Jum'at, 14 Juni 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Polsek Tualang Gotong Royong di Tempat Rumah Ibadah, Menyambut HUT Bhayangkara Ke-78 | | Bersama RSUD Kabupaten Siak Polres Siak Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis, Sambut Hari Bhayangkara Ke 78 | | AKP Basuki Yuniarto pimpin Apel Personil Pengamanan Olimpiade Olahraga dan Festival Lomba Seni Siswa | | Keluarkan Limbah Busuk, Sebabkan Posyandu Mengungsi dan Tak Hiraukan Keluhan Warga, Penampung Cangkang Sawit Diduga Tanpa Izin dan Amdal | | Serahkan Langsung SK 2.578 PPPK ke Daerah, Pj Gubri SF Hariyanto | | Landasan Kebijakan Pembangunan Kependudukan Terintegrasi, GDPK Jadikan Landasan
 
Buka MTQ Kecamatan Rangsang, Rosdaner Harap Dengan Berkah Al Qur'an Allah Angkat Wabah Covid-19
Rabu, 20-01-2021 - 08:45:29 WIB

TERKAIT:
   
 

MERANTI, DELIK RIAU - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kecamatan se-kabupaten Kepulauan Meranti dimulai dari Kecamatan Rangsang. Kecamatan yang berbatasan dengan Selat Melaka ini menggelar pembukaan MTQ pada Selasa (19/01/2021) malam, di halaman Masjid Al Islah Desa Tanjungsamak, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Meski dilaksanakan sederhana mengikuti protokol kesehatan, namun tetap berlangsung meriah dan menarik. Desain astaka berbentuk miniatur masjid dengan lampu spiral yang melilit terlihat indah terlebih ditambah pencahayaan yang artistik.

Pembukaan MTQ ini dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum H Rosdaner S.Pd dan anggota DPRD HM Hatta. Turut mendampingi Plt Kabag Kesra Rudi Hasan dan perwakilan dari Kemenag, Satpol PP, serta staf Humas dan Protokoler. Acara pembukaan ini juga dihadiri seluruh Upika Kecamatan Rangsang.

Camat Rangsang Tengku Arifin mengungkapkan MTQ merupakan salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat. Selain sebagai salah satu bentuk syiar Islam, kegiatan tersebut juga menjadi ajang silaturrahmi para kafilah dari seluruh desa di Kecamatan Rangsang.

"Antusias masyarakat mengikuti MTQ ini sangat besar. Namun beberapa even tidak dapat dilaksanakan untuk memeriahkan MTQ ini akibat pandemi Covid-19 seperti pawai taaruf dan bazar," ungkapnya.

Dia pun berharap, MTQ tersebut dapat melahirkan qari dan qari'ah terbaik kecamatan Rangsang yang akan mewakili ke MTQ kabupaten bahkan ke MTQ Provinsi. Dia juga merujuk beberapa qari dan qari'ah Kecamatan Rangsang yang meraih hasil membanggakan di MTQ provinsi.

Sementara itu Asisten III Rosdaner yang mewakili Bupati mengungkapkan harapan agar Rangsang dapat tampil maksimal di MTQ kabupaten nanti. Selama ini, kata dia, Rangsang menjadi salah satu gudang qari dan qari'ah andalan di Meranti.

"Tahun lalu kita tidak dapat melaksanakan MTQ akibat dampak pandemi. Namun tahun ini kita bertekat untuk tetap melaksanakan MTQ agar anak-anak kita memiliki wadah untuk unjuk kemampuan selain juga sebagai syiar agama," ungkap dia.

Menurutnya, MTQ lebih dari sekedar lomba seni baca al Qur'an. Tetapi hendaklah dimaknai sebagai peningkatan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al Qur'an dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kita berharap dengan berkah al Qur'an, Allah mencucuri rahmatnya untuk mengangkat wabah covid19 ini dari daerah kita dan dari muka bumi ini," harapnya.

Tak lupa juga dia mengingatkan panitia agar benar-benar memperhatikan protokol kesehatan sepanjang MTQ berlangsung. Rosdaner juga mengucapkan apresiasi atas upaya Pemcam dan masyarakat Rangsang yang mampu menyelenggarakan MTQ tersebut meski di tengah keterbatasan saat ini.

Setelah pembukaan dilakukan oleh Asisten III, lampu-lampun langsung dinyalakan sehingga astaka tampak indah. Selanjutnya dilakukan pemukulan gong tanda MTQ tersebut dimulai secara resmi. Sebelum itu, dilakukan pelantikan Dewan Hakim MTQ oleh Camat Rangsang. (zuin)



 
Berita Lainnya :
  • Buka MTQ Kecamatan Rangsang, Rosdaner Harap Dengan Berkah Al Qur'an Allah Angkat Wabah Covid-19
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polsek Tualang Gotong Royong di Tempat Rumah Ibadah, Menyambut HUT Bhayangkara Ke-78
    02 Bersama RSUD Kabupaten Siak Polres Siak Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis, Sambut Hari Bhayangkara Ke 78
    03 AKP Basuki Yuniarto pimpin Apel Personil Pengamanan Olimpiade Olahraga dan Festival Lomba Seni Siswa
    04 Keluarkan Limbah Busuk, Sebabkan Posyandu Mengungsi dan Tak Hiraukan Keluhan Warga, Penampung Cangkang Sawit Diduga Tanpa Izin dan Amdal
    05 Serahkan Langsung SK 2.578 PPPK ke Daerah, Pj Gubri SF Hariyanto
    06 Landasan Kebijakan Pembangunan Kependudukan Terintegrasi, GDPK Jadikan Landasan
    07 Direktur PJC Terus Berkomitmen Lahirkan Wartawan Profesional, Penyerahan Berkas Ke Kesbangpol
    08 Gelar Apel Pencanangan dan Deklarasi Pembangunan Wilayah Bebas Dari Korupsi, Dipimpin Kapolres Kepulauan Meranti
    09 Kejuaraan Menembak Piala Dandim, Meningkatkan Keterampilan Dan Prestasi
    10 Penyerahan "SK" Dukungan Penuh DPP Partai PAN, Alfedri Bakal Calon Bupari Siak
    11 Hadiri Wisuda IQRA dan Khatam Al-Quran Santri MDTA dan TPQ KE-XV Se Kecamatan Tualang, Tahun Pelajaran 2023-2024
    12 Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu Adhoc Bagi Panwaslu Kecamatan Se- Kabupaten Siak Untuk Pemilu Serentak Tahun 2024, Bawaslu Siak Taja
    13 Gelar Ormas Expo 2024, Tema "Kreatif, Mandiri, Mengayomi",
    14 Pengedar Shabu Ditangkap di Bandara SSK Pekanbaru
    15 Seorang Pria Terduga Kasus Penganiayaan Karyawan PT SRL, Berhasil Diungkap Polsek Rangsang
    16 Penandatanganan MoU Terkait Kerjasama Dibidang Pembangunan Dan Kebudayaan
    17 Bupati Dan Wabup Siak Terima Gelar, Bawa Kota Siak Berkemajuan
    18 Bupati Siak Raih Penghargaan Bupati Aspiratif, Malam Puncak HUT JMSI Award 2024
    19 Kunjungan Pj Bupati Batubara Ke Siak Kota Istana
    20 Tanah Adalah Mama, Suku Awyu: Tanah adalah Rekening Abadi Kami, Soal
    21 Berkedok Panti Pijet di 3 Lokasi, 7 Orang Diamankan Satpol Pp Siak
    22 Pengecer Shabu Disiak Ditangkap Polisi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI