Senin, 10-02-2020 - 17:09:53 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Hari Terakhir Ops Patub Lancang Kuning 2020, Sat Lantas Polres Pelalawan Bagikan Kotak P3K, Helm Dan 187 Kendaraan Ditilang | | Percam Lubuk Dalam Salurkan BST Kemensos RI Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 | | Pemkam Suak Merambai Salurkan BLT-DD Tahap I II dan III Kepada Warga Yang Terdampak Covid-19 | | 245 KK Kampung Benhul Terima BST Tahap III Untuk Masyarakat Yang Terkena Dampak Covid-19 | | Meski Tradisi New Normal, Tingkakat Kewaspadaan Masyarakat Tetap Patuhi Prokes Covid-19 | | 508 KK Di Kecamatan Pusako Yang Terkena Dampak Covid-19 Mrndapatkan BLT Kemensos RI Tahap III
 
Pastikan Anak Anak Tidak Kurang Gizi, Sekolah Layak dan Aksesbilitas Jalan-Jembatan Terbangun
Wabup Meranti Pimpin Musrenbang Kecamatan Rangsang Pesisir
Senin, 10-02-2020 - 17:09:53 WIB

TERKAIT:
 
  • Wabup Meranti Pimpin Musrenbang Kecamatan Rangsang Pesisir
  •  

    MERANTI, DELIKRIAU - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim memimpin musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rangsang Pesisir, dalam kegiatan menghimun program prioritas Kecamatan dan Desa untuk direalisasikan ditahun 2021 itu, Wabup menegaskan siap mengawal dan berupaya memastikan Anak Anak Tidak Kurang Gizi, Sekolah Layak dan Aksesbilitas Jalan-Jembatan Terbangun, Senin (10/2/2020) di Kawasan Agro Wisata, Baran Raya, Desa Tenggayun Raya, Kecamatan Rangsang Pesisir, kabupaten Meranti, Riau.

    Turut hadir bersama Wakil Bupati, Anggota DPRD Meranti Dapil 3 DPRD Meranti HM. Tartip, Sujihartoni, Al. Amin, Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Makmun Murod, Kadis Perpustakaan Meranti Drs. Husni Gamal, Kadis Kesehatan dr. Misri, Kadis Pendidikan H. Nuriman, Kadishub. Meranti Dr. Aready, Kaban BPBD Drs. Idris Sudin, Kasatpol PP. Meranti Helfandi SE M.Si, Kaban BPMPD Drs. Ikhwani, Kadis Perikanan Meranti Eldi Syahputra, Kadis Ketahanan Pangan M. Arif, Kadis LHK Meranti Drs. Irmansyah M.Si, Kadis Pariwisata Meranti Rizki Hidayat, Kadis Sosial Meranti Agusyanto, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, Camat Rangsang Pesisir H. Arifuddin, serta Pejabat Eselon III Perwakioan Dinas/Badan/Bagian dilingkungan Pemkab. Meranti, Para Kades Se-Kecamatan Rangsang Pesisir, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemuda.

    Dalam penngarahannya, Wakil Bupati menegaskan Wabup menegaskan kegiatan Musrenbang Kecamatan ini jangan hanya sekedar formalitas tapi benar-benar digunakan untuk menghimpun aspirasi Kecamatan dan Desa atas usulan pembangunan diwilayahnya masing-masing.

    Yang terpenting menurut Wabup adalah untuk memastikan Anak Anak Tidak Kurang Gizi, Sekolah Layak dan Aksesbilitas Jalan-Jembatan Terbangun

    "Kita akan memaksimalkan anggaran yang ada untuk kepentingan masyarakat, sesuai prioritas yang mendesak, jangan sampai kita tunggu atap sekolah roboh dulu baru dilakukan rehap, jembatan ambruk dulu, momen ini untuk menghimpun dan mencari solusi berbagai persoalan akan kita bawa kemana negeri ini," jelas Wabup.

    Selanjutnya Wabup menegaskan dalam menyusun daftar pembangunan bukan hanya sekedar keinginan, dan bukan perkara gampang tapi butuh strategi agar apa yang dicita-citakan yakni terbangunya infrastruktur dan SDM Meranti yang berkualitas dapat terwujud.

    "Pada dasarnya pembangunan itu adalah upaya kita untuk membangun fisik dan jiwa masyarakat," ujar Wabup. 

    Untuk itu Pemerintah harus dapat memastikan jiwa dan raga masyarakat terbangun dengan baik. Caranya dengan memastikan ibu hamil dan bayi lahir sehat dan tumbuh normal bebas stunting. 

    Untuk mewujudkan pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Fasilitas Gedung Sekolah, Penanggulangan Abrasi di Kecamatan Rangsang Pesisir membutuhkan dana yang sangat besar. Jika hanya mengharapkan dana Kebupaten sangat sulit, perlu dilakukan loby dana Provinsi dan Pusat untuk mendukung anggaran pembangunan. 

    Untuk itu Wabup berharap semua OPD selain menggunakan anggaran Kabupaten harus juga dapat meraih dana Provinsi dan Pusat yang sangat besar dan lewat moment Musrenbang ini disusun strategi jitu untuk meraih dana-dana tersebut. 

    "Kepala OPD saya minta untuk membuat perencanaan yang matang dan detil agar kita dapat meraih dana Provinsi dan Pusat untuk membangun Meranti," pintanya.

    Lebih jauh dikatakan Wabup, pembangunan Infrastruktur harus diseimbangkan dengan pembagunan sumber daya manusia untuk itu yang juga penting adalah membangun SDM Meranti caranya pertama SDM Meranti harus bebas Stunting.

    "Programkan dan hidupkan kembali Posyandu, gunakan dana Desa semaksimal mungkin untuk menghidupkan Posyandu. Kawal gizi ibu hamil dan balita karena jika tidak mendapat gizi yang cukup dapat dipastikan akan melahirkan generasi yang hilang atau Lost Generation," jelas Wabup yang mengaku tidak menginginkan itu.

    "Ini adalah upaya kita untuk memastikan anak anak tidak kurang gizi, dapat bersekolah dengan layak, jalan akses dan jembatan terbangun, Fasilitas Kesehatan memadai, dan yang terpenting adalah moral dan ahklak masyarakat terbangun dengan baik," tegaskanya.

    Pada kesempatan itu Wabup juga menggugah kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan semua potensi yang ada. Mulai dari lahan pertanian, tambak ikan, perkebunan dan lainnya. Sehingga pembangunan dilakukan dapat lebih masif.

    Pada kesempatan itu juga disampaikan Pokok Pikiran Dewan DPRD Meranti yang dihimpun dari hasil reses di Kecamatan Rangsang Pesisir yang disampaikan Anggota DPRD Dapil 3 Al. Amin. Menurutnya program yang harus diprioritaskan adalah bidang Infrastruktur yakni pembangunan penghubung jalan desa, pelabuhan perlu mendapat perhatian serius, Jalan Kayu Ara menuju Kedabu Rapat untuk mempermudah akses menuju Puskesmas, kemudian pencegahan abrasi, pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu, rehap dan perbaikan sarana kesehatan seperti Polindes di Kedabu Rapat, Perbaikan Sarana Pendidikan SD-SMA, serta Gaji guru Honor, Rehab masjid dan Mushola, Sarana Olahraga, Sarana Kesenian, Fasilitas Air Bersih, Pengadaan Bibit Kelompok Petani.

    Hal senada juga disampaikan anggota DPRD Meranti M. Tartip yang meminta penyelesaian infrastuktur jalan Rangsang Pesisir-Rangsang dapat diseelsaikan diakhir periode Bupati-Wakil Bupati, Jalan Base bisa di Hotmix untuk mempersingkat waktu tempuh, menuntaskan abrasi misal reboisasi memanfaatkan ban bekas, begitu juga sarana pendidikan SMP 4 dan SD 10. 

    Hal itu juga sesuai dengan usulan Program Prioritas Kecamatan Rangsang Pesisir meliputi :

    -Penyambungan Jalan Poros (Base) dari Desa Bungur menuju Desa Tj. Kedabu.

    -Pembangunan Jalan Poros Desa Telesung menuju Sokop

    -Pembangunan Batu Pemecah Gelombang sepanjang 41000 Meter

    -Pembangunan Gedung Seba Guna Kecamatan.

    -Semenisasi Jalan Kuala Parit menuju jalan Telesung

    -Pembangunan Rumah Dinas Camat dan Sekcam.

    -Pembangunan Mushola, Lapangan Upacara, Pagar, serta Parkir Kantor Camat.

    -Semenisasi Jalan Pramuka di Bumi Perkemahan.

    -Pembangunan Gedung SDN Desa Tj. Kedabu.

    -Pembangunan Gedung SMPN 4 Telesung.

    -Pembangunan SMP satu atap Desa Sokop.

    Sementara untuk Desa meliputi Pembangunan Turap Pemecah Gelombang, Pembangunan Pasar Rakyat, Bantuan Bibit (Rumbia, Kelapa, Cabe, Bibit Hortikultura), Pelatihan Kades/Posyandu, Pembangunan Jembatan, Pembangunan Dermaga, Pengadaan Ambulance Laut, Pembangunan Posyandu, Pengadaan Keramba Apung, Pengadaan Kapal Penangkap Ikan plus Jaring, Pelatihan Posyandu dan Ibu PKK, Peningkatan Jalan dan Semenisasi, Cetak Sawah, Rumah Layak Huni, Bibit Kopi, Pembangunan Gedung Sanggar Seni Permanen, Pengadaan Bibit Ayam Petelur, serta Pengaspalan dan Hotmix.

    Terakhir dari laporan Kepala Bappeda Meranti Dr. Makmun Murod mengatakan, peogram prioritas yang diusul pasa tahun 2021 yakni menumbukan industri hilir, membuka lapangan kerja dan nilai tambah produk, kesejahteraan sosial, akses layanan kesehatan dan pendidikan, menimgkatkan infrastruktur dasar penunjang oertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas lingkungan, tata kelola pelayan publik yang efektif dan efisien dengan mememanfaatkan IT. 

    "Jadi program yang diusulkan harus disinergikan dengan program prioritas Kabupaten ini," pungkas Murod.

    Sekedar informasi dalam Musrenbang Kecamatan Rangsang Pesisir itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim juga berkesempatan menyerahkan bantan pemadam Kebakaran kepada Camar Arifuddin disaksikan anggota DPRD Meranti dan seluruh hadirin. (rilis hms)



     
    Berita Lainnya :
  • Wabup Meranti Pimpin Musrenbang Kecamatan Rangsang Pesisir
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Hari Terakhir Ops Patub Lancang Kuning 2020, Sat Lantas Polres Pelalawan Bagikan Kotak P3K, Helm Dan 187 Kendaraan Ditilang
    02 Pasien positif Covid-19 di Kabupsten Pelalawan Berjumlah 16 orang Sembuh 3 orang
    03 Polsubsektor Pelalawan Melaksanakan Patroli Karhutla, Sekalian Pengecekan Kanal Bloking Dibuat oleh CV Arya Bumi Riau Teknik
    04 Pilkada Bengkalis 2020, Aktivis Mahasiswa dan Generasi Milenial Dukung Program Pendidikan AMAN
    05 Polsek Sei Kijang Laksanakan Kegiatan Kebiasaan Adaptasi Baru Covid-19
    06 Reses Anggota DPD-RI, MISHARTI Serap Aspirasi Warga Desa Kiyap Jaya Pelalawan Riau
    07 Festival Siak Bermadah Ikut Dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020
    08 5 Agustus 2020, Pemkab Meranti Mulai Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Pelajar Tingkat SMP Sederajat
    09 Tetap Kedepankan Independen, PWI Bengkalis "Welcome" Kepada Siapapun
    10 Curi 3 Kardus Rokok, Pasutri Asal Dayun Siak Berhasil Ditangkap Polsek Tapung Hilir Kampar
    11 Guna Cegah C3, Personil Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Patroli di Perumahan Penduduk yang Ditinggal Liburan
    12 Masuk Dalam Bursa Calon Kepala Daerah Pilkada Bengkalis 2020, Iyeth Bustami Berpotensi Sapu Suara Swing Voters
    13 Produksu Pertanian Holtikultur Tak Terkendala pandemi, Bupati Alfedri Bersama Warga Panen Semangka
    14 Sambagi Rumah Korban Kebakaran Warga Minas Barat, Bupati Alfedri Serahkan Bantuan dan Uang Tunai
    15 Pondok Pesantren Kembali Di Buka, Ini Pesan Bupati Alfedri
    16 Kapolsubsektor Pelalawan Zulmaheri Lakukan Penerapan Pola Adaptasi Untuk Menghadapi Wabah Virus Covid-19
    17 Polsek Bandar Sei Kijang Bersama Masyarakat Berhasil Tangkap2 orang Diduga Pelaku Curanmor
    18 Safari Jum'at, H.Alfedri: Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan Langkah Terbaik Dalam Memerangi Penyebaran Covid-19
    19 Bupati Alfedri: Mari Bersama Kita Mengambil Ibrah Dari Kisah Pengorbanan Nabi Ibrahim
    20 Hari Raya Idul Adha 1441 H, Rahmah Yenny Kembali Sumbang Hewan Qur'ban Satu Ekor Sapi di Desa Sepahat
    21 Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban di Masa Pandemi Covid-19
    22 Pemkab Meranti Gelar Sholat Idul Adha 1441 H, Ajak Warga Maknai Moment Idul Adha Dengan Iklas, Sabar, Patuhi Perintah Allah dan Senantiasa Peduli Sesama
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI