Senin, 27-04-2020 - 16:14:49 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Perdana Di Siak, Bupati Alfedri Letakkan Batu Pertama Pembangunan IPA Baja INDOOR | | Pemkab Siak Persiapkan Pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Desember Mendatang di Kandis | | Dukung Peningkatan Produksi Pertanian, Bupati Alfedri Ajak Petani Manfaatkan Program KUR | | Giat Kunjungan Kapolda Riau ke Polres Pelalawan | | Lahan Gambut Hangus Terbakar Di Konsesi PT. Arara Abadi, Camat Bunut Turun Ke Lokasi | | Disdagperin Bengkalis Salurkan 233 Paket Sembako Murah Melalui Pemdes Sungai Nibung
 
Sektor Pertanian Dan Perkebunan Di Rohil Menjadi Percontohan Di Tengah Masyarakat
Senin, 27-04-2020 - 16:14:49 WIB

TERKAIT:
 
  • Sektor Pertanian Dan Perkebunan Di Rohil Menjadi Percontohan Di Tengah Masyarakat
  •  

    ROKANHILIR, DELIKRIAU - Kabupaten Rokan Hilir memiliki luas wilayah 8.881,59 km2 atau 888.159 ha, terletak pada kordinat 101ยด21 BT. Batas Kabupaten Rokanbb Hilir:
    Sebelah Utara dengan Selat Malaka.Sebelah Selatan dengan Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Bengkalis, Sebelah Barat dengan Provinsi Sumatera Utara, Sebelah Timur dengan Kota Dumai. Kondisi wilayah Kabupaten Rokan Hilir terdiri beberapa sungai dan palau. Sungai Rokan merupakan sungai terbesar yang melintas sejauh 350 km dari muaranya di Rokan Hilir hingga ke Hulunya di Rokan Hulu. Sebagai sungai terbesar, Sungai Rokan memainkan peranan penting sebagai lalu lintas penduduk dan sumber ekonomi masyarakat, Sebagian besar wilayah Kabupaten Rokan Hilir terdiri dari dataran rendah dan rawa-rawa dan Wilayah ini memiliki tanah yang sangat subur dan menjadi lahan pertanian dan perkebunan.

    Untuk mengembangkan di sektor andalan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) sampai saat ini masih terus mengembangkan sektor perkebunan dan pertanian. Pasalnya, kedua program tersebut sangat bermanfaat dan sebagai sektor perekonomian bagi masyarakat khususnya di Negeri Seribu Kubah.


    Salah satunya pengembangan perkebunan kencur di desa sungai nyamuk kecamatan sinaboi. Dan hal ini tentunya mendapatkan reapon yang baik oleh pemerintah daerah bahkan, Baru-baru ini Bupati Suyatno beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi kebun kencur milik warga di Desa Sungai Nyamuk, Kecamatan Sinaboi.

    Bupati Suyatno menyampaikan sebelumnya tanaman kencur yang ditanami petani milik warga Sinaboi ini menarik perhatian sebagai komoditi di bidang pertanian yang sangat menjanjikan selain padi dan sawit.

    "Kita sangat bangga memiliki petani yang kreatif dalam memanfaatkan lahannya menjadi komoditi yang menjanjikan dan menambah pendapatan petani selain tanaman sawit dan padi. Bayangkan saja, jika di Rohil petani kreatif seperti ini, Insa Allah jika seperti ini masyarakat Rohil akan bertambah makmur dan sejahtera dan akan kita tindak lanjuti tanaman kencur ini," ucapnya di sela kunjungan.

    Lebih lanjut Suyatno mengatakan dari luas tanah ukuran 30 x 30 M persegi, dengan masa waktu tanam selama 9 bulan sudah bisa dipanen, dan jika menanamnya maksimal akan menghasilkan 1 ton tanaman kencur siap jual.

    "Bisa dibayangkan dengan harga jual 1 kg Kencur saat ini sebesar Rp29.000, jika dikalikan 1 ton/1000 Kg x Rp29.000 ribu sama dengan Rp29.000.000 sekali panen," terangnya.

    Selain itu untuk mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan di Rokan Hilir / pemerintah pusat bersama pemerintah daerah memberikan bantuan sejumlah peralatan pertanian dan perkebunan bagi kelompok tani di Rokan Hilir.

    Seperti beberapa waktu lalu Bupati Rokan Hilir,  H Suyatno AMp menyerahkan 10 unit alat perontok padi ( power tresor) bantuan dari pusat untuk sepuluh kelompok tani di Rokan Hilir.

    Bantuan tersebut langsung diserahkan Bupati Suyatno dan turut dihadiri Kepala dinas Ketahanan Pangan Holtikultura Provinsi Riau, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rohil.

    Bupati Suyatno mengatakan bahwa bantuan ini salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah kepada petani Rokan Hilir. Dengan alat tersebut diharapakan dapat memudahkan pekerjaan para petani pasca panen.

    "Petani tidak repot lagi menghempas padi, cukup memasukkan padi yang sudah diarit ke dalam mesin dan menghasilkan gabah besih," papar Suyatno.


    Selain itu, Bupati Suyatno mengharapkan kepada kelompok penerima bantuan untuk dapat menjaga dan merawat alat tersebut dengan baik, untuk kepentingan kelompok dan masyarakat pada umumnya.

    Selain sektor pertanian, melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian Rohil, saat ini pemkab Rohil tengah mengembangkan bahkan menjadi edukasi percotohan kepada mayarakat sektor perkebunan tanaman holtikultura, salah satunya kecamatan batu hampar desa bantaian dan saat ini dinas ketahanan pangan dan pertanian Rohil juga mengembakan tanaman holtikultura tepatnya di depan halaman kantor Dinas DKPP Rohil.


    Sementara Kepala DKPP Rohil Wan Rusli Syarif mengatakan ide kratif dan gagasan ini merupakan bermula dari hobi yang di milikinya bercocok tanam. Dengan rasa kemauan dan ikhlas kepala DKPP Rohil ini menunjukkan kepada masyarakat Rohil bahwa Rokan Hilir subur dengan tanah alamnya.

    "Hasil yang telah di tunjukkan dan bahkan telah mendapatkan aspresiasi dari orang nomor satu di Rokan Hilir yaitu Bapak Suyatno, dimana banyak tanaman holtikultura yang berhasil di kembangkan seperti melon, jambu madu, semangko, buah labu, pare dan sejumlah tanaman holtikultura lainnya," tutupnya.

    Pemerintah daerah berharapa agar pengembangan baik sektor pertanian dan perkebunan di negeri seribu kubah bisa menjadi percotohan bagi Masyarakat dan bisa di kembangkan di derah masing masing setidaknnya untuk memanfaatkan lahan perkarangan masing masing, sehingga hasil bisa di nikmati untuk kebutuhan sehari hari. (Adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Sektor Pertanian Dan Perkebunan Di Rohil Menjadi Percontohan Di Tengah Masyarakat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Giat Kunjungan Kapolda Riau ke Polres Pelalawan
    02 Dukung Peningkatan Produksi Pertanian, Bupati Alfedri Ajak Petani Manfaatkan Program KUR
    03 Disdagperin Bengkalis Salurkan 233 Paket Sembako Murah Melalui Pemdes Sungai Nibung
    04 Pemkab Bengkalis Salurkan BLT ODP PMI kepada 4.107 Penerima
    05 Pemkab Siak Persiapkan Pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Desember Mendatang di Kandis
    06 Lahan Gambut Hangus Terbakar Di Konsesi PT. Arara Abadi, Camat Bunut Turun Ke Lokasi
    07 Perdana Di Siak, Bupati Alfedri Letakkan Batu Pertama Pembangunan IPA Baja INDOOR
    08 Praktisi Hukum Apul Sihombing SH MH Minta Penegak Hukum Dan Instansi Terkait Untuk Memproses Kasus Karhutla Di Pelalawan
    09 Bupati Alfedri Hadiri Rakor Karhutla Provinsi Riau
    10 Ketua Fraksi Golkar Desak Penegak Hukum Proses Dugaan Karlahut PT Arara Abadi
    11 Bupati Suyatno Instruksikan, Pengerjaan Hutan Kota Harus Tepat Waktu
    12 Ketua Forikan Siak Latih Kaum Ibu di Kandis dan Minas Mengolah Pangan Berbahan Ikan
    13 Tidak Hentinya Polres Meranti Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat
    14 Kades Air Terjun Dan Pemuda Tambun Kecewa, Intansi Terkait Diduga Tidak Berani Menindak Lanjuti Keluhan Masyarakat
    15 Plh Bupati Bengkalis Aktifkan Kembali Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
    16 Perubahan Status Dokter Aisyah Hanya Dikembalikan ke Fungsional, Ini Penjelasan Kepala BKD Meranti
    17 PT SP Diduga Menanam Sawit Diatas Kuburan Dan Termasuk Daerah Aliran Sungai Pun Ditanami
    18 Bupati Alfedri, Buka Kejuaraan Tenis Lapangan Piala Pelti Cup Siak 2020
    19 Inyak Allah, Transportasi Selatpanjang-Pekanbaru Via Buton Sudah Normal
    20 PPDB SDN 005 Desa Kiyap Jaya Tidak Berbasis Online
    21 Hadiri Penyaluran BLT, Camat 3T Imbau Warga Jangan Main Api
    22 Kebakaran Hutan Kembali Terjadi di Kecamatan Pangkalan Kerinci
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI