Jum'at, 14 Juni 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Polsek Tualang Gotong Royong di Tempat Rumah Ibadah, Menyambut HUT Bhayangkara Ke-78 | | Bersama RSUD Kabupaten Siak Polres Siak Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis, Sambut Hari Bhayangkara Ke 78 | | AKP Basuki Yuniarto pimpin Apel Personil Pengamanan Olimpiade Olahraga dan Festival Lomba Seni Siswa | | Keluarkan Limbah Busuk, Sebabkan Posyandu Mengungsi dan Tak Hiraukan Keluhan Warga, Penampung Cangkang Sawit Diduga Tanpa Izin dan Amdal | | Serahkan Langsung SK 2.578 PPPK ke Daerah, Pj Gubri SF Hariyanto | | Landasan Kebijakan Pembangunan Kependudukan Terintegrasi, GDPK Jadikan Landasan
 
Kemenag Rohul Kampanye Mandatory Halal Kepada Pelaku Usaha
Sabtu, 18-03-2023 - 22:43:40 WIB

TERKAIT:
   
 

ROKAN HULU, DELIK RIAU - Kemenag Rokan Hulu melaksanakan Kampanye Mandatory Halal kepada pelaku usaha,  Sabtu (18/03/2023) yang di pusatkan di Pasar Modern, Rambah Tengah Utara Rokan Hulu, Riau.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Satgas halal Rokan Hulu H. Mulyadi, S.Ag, M.Sy, Kabid Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kumiati, perwakilan DPMPTSP, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UKM, KUA Se Rohul Dan Pelaku UMKM.

Bupati Rokan Hulu diwakili Kabag Ekonomi Pembangunan Drs Akmal dalam arahannya menyampaikan amanat Menag RI Yaqut Cholil Qoumas, Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014, produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Republik Indonesia wajib bersertifikat halal.

"Kewajiban bersertifikat halal ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kepastian ketersediaan Produk Halal bagi masyarakat," ujarnya.

Drs. Akmal mengatakan 18 Maret 2023 menjadi awal bagi Indonesia dalam rangka menyukseskan Indonesia menjadi pusat industri halal dunia. Terlibatnya seluruh lapisan masyarakat di 1.000 titik lokasi di Indonesia untuk dapat menyampaikan pesan-pesan mandatori atau kewajiban sertifikasi halal pada penahapan pertama yang mulai berlaku pada Oktober tahun 2024, khususnya untuk produk makanan, minuman, hasil sembelihan dan jasa penyembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman.

"Dalam rangka menyukseskan penahapan pertama kewajiban sertifikasi halal, kami memberikan kemudahan dalam pendaftaran sertifikasi halal dengan membuka sertifikasi halal gratis (Sehati) untuk satu juta sertifikat halal bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) melalui skema pernyataan pelaku usaha (self-declare). Hal ini sebagai upaya kita dalam rangka percepatan implementasi sertifikasi halal," jelasnya.

Akmal juga menambahkan Kementerian Agama menjadi contoh percepatan program ini dengan mewajibkan sertifikasi halal seluruh produk dan kantin di lingkungan satuan kerja Kementerian Agama, serta melakukan edukasi, mendorong, dan membantu para pelaku usaha yang memproduksi dan/atau menjual produk di lingkungan Kementerian Agama, dan seluruh pelaku usaha sudah mendaftarkan sertifikat halal sebelum 17 Oktober 2024

"Menyambut Ramadan 1444 hijriyah, saya juga mengajak seluruh pelaku usaha untuk mendaftarkan sertifikasi halal produk makanan, minuman, jasa sembelihan dan hasil sembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman, sebelum 17 Oktober 2024. Jika sampai 17 Oktober 2024 belum bersertifikat halal, maka dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," tegasnya.

Sebelum kewajiban sertifikasi halal ini diberlakukan, Akmal mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para pelaku usaha baik mikro, kecil, menengah maupun besar, untuk segera mendaftarkan produknya.

"Khusus untuk UMK, saya ajak untuk memanfaatkan fasilitasi sertifikasi halal gratis (Sehati) yang ada di Kementerian Agama melalui BPJPH, maupun di Kementerian/Lembaga lain, serta pemerintah daerah," katanya.

Akmal menghimbau untuk Bersama-sama mewujudkan Indonesia menjadi produsen produk halal nomor satu di dunia dengan slogan “Halal Indonesia untuk Masyarakat Dunia”. Halal itu baik, halal itu sehat, halal itu berkah.

Kemudian, Ka. KANKEMENAG Rohul H. Zulkifli, S.Ag, M.Pd.I mengatakan Kampanye Mandatory Halal di lakukan serentak di Indonesia, dan ini merupakan upaya pemerintah untuk menyebarluaskan informasi kepada UMKM tentang kewajiban mempunyai Sertifikat Halal.

"Hari ini kita telah melaksanakan kampanye mandatory halal serentak Se Indonesia, sebuah Upaya untuk menyebar luaskan informasi ke pada masyarakat tentang kewajiban untuk mendapat sertifikat Halal paling lambat 17 Oktober 2024," jelasnya.

Zulkifli menyampaikan kegiatan ini di pusatkan di dua (2) titik di Rokan hulu untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada pelaku usaha yang ingin mendaftarkan jenis produknya yang akan diproses untuk diteruskan agar mendapatkan sertifikat halal.

"Kegiatan ini di lakukan di 2 titik dipasar modern dan di purna MTQ Pematang baih Pematang berangan Kab. Rohul, hal ini dilaksanakan agar pelaku usaha di fasilitasi untuk membuat sertifikat halal," jelasnya.

Lebih lanjut Kakankemenag Rohul menambahkan Tahap pertama sasaran utamanya untuk produk makan dan minum UMKM di kab Rohul,dan nanti dilanjutkan dengan meluaskan sasaran ke jasa pelayanan penyembelihan di rumah pemotongan hewan di Rohul.

"Pelaku usaha bisa datang dengan syarat yang diperlukan dan petugas dari Kemenag akan mendaftarkan secara Online, sehingga pelaku usaha akan mendapatkan surat keterangan yang menjamin kehalalan produk yang di jual," katanya.

Kemenag menghimbau kepada pelaku usaha untuk segera mendaftarkan sertifikasi halal, agar para pelanggan merasa nyaman untuk mengkonsumsi Mari

"mari sama sama kita daftarkan produk kita untuk mendapatkan sertifikat Halal agar konsumen kita tidak ragu untuk mengkomunikasikan makan dan minuman yang kita jualkan" pungkasnya mengakhiri.

Usai Acara Ceremonial, Kabag Ekonomi Pembangunan Drs. Akmal didampingi Ka. Kemenag Rohul Zulkifli, S.Ag, M.Pd.I menyerahkan secara simbolis Sertifikat Halal kepada beberapa Pelaku UMKM. (dedi)



 
Berita Lainnya :
  • Kemenag Rohul Kampanye Mandatory Halal Kepada Pelaku Usaha
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polsek Tualang Gotong Royong di Tempat Rumah Ibadah, Menyambut HUT Bhayangkara Ke-78
    02 Bersama RSUD Kabupaten Siak Polres Siak Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis, Sambut Hari Bhayangkara Ke 78
    03 AKP Basuki Yuniarto pimpin Apel Personil Pengamanan Olimpiade Olahraga dan Festival Lomba Seni Siswa
    04 Keluarkan Limbah Busuk, Sebabkan Posyandu Mengungsi dan Tak Hiraukan Keluhan Warga, Penampung Cangkang Sawit Diduga Tanpa Izin dan Amdal
    05 Serahkan Langsung SK 2.578 PPPK ke Daerah, Pj Gubri SF Hariyanto
    06 Landasan Kebijakan Pembangunan Kependudukan Terintegrasi, GDPK Jadikan Landasan
    07 Direktur PJC Terus Berkomitmen Lahirkan Wartawan Profesional, Penyerahan Berkas Ke Kesbangpol
    08 Gelar Apel Pencanangan dan Deklarasi Pembangunan Wilayah Bebas Dari Korupsi, Dipimpin Kapolres Kepulauan Meranti
    09 Kejuaraan Menembak Piala Dandim, Meningkatkan Keterampilan Dan Prestasi
    10 Penyerahan "SK" Dukungan Penuh DPP Partai PAN, Alfedri Bakal Calon Bupari Siak
    11 Hadiri Wisuda IQRA dan Khatam Al-Quran Santri MDTA dan TPQ KE-XV Se Kecamatan Tualang, Tahun Pelajaran 2023-2024
    12 Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu Adhoc Bagi Panwaslu Kecamatan Se- Kabupaten Siak Untuk Pemilu Serentak Tahun 2024, Bawaslu Siak Taja
    13 Gelar Ormas Expo 2024, Tema "Kreatif, Mandiri, Mengayomi",
    14 Pengedar Shabu Ditangkap di Bandara SSK Pekanbaru
    15 Seorang Pria Terduga Kasus Penganiayaan Karyawan PT SRL, Berhasil Diungkap Polsek Rangsang
    16 Penandatanganan MoU Terkait Kerjasama Dibidang Pembangunan Dan Kebudayaan
    17 Bupati Dan Wabup Siak Terima Gelar, Bawa Kota Siak Berkemajuan
    18 Bupati Siak Raih Penghargaan Bupati Aspiratif, Malam Puncak HUT JMSI Award 2024
    19 Kunjungan Pj Bupati Batubara Ke Siak Kota Istana
    20 Tanah Adalah Mama, Suku Awyu: Tanah adalah Rekening Abadi Kami, Soal
    21 Berkedok Panti Pijet di 3 Lokasi, 7 Orang Diamankan Satpol Pp Siak
    22 Pengecer Shabu Disiak Ditangkap Polisi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI