Sabtu, 24 Februari 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Bupati Siak Resmikan Water Park Bianglala | | Bupati Siak apresiasi RSUD Tengku Rafian Bahagiakan Anak Yatim | | Bupati Siak Lakukan Kesepakatan Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Siak, Guna Mencegah Penyimpangan Penggunaan Anggaran tahun 2024 | | Alfedri Apresiasi Ratusan Santri di Siak, Ikut Pragaan Manasik Haji | | Sekda Arfan; Mari Jadikan Rasulullah Suri Tauladan Umat | | Akhirnya Masyarakat Kampung Minas Timur Rasakan Air Bersih
 
Tak Suka Sayuran? Gantikan dengan Ini agar Tetap Sehat
Kamis, 03-05-2018 - 15:55:29 WIB

TERKAIT:
   
 

DELIKRIAU - Tubuh memerlukan aneka nutrisi agar tetap sehat dan fit. Tentu buah dan sayur akan menjadi makanan yang sangat direkomendasikan karena kandungan seratnya yang tinggi. Namun, bagi Anda yang tidak suka sayur, ini menjadi sebuah tantangan.
 
Jangan cemas, Anda masih bisa mengonsumsi makanan selain sayur yang juga kaya serat. Simak ulasan berikut megenai berbagai macam makanan kaya serat selain sayur yang bisa Anda konsumsi setiap hari.
 
Selain sayur, ada banyak makanan kaya serat lainnya yang bisa dikonsumsi Sayur, buah, kacang-kacangan, atau biji-bijian, mengandung fitokimia dan serat yang tidak bisa digantikan dengan suplemen.
 
Dilansir dari Healthy Eating SF Gate, serat yang terkandung pada makanan tersebut membantu fungsi sistem pencernaan, mengontrol kolesterol, mengatur kadar gula, dan lebih lama menekan rasa lapar sehingga membantu penyerapan nutrisi lebih baik.
 
Karena manfaatnya yang berlimpah, bila Anda tidak suka sayuran, Anda masih bisa mendapatkan serat dengan mengonsumsi buah, kacang-kacangan, atau biji-bijian sebagai alternatif.
 
Jenis makanan tersebut menghindari Anda dari berbagai penyakit, seperti gangguan pencernaan, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.
 
Jadi, hidup enak tapi sehat itu tidak susah-susah amat, kok. Terutama bagi Anda yang tidak suka sayur, seimbangkan asupan gizi Anda dengan beragam jenis makanan kaya serat selain sayur berikut ini:
 
1. Kacang kedelai
 
Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang lebih baik dibanding yang lainnya. Nutrisi yang terkandung pada kedelai, meliputi selenium, mangan, magnesium, kalsium, vitamin B6, folat, dan asam lemak omega 6. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap berfungsi dengan normal. Ada banyak makanan yang terbuat dari kacang kedelai, bahkan tersedia juga dalam bentuk susu dan snack crispy yang praktis dikonsumsi.
 
2. Alpukat
 
Serat yang terkandung pada buah alpukat bervariasi tergantung dari jenisnya. Selain itu, alpukat mengandung lemak sehat dan kaya dengan vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin K, dan kalium. Buah ini mudah dikombinasikan atau diolah, misalnya dijadikan jus atau ditambahkan pada sandwich atau roti bakar.
 
3. Pir
 
Buah yang terasa manis dan berair ini mengandung serat tinggi dengan vitamin C, vitamin K, asam lemak omega-6, dan kalium. Ini baik untuk perkembangan sel-sel dan fungsi otak serta fungsi saraf. Untuk mendapatkan serat yang maksimal, makan buah pir sekaligus dengan kulitnya.
 
4. Beri
 
Buah beri mengandung kaya serat dengan vitamin C, vitamin K, asam lemak omega-6, kalium, magnesium, dan mangan. Ini membantu meningkatkan kepadatan tulang, kesehatan kulit, dan mengatur kadar gula darah.
 
5. Kelapa
 
Kelapa kaya serat psyllium dan daging kelapa mengandung mangan, folat, dan asam lemak omega-6 serta memiliki indeks glikemik yang rendah. Anda bisa menggunakan tepung kepala atau kelapa parut ke dalam menu makanan atau camilan yang Anda buat.
 
6. Kacang lima
 
Kacang ini menawarkan zat besi, mangan, antioksidan, tembaga, folat, fosfor, protein, vitamin B2, dan vitamin B6. Anda bisa memasukkan kacang lima dalam menu diet Anda.
 
7. Kacang almond dan kacang kenari
 
Kacang ini kaya akan serat dan mengandung protein, vitamin E, magnesium, riboflavin, dan asam lemak omega-6. Sementara kacang kenari mengandug protein, mangan, asam lemak omega-3 dan omega-6, fosfor, dan zat tembaga. Kacang almond lebih rendah kalori dibanding kacang kenari. Keduanya baik untuk fungsi saraf dan otak dan bisa dimakan langsung atau dicampurkan dengan yogurt atau oatmeal.
 
8. Biji rami
 
Nutrisi penting yang terkandung pada biji ini adalah protein, tiamin, mangan, fosfor, magnesium, tembaga, dan asam lemak omega-3. Ini membantu menurunkan kadar kolestrol dan meringankan gejala menopause. Anda bisa menambahkan biji rami ke dalam smoothies, salad, atau sup.
 
Penting bagi Anda untuk mengatur kandungan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Agar lebih yakin dengan menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi Anda, konsultasi ke dokter atau ahli gizi merupakan langkah terbaik. Jangan lupa untuk mengonsumsi cukup air putih supaya feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.(drc/int)






 
Berita Lainnya :
  • Tak Suka Sayuran? Gantikan dengan Ini agar Tetap Sehat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Siak Resmikan Water Park Bianglala
    02 Bupati Siak apresiasi RSUD Tengku Rafian Bahagiakan Anak Yatim
    03 Alfedri Apresiasi Ratusan Santri di Siak, Ikut Pragaan Manasik Haji
    04 Bupati Siak Buka Musrenbang Dan Rembuk Stunting tingkat Kecamatan Sungai Mandau
    05 Sempena HPN 2024, GAPKI dan PWI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Jurnalis Muda Indonesia
    06 Bupati Siak Lakukan Kesepakatan Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Siak, Guna Mencegah Penyimpangan Penggunaan Anggaran tahun 2024
    07 Bupati Alfedri Menjadi Pembina Upacara, Sempena Upacara Pembukaan TMMD ke - 119 tahun 2024
    08 Hadiri Milad DDII ke - 57, ini harapan Wabup Husni
    09 Rombongan Pengurus PWI Riau Hadiri Puncak HPN ke 78 Di Jakarta
    10 Irwasda Polda Riau Tinjau Distribusi Logistik Dan Pengamanan TPS Inhil
    11 Jelang Pemilu 2024, Personil Ditlantas Polda Riau Sambangi Bengkel Radiator Sampaikan Pesan Pemilu Damai yang Berkeselamatan
    12 Wakapolda Riau Tinjau Persiapan Pengamanan TPS Di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil
    13 Demi Terciptanya Suasana Pemilu Yang Demokratis, Panwascam Berserta PKD dan PTPS se Kecamatan Dayun Tertibkan Ratusan APK
    14 ‘Coolling System’ di Kawasan Wisata, Personel Satlantas Polres Siak Lakukan Edukasi Pentingnya Ketertiban Berkendara
    15 Manfaatkan Libur Panjang, Ditlantas Polda Riau sampaikan pesan Pemilu Damai 2024 di Lokasi Wisata
    16 Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Amankan Dua Orang Pria dan Satu orang Wanita Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika
    17 Hebat, Selama Masa Kampanye Caleg DPRD Bengkalis Ini Rampungkan Kampanye Dialogis di 50 Titik Lokasi Berbeda
    18 Ketua PWI Siak Apresiasi 'Fast Respon' Polres Pelalawan Berserta Tim, Atas Informasi Hilangnya Seorang Warga Siak Yang Hanyut terseret Ombak Bono
    19 Majukan Daerah, Tim Kawan Alga Ajak Masyarakat Menangkan Caleg DPRD Provinsi Riau, M. Alga Viqky Azmi
    20 Jumat Barokah Dan Pesan Pemilu Damai, Ditlantas Polda Riau Ke Panti Asuhan AL - ISTIQLAL Pekanbaru
    21 Panwaslu Kecamatan Siak Kecil Gelar Penguatan Kapasitas Saksi Partai Politik Pemilu 2024
    22 Kombes Taufiq Pastikan Polantas Hadir Saat libur Panjang dan Ajakan Masyarakat Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI