Sabtu, 24 Februari 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Bupati Siak apresiasi RSUD Tengku Rafian Bahagiakan Anak Yatim | | Bupati Siak Lakukan Kesepakatan Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Siak, Guna Mencegah Penyimpangan Penggunaan Anggaran tahun 2024 | | Alfedri Apresiasi Ratusan Santri di Siak, Ikut Pragaan Manasik Haji | | Sekda Arfan; Mari Jadikan Rasulullah Suri Tauladan Umat | | Akhirnya Masyarakat Kampung Minas Timur Rasakan Air Bersih | | Sekda Arfan Usman Ikuti Upacara Penutupan Pekemahan Sabtu Minggu Saka Wira Kartika Tingkat Korem 031/Wirabima oleh Danrem
 
Hari Jadi ke-24 Kabupaten, DPRD Pelalawan menggelar Sidang Paripurna Istimewa
Rabu, 12-10-2023 - 19:01:57 WIB

TERKAIT:
   
 

PELALAWAN, DELIK RIAU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan menggelar Sidang Paripurna Istimewa hari jadi ke-24 Kabupaten Pelalawan pada Rabu (12/10/2023) di Gedung DPRD Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. 

Sidang dipimpin Ketua DPRD Pelalawan Baharudin SH MH didampingi Wakil Ketua Syafrizal SE dan Wakil Ketua II Faisal SE MSi. Di mana para pimpinan DPRD ini memaparkan perjalanan Kabupaten Pelalawan sejak dimekarkan dari kabupaten induk atau Kabupaten Kampar pada 12 Oktober 1999.


Ketua DPRD Pelalawan Baharudin, SH.MH mengatakan, dalam usia Kabupaten Pelalawan ke-24 tahun ini, telah banyak kemajuan pembangunan. Keberhasilan tersebut bukan semata-mata peran aparatur pemerintah saja, melainkan secara partisipasi dan dukungan pihak legislatif (DPRD) beserta seluruh elemen masyarakat di wilayah ini. Tidaklah berlebihan jika dikatakan sampai saat ini Pemkab Pelalawan dapat mengejar ketinggalan sehingga mampu sejajar dengan kabupaten lain yang lebih dahulu maju. 

“Kami berharap keharmonisan dan kerja sama ini dapat terjalin dan terus terbina dengan baik. Jadi, mari kita bersama-sama bertekad dari hati kecil, untuk dapat memberikan apa yang terbaik bagi kehidupan masyarakat serta kelangsungan pembangunan Kabupaten Pelalawan sesuai dengan tema HUT Pelalawan tahun 2023 ini, Terus Melaju Menuju Pelalawan yang Menawan," terangnya. 

Untuk itu, sambung mantan Ketua Fraksi Partai Golkar ini, di usia ke-24 Kabupaten Pelalawan ini, pihaknya mengajak momentum ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk mengisi setiap detik perjuangan daerah ini dengan karya yang nyata dan prestasi yang membanggakan. Dan dibingkai dengan inovasi-inovasi yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan agar masa depan yang lebih baik dan bermakna.

“Begitu juga dengan generasi penerus, kita mengajak jadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa yang penuh makna dan hikmah. Apalagi setiap tahunnya Pelalawan merayakan hari jadi Kabupaten Pelalawan sebagaimana sudah ditetapkan dalam peraturan daerah (Perda) Nomor 02/2003. Intinya, peringatan hari jadi Kabupaten Pelalawan ini, banyak yang bisa diambil strategi dan hikmah dan harus dijadikan sebagai wahana untuk melakukan serangkaian evaluasi, introspeksi dan edukasi tentang apa yang sudah dilakukan memberikan kontribusi dalam memberikan warna dalam perjalanan sejarah Kabupaten Pelalawan,” bebernya.

Ditambahkan Baharudin, DPRD Pelalawan sebagai lembaga legislatif, merupakan unsur penyelenggara pemerintah daerah yang mengemban amanat dan menyambung aspirasi masyarakat. Sehingga pihaknya tentunya akan terus menggiring dan mengawasi jalannya roda pemerintahan agar tidak menyimpang dari visi yang telah ditetapkan. Dan salah satu upaya yang telah dilaksanakan DPRD Pelalawan dalam mengawasi roda pemerintahan adalah menyiapkan perangkat peraturan daerah yang disahkan melalui rapat paripurna. Sehingga kemudian dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan roda pemerintahan di Negeri Seiya Sekata ini. 

“Jadi, dari pertama dibentuknya Kabupaten Pelalawan pada 1999 hingga saat ini telah berusia 24 tahun, DPRD Pelalawan telah membahas dan menyetujui 321 rancangan perda yang telah disahkan menjadi perda. Untuk itu, melalui momentum HUT ke-24 Kabupaten Pelalawan ini, saya mengajak seluruh unsur elemen masyarakat Negeri Amanah ini untuk tetap terus menjaga keharmonisan dan bahu-membahu mewujudkan kemajuan pembangunan Pelalawan ini sesuai dengan cita-cita tokoh pendiri darah ini,” ujarnya. 

Bupati Pelalawan H. Zukri dalam sambutannya menyampaikan harapannya untuk Kabupaten Pelalawan yang telah berusia ke-24 tahun.

“Mari rayakan hari jadi Kabupaten Pelalawan ini dengan penuh rasa syukur, karena hari ini tepatnya 12 Oktober 2023 Kabupaten Pelalawan di usia ke-24 tahun. Semoga Kabupaten Pelalawan kedepannya semakin maju, berkembang dan menawan sesuai tagline kita yakni Melaju Bersama Menuju Pelalawan Menawan”.

Kabupaten Pelalawan resmi ditetapkan sebagai salah 1 kabupaten pemekaran di Provinsi Riau. 24 tahun yang lalu para tokoh dan pendiri berkumpul dan bersepakat karena ingin rakyat Pelalawan sejahtera, lebih maju, lebih baik pendidikannya, lebih baik kesehatannya dan itulah mimpi pendiri Kabupaten Pelalawan.

“Alhamdulillah 24 tahun sudah usia Kabupaten Pelalawan, dan mari ucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh tokoh pendiri Kabupaten Pelalawan atas segala jasa dan pengorbanannya demi Kabupaten Pelalawan hari ini," katanya.

Ia juga menyampaikan kemudahan yang telah dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Pelalawan di usia Kabupaten Pelalawan ke 24 ini.

“Banyak harapan, cita-cita dan mimpi yang sudah diperjuangkan oleh para pendiri Kabupaten Pelalawan. Maka alhamdulillah hari ini kita semua masyarakat Pelalawan dapat merasakan banyak perkembangan di berbagai bidang kehidupan. Jika dahulu masyarakat Pelalawan kesulitan dalam mendapatkan penerangan, maka sekarang di Tahun 2023 ini sudah 99.5 persen rumah masyarakat Pelalawan sudah dialiri listrik.

“Jika dahulu kita harus jauh-jauh datang ke Kabupaten Kampar untuk mengurus berkas dokumen kependudukan, maka sekarang kita cukup datang ke ibukota Kabupaten Pelalawan untuk mengurusnya. Dan untuk saat ini, demi semakin mempermudah masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan keliling sampai ke desa-desa. Masyarakat yang ingin mengurus KTP, KK atau KIA tidak perlu datang ke Disdukcapil, karena mobil pelayanan administrasi kependudukan keliling akan mendatangi masyarakat," jelas Bupati Zukri.

Dilanjutnya menjelaskan beberapa pencapaian yang telah diraih oleh pemerintah Kabupaten Pelalawan, yakni mengalami pertumbuhan ekonomi dari tahun 2020 sebesar 2.24 persen naik menjadi 4.39 persen di tahun 2023, dan merupakan salah satu kabupaten dengan nilai investasi tertinggi di Provinsi Riau. Selain itu angka pengangguran di Kabupaten Pelalawan mengalami penurunan menjadi 2.7 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 72.08 menjadi 72.93 poin menyamai IPM nasional. Angka kemiskinan mengalami penurunan dr 9.63 persen di Tahun 2021 menjadi 8.97 persen di tahun 2022. Kemiskinan esktrim dari 6.651 KK yang setara dengan 33.708 jiwa di tahun 2023 ini sudah sangat turun menjadi 445 KK yang setara dengan 2.300 jiwa.

Dilanjutkannya sarana dan prasarana pendidikan tetap menjadi perhatian dan dimaksimalkan, seperti banyak sekolah yg direhab. Begitu juga dengan guru honorer. Pada tahun 2023 sebanyak 1.033 guru honorer diangkat menjadi P3K.

Untuk bidang kesehatan, sebanyak 98.5 persen masyarakat Kabupaten Pelalawan sudah dicover jaminan kesehatannya. Masyarakat hanya cukup memperlihatkan KTP Pelalawan, maka akan langsung dilayani saat berobat dan gratis. Akan ada dokter spesialis yang akan berkunjung ke desa-desa, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Dalam upaya percepatan penurunan stunting, Kabupaten Pelalawan mengalami penurunan angka stunting dari 21,1 persen tahun 2022 menjadi 11, 2 persen pada tahun 2203.

Di segi pembangunan infrastruktur, dari tahun 2021 hingga tahun 2023 telah dibangun jalan aspal di ruas jalan kabupaten sepanjang 58, 2 km, dan semenisasi sepanjang 15.22 km. Rekontruksi jalan lintas Bono 16,69 KM sudah dibangun, menyisakan 6 km, akan melancarkan akses pengunjung menuju wisata Bono dengan harapan perekonomian masyarakat sekitar akan meningkat.

Kuala Kampar sebagai daerah terluar Kabupaten Pelalawan, akan dilakukan percepatan pembangunan jalan lingkar mendol.

“Alhamdulillah pemerintah sudah melakukan penimbunan akses jalan lingkar Mendol, dan tahun ini 4 km jalan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Penimbuanan diprioritaskan dahulu karena jalan terlalu hancur, maka tahun depan akan dibangun sekitar 10 km di jalan lingkar mendol ini," ujarnya.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Pelalawan fokus dalam upaya penanganan banjir di Kota Pangkalan Kerinci.

“Untuk Kota Pangkalan Kerinci, dalam upaya penanganan banjir, akan dibangun drainase primer menuju saluran buangan banjir di Kerinci Kota. Demi mempersolek, memperindah dan menata Kota Pangkalan Kerinci, sekarang sudah dilakukan pembangunan Tugu Bono. Akan dilakukan pembangunan taman sepanjang koridor Km 55-Simpang Kualo. Akan ada taman edukasi di SMP N 1 Pangkalan Kerinci dan SMA N 1 Pangkalan Kerinci," jelasnya. 

“Akan dilakukan pemugaran lapangan bola yang dananya dari CSR. PT RAPP. Di saat ini, sudah terpasang 3.492 sambungan jaringan gas rumah tangga bagi masyarakat kota Pangkalan Kerinci, sehingga masyarakat tidak perlu membeli gas dengan tabung seperti sebelumnya dan tidak perlu cemas jika gas mengalami kelangkaan. Semoga di tahun depan, pemasangan jaringan gas rumah tangga dapat ditingkatkan untuk masyarakat lain yang belum merasakan manfaatnya," pungkasnya.


Turut hadir dalam sidang paripurna istimewa tersebut, Bupati Pelalawan H Zukri, Wakil Bupati H Nasarudin SH MH, forkopimda dan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan. Selain itu, hadir juga mantan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan H Tengku Azmun Jaafar, HM Harris, Drs H Zardewan MM serta seluruh unsur elemen masyarakat Kabupaten Pelalawan dan para undangan lainnya. (Parlementaria)



 
Berita Lainnya :
  • Hari Jadi ke-24 Kabupaten, DPRD Pelalawan menggelar Sidang Paripurna Istimewa
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Siak apresiasi RSUD Tengku Rafian Bahagiakan Anak Yatim
    02 Alfedri Apresiasi Ratusan Santri di Siak, Ikut Pragaan Manasik Haji
    03 Bupati Siak Buka Musrenbang Dan Rembuk Stunting tingkat Kecamatan Sungai Mandau
    04 Sempena HPN 2024, GAPKI dan PWI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Jurnalis Muda Indonesia
    05 Bupati Siak Lakukan Kesepakatan Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Siak, Guna Mencegah Penyimpangan Penggunaan Anggaran tahun 2024
    06 Bupati Alfedri Menjadi Pembina Upacara, Sempena Upacara Pembukaan TMMD ke - 119 tahun 2024
    07 Hadiri Milad DDII ke - 57, ini harapan Wabup Husni
    08 Rombongan Pengurus PWI Riau Hadiri Puncak HPN ke 78 Di Jakarta
    09 Irwasda Polda Riau Tinjau Distribusi Logistik Dan Pengamanan TPS Inhil
    10 Jelang Pemilu 2024, Personil Ditlantas Polda Riau Sambangi Bengkel Radiator Sampaikan Pesan Pemilu Damai yang Berkeselamatan
    11 Wakapolda Riau Tinjau Persiapan Pengamanan TPS Di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil
    12 Demi Terciptanya Suasana Pemilu Yang Demokratis, Panwascam Berserta PKD dan PTPS se Kecamatan Dayun Tertibkan Ratusan APK
    13 ‘Coolling System’ di Kawasan Wisata, Personel Satlantas Polres Siak Lakukan Edukasi Pentingnya Ketertiban Berkendara
    14 Manfaatkan Libur Panjang, Ditlantas Polda Riau sampaikan pesan Pemilu Damai 2024 di Lokasi Wisata
    15 Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Amankan Dua Orang Pria dan Satu orang Wanita Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika
    16 Hebat, Selama Masa Kampanye Caleg DPRD Bengkalis Ini Rampungkan Kampanye Dialogis di 50 Titik Lokasi Berbeda
    17 Ketua PWI Siak Apresiasi 'Fast Respon' Polres Pelalawan Berserta Tim, Atas Informasi Hilangnya Seorang Warga Siak Yang Hanyut terseret Ombak Bono
    18 Majukan Daerah, Tim Kawan Alga Ajak Masyarakat Menangkan Caleg DPRD Provinsi Riau, M. Alga Viqky Azmi
    19 Jumat Barokah Dan Pesan Pemilu Damai, Ditlantas Polda Riau Ke Panti Asuhan AL - ISTIQLAL Pekanbaru
    20 Panwaslu Kecamatan Siak Kecil Gelar Penguatan Kapasitas Saksi Partai Politik Pemilu 2024
    21 Kombes Taufiq Pastikan Polantas Hadir Saat libur Panjang dan Ajakan Masyarakat Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu
    22 JMSI Riau Gelar Syukuran dan Doa HUT Ke - 4
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI