Minggu, 23 Juni 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Wabup Siak Husni Merza Buka Aecara Resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke 14 | | Polda Harus Usut Tuntas Sampai Keakarnya, PW IWO Riau Akan Kawal Penanganan Kasus 70 Ton Kayu Ilegal di Kepulauan Meranti | | FSS Dorongan Lestarikan Ekosistem Sungai Siak, Lomba Mancing Resmi Dibuka Bupati Alfedri | | Bantuan Ambulan dari Pemkab, Untuk Kampung Jauh Dari Puskesmas di Siak | | Ingat Sejarah Dalam Lestarikan Peradaban Dan Daya Tarik Wisata Sungai Jantan | | Kajati Provinsi Riau Membuka Wawasan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih di Kabupaten Siak, Dandim 0322/Siak Hadiri Pengarahan
 
Bupati H.M Adil Buka dan Ikuti Musrenbang Kec. Tebing Tinggi Barat, Gesa Peningkatan Infrastruktur Penghubung Merdekakan Masyarakat
Jumat, 05-03-2021 - 16:14:05 WIB

TERKAIT:
   
 

MERANTI, DELIK RIAUBupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, mengikuti sekaligus membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2022, Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat, pada kesempatan itu Bupati Adil menyatakan komitmennya untuk menggesa pembangunan Infrastruktur penghubung agar masyarakat Meranti lebih merdeka, Jumat (5/3/2021)bertempat di Aula Kantor Camat, Tebing Tinggi Barat, kabupaten Siak, Riau.

Turut bersama Bupati, Anggota DPRD Meranti H. Khusairy, Anggota DPRD Suji, Plt. Kepala Bappeda Meranti Mardiansyah, Camat Tebing Tinggi Barat H. Said Jamhur, Kadis Perikanan Heldi Saputra, Kadis Pertanian Arif Rahman, Danramil Tebing Tinggi Barat, Ketua LAM Tebing Tinggi Barat, Para Pejabat Eselon III dan IV Dilingkungan Pemkab. Meranti, Ketua Organisasi, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.

Dalam Forum Musrenbang Kecamatan itu, untuk kesekian kalinya Bupati H.M. Adil menegaskan komitmennya untuk membangun Meranti menjadi Kabupaten yang Maju, Cerdas dan Bermartabat sesuai dengan Visi dan Misi Bupati-Wakil Bupati.

Salah satu yang ditekankan adalah efektifitas dan efisiensi penggelolaan anggaran daerah, agar lebih tepat sasaran dan memberikan manfaat besar kepada masyarakat. 

Menurut Bupati Adil, dengan kondisi keuangan daerah yang minim  efisiensi pengelolaan keuangan disegala aspek harus dilakukan agar pencapaian Visi dan Misi dapat berjalan sesuai harapan. 

Sebagai langkah awal dengan melakukan perampingan jumlah OPD dan Jabatan Struktural yang sebelumnya berjumlah 648 menjadi 300 Jabatan. Langkah efisiensi ini bukan hanya akan dilakukan terhadap Jabatan ASN tapi juga jumlah pegawai Non ASN atau Honorer.

"Ini merupakan keputusan yang sulit, namun jika tidak dilakukan ditengah keterbatasan anggaran APBD, perjalanan roda pemerintahan akan terganggu," jelasnya.

Nantinya dana dari hasil efisiensi tersebut dikatakan Mantan Legislator DPRD Provinsi 2 peride itu, akan digunakan untuk menggesa pembangunan Infrastruktur seperti pembangunan jalan penghubung dari Desa Ke Kecamatan dan dari Kecamatan menuju Ibu Kota Kabupaten. 

Lebih jauh dijelaskan Bupati, untuk menuntaskan pembangunan jalan penghubung diseluruh wilayah Kabupaten dengan panjang 929 KM, dimana sebanyak 60.61 persen dalam kondisi baik dan sisanya rusak dibutuhkan dana 2.3 Triliun.

"Jadi dana yang ada di Kabupaten benar-benar kita manfaatkan untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat menuju Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat," ucapnya.

Khususnya untuk wilayah Tebing Tinggi Barat, Bupati memprioritaskan penuntasanJalan Tj. Katung, Jalan Desa Tenan, serta jalan Desa Lalang Tanjung yang cukup memprihatinkan sesuai dengan usulan Legislator Meranti H. Khusairy.

Kemudian pada kesempatan itu Bupati H.M Adil, juga menyampaikan komitmenya dalam meningkatkan kualitas SDM Meranti dengan mencetak 50 Sarjana (S1), 5 Master (S2), dan 2 Dokter ditiap Desa. Dengan cara mengalokasikan dana Bea pendidikan sebesar 12.5 Miliar/Tahun.

"Kita ingin Meranti, Maju dan Cerdas, dan namanya Kabupaten Maju dan Cerdas itu jika masyarakatnya berpendidikan tinggi jika sudah begitu barulah kita menjadi Kabupaten yang bermartabat," ucapnya lagi.

Komitmen lainnya yang disampaikan Bupati dam perwujudan Visi dan Misinya adalah :

Pertama dibidang Pelayanan Kesehatan, dengan menaikan status RSUD Meranti menjadi Type B, dengan membangun Gedung Baru berkapasitas 100 kamar, menambah peralatan Cuci Darah sebanyak 12 Unit serta Penambahan 12 Dokter Spesialis.

"Jika Bapak/Ibu punya anak yang ingin jadi Dokter, silahkan daftar Pemkab. Meranti akan bantu nantinya setelah lulus akan ditempatian di UPT Puskesmas yang ada disetiap Kecamatan.

Kedua, menciptakan ribuan usahawan baru dengan membantu bibit Kambing, Sapi dan Ayam petelor, dan memberikan pelatihan kepada para pemuda-pemudi Meranti sehingga mampu mandiri dan membuka lapangan kerja baru.

"Untuk pengadaan hewan ternak ini kita akan menganggarkan dana sebesar 50 Miliar/Tahun dan melalui program ini kita berharap Meranti bisa swasembada daging," ucap Bupati Adil.

Ketiga pelayanan publik prima dengan menerapkan konsep Smart City salah satunya untuk pengurusan KTP/KK 1 hari selesai.

Dan yang tak kalah penting mengupayakan gaji honor guru Agama jika dana memungkinkan.

"Jika kekuatan anggaran memungkinkan kita juga akan mengupayakan gaji honor para guru Agama dan MDA," ucapnya.

Terakhir dalam Musrenbang Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Bupati juga berharap pelaksanaan musrenbang RKPD ini, dapat mengakomodir kepentingan masyarakat yang paling prioritas yang diselaraskan dengan rencana pembangunan yang  ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, sehingga cita-cita mulia pelaksanaan pembangunan secara perlahan dapat dicapai dalam upaya mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Bupati Adil berjanji anggaran APBD Meranti yang saat ini berkisar 1 T akan dipergunakan sesuai dengan skala prioritas agar tidak ada lagi masyarakat Meranti yang kurang gizi, dan tidak sekolah karena tak ada biaya.

Pada kesempatan itu juga disampaikan pokok-pokok fikiran DPRD Meranti yang dijelaskan olehLegislator H. Khusairy. Yang berharap kepada Pemerintah Daerah agar Musrenbang Kecamatan ini tidak hanya bersifat seremonial tapi benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya pemerataan pembangunan mulai dari Kota hingga ke Desa. 

Ada beberapa usulan kegiatan yang disampaikan diantaranya pembangunan Jembatan Alai-Mengkikip agar Isolasi daerah dapat terbuka dan memberikan kemudahan aksesbilitas orang dan barang dari Desa ke Kecamatan menuju Kabupaten.

Kemudian pembangunan Jalan Tj. Katung, Jalan Desa Tenan, Jalan Desa Lalang Tanjung yang dinilai cukup memprihatinkan.

"Semoga ini dapat menjadi perhatian untuk direalisasikan oleh Pemerintah Daerah, agar masyarakat Meranti khususnya yang berada di Tebing Tinggi Barat menjadi masyarakat yang lebih merdeka," pungkas Legislator Khusairy.

Camat Tebing Tinggi Barat H. Said Jamhur juga berkesempatan menyampaikan beberapa program strategis Kecamatan diantaranya : 

1. Peningkaan Jalan dan Parit Beton Jalan Simpang Tengkorak-Sungai Mahakam.
2. Bangunan Batu Pemcah Gelombang (Penahan Abrasi).
3. Pembangunan Parit Beton Jalan Belimau.
4. Base Jalan Lintas Kundur-Tj. Peranap.
5. Pelabuhan Dermaga Pelabuhan Alai.
6. Pengadaan Bibit Sapi di Insit. (rls/zuin)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati H.M Adil Buka dan Ikuti Musrenbang Kec. Tebing Tinggi Barat, Gesa Peningkatan Infrastruktur Penghubung Merdekakan Masyarakat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Wabup Siak Husni Merza Buka Aecara Resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke 14
    02 Polda Harus Usut Tuntas Sampai Keakarnya, PW IWO Riau Akan Kawal Penanganan Kasus 70 Ton Kayu Ilegal di Kepulauan Meranti
    03 FSS Dorongan Lestarikan Ekosistem Sungai Siak, Lomba Mancing Resmi Dibuka Bupati Alfedri
    04 Bantuan Ambulan dari Pemkab, Untuk Kampung Jauh Dari Puskesmas di Siak
    05 Ingat Sejarah Dalam Lestarikan Peradaban Dan Daya Tarik Wisata Sungai Jantan
    06 Kajati Provinsi Riau Membuka Wawasan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih di Kabupaten Siak, Dandim 0322/Siak Hadiri Pengarahan
    07 Puluhan Personil Polres Siak Goro Bersihkan Rumah Ibadah, Sambut Hari Bhayangkara Ke-78
    08 Bentuk Kepedulian Terhadap Warga Yang Membutuhkan, Polsek Minas Anjangsana Dan Berikan Bantuan Bansos
    09 Hut Bhayangkara Ke-78 Dan Menjelang PSU Pemilu 2024 Pastikan Aman Dan Kondusif, Polrea Meranti Laksanakan Patroli Blue Light
    10 Sambut Hari Bhayangkara ke 78 di Polres Siak, Lomba Polisi Cilik dan PBB tingkat SLTP Ikut Meriahkan
    11 Sosialisasi dari BPJS Kesehatan Personel Kodim 0322/Siak
    12 Peletakan Batu Pertama Gedung Penyimpanan dan Dermaga Kejaksaan Negeri Siak
    13 Kota Pariaman Salat Idul Adha Dipusatkan di Lapangan Merdeka
    14 Buka Turnamen TROFEO CUP 1 Laga Pertama All Start Melawan PT.KTU, Sekaligus Resmikan Stadion Mini Sri Bijuangsa
    15 Coba-Coba Jadi Bandit Jalanan, 14 Remaja Riau Begal Motor Dan Todongkan Pisau
    16 Usung Kasmarni-Bagus Santoso di Pilkada Bengkalis, PKB Terbitkan SK
    17 Panitia Kurban di Riau Temukan 2 Janin Dalam Perut Sapi Jantan
    18 Siak Salah Satu Tujuan Pelayaran KRI Dewaruci, Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024
    19 WNA Asal Jerman Diamankan Polsek Kuta, Lakukan Penganiayaan Dan Pengerusakan Villa
    20 Tembakan Peringatan, Residivis Bongkar Rumah Diringkus Polsek Minas
    21 Polsek Kuantan Hilir Berhasil Diringkus Dua Pelaku Narkoba
    22 Bantu Masyarakat Meranti, Aliansi Melayu Tionghua Berikan Sembako Murah
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI