Senin, 11 Desember 2023
Follow Us ON :
 
 
 
| Perda APBD Perubahan Tahun 2023 Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Pelalawan | | Hari Jadi ke-24 Kabupaten, DPRD Pelalawan menggelar Sidang Paripurna Istimewa | | Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pelalawan, Penyampaian dan Penyerahan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2024 | | Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2024 Disahkan | | Pemkab Siak Peringati HUT Korpri ke-52 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 | | Sekda Arfan Usman Hadiri Sertijab Komandan Lanud Roesmin Nurjadin
 
Pertama di Riau, Bupati Meranti Sampaikan LKPD Terakhir ke BPK RI
Senin, 15-02-2021 - 17:27:04 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, DELIK RIAU - Meski masa jabatannya menyisakan satu hari, Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir masih bekerja seperti biasa. Dia pun menyempurnakan tugasnya dengan menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020 kepada BPK RI Perwakilan Riau, Senin (15/2/2021) di Pekanbaru.

Penyerahan LKPD tersebut dilakukan di ruang rapat Kantor BPK RI Jalan Sudirman Pekanbaru. LKPD berbentuk bundelan buku tersebut berisikan laporan kinerja dan keuangan pemerintah daerah tahun 2020. 

Bupati menyerahkan LKPD tersebut langsung kepada Kepala BPK RI Perwakilan Riau Widhi Widayat. Tampak mendampingi Wakil Ketua DPRD Iskandar, Sekdakab Dr Kamsol, Kepala BPKAD Bambang Supriyanto, Kepala BPPRD Mardiansyah, Inspektur Daerah Suhendri, Kabag Humaspro Rudi Hasan dan Kabid Anggaran BPKAD Alamsyah Almubaraq. Sementara dari pihak BPK terlihat pula Kepala Subauditorat Riau II Bapak Handreas, Kasubag Humas Bapak Tulus dan Ketua Tim Pemeriksa Bramantyo. 

Dalam sambutannya Bupati Irwan mengucapkan terima kasih atas pengarahan yang diberikan BPK sehingga Meranti dapat meningkatkan pelaporan keuangan dan kinerjanya. Dengan mengikuti pengarahan tersebut, Meranti pun berhasil meraih delapan kali opini wajar tanpa pengecualian (WTP) berturut-turut. 

"Kami berharap tahun ini bisa meningkatkan pelaporan keuangan ini jadi semakin sempurna tidak saja dari segi compliance tetapi juga substansinya. Terlebih bagi saya yang dua hari lagi akan berakhir masa jabatan. Saya mengucapkan terima kasih masih diberi kesempatan menunaikan amanat konstitusi ini dan ini merupakan yang terakhir," kata Irwan sembari tersenyum. 

Meski LKPD yang terakhir namun Meranti menjadi daerah yang pertama di Riau menyerahkan kewajiban tersebut. Bahkan dengan laporan itu, kata Irwan, menjadi yang pertama juga baginya bertemu Kepala BPK Perwakilan Riau yang baru Widhi Widayat. "Ini jadi pertemuan pertama dan terakhir kita Pak Widhi," sebutnya tertawa. 

Namun diakhir sambutan Irwan berharap BPK terus memberikan bimbingan agar laporan keuangan Meranti semakin baik ke depannya. Dia juga bermohon maaf bilamana dalam pergaulan selama ini mungkin ada yg tidak berkenan. 

"Saya sendiri rencana akan istirahat dulu dari politik, untuk menekuni dunia usaha," ungkapnya. 

Sementara itu Widhi Widayat memberikan apresiasi dimana Meranti dari waktu ke waktu selalu jadi yang pertama menyampaikan LKPD berbanding kabupaten/kota lainnya di Riau. Dia mengaku selalu mengingatkan timnya agar sebelum memulai pemeriksaan agar memastikan betul bahwa LKPD unaudited itu sudah diterima. 

"LKPD ini nantinya akan dibaca lalu diuji pada tujuh aspek apakah sudah nyambung dan relevan. Kami yakin sudah sangat baik apalagi Meranti sudah delapan kali WTP dan LKPD ini sudah direview Inspektorat sehingga tentu semakin baik," paparnya. 

Dengan telah diterimanya LKPD tersebut, kata Widhi, akan dilanjutkan proses pemeriksaan secara terinci. Dia berharap Meranti bisa mempertahankam opini WTP sehingga jadi salah satu kado terbaik Bupati yang akan segera purnatugas. 

"Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam pelaporan keuangan. Diantaranya; harus sesuai standar akuntansi pemerintahan, kecukupan informasi, kepatuhan pada peraturan dan efektivitas SBI," urainya. 

Widhi berharap LKPD yang diberikan mengandung infomasi keuangan yang cukup dan dibutuhkan tim pemeriksa. Pihaknya berharap Pemkab Meranti bisa bekerjasama memberikan informasi laporan keuangan yang dibutuhkan pemeriksa nantinya. 

"Bagi kami, dengan cepatnya Pemkab Meranti menyerahkan LKPD ini sudah suatu prestasi walaupun masih tahap awal. Diharapkan tidak ada permasalahan yang bisa mempengaruhi opini mengingat sudah 8 kali WTP dan memang seharusnya tingkat pelaporan sudah lebih baik," tutup Widhi. (zuin)



 
Berita Lainnya :
  • Pertama di Riau, Bupati Meranti Sampaikan LKPD Terakhir ke BPK RI
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2024 Disahkan
    02 Donasi Palestina, Kabupaten Siak Tembus 2 Milyar
    03 Pemkab Siak Peringati HUT Korpri ke-52 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023
    04 Resmikan Rumah Restorative Justice, Bupati Alfedri Harap Masyarakat Benar-benar Mendapat Keadilan Hukum
    05 Ciptakan Pemilu Berkeadilan dan Damai Bawaslu Siak Taja Tabligh Akbar
    06 S Hondro Harap Gubri Edy Natar Cabut Pergub 19 Tahun 2021
    07 Bupati Alfedri Temui Warga Korban Banjir dan Serahkan Bantuan
    08 Jadi Pembina Upacara HUT PGRI di Tualang, Ini Harapan Bupati Alfedri
    09 Untuk Motivasi, Bupati Alfedri akan berikan hadiah umroh bagi peserta MTQ yang berprestasi di tingkat Nasional
    10 Mappilu - PWI Riau Audiensi ke KPU Riau
    11 Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pelalawan, Penyampaian dan Penyerahan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2024
    12 Sekda Arfan : 'Guru Kunci Utama Transformasi Pendidikan'
    13 Disabilitas Korban Pemerkosaan, Kadis DP3AP2KB Pelalawan Maksimal Upayakan Bantuan
    14 Wabup Husni Sebut Tanggung Jawab Pengelolaan Zakat Dunia Akhirat
    15 Sekda Arfan Usman Hadiri Sertijab Komandan Lanud Roesmin Nurjadin
    16 Dirlantas Polda Riau Pimpin Rapat Forum Lalu Lintas Untuk Sukseskan Program Bulan Tertib Helm
    17 Bahas Sejumlah Isu Pembangunan, Bupati Kasmarni Ikut Rapat bersama Plt. Gubri
    18 Wabup Siak Husni Harap Turnamen Sepak Bola Antar RT Rutin di Gelar
    19 Ops OMB 2023, Polsek Tualang Gencar Melaksanakan Patroli Kantor Panwaslu dan PPK Kecamatan Menjelang Pemilu Tahun 2024
    20 Terkait CSR PT BRK Syariah, Pemohon Akan Ajukan Keberatan ke Pengadilan
    21 Polres Siak Lakukan Patroli Rutin Ke Kantor KPU Kabupaten Siak
    22 Bupati Alfedri Panen Raya Padi, Petani Gembira Harga Gabah Tinggi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI