Kamis, 25 April 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Upaya Pencegahan Kekelakaan, Sat Lantas Polres Siak Lakukan Pemasangan Sticker Dan Tanda Berwarna Scotlight di Body Truck Angkutan Barang | | Jangan Jadikan Beban Wali Murid Atau Murid Itu Sendiri, Acara Perpisahan Cukup Diadakan Secara Sederhana Di Setiap Sekolah Masing - masing | | Tak Ada Habisnya, Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Menangkap Satu Orang Laki Laki Penyalahgunaan Narkoba | | Pj Wako Muflihun Bersilaturahmi Dengan Warga Kuansing di Pekanbaru | | Dituduh Ambil Brondolan Sawit, Remaja di Rohul Tewas Ditebas Teman | | Irjen Iqbal Beri Penghargaan ke Jajarannya, Ramadan & Idulfitri di Riau Aman
 
Kapolres Rohul Dampingi Asops Kapolri Dalam Asistensi dan Supervisi Penanganan Karhutla Di Rokan IV Koto
Rabu, 15-03-2023 - 17:04:44 WIB

TERKAIT:
   
 

ROKAN HULU, DELIK RIAU - Kapolres Rokan Hulu  (Rohul) AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH menghadiri Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri dalam penanganan Kebakaran Lahan Hutan (Karhutla) Tahun 2023 di Desa Pemandang Kecamatan Rokan IV Koto, Rabu (15/3/2023) sekitar pukul 11.30 Wib

Tim Asistensi dan Supervisi dipimpin  Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Iman Effendi SH SIK M Si  beserta rombongan Dir PamObvit Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Suhendri SH SIK, Karo Ops Polda Riau Kombes Pol R Kasero Manggolo, MH MS i,  Analisis Kebijakan Madya KorBrimob Polri Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto SIK,  Kabag Ada biro Logistik Polda Riau AKBP Eko Wimpiyanto, SIK.

Hadir  dalam kegiatan tersebut,  Bupati Rohul H Sukiman, Dandim 0313 Kampar diwakili  Kapten Inf Roni Paslah,  Wakil Bupati (Wabup) Rohul H Indra Gunawan, Waka Polres Kompol Erol Ronny Risambessy SIK.

Sementara itu, Peserta Apel, 1 Pleton TNI, 5 Pleton Polri, 1 Pleton Gakkum, 1 Pleton BNPB, 1 Pleton Sat Pol PP,  1 Pleton Damkar, 1 Pleton MPA, 1 Pleton Damkar PT SAI dan lainnya.

Terpantau, Tim Asistensi dan Supervisi dipimpin  Asops Kapolri beserta rombongan tiba di desa Tanjung Medan dengan menggunakan Helikopter dalam rangka Apel Gelar Pasukan Asistensi dan Supervisi Mabes Polri dalam penanganan Karhutla digelar di Lapangan Bola Kaki Desa Pemandang Kecamatan Rokan IV Koto.

Ketika itu, Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Iman Effendi, langsung melakukan pengecekan kesiapan Personil Siaga Karhutla.

Kemudian, memberikan arahan sehubungan dengan antisipasi Karhutla di Kabupaten Rohul, khusus di Kecamatan Rokan IV Koto, dilanjutkan pengecekan peralatan kelengkapan penanganan Karhutla.

Dalam kesempatan itu, arahan Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Iman Effendi SH SIK M Si, dirinya berharap bagaimana ke depan untuk Karhutla tidak ada lagi di sini.

"Semua kata kuncinya adalah Keterpaduan, kita juga saling menolong satu dengan yang lain," katanya.

" Hal  itu sudah kita buktikan dalam penanganan Karhutla selama ini membuahkan hasil dan hasil yang bisa kita sampaikan disini bahwa persoalan asap menjadi stempel untuk Provinsi Riau selama ini," papar Eks Kapolda Riau ini.

Irjen Pol Agung Setya Iman Effendi, yakin bahwa ke depan secara bersama-sama bisa mengelola ini melalui keterpaduan. " Yang tidak kalah pentingnya bahwa karhutla itu ada kata kuncinya dalam penanganan Karhutla adalah ketika Api masih kecil padamkan," tegasnya.

"Babinsa, Bhabinkamtibmas, MPA dan semuanya Siaga merekalah yang kemudian menjadi orang-orang yang pertama memadamkan," pintanya.

"Untuk itu kita mesti harus terus melihat dan memperhatikan mereka bahwa penentu dari kita semuanya tentu tidak bisa lepas dari peran Kepala Desa, Perangkat Desa," ujarnya.

 "Agar mereka terus digandeng biar tetap semangat dalam penanganan Karhutla, karena merekalah yang lebih dekat dan lebih awal, maka padamkan lah Api itu secepatnya, apabila Api itu semakin membesar akan menyulitkan Kita semuanya," terangnya.

Masih, Asops Kapolri menjelaskan, hal  yang paling penting untuk itu Kapolres Rohul dan Jajarannya, Karo Ops dan Jajaran Polda Riau. "Tolong terus bisa mensinergikan kekuatan - kekuatan ini, agar kemudian kita bisa memastikan bahwa sistem kita untuk memadamkan Api ketika masih keci itu bisa berjalan," lanjutnya.

"Oleh karena itu karena ini adalah orang kumpulan sistem harus dipelihara kita harus memberikan perhatian yang memadai, agar kemudian saudara-saudara kita yang menangani Karhutla itu lebih semangat dan itu harus kita padukan kembali karena kalau kebakaran terjadi dilahan yang cukup luas harus banyak orang dikerahkan untuk memadamkan dan mengendalikan Api tersebut," urainya.

 Irjen Pol Agung Setya Iman Effendi, berpesan kepada rekan rekan BPBD untuk tampil dan memiliki pengalaman untuk mengendalikan dan mengelola teman-teman dari TNI Polri dan yang lainnya.

"Mengapa demikian Undang-undangnya memang mengatur begitu, ketika susah dinyatakan darurat bencana, maka  BPBD yang di depan ketika belum dinyatakan darurat  kita semua turun Tangan, kemudian undang-undang bencana mengaturnya seperti itu," tuturnya.

"Kami juga berharap bahwa pengelolaan bencana ini harus efisien karena kita memiliki keterbatasan kalau pemadaman bisa efisien Biaya pemadaman Api tersebut tidak mahal, karena kalau pemadaman memakai water booming sama biayanya dengan menggunakan Air Aqua. Biaya pemerintah baik pusat, daerah, desa dan swasta tidak ada yang Unlimited tetapi ada keterbatasan biaya dalam penangan Karhutla," ungkapnya.

Asops Kapolri berterimakasih kepada Perangkat Desa Pemandang dan MPAnya juga ada yang artinya sudah dibina dengan baik terus dipelihara. "Mari kita bangun hubungan kekerabatan agar semua permasalahan disini bisa diselesaikan," katanya 

 "Masalah api sudah ada Masyarakat Peduli Apinya, masalah Kamtibmas sudah ada Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan masalah pemerintahan sudah ada kades dan perangkatnya, Semoga apa yang kita cita-citakan semuanya bisa terwujud demi kehidupan masyarakat lebih maju dan makmur," pungkasnya mengakhiri.

Tampak, sekitar pukul 14.00 Wib, Asops Kapolri beserta rombongan berangkat menuju Pekanbaru, selama giat berlangsung situasi aman dan Kondusif.

Terlihat juga hadir dalam kesempatan itu, para Kabag, Kasi dan Kadis Pemkab Rohul, PJU Polres Rohul, Kapolsek Jajaran di Lingkungan Polres Rohul, Camat Rokan IV Koto Alfarid Toha ST, Kades Pemandang Nico Afriza, Kades Tanjung Medan Defi Delfi, Ninik mamak Desa Pemandang, para Tokoh di Desa Pemandang dan lainnya. (rls)



 
Berita Lainnya :
  • Kapolres Rohul Dampingi Asops Kapolri Dalam Asistensi dan Supervisi Penanganan Karhutla Di Rokan IV Koto
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Upaya Pencegahan Kekelakaan, Sat Lantas Polres Siak Lakukan Pemasangan Sticker Dan Tanda Berwarna Scotlight di Body Truck Angkutan Barang
    02 Jangan Jadikan Beban Wali Murid Atau Murid Itu Sendiri, Acara Perpisahan Cukup Diadakan Secara Sederhana Di Setiap Sekolah Masing - masing
    03 Tak Ada Habisnya, Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Menangkap Satu Orang Laki Laki Penyalahgunaan Narkoba
    04 Pj Wako Muflihun Bersilaturahmi Dengan Warga Kuansing di Pekanbaru
    05 Dituduh Ambil Brondolan Sawit, Remaja di Rohul Tewas Ditebas Teman
    06 Irjen Iqbal Beri Penghargaan ke Jajarannya, Ramadan & Idulfitri di Riau Aman
    07 BUMN China Akan Tinjau Lokasi Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatra Pekan Depan
    08 Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Riau di Dumai, Bupati Bengkalis Menabuh Kompang Bertanda MTQ Dimulai
    09 68 Peserta Kafilah Bengkalis di Dumai Mendapatkan Motivasi Dari Bupati Kasmarni
    10 Pasca libur lebaran, Seluruh Satuan Pendidikan Sudah Harus Kembali Masuk Pada Tanggal 22 April 2024
    11 Momen Jokowi dan Paloh Ngobrol Akrab di Acara Nikahan, Di Unggah Elite NasDem
    12 Tewas Terbawa Arus Air Laut Yang Sedang Pasang Saat Bekerja
    13 Buntut Dari Kasus Penyelundupan 24 Kg Narkoba, Menhub Diminta Cabut Izin Operasional Lion Air
    14 Resmi Dilaporkan Ke Mapolres Muaro Jambi, Dugaan Pria Beristri Gauli Seorang Pelajar
    15 ‘Datuk Seri Lela Setia Junjungan Negeri’, Kajati Riau Mendapatkan Gelar Dari LAMR
    16 Kembali Jadi Bakal Calon Bupati Siak, Alfedri Tetap Berpasangan dengan Husni di Pilkada Siak 2024
    17 Pasutri Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Diamankan Satres Narkoba Polres Siak
    18 Berhasil Mengungkap Kasus Dugaan Pencurian Buah Kelapa Sawit Oleh Polsek Kuantan Mudik
    19 Warga Kampung Sam Sam Diduga Mau Ninja Brondolan Sawit Tewas Disambar Petir
    20 Iptu Supriadi Tersangka Penipuan Masuk Akpol Rp 1,3 M
    21 "Aghi Ghayo Onam" atau Hari Raya Enam di Kabupaten Siak
    22 Pria di Riau Ditangkap, Manipulasi Video Hasil Sidang MK di TikTok
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI