Selasa, 05 Desember 2023
Follow Us ON :
 
 
 
| Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2024 Disahkan | | Pemkab Siak Peringati HUT Korpri ke-52 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 | | Sekda Arfan Usman Hadiri Sertijab Komandan Lanud Roesmin Nurjadin | | Wabup Husni Sebut Tanggung Jawab Pengelolaan Zakat Dunia Akhirat | | Bupati Alfedri Temui Warga Korban Banjir dan Serahkan Bantuan | | Jadi Pembina Upacara HUT PGRI di Tualang, Ini Harapan Bupati Alfedri
 
Haji Feri: NKRI Jiwa Raga Kami, akan rekrut pasukan 1000 orang di tapung
Dubalang Adat Lakta Resmi Dikukuhkan
Senin, 15-03-2021 - 11:37:11 WIB

TERKAIT:
   
 

KAMPAR, DELIK RIAU - Lembaga Adat Kenegerian Tapung (lakta) kembali memperkuat sayap terbangnya. Kali ini dengan mengukuhkan pasukan dubalang adat untuk Kenegerian Kasikan dan Talang Danto, yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kasikan pada Ahad (14/03/2021).

Pengukuhan ini dilaksanakan langsung oleh Ketua MKA Lakta, H. Zulfahmi, SH datuok Mangkuto yang didampingi oleh Sekretaris MKA lakta Jon Kenedi Dt Bandaro Sekijang  dan sekretaris DPH Lakta Rais Hasan Piliang dan Panglimo Dubalang Lakta H. Syafrianto, SE., serta ninik mamak kenegerian kasikan dan ninik mamak kenegerian  talang danto.  Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Umum Ikatan Keluarga Sungai Tapung (IKST) Provinsi Riau H. Sapaat  yang diwakili oleh Ketua Organisasi dan Kaderisasi IKST Dr. H. Ahmad Zikri, MH dan beberapa pengurus IKST  Rafles, Said Ahmad Badrun, Dinil Mustofa, Asrori dan lainnya.

Dalam arahannya, Ketua MKA Lakta menyampaikan bahwa mari kita jadikan momentum ini sebagai awal kebangkitan kita masyarakat adat di negeri tapung ini, utk itu mari kita bersatu ,merapatkan barisan agar kita bisa membela hak-hak kita sebagai orang adat, membela hak-hak anak kemanakan kita sehingga kita tidak menjadi penonton di negeri kita sendiri.

"Menonton itu harus membayar sedangkan jadi pemain kita akan dibayar," ujarnya.

Kemudian Ketua MKA juga berpesan agar Dubalang bisa menjaga harkat dan martabat dubalang serta marwah dubalang itu sendiri agar kita bisa hargai dan dihormati oleh orang. Terutama orang yang tinggal di bumi tapung ini. 

Hal tersebut diamini oleh Sekretaris Lakta Muhammd Rais Hasan.,SH.,MH  dari Dewan Pengurus Harian (DPH) Lakta yang mengatakan bahwa Momentum pelantikan pasukan dubalang Adat di Kenegrian Kasikan dan Talangdanto ini adalah bagian upaya Lembaga Adat Kengegrian Tapung untuk  menjaga Kearifan lokal khusus mekanisme kelembagaan dalam Sistem adat masyarakat adat Tapung, sehingga akan selalu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan non fisik di daerah ini (Tapung).

"Kedepan kita berharap Dubalang Adat Lakta menjadi rolmodel organ masyarakat adat yang selalu menjaga kondusifitas sosial kemasyarakatan kita khususnya bidang ketertiban masyarakat dan selalu menjaga kebhinekaan sesuai dengan pepatah adat kita ‚Äúdimana bumi dipijak distu langit di junjung," tutupnya. 

Dalam sambutanya yang penuh semangat panglimo Dubalang LAKTA menekankan bahwa Dubalang akan selalu menjaga titah dan perintah MKA Lembaga Adat Kengerian Tapung, dan juga menekankan kepada seluruh pasukan Dubalang Adat di Kengerian kasikan dan Talangdanto untuk selalu menjaga adab dan adat di kampung masing.

"Yang menjadi sumber kekuatan Dubalang adat adalah adab dan adatnya yang menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat," demikian sambutan Panglimo Dubalang Lakta pada kesempatan ini.

Lakta mengharapkan seiring pengukuhan ini, Dubalang mampu menjadi pagar negeri dari hal-hal yang bisa mengancam dan merusak adat dan budaya serta kedaulatan NKRI. Salah satu ancama nyata adalah maraknya peredaran narkoba.

"Kedepan, Lakta akan mengukuhkan dubalang untuk seluruh Kenegerian di Tapung yang jumlahnya sampai 1000 orang," tutupnya. (rls/raf)



 
Berita Lainnya :
  • Dubalang Adat Lakta Resmi Dikukuhkan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2024 Disahkan
    02 Donasi Palestina, Kabupaten Siak Tembus 2 Milyar
    03 Pemkab Siak Peringati HUT Korpri ke-52 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023
    04 Resmikan Rumah Restorative Justice, Bupati Alfedri Harap Masyarakat Benar-benar Mendapat Keadilan Hukum
    05 Ciptakan Pemilu Berkeadilan dan Damai Bawaslu Siak Taja Tabligh Akbar
    06 S Hondro Harap Gubri Edy Natar Cabut Pergub 19 Tahun 2021
    07 Bupati Alfedri Temui Warga Korban Banjir dan Serahkan Bantuan
    08 Jadi Pembina Upacara HUT PGRI di Tualang, Ini Harapan Bupati Alfedri
    09 Untuk Motivasi, Bupati Alfedri akan berikan hadiah umroh bagi peserta MTQ yang berprestasi di tingkat Nasional
    10 Mappilu - PWI Riau Audiensi ke KPU Riau
    11 Sekda Arfan : 'Guru Kunci Utama Transformasi Pendidikan'
    12 Disabilitas Korban Pemerkosaan, Kadis DP3AP2KB Pelalawan Maksimal Upayakan Bantuan
    13 Wabup Husni Sebut Tanggung Jawab Pengelolaan Zakat Dunia Akhirat
    14 Sekda Arfan Usman Hadiri Sertijab Komandan Lanud Roesmin Nurjadin
    15 Dirlantas Polda Riau Pimpin Rapat Forum Lalu Lintas Untuk Sukseskan Program Bulan Tertib Helm
    16 Bahas Sejumlah Isu Pembangunan, Bupati Kasmarni Ikut Rapat bersama Plt. Gubri
    17 Wabup Siak Husni Harap Turnamen Sepak Bola Antar RT Rutin di Gelar
    18 Ops OMB 2023, Polsek Tualang Gencar Melaksanakan Patroli Kantor Panwaslu dan PPK Kecamatan Menjelang Pemilu Tahun 2024
    19 Terkait CSR PT BRK Syariah, Pemohon Akan Ajukan Keberatan ke Pengadilan
    20 Polres Siak Lakukan Patroli Rutin Ke Kantor KPU Kabupaten Siak
    21 Bupati Alfedri Panen Raya Padi, Petani Gembira Harga Gabah Tinggi
    22 Bupati Siak-Ketua PKU dan Bawaslu Tandatangan NPHD Pengawas dan Penyelenggara Pilkada 2024
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI