Rabu, 01 Desember 2021
Follow Us ON :
 
 
 
| Lewat Program Bangga Kencana, DPPKBPPA Kuansing Lakukan Penurunan Angka Stunting | | Polres Siak, Tangkap Pelaku illegal Logging Di Kampung Sungai Tengah | | Perguruan SMI Binaan Kodim 0302 Inhu Siap Mengikuti Kejuaraan Bupati Pelalawan Open I | | Bergerak Dengan Hati Pulihkan Pendidikan, SMA Negeri 2 Dayun Gelar Upacara Peringatan HUT PGRI ke-76 | | Kapolda Instruksikan Segera Eksekusi Giat Tracing Pasien Klaster Covid-19 di Bengkalis | | Kapolsek Iptu Asril S.Sos. MH Jalin Silaturahmi Dengan Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat Kuantan Hilir Kuansing
 
Cegah Karhutla dan Abrasi, Pemkab Bengkalis bersama BRGM RI Siap Tanam Gerunggang dan Manggrove
Kamis, 10-06-2021 - 09:39:24 WIB
Wabup Bagus Santoso melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama BGRM RI
TERKAIT:
 
  • Cegah Karhutla dan Abrasi, Pemkab Bengkalis bersama BRGM RI Siap Tanam Gerunggang dan Manggrove
  •  

    BENGKALIS, DELIK RIAU - Guna mencegah Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) dan Abrasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM-RI) Republik Indonesia melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) di Gedung Serbaguna, Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis. Kegiatan tersebut, ditaja oleh LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL), Rabu (09/07/2021).

    Dalam sambutannya, Wabub Bagus Santoso mengatakan karhutla dan abrasi adalah tanggung jawab bersama dan bukan hanya bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis dan Pemerintah Provinsi, tetapi juga Pemerintah Pusat sangat berkepentingan atas kedaulatan Wilayah RI. "Kita sudah tahu problemnya, dan Pemerintah Pusat Presiden Jokowi melalui BRGM sangat peduli dan siap membantu mengatasi Karhutla dan kemudian mangrove guna mencegah abrasi pantai. Dan mudah-mudahan apa yang diinginkan sinergitas kelompok tani kemudian lembaga LSM yang mengawal pemerintah daerah, provinsi, pusat melalui BRGM akan terealisasi," paparnya.

    Selain itu, Bagus Santoso menyampaikan bahwa tanaman yang yang teruji dan terbukti melindungi lahan gambut dan abrasi pantai di Negeri Junjungan yakni, Pohon Gerunggang, Pinang, Sagu, Kait-kait (Cakar Elang) dan Mangrove.  Dan selagi Gerunggang masih dilestarikan maka  tidak ada akan ada kebakaran kebakaran. "Mari kita ulang kembali, kita pulihkan dengan menanam Gerunggang, Sagu, Pinang, Mangrove, maka akan pulih pula negeri ini," terangnya.

    Sementara itu, BRGM RI Perwakilan Riau Muthoin juga meminta dukungan Pemkab Bengkalis menjadi sebagai jembatan untuk mensukseskan program dan target BRGM. Melalui kegiatan BRGM RI akan ada peningkatan ekonomi dengan memberikan bantuan. Dan kepada desa yang tidak masuk dalam program bantuan tahap pertama, untuk segera dapat melaporkan usulan di tahap kedua. Turut hadir dalam rakor tersebut, Ketua LSM IPMPL Solihin, Ketua Ikatan Kepala Desa Kecamatan Bantan Pasla, Kepala Desa Wonosari Suswanto dan sejumlah perwakilan kelompok tani se-Kabupaten Bengkalis (Andhika/Galeri).


    Wabup menjelaskan Karhutla dan abrasi adalah tanggung jawab bersama

    Bagus Santoso menyampaikan bahwa tanaman Gerunggang dan mangrove sudah teruji mencegah kebakaran dan abrasi

    Wabub terlihat sedang berbincang terkait penanaman Gerunggang dan Mangrove

    Perwakilan BGRM RI Muthoin memberikan pengarahan terkait Karhutla dan Abrasi

    Rakor juga turut membahas tanaman yang cocok untuk alam lingkungan Kabupaten Bengkalis

    Wabup Meminta Pemerintah berkomitmen untuk membantu menyelesaikan karhutla dan abrasi