Senin, 27-04-2020 - 16:14:49 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Berikan Pelayanan Maksimal, UPT Samsat Taluk Kuantan Akan Buka UP Samsat di Kecamatan Kuantan Hilir | | Camat Taufik Apresiasi Bumdes Selari Indah Cemerlang, Berhasilnya Panen Raya Cabe Merah dan Jagung | | Sambut Ramadhan IKBMP Goro dan Ziarah Kubur Di Pemakaman Lama | | Pemkab Bengkalis Akan Terapkan Program Pembinaan Umat, Pengajian Satu Ustad Satu Desa | | Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial Tuntaskan Reses 8 Titik di Pulau Rupat | | Lulus Jadi Polisi, Kisah Anak Tukang Sate Sujud dan Cium Kaki Bapak Depan Komandannya
 
Sektor Pertanian Dan Perkebunan Di Rohil Menjadi Percontohan Di Tengah Masyarakat
Senin, 27-04-2020 - 16:14:49 WIB

TERKAIT:
 
  • Sektor Pertanian Dan Perkebunan Di Rohil Menjadi Percontohan Di Tengah Masyarakat
  •  

    ROKANHILIR, DELIKRIAU - Kabupaten Rokan Hilir memiliki luas wilayah 8.881,59 km2 atau 888.159 ha, terletak pada kordinat 101ยด21 BT. Batas Kabupaten Rokanbb Hilir:
    Sebelah Utara dengan Selat Malaka.Sebelah Selatan dengan Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Bengkalis, Sebelah Barat dengan Provinsi Sumatera Utara, Sebelah Timur dengan Kota Dumai. Kondisi wilayah Kabupaten Rokan Hilir terdiri beberapa sungai dan palau. Sungai Rokan merupakan sungai terbesar yang melintas sejauh 350 km dari muaranya di Rokan Hilir hingga ke Hulunya di Rokan Hulu. Sebagai sungai terbesar, Sungai Rokan memainkan peranan penting sebagai lalu lintas penduduk dan sumber ekonomi masyarakat, Sebagian besar wilayah Kabupaten Rokan Hilir terdiri dari dataran rendah dan rawa-rawa dan Wilayah ini memiliki tanah yang sangat subur dan menjadi lahan pertanian dan perkebunan.

    Untuk mengembangkan di sektor andalan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) sampai saat ini masih terus mengembangkan sektor perkebunan dan pertanian. Pasalnya, kedua program tersebut sangat bermanfaat dan sebagai sektor perekonomian bagi masyarakat khususnya di Negeri Seribu Kubah.


    Salah satunya pengembangan perkebunan kencur di desa sungai nyamuk kecamatan sinaboi. Dan hal ini tentunya mendapatkan reapon yang baik oleh pemerintah daerah bahkan, Baru-baru ini Bupati Suyatno beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi kebun kencur milik warga di Desa Sungai Nyamuk, Kecamatan Sinaboi.

    Bupati Suyatno menyampaikan sebelumnya tanaman kencur yang ditanami petani milik warga Sinaboi ini menarik perhatian sebagai komoditi di bidang pertanian yang sangat menjanjikan selain padi dan sawit.

    "Kita sangat bangga memiliki petani yang kreatif dalam memanfaatkan lahannya menjadi komoditi yang menjanjikan dan menambah pendapatan petani selain tanaman sawit dan padi. Bayangkan saja, jika di Rohil petani kreatif seperti ini, Insa Allah jika seperti ini masyarakat Rohil akan bertambah makmur dan sejahtera dan akan kita tindak lanjuti tanaman kencur ini," ucapnya di sela kunjungan.

    Lebih lanjut Suyatno mengatakan dari luas tanah ukuran 30 x 30 M persegi, dengan masa waktu tanam selama 9 bulan sudah bisa dipanen, dan jika menanamnya maksimal akan menghasilkan 1 ton tanaman kencur siap jual.

    "Bisa dibayangkan dengan harga jual 1 kg Kencur saat ini sebesar Rp29.000, jika dikalikan 1 ton/1000 Kg x Rp29.000 ribu sama dengan Rp29.000.000 sekali panen," terangnya.

    Selain itu untuk mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan di Rokan Hilir / pemerintah pusat bersama pemerintah daerah memberikan bantuan sejumlah peralatan pertanian dan perkebunan bagi kelompok tani di Rokan Hilir.

    Seperti beberapa waktu lalu Bupati Rokan Hilir,  H Suyatno AMp menyerahkan 10 unit alat perontok padi ( power tresor) bantuan dari pusat untuk sepuluh kelompok tani di Rokan Hilir.

    Bantuan tersebut langsung diserahkan Bupati Suyatno dan turut dihadiri Kepala dinas Ketahanan Pangan Holtikultura Provinsi Riau, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rohil.

    Bupati Suyatno mengatakan bahwa bantuan ini salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah kepada petani Rokan Hilir. Dengan alat tersebut diharapakan dapat memudahkan pekerjaan para petani pasca panen.

    "Petani tidak repot lagi menghempas padi, cukup memasukkan padi yang sudah diarit ke dalam mesin dan menghasilkan gabah besih," papar Suyatno.


    Selain itu, Bupati Suyatno mengharapkan kepada kelompok penerima bantuan untuk dapat menjaga dan merawat alat tersebut dengan baik, untuk kepentingan kelompok dan masyarakat pada umumnya.

    Selain sektor pertanian, melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian Rohil, saat ini pemkab Rohil tengah mengembangkan bahkan menjadi edukasi percotohan kepada mayarakat sektor perkebunan tanaman holtikultura, salah satunya kecamatan batu hampar desa bantaian dan saat ini dinas ketahanan pangan dan pertanian Rohil juga mengembakan tanaman holtikultura tepatnya di depan halaman kantor Dinas DKPP Rohil.


    Sementara Kepala DKPP Rohil Wan Rusli Syarif mengatakan ide kratif dan gagasan ini merupakan bermula dari hobi yang di milikinya bercocok tanam. Dengan rasa kemauan dan ikhlas kepala DKPP Rohil ini menunjukkan kepada masyarakat Rohil bahwa Rokan Hilir subur dengan tanah alamnya.

    "Hasil yang telah di tunjukkan dan bahkan telah mendapatkan aspresiasi dari orang nomor satu di Rokan Hilir yaitu Bapak Suyatno, dimana banyak tanaman holtikultura yang berhasil di kembangkan seperti melon, jambu madu, semangko, buah labu, pare dan sejumlah tanaman holtikultura lainnya," tutupnya.

    Pemerintah daerah berharapa agar pengembangan baik sektor pertanian dan perkebunan di negeri seribu kubah bisa menjadi percotohan bagi Masyarakat dan bisa di kembangkan di derah masing masing setidaknnya untuk memanfaatkan lahan perkarangan masing masing, sehingga hasil bisa di nikmati untuk kebutuhan sehari hari. (Adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Sektor Pertanian Dan Perkebunan Di Rohil Menjadi Percontohan Di Tengah Masyarakat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Berikan Pelayanan Maksimal, UPT Samsat Taluk Kuantan Akan Buka UP Samsat di Kecamatan Kuantan Hilir
    02 Camat Taufik Apresiasi Bumdes Selari Indah Cemerlang, Berhasilnya Panen Raya Cabe Merah dan Jagung
    03 Sambut Ramadhan IKBMP Goro dan Ziarah Kubur Di Pemakaman Lama
    04 Pemkab Bengkalis Akan Terapkan Program Pembinaan Umat, Pengajian Satu Ustad Satu Desa
    05 Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial Tuntaskan Reses 8 Titik di Pulau Rupat
    06 Kejari Bersama PWRI Kuansing Bagikan Masker Dan Paket Sembako Gratis Kepada Masyarakat Kurang Mampu
    07 Mantap, Pelajar SD/SMP IT Al Hidayah Sungai Pakning Ditempa Jadi Pengusaha Islami
    08 Dedi Handoko Secara Resmi Lantik Empat Kab/Kota Pengurus Perbakin
    09 Praktek Sulap Bahan Bakar Minyak, Diduga BBM Subsidi Jadi Industri
    10 Jemput Dana Pusat Gesa Pembangunan Bidang Olahraga, Bupati Adil Kunjungi Kemenpora RI
    11 Bupati Terpilih Hadiri Silaturahmi Mubalig dan BKM Sekecamatan Pangkalan Kerinci
    12 Tiada Henti, HMI Cabang Kepulauan Meranti Tampil Bantu Masyarakat
    13 Diduga Merugikan Negara Mencapai 1,1 M, Kasubbag Keuangan Camat Kandis Resmi Di Tahan Kejari Siak
    14 Bupati Terpilih Yang Akan Dilantik Pada Tanggal 26 April 2021, H. Zukri Punya Strategi Dalam Penurunan Stunting
    15 Tokoh Masyarakat Meranti dukung Program Bupati Adil Sejahterakan Masyarakat Dengan 7 Program
    16 Project Jembatan Nillo Kerinci, Perusahaan Diduga Gunakan BBM Subsidi
    17 Wabup Meranti H. Asmar Tutup MTQ Ke-12 Kabupaten Meranti 2021, Tebing Tinggi Pertahankan Gelar Juara Umum
    18 Usulan Masyarakat Kampung Harapan, Insya Allah Akan Di Perjuangkan
    19 Bagus Santoso Minta PMD dan Bagian Hukum Kaji Perbatasan Desa Lubuk Gaung dan Bandar Jaya
    20 Jelang Pelantikan di Pekanbaru, Pengurus PWRI Kuansing Terus Gelar Pertemuan
    21 Makam Tua Datuk Malin Kuning Di PT Adei, Ninik Mamak, Minta Kembalikan Lahannya
    22 Bupati Alfedri Secara Resmi Tutup STQ Kecamatan Tualang Siak
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI