data Pegawai Honorer Ikut Seleksi
    09 Dinas Perkim Rohul Tinjau Lokasi Kebakaran, Dinas PUPR PKPP Riau akan Bangun 7 Unit RLH untuk Korban Kebakaran di Rambah Hilir
    10 Sekolah Segudang Penuh Prestasi, Hari Ini Para Calon Siswa/i SMAN 2 Dayun Berbondong-bondong Mendaftarkan Dirinya
    11 Seminar Psikologi Industri dan Organisasi Fakultas Psikologi Tahun 2022 Melatih Anak Muda Menjadi Pengusaha Sukses
    12 Bupati Siak Hadiri Wisuda Ponpes Daarun Nahdhah Thawalib Kampar, Alfedri Sebut Banyak Santri Jadi Tokoh Penting Bangsa
    13 Alhamdulillah, Jamaah Calon Haji Asal Kabupaten Bengkalis dalam Kondisi Sehat di Tanah Suci
    14 Raih 18 Medali di POPDA Ke 15 Provinsi Riau 2022, Siak Duduki Peringkat 3
    15 Berikan Bantuan ke Jurnalis Senior, Aksi Peduli Personel Polda Riau
    16 Kapolda Riau Jamu Pemenang Pertama Lomba Film ‘Sogok’ Sampaikan Rasa Bangga Raihan Prestasi
    17 Sempena Hari Bhayangkara ke 76, Tim Anjang Sana Polda Riau Kunjungi Keluarga Jurnalis Mitra
    18 Dihadiri Utusan Lembaga Pertanahan Belanda, Bujang Kampung ke 19 di Muara Kelantan
    19 Tim Opsnal Polsek Tualang Telah Amankan Pria Sepesialis Curanmor
    20 Adzanu Getar Nusantara Memimpin Rapat Paripurna Pergantian Wakil Ketua DPRD Dari PAN
    21 Mayarakat Kecamatan Sungai Apit Berikan Apresiasi Kegiatan Bujang Kampung
    22 Silaturahmi ke Purnawirawan Polri, Kapolda Irjen Iqbal : Beliau Adalah Guru Panutan dan Senior Kami
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI