Senin, 11-01-2021 - 20:54:10 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi | | Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi | | Sat Intelkam Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas dan Memberikan Batuan Kepada Napi Asimilasi Agar Meminimalisir Terulangnya Kejahatan | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat | | Meminimalisir Terulangnya Kejahatan oleh Napi Asimilasi, Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas
 
Meranti Bersiap....Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Riau, Pendistrbusian Ke-Kabupaten/Kota Tunggu UEA BPOM RI
Senin, 11-01-2021 - 20:54:10 WIB

TERKAIT:
 
  • Meranti Bersiap....Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Riau, Pendistrbusian Ke-Kabupaten/Kota Tunggu UEA BPOM RI
  •  

    MERANTI, DELIK RIAUPememerintah kabupaten Meranti dalam hal ini Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner bersama Kapolres Meranti AKBP. Eko Wimpiyanto, mengikuti Teleconference Persiapan Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Riau yang dipimpin Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar, dalam Rakor yang melibatkan Forkopimda Se-Riau itu dinformasikan Vaksin Covid-19 telah tiba di Riau dan pendistribusianya masih menunggu Emergency Use Authorization (EUA) BPOM RI, Kep. Meranti, Senin (11/1/2021).

    Untuk Kepulauan Meranti Teleconference juga diikuti oleh Kadis Kesehatan Meranti Dr. Misri Hasanto,  Perwakilan Kemenkum HAM Meranti, Danposal Selatpanjang, Danramil Selatpanjang diwakili Lakatang, Kepala RSUD Meranti Dr. Ria Sari, Kabid Perda Pol PP Meranti Piskot Ginting, Jubir Covid-19 Meranti Dr. Fachri, Bagian Humas dan Protokol Meranti.

    Dalam pemaparannya kepada seluruh Bupati/Walikota serta Forkopimda Se-Provinsi Riau, Wagubri Edy Natar, mengatakan Vaksin Covid-19 yang untuk tahap awal diperuntukan kepada Tenaga Kesehatan sudah sampai di Pekanbaru-Riau. Namun belum dapat didistribusikan karena masing menunggu EUA dari BPOM RI. 

    "Vaksinasi akan dimulai Tanggal 13 January 2021, saat ini masih menunggu Emergency Use Authorization (EUA). Vaksinasi untuk seluruh masyarakat ditargetkan akan selesai selama 1 Tahun,"jelas Edy Natar.

    Selanjutnya agar pelaksanaan Vaksinasi berjalan dengan baik dan lancar Wagubri meminta kepada pihak terkait dapat menyampaikan kepada masyarakat secara hati hati agar tidak terkesan memaksa karena Vaksinasi tersebut sifatnya wajib sesuai UU Wabah No. 4 Tahun 1984. Dalam intruksi Presiden tersebut Tenaga Kesehatan dan Pelayanan Publik akan mendapatkan prioritas pertama.

    "Dan sesuai intruksi Presiden RI Vaksin Covid-19 diberikan secara gratis yang bertujuan untuk penanganan bidang kesehatan, perlindungan sosial yang berujung pada pemulihan ekonomi," jelasnya lagi.

    Menyikapi hal tersebut, Pemkab. Meranti seperti dikatakan Asisten III Sekdakab. Meranti siap mensukseskan program Pemerintah ini dalam upaya mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti.

    "Ya kita didaerah siap mendukung intruksi (Presiden.red) ini dalam penanggulangan wabah Covid-19," ucap Rosdaner.

    Seperti diberitakan sebelumnya,  Vaksin Virus Covid-19 akan tiba di Provinsi Riau pada tanggal 10 January 2021, selanjutnya dengan pengawalan ketat Anti Virus Covid-19 ini akan didistribusikan keseluruh Kabupaten/Kota yang ada di Riau. Dan Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat akan dilaksanakan secara serentak Se-Indonesia termasuk Kepulauan Meranti pada tanggal 14 January 2021. Untuk tahap awal akan dilakukan pada tenaga kesehatan (Nakes) yang selanjutnya organisasi profesi kesehatan, pendidik dan masyarakat lainnya.

    Khusus untuk Kepulauan Meranti seperti dijelaskan Kadis Kesehatan Meranti Dr. Misri Hasanto, penyuntikan Vaksin Covid-19, akan diawali kepada tenaga kesehatan di Meranti yang berjumlah 1.082. Untuk Vaksinasi sendiri akan dipusatkan di RSUD dan Puskesmas yang tersebar di 9 Kecamatan.

    Dengan Rincian Nakes Meranti : 1.082

    Jumlah Pemetaan Sasaran Vacinasi Covid-19 Kab Kepulauan Meranti :

    1. Petugas Medis/Paramedis

    2. Petugas Non Medis di Faskes

    3. Petugas pelayan Publik

    dengan jumlah sasaran : 110.379 Orang dengan distribusi kelompok umur Sbb :

    Umur 18-30 Thn : 42.307

    Umur 31-45 Thn : 40.001

    Umur 46-59 Thn : 28.071.

    Namun dalam Rakor sebelumnya yang digelar oleh Pemkab. Meranti bersama Forkopimda terkait Vaksinasi Covid-19 ini, mendapat masukan dari MUI Kepulauan Meranti yang disampaikan Ketua H. Mustafa, menurutnya untuk Vaksinasi Covid-19 di Kepulauan Meranti tidak perlu terburu-buru dan sebaiknya menunggu dikeluarkannya Fatwa MUI Pusat.

    "Kami sarankan Vaksinasi kepada seluruh masyarakat menunggu dikeluarkannya Fatwa MUI Pusat, agar masyarakat tidak lagi terpancing isu negatif dan merasa yakin untuk di Vaksinasi," ucap H. Mustafa yang juga berprofesi sebagai ustadz ini.

    Selain itu ia juga menyarankan agar Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan dengan keilmuannya dapat menepis semua isu negatif Vaksinasi ini, karena seperti diketahui bantahan dari Pemerintah Pusat sangat minim.

    Usulan dari Ketua MUI Meranti itu mendapat respon positif dari Kasat Reskrim Polres Meranti AKP. Syaiful dan Kepala UPT Puskesmas Alai Dr. Moses. 

    "Kami sependapat dengan usul ini untuk menepis kekawatiran dari masyarakat, tinggal lagi kita koordinasi dengan Pemda dan instansi terkait lainnya," ujar Kasat Reskrim.

    Iapun mengajak sinergitas dari semua pihak untuk mengamankan distribusi Covid-19 dan yang tak kalah penting adalah menepis semua isu negatif terkait Vaksin Covid-19 yang berdar di masyarakat agar program Vaksinasi Covid-19 ini berjalan dengan aman dan sukses. (rilis/zuin)



     
    Berita Lainnya :
  • Meranti Bersiap....Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Riau, Pendistrbusian Ke-Kabupaten/Kota Tunggu UEA BPOM RI
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi
    02 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa
    03 Sambil Menunggu Kesiapan Diskes, DPRD Rohil Siap Divaksinasi
    04 Gubri Syamsuar Ingatkan Jangan Sampai Terkena ISPA dan Corona
    05 Diduga PT.Arara Abadi Tumbang Kepung Sialang, LAMR Pelalawan Lakukan Kosolidasi Internal
    06 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.V)
    07 TNI AD Laksanakan Vaksinasi Serentak
    08 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat
    09 Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi
    10 Berawal dari Jual-Beli, Hingga Berakhir Sengketa Lahan Koperasi
    11 Bupati Alfedri Terima Kunjungan Anggota Komisi II DPR RI Andi Rachman
    12 Polres Siak Sosialisasikan Bahaya Penyalah Gunaan Narkoba Di Perawang
    13 32 Honorer Terima SK P3K dari Bupati Siak
    14 Sekda Arfan Usman Ikuti HUT Damkar ke 102 tahun, Tingkat Nasional
    15 Wabup H. Asmar Sidak Kondisi Ruang dan Kinerja Pegawai Dilingkungan Sekretariat, Ingatkan Jaga Disiplin dan Jauhi Narkoba
    16 Bupati dan Wakil Bupati Meranti H.M Adil-H. Asmar Sampaikan Visi dan Misi Serta 7 Program Strategis kepada DPRD
    17 Pembina Apel Senin Pagi, Bupati H.M Adil Ingatkan ASN Laksanakan Tupoksi Dengan Baik dan Melayani Dengan Ihklas
    18 Karena Zona Hijau, Bupati H.Adil Akan Koordinasi Dengan Kapolres dan Kajari Tentang Sekolah Tatap Muka
    19 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.IV)
    20 DLH Meranti Terus Terapkan Jadwal 4 Pembuangan Sampah
    21 Buka Musrenbang Tualang, Bupati Alfedri Minta Peruntukan Dana Desa Percepat Pemulihan Ekonomi
    22 l Janji Siap Wujudkan 7 Program Strategis H. Adil-H. Asmar, Siap Dikritik Jika Melenceng Dan Mohon Doa dan Dukungan Maayarakat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI