Rabu, 01 Desember 2021
Follow Us ON :
 
 
 
| Lewat Program Bangga Kencana, DPPKBPPA Kuansing Lakukan Penurunan Angka Stunting | | Polres Siak, Tangkap Pelaku illegal Logging Di Kampung Sungai Tengah | | Perguruan SMI Binaan Kodim 0302 Inhu Siap Mengikuti Kejuaraan Bupati Pelalawan Open I | | Bergerak Dengan Hati Pulihkan Pendidikan, SMA Negeri 2 Dayun Gelar Upacara Peringatan HUT PGRI ke-76 | | Kapolda Instruksikan Segera Eksekusi Giat Tracing Pasien Klaster Covid-19 di Bengkalis | | Kapolsek Iptu Asril S.Sos. MH Jalin Silaturahmi Dengan Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat Kuantan Hilir Kuansing
 
DPRD Kuansing Gelar Rapat Paripurna Penyampaiana Pandangan Fraksi Tentang LKPJ Bupati
Pencapaian PAD Kuansing Masih Rendah dan Kurang Maksimal
Senin, 17-05-2021 - 23:39:34 WIB

TERKAIT:
 
  • Pencapaian PAD Kuansing Masih Rendah dan Kurang Maksimal
  •  

    KUANSING, DELIK RIAU - Sejumlah fraksi menyampaikan pandangan umum terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kuansing tahun 2021. Kegiatan berlangsung dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kuansing yang dipimpin oleh Wakil Ketua ll DPRD Kabupaten Kuansing Juprizal SE, Senin (17/5/2021).

    Adapun yang hadir pada acara tersebut yakni, Ketua DPRD Adam SH MH, Wakil Ketua l Zulhendri dan Waka ll, Bupati Kuansing H Mursini, asisten,  sekwan Almadi, Kapolres Henky Poerwanto, Kasi Intel Kajari, Kepala BNNK, Bawaslu, Kemenag, KPU, Kepala Dinas, badan, Dir RSUD, Camat se Kabupaten Kuansing dan tamu undangan.

    Berkaitan Dengan Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kuantan Singingi Tahun 2020, Fraksi Gerindra yang di bacakan oleh Hisron, Berpendapat : Terhadap Target Pendapatan Daerah dan Realisasi: Target Pendapatan Daerah Tahun 2020 sebesar Rp 1.534.938.782.844 ( satu trilyun lima ratus tiga puluh empat milyar sembilan ratus tiga puluh delapan juta tujuh ratus delapan puluh dua ribu delapan ratus empat puluh empat  rupiah) dan Terealisasi sebesar Rp 1.449.724.725.015 ( satu trilyun empat ratus empat puluh sembilan milyar tujuh ratus dua puluh empat juta tujuh ratus dua puluh lima ribu lima belas rupiah) Prosentase Realisasi terhadap Target Pendapatan adalah sebesar 94,45%. Terhadap realisasi tersebut Fraksi Gerindra mengapresiasi pencapaian yang cukup bagus dan perlu dipertahankan, namun demikian masih bisa ditingkatkan kembali sehingga prosentase pencapaiannya menjadi lebih tinggi.

    Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).
    Pada tahun 2020 target PAD adalah sebesar Rp 91.346.460.668 (sembilan puluh satu milyar tiga ratus empat puluh enam juta empat ratus enam puluh ribu enam ratus enam puluh delapan rupiah) namun hanya terealisasi sebesar Rp 73.858.316.480 (tujuh puluh tiga milyar delapan ratus lima puluh delapan juta tiga ratus enam belas ribu empat ratus delapan puluh rupiah) atau sebesar 80,86 %, menurun dari tahun sebelumna yang mencapai 88%.

    Fraksi Gerindra berpendapat bahwa pencapaian PAD masih rendah dan kurang maksimal, karena selain sumber PAD yang sudah ada, masih banyak potensi – potensi sumber PAD yang bisa digali dan dimaksimalkan, terutama dari sektor-sektor Pariwisata dan juga dari hasil aset-aset Pemerintah Daerah seperti Perkebunan PEMDA yang kurang terurus sampai dengan saat ini.

    Dengan PAD yang tinggi akan mengurangi ketergantungan Pemerintah Daerah terhadap Pemerintah Pusat. Terhadap Dana Perimbangan. Target Tahun 2020 sebesar sebesar Rp 1.070.672.888.177 (satu trilyun tujuh puluh milyar enam ratus tujuh puluh dua juta delapan ratus delapan puluh delapan ribu seratus tujuh puluh tujuh rupiah) dan terealisasi sebesar Rp 1.014.314.210.445.- (satu trilyun empat belas milyar tiga ratus empat belas juta dua ratus sepuluh ribu empat ratus empat puluh lima rupiah) atau sekitar 94,74%

    Dana Perimbangan yang terdiri dari:
    Dana Bagi Hasil Pajak/Bukan Pajak,
    Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah
    Terhadap Target dan Realisasi dana Perimbangan di atas, Partai Gerindra mengapresiasi, namun demikian perlu adanya peningkatan sumber sumber pendapatan lain yang syah agar lebih dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.
    Terhadap Target Belanja Kabupaten Kuantan Singingi.

    Terhadap belanja langsung, Pemerintah Daerah perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat sehingga Target Belanja Langsung bisa tercapai dengan maksimal.
    Pelaksanaan Pemerintahan Tahun 2020
    Terhadap Pelaksanaan Pemerintahan Tahun 2020 Fraksi GERINDRA menyadari bahwa dengan adanya Pandemi COVID – 19 yang masih melanda di Indonesia khususnya di Kabupaten Kuantan Singingi, hal ini sangat berpengarus terhadap jalannya pemerintahan khususnya dalam pelaksanaan pembangunan, namun demikian kita harus tetap semangat bekerja dan membangun terutama dalam upaya pencegahan dan penanggulangan COVID – 19.

    Kepada Satgas COVID – 19 Kabupaten Kuantan Singingi Partai Gerindra berharap untuk dapat lebih memaksimalkan tugas pokok dan fungsinya sehingga ke depan Kabupaten Kuantan Singingi dapat lebih meminimalisir angka positif COVID – 19 bahkan menghapus angka positif Covid. 
    Hal-hal lain yang perlu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Daerah menurut Fraksi Gerindra adalah: Peningkatan akses jalan di Kecamatan Pucuk Rantau mulai dari Desa Pangkalan sampai dengan desa Sungkai (Perbatasan Sumbar) yang saat ini sudah sangat memprihatinkan dan sangat tidak layak untuk dilalui, kepada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singing Fraksi Gerindra berharap agar Akses jalan ini mendapat perhatian lebih.
     
    Pendataan dan pemanfaatan aset-aset Pemerintah Daerah yang selama ini kurang serius dilakukan yang seharusnya aset-aset tersebut dapat menambah Pendapatan Asli Daerah, sehingga perolehan PAD akan semakin dapat ditingkatkan, misalnya: Kebun Pemda, Danau Kebun Nopi, Bangunan Tiga Pilar khususnya UNIKS dan Hotel Kuansing dan aset-aset Pemda lainnya, dan juga kelanjutan Pembangunan Pasar “Malin Kundang” untuk segera dicarikan solusi guna melanjutkan pembangunannya sehingga bisa membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

    Merujuk dari kejadian Kebakaran Rumah Usaha penduduk yang menghanguskan beberapa rumah dan tempat usaha di Desa Air Emas Kecamatan Singingi pada pertengahan Bulan Ramadhan yang lalu, Partai Gerindra mendesak kepada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi untuk segera memfungsikan pos – pos Pemadam Kebakaran di wilayah – wilayah yang jauh dari ibu kota kabupaten, sehingga jika terjadi kebakaran di wilayah tidak sampai menunggu terlalu lama dan dapat mencegah makin besarnya korban kebakaran, dan juga agar segera menambah Armada Mobil Pemadam Kebakaran, mengingat wilayah Kabupaten Kuantan Singingi sangat Luas. (adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Pencapaian PAD Kuansing Masih Rendah dan Kurang Maksimal
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Lewat Program Bangga Kencana, DPPKBPPA Kuansing Lakukan Penurunan Angka Stunting
    02 Perguruan SMI Binaan Kodim 0302 Inhu Siap Mengikuti Kejuaraan Bupati Pelalawan Open I
    03 Polres Siak, Tangkap Pelaku illegal Logging Di Kampung Sungai Tengah
    04 Bergerak Dengan Hati Pulihkan Pendidikan, SMA Negeri 2 Dayun Gelar Upacara Peringatan HUT PGRI ke-76
    05 Kapolda Instruksikan Segera Eksekusi Giat Tracing Pasien Klaster Covid-19 di Bengkalis
    06 Kapolsek Iptu Asril S.Sos. MH Jalin Silaturahmi Dengan Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat Kuantan Hilir Kuansing
    07 Operasi Zebra LK 2021, Satgas Polres Rohul Pasang Sejumlah Sepanduk Di Daerah Rawan Laka
    08 Miliki Sabu, Ucok Dijemput Polisi Ke Bukit Intan Makmur
    09 IPSI Pelalawan Persiapkan Diri Dalam Kegiatan Bupati pelalawan Open 1 Sekaligus Pelantikan Pengurus Desember Mendatang
    10 Rakor Percepatan Vaksinasi, Bupati Rohil: Peran Camat dan Penghulu Sangat Penting
    11 Foto Ungku Saliah Yang Banyak Dipajang di Rumah Makan Padang
    12 Kembali Lakukan Patroli Udara, Kapolda Dapati Aktivitas Illegal Logging di Kawasan Teluk Pulau
    13 Kapolres Dampingi Bupati H Sukiman, Deklarasi Damai Pilkades Serentak Gelombang Ke III Kabupaten Rohul Tahun 2021
    14 Di Operasi Zebra LK 2021, Jajaran Polsek Bonaidarussalam Bagikan Masker Gratis
    15 Hari Ini, BUpati Kasmarni Lantik PAW Kepala Desa Pedekik dan Sejangat
    16 Pemuda Pasar Dayun Bersama Ketua RT23 Kampung Dayun Lakukan Goro Perbaiki Jalan
    17 Lepas Kontingen PGRI ke Pelalawan, Bupati Yakin PGRI Rohil Harumkan Nama Daerah
    18 DPRD Dan Bupati Rohul Menyetujui RPJMD Tahun 2021-2026
    19 Pembangunan Infrastruktur Menjadi Prioritas Di RPJMD Kabupaten Rohil
    20 Sat Lantas Polres Siak Bersama Forum LLAJ Edukasi Para Pengendara Agar Taat Berlalu Lintas
    21 Besok, Bupati Kasmarni akan Lantik Kepala Desa Sejangat dan Pedekik
    22 Program PKTD Pulihkan Ekonomi Masyarakat Desa Pangkalan Jambi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI