Senin, 29-04-2019 - 19:31:22 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Polsek Tualang Dirikan Dapur Umum Untuk Masyarakat | | Bupati Alfedri Resmikan Taman Syarifah Sembilan Kecamatan Sungai Apit Siak | | Jamaluddin : Kita Bertekad Kedepannya PT Persi Bisa Menjadi Perusahaan Terbesar di Kabupaten Siak | | Bupati Alfedri : Ubi Racun Bisa Menjadi Komoditi Primadona di Kabupaten Siak | | Tingkatkan Mutu Pendidikan di Siak, Bupati Alfedri Lanjutkan Kemitraan Dengan Tanoto Foundation | | Bupati Alfedri Berharap Pendamping Desa Dituntut Berperan Aktif Dalam Meningkatkan Pembangunan
 
Desa Gemala Sari Memiliki Potensi Di Bidang Perkebunan Dan Pertanian
Senin, 29-04-2019 - 19:31:22 WIB
Kades Gemala Sari, Syaiful sedang menyaksikan kegiatan pekerjaan jalan
TERKAIT:
 
  • Desa Gemala Sari Memiliki Potensi Di Bidang Perkebunan Dan Pertanian
  •  

    ERANTI, DELIKRIAU - Alhamdulillah Jalan Poros menuju Tanjung Samak yang menjad dambaan masyarakat Desa Gemala Sari Kecamatan Rangsang, sepanjang 7 x 8.350 meter yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Anggaran 2018 sudah rampung dengan pembangunan pengerasan tipe sirtu best, maka Jalan Poros dari Desa Gemala Sari menuju Tanjung Samak sebagai Ibu Kota Kecamatan Rangsang dan sebaliknya sudah asik. Hal tersebut diungkap Kepala Desa Gemala Sari, Syaiful yang didampingi Sekdesnya kepada Delik Riau, Senin (29/04/2019) yang lalu dikantornya.

    "Di Jalan Abdul Sarif Nomor 02 Desa Gemala Sari, jalan tersebut sebelumnya kondisinya rusak parah sehingga dalam aktivitas perjalanan sangat terganggu," jelas Syaiful.



    Desa Gemala Sari Kecamatan Rangsang dengan luas desa 9.600 Hektar, terdiri dari 4 Dusun dengan jumlah penduduk 1.249 jiwa yang terdiri dari 321 Kepala Keluarga (KK), perbatasan desa, sebelah utara berbatasan dengan Desa Penyagun, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Teluk Samak, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Gayung Kiri, sebelah barat berbatasan dengan Selat Air Hitam. Desa Gemala Sari berdiri pada bulan Oktobe tahun 1999, asal pemekaran dari Desa Penyagun. Desa Gemala Sari asalnya adalah Desa terisolir yang artinya belum memiliki akses jalan darat maka masyarakatnya apabila akan bepergian keluar desa harus mengenakan kendaraan air yaitu kapal pompong atau sampan.

    Sejak awal tahun 2001 akses jalan darat mulai terhubung antar desa, maka aktivitas warga Desa Gemala Sari pun tidak mengalami hambatan untuk menjalankan aktivitas perekonomiannya maupun pendidikan, maka kini akses jalan lingkungan Desa Gemala Sari hampir seluruhnya sudah disemenisasi yang menggunakan dana desa (DDS - red) juga telah berdiri 4 unit pembangunan Postu permanen di 4 Dusun, yang dibangun bersumber anggarannya dari Program Meranti Mandiri (PMM) tahun 2014, serta Sekolah Dasar Negeri 13 (SDN 13) yang memiliki kelas jauh.



    Kepala Desa Gemala Sari, Syaiful mengatakan sebagai pendukung perekonomian masyarakat Desa Gemala Sari yaitu masyarakat di Desa Gemala Sari memiliki usaha perkebunan sagu (rumbia) kelapa dan perkebunan karet, serta usaha peratanian yaitu cabai, anyaman pembuatan atap dari daun rumbia.

    "Dari perkebunan kelapa, masyarakat Desa Gemala Sari mengolah home industri dengan menghasilkan gula kelapa 1 ½  ton/ bulannya, sedangkan dari hasil pertanian cabai mencapai 7 sampai 8 ton/ panennya. Dengan pangsa pasar, selatpanjang, Tanjung Balai Karimun dan Pulau Batam, juga hasil dari perkebunan sagu," jelas Syaiful.

    Lebih lanjut Syaiful mengatakan bahwa Desa Gemala Sari dari Desa Terisolir kini menjadi sebuah Desa yang sedang berkembang dan tidak kalah saing dengan desa lainnya yang ada di Kecamatan Rangsang kabupaten Meranti. Desa Gemala Sari juga selain memiliki potensi perkebunan dan pertanian juga memiliki potensi destinasi wisata alam yang mana Desa Gemala Sari memiliki Tasik Air Merah.

    "Tasik tersebut jika dihari besar (libur) selalu ramai dikunjungi oleh wisata lokal, namun masih perlu pembenahan," kata Syaiful.

    Kemudian Syaiful mengatakan Desa Gemala Sari juga memiliki lahan ladang/ persawahan seluas 200 Hektar tanah/ lahan seluas terebut adalah milik Desa, yang bisa digarap oleh masyarakat dengan menanam padi.

    "Maka dengan hal tersebut Desa Gemala Sari memiiliki potensi dibidang perkebunan dan pertanina," tutp Syaiful. (ADV).



     
    Berita Lainnya :
  • Desa Gemala Sari Memiliki Potensi Di Bidang Perkebunan Dan Pertanian
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polres Inhil Ungkap Kasus Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan
    02 Sebelum Kunker Gubri di Bengkalis, Pj Bupati H Syahrial Abdi Gelar Pertemuan bersama Kepala Puskemas Se-Kabupaten Bengkalis
    03 Total Kasus Covid-19 Capai 634, Pasien Positif 22 Orang dan Meninggal Satu
    04 Ngah Eet: Aku datang Membawa Perubahan, Esa Nomor Urut 4 Pilihan yang Tepat
    05 Berlangsung Sederhana, Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman pimpin Upacara Hari Santri di Ponpes Nurul Furqon
    06 Aktivis LAR Gelar Aksi Demo di Kantor Kejari Pelalawan
    07 Kapolda Riau Pimpin Upacara Hari Santri Nasional di Pondok Modern Nurul Hidayah
    08 Kapolda Riau Sosialisasi UU Cipta Kerja, Pj Bupati Bengkalis Berikan Dukungan
    09 Kapolda Riau Hadiri Sosialisasi Undang - Undang Cipta Kerja (Omnibuslaw) Cluster Ketenagakerjaan
    10 KOMBS Desak Pj Bupati Copot Kadishub Bengkalis, Terkait Pengaturan Armada Kapal Roro Amburadul
    11 Guna Mewujudkan Pemerintahan Yang Bersih dan Berwibawa, Pemkab-Korwil V KPK Sosialisasikan COI
    12 Pj Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi Usulkan Zona Tambahan untuk Kabupaten Bengkalis
    13 LMB dan Masyarakat Kecamatan Bukit Batu Siap Menangkan AMAN
    14 Focus Group Discussion (FGD) Masyarakat Tapung ; Merancang Visi Misi Tapung Maju Tahun 2045 berjalan semarak
    15 Iyeth Bustami : "Duet Bengkales Banyak, Tapi Tak Digunokan Sebeso - besonyo untuk Kepentingan Rakyat"
    16 Cegah Anarkisme, Sekda Kabupaten Siak Pimpin Deklarasi Cinta Damai
    17 Bedelau, 12 peserta Asal Bengkalis Ikuti TC dan Bakal Jadi Peserta MTQ Nasional di Sumbar
    18 Peresmian Kantor UPT KPH Tasik Besar Serkap Resort Dosan, Wujud Kerjasama Segitiga Pemkab Siak-Pemprov Riau - PT Arara Abadi Dalam Pengelolaan Hutan
    19 Pemkab Siak Dukung Rencana PT AJP kembangkan Rumah Hunian Subsidi bagi ASN dan Honorer di Siak
    20 Sat Reserse Narkoba Polres Siak Kembali Menangkap Satu Orang Pengedar Narkoba Di Tualang
    21 MTQ Ke- 45 Tingkat Kabupaten Bengkalis, Kabag Kesra Survei ke Lokasi dan Utamakan Protokol Kesehatan
    22 Pjs Bupati Siak Ikuti Rakor, Sinergitas Kebijakan Pemerintah Pusat dan Pelaksanaan Regulasi Omnibus Law
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI