Jumat, 15-01-2021 - 12:55:49 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi | | Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi | | Sat Intelkam Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas dan Memberikan Batuan Kepada Napi Asimilasi Agar Meminimalisir Terulangnya Kejahatan | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat | | Meminimalisir Terulangnya Kejahatan oleh Napi Asimilasi, Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas
 
Pertahankan Ekosistem Mangrove Cegah Abrasi, Sekda Kamsol Lakukan Penanaman Bibit Mangrove di Pesisir Insit Laut
Jumat, 15-01-2021 - 12:55:49 WIB

TERKAIT:
 
  • Pertahankan Ekosistem Mangrove Cegah Abrasi, Sekda Kamsol Lakukan Penanaman Bibit Mangrove di Pesisir Insit Laut
  •  

    MERANTI, DELIK RIAU - Abrasi menjadi masalah serius dihampir semua daerah pesisir termasuk Kepulauan Meranti, untuk mengatasinya diperlukan kerjasama semua pihak khususnya pemerintah dan masyarakat untuk bersihergi menjaga kelestarian ekosistem Mangrove sebagai pencegah abrasi yang murah dan efisien, seperti yang dilakukan saat ini oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol didampingi Kapolres Meranti AKBP. Eko Wimpiyanto dengan melakukan penanaman bibit Mangrove di Pelabuhan Insit Laut, Tebing Tinggi Barat, Jumat pagi (15/1/2021) pagi.

    Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Meranti H. Irmansyah, Kapolsek Tebing Tinggi Barat Iptu. Simamora, Perwakilan Kecamatan, Bagian Humas dan Protokol Meranti, Perwakilan Dinas Perhubungan, Kades Insit Jumir, Ketua LSM LMR Jedrizal, Ketua Forum RT/RW Ucok Alexander, Tokoh Masyarakat/Pemuda dan lainnya.

    Seperti dijelaskan panitia pelaksana, Jefrizal, kegiatan ini didukung oleh PT. Timah Tbk dengan memberikan bantuan bibit Mangrove (Api-Api) sebanyak 200 batang untuk ditanam disepanjang Pesisir Pelabuhan RoRo Insit Laut. 

    "Kita berharap dengan adanya penanaman Bibit Mangrove ini mampu mempertahankan ekosistem Mangrove disekitar Insit Laut sehingga abrasi dapat dicegah," ujar Jef.

    Kegiatan penanaman Bibit Mangrove diawali dengan penyerahan bibit Mangrove dari Sekda Meranti Dr. H. Kamsol kepada Kades Insit Jumir. Dilanjutkan dengan penanaman bibit secara simbolis oleh Sekda bersama Kapolres Meranti AKBP. Eko Wimpiyanto yang nantinya dilanjutkan oleh aparatur desa dan masyarakat setempat.

    Menyikapi hal itu, Sekda Meranti sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatanan penghijauan tersebut, menurutnya kegiatan ini sangat penting dan strategis untuk menjaga daerah pesisir Meranti khususnya diwilayah Insit Laut dari Abrasi. Iapun berharap kegiatan serupa tidak selesai disini tapi dapat terus berlanjut secara mandiri karena untuk menjaga ekosistem Mangrove ini perlu sinergitas dari semua pihak yakni pemerintah dan masyarakat. 

    Lebih lanjut dikatakan Sekda Meranti,  berbagai upaya telah dilakukan Pemkab. Meranti dalam mengatasi abrasi diwilayah pesisir Meranti seperti di Pulau Rangsang yang mengalami abrasi belasan Ha/Tahun. Mulai dari pembangunan Turap, Batu Pemecah Ombak hingga Penanaman Mangrove namun karena keterbatasan anggaran belum dapat dilakukan secara optimal.

    "Jadi kita sangat membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat untuk menjaga ekosistem Mangrove dengan penanaman bibit disepanjang pesisir pantai, karena dibanding dengan membangun Batu Bronjong cara ini jauh lebih murah dan efisien," jelas Sekda.

    Untuk tahun 2021 dari informaai yang diperolehnya, Kabupaten Meranti mendapatkan bantuan penanggulangan Abrasi dari APBN di 3 Titik yakni Pulau Rangsang dan Centai Pulau Merbau.

    "Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong peran aktif masyarakat untuk bersama-sama mengatasi abrasi disepanjang pesisir Meranti melalui penanaman bibit Mangrove," harapnya. (zuin)



     
    Berita Lainnya :
  • Pertahankan Ekosistem Mangrove Cegah Abrasi, Sekda Kamsol Lakukan Penanaman Bibit Mangrove di Pesisir Insit Laut
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi
    02 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa
    03 Sambil Menunggu Kesiapan Diskes, DPRD Rohil Siap Divaksinasi
    04 Gubri Syamsuar Ingatkan Jangan Sampai Terkena ISPA dan Corona
    05 Diduga PT.Arara Abadi Tumbang Kepung Sialang, LAMR Pelalawan Lakukan Kosolidasi Internal
    06 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.V)
    07 TNI AD Laksanakan Vaksinasi Serentak
    08 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat
    09 Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi
    10 Berawal dari Jual-Beli, Hingga Berakhir Sengketa Lahan Koperasi
    11 Bupati Alfedri Terima Kunjungan Anggota Komisi II DPR RI Andi Rachman
    12 Polres Siak Sosialisasikan Bahaya Penyalah Gunaan Narkoba Di Perawang
    13 32 Honorer Terima SK P3K dari Bupati Siak
    14 Sekda Arfan Usman Ikuti HUT Damkar ke 102 tahun, Tingkat Nasional
    15 Wabup H. Asmar Sidak Kondisi Ruang dan Kinerja Pegawai Dilingkungan Sekretariat, Ingatkan Jaga Disiplin dan Jauhi Narkoba
    16 Bupati dan Wakil Bupati Meranti H.M Adil-H. Asmar Sampaikan Visi dan Misi Serta 7 Program Strategis kepada DPRD
    17 Pembina Apel Senin Pagi, Bupati H.M Adil Ingatkan ASN Laksanakan Tupoksi Dengan Baik dan Melayani Dengan Ihklas
    18 Karena Zona Hijau, Bupati H.Adil Akan Koordinasi Dengan Kapolres dan Kajari Tentang Sekolah Tatap Muka
    19 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.IV)
    20 DLH Meranti Terus Terapkan Jadwal 4 Pembuangan Sampah
    21 Buka Musrenbang Tualang, Bupati Alfedri Minta Peruntukan Dana Desa Percepat Pemulihan Ekonomi
    22 l Janji Siap Wujudkan 7 Program Strategis H. Adil-H. Asmar, Siap Dikritik Jika Melenceng Dan Mohon Doa dan Dukungan Maayarakat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI