Jum'at, 26 April 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Bupati Bengkalis Berikan Pembekalan ke 186 JCH Rayon Bengkalis, Berpesan Jaga Kesehatan Fokus Dalam Keberangkatan Ibadah Haji | | Indonesia Cetak Sejarah, Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 | | 46 Paket Sabu-Sabu Diamankan dari Pengedar DiKebun Sawit | | Upaya Pencegahan Kekelakaan, Sat Lantas Polres Siak Lakukan Pemasangan Sticker Dan Tanda Berwarna Scotlight di Body Truck Angkutan Barang | | Jangan Jadikan Beban Wali Murid Atau Murid Itu Sendiri, Acara Perpisahan Cukup Diadakan Secara Sederhana Di Setiap Sekolah Masing - masing | | Tak Ada Habisnya, Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Menangkap Satu Orang Laki Laki Penyalahgunaan Narkoba
 
Sekda H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Resmi Tutup MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul 2019
Kecamatan Kabun Raih Juara Umum MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul 2019
Senin, 15-04-2019 - 17:55:13 WIB

TERKAIT:
   
 

ROKANHULU, DELIKRIAU  - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2019 resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si pada Ahad malam (14/04/2019)

Penutupan MTQ Tingkat Kabupaten Rokan Hulu dipusatkan di Astaqa MTQ Riau atau di lapangan Pematang Baih yang dihadiri Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Sahman, pejabat Fokompinda Rokan Hulu.
 
Hadir juga Perwira Penghubung Kodim 0313 / KPR Walikota Kabupaten Rohul Inf Reflis Jon, para pejabat di lingkungan Pemkab Rokan Hulu termasuk para Camat, kafilah dari 16 kecamatan, serta disaksikan oleh masyarakat dari berbagai daerah.

Berdasarkan keputusan Dewan Hakim MTQ, Kafilah Kecamatan Kabun meraih juara umum MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2019, dan berhak menerima piala bergilir.

Sementara juara bertahan, Kafilah Kecamatan Rambah harus puas berada di urutan kedua, disusul Kafilah Ujung Batu di urutan ketiga. Urutan keempat ditempati Kafilah Rokan IV Koto, dan juara setuju dan ke enam diraih Kafilah Kunto Darussalam dan Kafilah Rambah Samo.

Untuk pemenang Pawai Taaruf, juara pertama dirah oleh Kafilah Kecamatan Rambah Hilir, disusul Kafilah Rambah dan Ujung Batu di urutan kedua dan pemenang.
 
Sementara kafilah Kecamatan Rambah Samo, Kafilah Bangun Purba, dan Kafilah Pagarantapah Darussalam harus dipenuhi memperoleh juara harapan, harapan kedua, dan harapan ketiga.

Sekda Rokan Hulu Abdul Haris mengatakan dari melakukan MTQ ada banyak hikmah yang bisa diambil. Selain prestasi yang telah diperoleh oleh beberapa kecamatan, banyak muncul bibit baru qori dan qoriah asal Rokan Hulu.

"Hari ini kita melihat bibit-bibit baru nanti nanti untuk juara 1, 2 dan 3 akan kita coba lagi membinanya untuk nanti menjadi perundingan di tingkat provinsi. Salah satu, ada hasil yang kita peroleh pada malam hari tahun ini," jelas Sekda .

Dampak keberadaan MTQ XIX Kabupaten Rokan Hulu selama sepekan, kata Sekda Rokan Hulu, hal itu juga berdampak terhadap pengembangannya ekonomi masyarakat sekitar tempat kegiatan.

"Kita melihat selama beberapa malam di sini luar biasa penuh. Ini merupakan satu rahmat juga bagi masyarakat di sekitar tempat kegiatan," katanya.

Melalui MTQ, menurut Sekda, juga terjalinnya hubungan silaturahmi antara masyarakat dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.
 
"Yang kita harapkan dari hasil kegiatan yang dilakukan selama sepekan ini, kedepannya akan muncul hubungan persatuan dengan masyarakat kita, terutama yang menekuni bidang Alquran ini."

"Tentu ke depan akan bersama-sama memajukan cabang-cabang Tilawatil Quran yang ada untuk dapat diandalkan Kabupaten Rohul ke depan," tuturnya.

Selain itu, Abdul Haris mengatakan, untuk juara 1, juara 2 dan juara 3 akan diterima pusat pelatihan. Dari TC tersebut, akan dipilih qori dan qoriah yang akan menjadi duta Rokan Hulu di MTQ Tingkat Provinsi Riau 2019 di Kota Bangkinang, Kampar pada Oktober 2019.

"Kita punya waktu, masih ada sekitar 4 sampai 5 bulan dari sekarang sampai nanti Oktober pelaksanaan di Kabupaten Kampar," katanya.

Menurut Abdul Haris sudah berakhir Kabupaten Rokan Hulu mengulang kejayaan. Dimana pada 2013, Kafilah Rokan Hulu pernah menerima piala tetap MTQ Tingkat Provinsi Riau, setelah tiga tahun berturut-turut meraih juara umum.
 
"Namun demikian, hari ini tingkat persaingan di seluruh kabupaten juga semakin bagus, karena masing-masing kabupaten ingin maju," terangnya.

"Kita tetap berharap nanti setidak-tidaknya untuk perhelatan MTQ tingkat provinsi kita memperoleh lima besar," pungkas Sekda Rokan Hulu, Abdul Haris.

Ketua Umum Panitia MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu, Ir. Muhammad Ruslan M.Si, juga Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Rokan Hulu mengatakan pemenang dari cabang-cabang akan menjadi duta Rokan Hulu pada MTQ ke-38 Provinsi Riau di Kota Bangkinang Kabupaten Kampar, Oktober 2019 mendatang.

Panitia Atasnama, Ruslan, terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan memeriahkan MTQ XIX Kabupaten Rokan Hulu tahun ini, hingga berjalan sukses dan siap sampai dibuka.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kabun, Sofian Hadi, diterima setelah meraih juara ke-13 pada MTQ XVIII Kabupaten Rokan Hulu 2018, pihaknya termotivasi agar lahir qori dan qoriah handal di Kecamatan Kabun.

Berkat koordinasi apik dan sinergi antara KUA Kabun dengan Pemerintah Kecamatan Kabun, dilakukan pembinaan terhadap calon qori dan qoriah di desa-desa.

"Dengan sinergi bersama dan hasil bersama, Kita mendapat peringkat yang pertama," jelas Sofian Hadi.

Camat Kabun Anang Perdana Putra, mengaku juara umum MTQ XIX Kabupaten Rokan Hulu 2019 yang diraih berkat kerjasama baik antara Pemerintah Ke Kabamatan dan KUA Kabun, dengan melakukan pembinaan qori dan qoriah dari desa.

Anang mengatakan ada lebih banyak desa yang memerlukan pembinaan dan lebih banyak diintensifkann seperti Desa Bencah Kesuma dan Desa Aliantan.

"Memang kita mengintensifkan pembinaannya di desa, setiap minggu sekali yang latihan di desa," pungkas Anang dan meraih juara umum bisa mendapatkan Kafilah Kabun di MTQ tahun depan. (galeri)


































 
Berita Lainnya :
  • Kecamatan Kabun Raih Juara Umum MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Bengkalis Berikan Pembekalan ke 186 JCH Rayon Bengkalis, Berpesan Jaga Kesehatan Fokus Dalam Keberangkatan Ibadah Haji
    02 Indonesia Cetak Sejarah, Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024
    03 46 Paket Sabu-Sabu Diamankan dari Pengedar DiKebun Sawit
    04 Upaya Pencegahan Kekelakaan, Sat Lantas Polres Siak Lakukan Pemasangan Sticker Dan Tanda Berwarna Scotlight di Body Truck Angkutan Barang
    05 Jangan Jadikan Beban Wali Murid Atau Murid Itu Sendiri, Acara Perpisahan Cukup Diadakan Secara Sederhana Di Setiap Sekolah Masing - masing
    06 Tak Ada Habisnya, Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Menangkap Satu Orang Laki Laki Penyalahgunaan Narkoba
    07 Pj Wako Muflihun Bersilaturahmi Dengan Warga Kuansing di Pekanbaru
    08 Dituduh Ambil Brondolan Sawit, Remaja di Rohul Tewas Ditebas Teman
    09 Irjen Iqbal Beri Penghargaan ke Jajarannya, Ramadan & Idulfitri di Riau Aman
    10 BUMN China Akan Tinjau Lokasi Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatra Pekan Depan
    11 Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Riau di Dumai, Bupati Bengkalis Menabuh Kompang Bertanda MTQ Dimulai
    12 68 Peserta Kafilah Bengkalis di Dumai Mendapatkan Motivasi Dari Bupati Kasmarni
    13 Pasca libur lebaran, Seluruh Satuan Pendidikan Sudah Harus Kembali Masuk Pada Tanggal 22 April 2024
    14 Momen Jokowi dan Paloh Ngobrol Akrab di Acara Nikahan, Di Unggah Elite NasDem
    15 Tewas Terbawa Arus Air Laut Yang Sedang Pasang Saat Bekerja
    16 Buntut Dari Kasus Penyelundupan 24 Kg Narkoba, Menhub Diminta Cabut Izin Operasional Lion Air
    17 Resmi Dilaporkan Ke Mapolres Muaro Jambi, Dugaan Pria Beristri Gauli Seorang Pelajar
    18 ‘Datuk Seri Lela Setia Junjungan Negeri’, Kajati Riau Mendapatkan Gelar Dari LAMR
    19 Kembali Jadi Bakal Calon Bupati Siak, Alfedri Tetap Berpasangan dengan Husni di Pilkada Siak 2024
    20 Pasutri Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Diamankan Satres Narkoba Polres Siak
    21 Berhasil Mengungkap Kasus Dugaan Pencurian Buah Kelapa Sawit Oleh Polsek Kuantan Mudik
    22 Warga Kampung Sam Sam Diduga Mau Ninja Brondolan Sawit Tewas Disambar Petir
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI