Minggu, 13-10-2019 - 10:20:03 WIB
Follow Us ON :
 
 
| PT SP Diduga Menanam Sawit Diatas Kuburan Dan Termasuk Daerah Aliran Sungai Pun Ditanami | | Plh Bupati Bengkalis Aktifkan Kembali Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan | | Stuban Bansos, Komisi II DPRD Kampar Kunker ke Dinas Sosial Kabupaten Siak | | Cegah Karhutla di Siak, RAPP dan 3 Desa di Kabupaten Siak Lakukan MoU | | Pemkab Siak - Forkopimda Gelar Upacara Virtual HUT Bhayangkara Ke-74, Sesuai Protokol Covid-19 | | Krisis Pangan Akibat Pandemi Covid-19, Ketua Tim Penggerak PKK Berharap Kader PKK Bisa Membantu Masyarakat
 
Rangkaian Kegiatan Mewarnai HUT Kabupaten Rokan Hulu Ke-20
Bupati H. Sukiman Membacakan Singkat Pencapaian Pembangunan Yang Sudah Terlaksana
Minggu, 13-10-2019 - 10:20:03 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati H. Sukiman Membacakan Singkat Pencapaian Pembangunan Yang Sudah Terlaksana
  •  

    ROKANHULU, DELIKRIAU - Di Hari Ulang Tahun Kabupaten Rokan Hulu ke- 20, berbagai acara dan kegiatan hingga hiburan rakyat dilaksanakan. Dalam kesempatan itu, Bupati H. Sukiman membacakan singkat capaian pembangunan yang sudah terlaksana, meski masih belum memuaskan, namun sudah terlaksana dari berbagai serba kekurangan di Rapat paripurna DPRD Rohul dalam memperingati Hari Jadi ke 20 Kabupaten Rohul Tahun 2019, Sabtu, (12/10/2019).

    Puncak HUT Kabupaten Rohul melalui Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Rohul dari Partai Gerindra, Novliwanda Ade Putra ST, di dampingi Wakil Ketua DPRD dari Partai PAN Syahril Topan, ST Wakil  Ketua dari Partai PDIP Hardi Candra dan Sekretaris Dewan, Budhia Kasino bersama hadir tamu kehormatan Wakil Gubernur Riau H.Edi Natar Nasution S.Ip, Bupati H. Sukiman hadir para pendiri Rokan Hulu dan undangan lainnya.


    Pada upacara di halaman kantor Bupati setempat berbagai tarian budaya di daerah itu ikut ditampilkan membuktikan kebhinekaan tunggal ika dan juga acara  ditutup dengan hiburan rakyat di panggung spektakuler HUT Kabupaten Rokan Hulu menampilkan artis papan atas Wali dengan iringan Vena bend, puluhan ribu masyarakat baik dari luar daerah dan Rohul sendiri.


    Dalam seminggu sebelumnya, Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata bekerjasama dengan X-Tar dan ITA Riau melakukan semarak HUT Rohul ke-20 dalam sabuah kegiatan Jelajah Rimba Rohul ke 7, 800 dan lebih Raider dari utusan di beberapa provinsi di Indonesia ikut menyelusuri wisata hutan dan alam yang ektrim dengan besi kudanya yang mana panitia juga menyediakan berbagai hadiah kepada mereka raider yang beruntung dan saat pengundian hadiah utama didapat raider dari Dumai.


    Bupati Sukiman mengatakan, saaat ini merupakan hari istimewa bagi semua masyarakat Kabupaten Rohul, karena memperingati hari jadi daerah yang ke-20, dituangkan  dalam suatu  rapat paripurna antara pemerintah dan anggota dewan yang dihadiri Wakil Gubernur Riau serta para tokoh yang berjasa mendirikan Rohul.

    "Momentum ini membuat kita bersama-sama merasakan kedamaian dan ketentraman terjadinya kekompakan di antara kita dengan suasana yang cukup kondusif," katanya.


    Lebih lanjut Sukiman menjelaskan, Hari Jadi ini, kiranya saat yang paling tepat untuk memaknai yang secara filosofis, bermakna berupaya untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu adalah pondasi yang sangat bernilai sebagai referensi masa kini untuk masa depan

    "Peringatan hari jadi juga kita jadikan sebagai sarana, mawas diri atau introspeksi diri, dengan demikian setiap perjalanan kehidupan ini selalu bermakna, karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta respon dengan tantangan kedepan," imbuhnya.


    Lanjutnya, Hari Jadi ini, juga merupakan suatu upaya mendesain atau merancang sebuah formula sebagian masyarakat Rohul.

    "Kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Rohul  ini sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik-detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi," imbuhnya.

     "Lalu kita bingkai, catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan masa depan yang lebih baik begitu juga sebagai generasi penerus," ujarnya.

    "Mari kita jadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmah lalu dan sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan," bebernya.


    Selama ini bisa memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai arahan  para pendahulu dan para pendiri serta tokoh yang berjasa terhadap berdirinya Kabupaten Rohul

    "Dengan hormat kami menyampaikan terima kasih atas jasa dan pengabdian terbaik kepada daerah Kabupaten Rohul yang sama-sama kita cintai dan kita banggakan," paparnya.


    Bila ditilik ke belakang perjalanan Rohul selama 20 tahun menjadi kabupaten, maka dapat tercatat beberapa peristiwa penting dan momentum untuk diingat, dijadikan sebagai bahan renungan dan evaluasi bagi semua gimana Pada kurun waktu 5 tahun pertama keberadaan Rohul.


    Di samping dihadapkan pada berbagai permasalahan keterbatasan infrastruktur dan lain-lain, juga dihadapkan pada persoalan wilayahnya yang belum tuntas dan final dengan kabupaten induk Kabupaten Kampar, soal ini bukan saja menguras tenaga fikiran dan biaya. Namun sampai kini   belum dapat dilaksanakan pembangunan secara optimal, khususnya di Lima Desa.

    "Alhamdulillah berbagai persoalan tersebut dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tapi khusus yang 5 Desa, hingga kini masih menjadi permasalahan yang belum dapat terselesaikan. Sekarang kita berada di 5 tahun ke empat tahun 2016-2021 yang mengarahkan pembangunan Kabupaten Rohul pada daerah pinggir dan daerah terisolir yang banyak berada di pedesaan mengingat sebelumnya kita fokus di daerah perkotaan dengan tetap melaksanakan penataan di daerah perkotaan," urainya.


    Selain itu, sesuai usianya yang semakin remaja maka daerah ini memerlukan jati diri yang membedakannya dengan kabupaten lain yang ada seperti julukan Negeri Seribu Suluk yang telah ditetapkan secara resmi melalui peraturan daerah.

    "Pada momentum yang sangat istimewa ini, izinkanlah saya sebagai pelaku aktif pelaksana pembangunan. Sekaligus yang dipercaya masyarakat menahkodai dan pengendali kabupaten yang kini kita cintai menyampaikan beberapa program dan kegiatan secara umum yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan dalam  mewarnai dan membentuk kabupaten ini, menjadi suatu kabupaten yang bermarwah sesuai dengan visimisi Kabupaten Rohul sekarang yaitu bertekad mewujudkan Kabupaten 'Sejahtera Desa Menata Kota'," tuturnya.