Senin, 19-08-2019 - 17:53:29 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Gedung Server Plaza Telkom Pekanbaru Terbakar, Jaringan Telokmsel Hilang | | Kadisos Martini: Hari ini Dana BST di Transfer Ke Rekening 34. 529 KK dan 209 Anak Panti | | Gubri Syamsuar segera Usulkan Plt Bupati Bengkalis Ke Mendagri | | Plh Bupati Bengkalis H Bustamy HY Buka MTQ Ke-25 Tingkat Kecamatan Bantan | | Akibat Salah Paham dan Mengkomsumsi Narkoba, Pelaku Pembacokan Di Dayun Akhirnya Tertangkap | | Kegiatan Keramaian, Jika Sudah Kantongi Surat Rekomendasi dari Gugus Tigas Covid-19
 
Wabup Buka Diklat DPM Angkatan XX Tahun 2019, Harap SDM Kedepan Dapat Kuasai Selat Malaka
Senin, 19-08-2019 - 17:53:29 WIB

TERKAIT:
 
  • Wabup Buka Diklat DPM Angkatan XX Tahun 2019, Harap SDM Kedepan Dapat Kuasai Selat Malaka
  •  

    MERANTI, DELIKRIAU - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim membuka secara resmi kegiatan Diklat Pemberdayaan masyarakat Angkatan XX Gelombang Ke III Tahun 2019 Kabupaten Kepulauan Meranti, dalam kegiatan dalam rangka memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang ilmu Kemaritiman, Senin (19/8/2019) di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

    Wakil Bupati Meranti berharap tercipta SDM Meranti yang profesional yang siap bekerja di Industri Maritim serta mampu membuka peluang kerja ditengah sulitnya ekonomi saat ini.

    Hadir dalam kegiatan itu, Kepala STIP Jakarta yang diwakili Bagaskoro, Kepala Dinas Perhubungan Meranti Dr. Aready, KSOP Kelas I Dumai, KSOP Selatpanjang, Danramil Selatpanjang Mayor TNI Irwan, Perwakilan Pelindo, Perwakilan Polres Meranti, Forkopimda dan Instansi Vertikal lainnya, Jajaran Pejabat Eselon II dan III Dilingkungan Pemkab. Meranti, serta ratusan Putra-Putri asli Meranti peserta diklat Pemberdayaan Masyarakat.

    Pembukaan Diklat Pemberdayaan Mayarakat Angkatan Ke-XX Kepulauan Meranti 2019 ditandai dengan pemasangan Topi dan Penyerahan Baju Seragam secara simbolis oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim kepada perwakilan peserta disaksikan pihak STIP Jakarta, Firkopimda, pihak KSOP, Anggota DPRD Meranti dan lainnya.

    Dalam laporan yang disampaikan oleh panitia kegiatan Diklat Diklat Pemberdayaan Mayarakat Angkatan Ke-XVIII Kepulauan Meranti 2019 ini merupakan yang kesekian kalinya dilaksanakan ditahun 2019 ini, sebelumnya ratusan peserta telah berhasil lulus dan mengantongi Sertifikat. Kini kembali dilatih 580 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yakni Kelompok I mengikuti Diklat BST KLM dan SKK 60 Mil Nautika dan Teknika, Kelompok II mengikuti Diklat CMT dan CMHBT.

    Kegiatan ini sengaja digelar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kompetensi  masyarakat dibagian maritim khususnya warga kurang mampu agar semakin produktif dan memiliki daya saing. Nantinya peserta Diklat akan diberikan Sertifkat yang diakui secara Internasional dam dapat digunakan untuk bekerja di industri Kemaritiman.

    Dalam Diklat ini peserta akan dilatih tentang bagaimana melakukan teknik pertahanan diri, penanggulangan kebakaran, dasar-dasar P3K. Selain itu juga diberi pengetahuan tentang perkapalan dan pelayaran, peraturan tentang perikanan, Navigasi dan keselamatan kerja. Direncanakan Diklat akan digelar selama 5 hari dari tanggal 5 hingga 10 Agustus 2019.

    Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, dan Kementrian Perhubungan serta pihak KSOP yang telah memperhatikan masyarakat Meranti dengan menggelar Diklat Pemberdayaan masyarakat. Ia berharap perhatian ini terus berlanjut karena sebagai salah satu Kabupaten baru yang merupakan daerah Kepulauan di Provinsi Riau, masyarakat Meranti sangat membutuhkan pengetahuan tentang Kemaritiman.

    "Kita berharap dengan adanya Diklat ini dapat mecetak pelaut Meranti yang profesional untuk mengisi kekosongan pelaut handal baik didalam maupun luar negeri," ujarnya.

    Lebih lanjut Said Hasyim menyampaikan hal ini sesuai dengan kondisi geografis Meranti yang berpulau-pulau dimana sebagian besar masyarakat hidup sebagai Nelayan. Wabup berharap semua peserta dapat memanfaatkan Diklat ini untuk menambah ilmu dan pengetahuan sebagai bekal melaut.

    Saat ini amat disayangka Meranti yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan Negara Tetanga Meranti dan Sungapura belum dapat memanfaatkan potensi itu dengan maksimal alias hanya jadi penonton.

    "Kedepan masyarakat Meranti harus bisa menguasa pelayaran di Selat Malaka, apalagi kita berada di daerah Terdepan dan paling strategis Nasional," papar Wabup Meranti.

    Wabup menilai perlunya mencetak SDM berkualitas dibidang kelautan, dan pelatihan ini sangat tepat untuk masyarakat Maritim terutama di Kepulauan Meranti. Kedepan Wabup menyarankan kepada Dinas terkait untuk memfollow up kontra tenaga pembimbing kelautan untuk melatih SDM Meranti agar tidak tertinggal dengan daerah lainnya.

    Terakhir agar semua berjalan sesua harapan Wabup mengingatkan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat menyerap ilmu dari para Dosen pengejar untuk diterapkan dalam bekerja dibidang Perikanan dan Kelautan.

    Dan yang tak kalah penting, Wabup mengingatkan kepada seluruh calon karyawan industri Maritim itu untuk senantiasa bekerja Profesional, Jujur dan Ikhlas karena hanya dengan itu pimpinan dapat percaya.

    "Disamping profesionalitas bekerjalan dengan baik dan jujur agar mendapat kepercayaan dari pimpinan," pungkasnya.

    Sekedar informasi Seperti diketahui dalam Diklat ini peserta akan digembelng dan diberi pengetahuan dibidang Kemaritiman Ketegori Kapal Layak Motor dan Niaga sepeti Kecakapan, Fire Fighting, Security Kelautan dan lainnya oleh Instruktur Profesional dari Sekolah Tinggi Kelautan Jakarta. Setelah mengikuti Diklat DPM seluruh peserta yang sebagian besar pemuda-pemudi Meranti akan diberikan Sertikat DPM Kelautan yang diakui Internasional. (Hums/khosir).



     
    Berita Lainnya :
  • Wabup Buka Diklat DPM Angkatan XX Tahun 2019, Harap SDM Kedepan Dapat Kuasai Selat Malaka
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kadisos Martini: Hari ini Dana BST di Transfer Ke Rekening 34. 529 KK dan 209 Anak Panti
    02 Gedung Server Plaza Telkom Pekanbaru Terbakar, Jaringan Telokmsel Hilang
    03 Gubri Syamsuar segera Usulkan Plt Bupati Bengkalis Ke Mendagri
    04 Plh Bupati Bengkalis H Bustamy HY Buka MTQ Ke-25 Tingkat Kecamatan Bantan
    05 Kegiatan Keramaian, Jika Sudah Kantongi Surat Rekomendasi dari Gugus Tigas Covid-19
    06 Akibat Salah Paham dan Mengkomsumsi Narkoba, Pelaku Pembacokan Di Dayun Akhirnya Tertangkap
    07 Hari Terakhir Ops Patub Lancang Kuning 2020, Sat Lantas Polres Pelalawan Bagikan Kotak P3K, Helm Dan 187 Kendaraan Ditilang
    08 Pasien positif Covid-19 di Kabupsten Pelalawan Berjumlah 16 orang Sembuh 3 orang
    09 Polsubsektor Pelalawan Melaksanakan Patroli Karhutla, Sekalian Pengecekan Kanal Bloking Dibuat oleh CV Arya Bumi Riau Teknik
    10 Pilkada Bengkalis 2020, Aktivis Mahasiswa dan Generasi Milenial Dukung Program Pendidikan AMAN
    11 Polsek Sei Kijang Laksanakan Kegiatan Kebiasaan Adaptasi Baru Covid-19
    12 Reses Anggota DPD-RI, MISHARTI Serap Aspirasi Warga Desa Kiyap Jaya Pelalawan Riau
    13 Festival Siak Bermadah Ikut Dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020
    14 5 Agustus 2020, Pemkab Meranti Mulai Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Pelajar Tingkat SMP Sederajat
    15 Tetap Kedepankan Independen, PWI Bengkalis "Welcome" Kepada Siapapun
    16 Curi 3 Kardus Rokok, Pasutri Asal Dayun Siak Berhasil Ditangkap Polsek Tapung Hilir Kampar
    17 Guna Cegah C3, Personil Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Patroli di Perumahan Penduduk yang Ditinggal Liburan
    18 Masuk Dalam Bursa Calon Kepala Daerah Pilkada Bengkalis 2020, Iyeth Bustami Berpotensi Sapu Suara Swing Voters
    19 Produksu Pertanian Holtikultur Tak Terkendala pandemi, Bupati Alfedri Bersama Warga Panen Semangka
    20 Sambagi Rumah Korban Kebakaran Warga Minas Barat, Bupati Alfedri Serahkan Bantuan dan Uang Tunai
    21 Pondok Pesantren Kembali Di Buka, Ini Pesan Bupati Alfedri
    22 Kapolsubsektor Pelalawan Zulmaheri Lakukan Penerapan Pola Adaptasi Untuk Menghadapi Wabah Virus Covid-19
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI