Selasa, 18 Mei 2021
Follow Us ON :
 
 
 
| Pelayanan Air Bersih di Kota Pasir Pengaraian dan Sekitarnya Terganggu | | Bupati Pelalawan H.Zukri Turun Ke Lokasi Banjir di 2 Desa Kecamatan Bunut | | Bupati Alfedri Pantau Penyuntikan Vaksin Covid-19 Secara Massal | | Pokres Kuansing Berikan Bantuan Sembako Kepada Media | | Kejari Periksa Orang Dekat Bupati Kuansing | | Polres Kuansing memperketat Arus Mudik, dan Tinjau Pos Penyekatan
 
Camat Taufik Apresiasi Bumdes Selari Indah Cemerlang, Berhasilnya Panen Raya Cabe Merah dan Jagung
Jumat, 09-04-2021 - 21:21:22 WIB
Camat Bukit Batu Taufik Hidayat didampingi Kepala Desa Sungai Selari Baharum 
TERKAIT:
 
  • Camat Taufik Apresiasi Bumdes Selari Indah Cemerlang, Berhasilnya Panen Raya Cabe Merah dan Jagung
  •  

    BENGKALIS, DELIK RIAU - Camat Bukit Batu Taufik Hidayat memberikan apresiasi kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Selari Indah Cemerlang  Desa  Sungai Selari yang telah berhasil dalam mengelola bidang pertanian sehingga menggelar  panen raya Cabe merah dan Jagung.

    Kegiatan tersebut berlangsung di Lahan PT Pertamina RU II Sungai Pakning Desa Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Jum'at (09/04/21).

    Dalam sambutannya, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat mengatakan  keberhasilan usaha pertanian yang dikelola oleh Bumdes Indah Cemerlang melalui Unit Agro Komplek dapat mengurangi ketergantungan pasokan cabai dan jagung dari luar daerah.

    "Kita pihak Kecamatan sangat mesnsuport serta mengapresiasi usaha yang dikelola Bumdes ini. Ini adalah salah satu harapan dan Program Pemerintah  dimana Bumdes menjadi penggerak ekonomi bisa terwujud," kata Camat Taufik. 

    Selain itu, Camat Taufik juga mengatakan melihat dari persentase tanaman cabai dan jagung tersebut, panen raya ini sudah bisa dikatakan berhasil. Sehingga nantinya bisa meningkatkan PAD desa.

    "Harapan kita semoga kedepannya perlu juga perluasan lahan dan pembibitan. Dan  terimakasih juga kepada PT SPM yang sudah berkolaborasi baik dengan Desa Sungai Selari serta bantuan bantuan yang diberikan sehingga sampai suksesnya panen ini. Kita juga mengucapkan terimakasih kepada PT Pertamina RU II Sungai Pakning yang telah meminjamkan lahan untuk dikelola Bumdes," ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Desa Sungai Selari Baharum mengucapkan selamat atas keberhasilan Bumdes dengan adanya panen raya ini. Dan terima terima kasih juga  terutama kepada PT SPM yang telah banyak membantu sehingga sampai suksesnya panen ini. Dan kedepan bisa dilakukan perluasan lahan lagi.

    "Alhamdulillah, panen raya Cabe dan Jagung berjalan dengan sukses. Dan mengenai bantuan dari PT SPM yakni 34 juta itu digunakan untuk 3 kegiatan, yakni cabe 16 juta , Mesin kerupuk ubi 3 unit dan pinang. Panen ini juga sudah mencapai 350 kg. Dan sudah dilakukan pengembangan dari hasil usaha," ujar Kades Baharum.

    Selanjutnya, Direktur Bumdes Selari Indah Cemerlang Jefri menjelaskan bahwa  jenis yang di kelola Bumdes diantaranya, Cabai Merah, Jagung, Jahe, Pisang, dan keripik ubi.

    "Sebelumnya sudah Keripik sudah menghasilkan 133 kilo, tanaman cabe 384 kilo, ternak Ikan Lele 262 kilo, tanaman jagung 84 kilo belum dicampur panen ini," jelasnya.

    Lebih lanjut, Jefri juga menyampaikan luas lahan yang dikelola 1,5 dan sudah dilakukan juga pengembangan dan perluasan lahan dengan 1000 pembibitan.

    "Untuk itu, kita mohon PT Pertamina mengeluarkan Izin Secara tertulis, karena saaat ini kita hanya mendapat izin secara lisan saja," tutur.

    Kegiatan panen raya juga dijamu dengan Jagung Bakar, Jagung rebus dan hidangan lainnya serta diberikan berkat masing masing dari hasil panen raya Cabai dan Jagung. Kegiatan turut dihadiri, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, Kades Sungai Selari Baharum, Kades Buruk Bakul Sunario, Ketua BPD Zulkifli Obet beserta jajaran, PT SPM, Direktur Bumdes Jefri beserta jajarannya Pendamping desa, P3ID, dan Unit Agro beserta jajaran. (Andhika)



     
    Berita Lainnya :
  • Camat Taufik Apresiasi Bumdes Selari Indah Cemerlang, Berhasilnya Panen Raya Cabe Merah dan Jagung
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pelayanan Air Bersih di Kota Pasir Pengaraian dan Sekitarnya Terganggu
    02 Bupati Pelalawan H.Zukri Turun Ke Lokasi Banjir di 2 Desa Kecamatan Bunut
    03 Bupati Alfedri Pantau Penyuntikan Vaksin Covid-19 Secara Massal
    04 Polres Rohul Siapkan Virtual Lebaran Gratis Bagi Masyarakat
    05 Polres Kuansing memperketat Arus Mudik, dan Tinjau Pos Penyekatan
    06 Kejari Periksa Orang Dekat Bupati Kuansing
    07 Pokres Kuansing Berikan Bantuan Sembako Kepada Media
    08 Bupati H.Zukri Harapkan Melalui Rancangan RPJMD Bisa Mensejahterakan Masyarakat Pelalawan
    09 Kunker Gubri Syamsuar Tinjau PSU Di Rohul
    10 Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan Kedua Tahun Sidang Ketiga Tahun 2021 dan Pembukaan Persidangan Ketiga Tahun 2021
    11 64 Anak Yatim Mendapat Santunan Dari Karyawan PT.WCP Langgam
    12 Siapkan 2 Ton Minyak Goreng, PT ISB Gelar Minyak Murah Di Desa Rambah
    13 Jelang Idul Fitri, SPR Langgak Berbagi dengan Warga Tandun dan Anak Yatim
    14 Di Masa Pandemi Tidak Menghalangi PT. EDI Untuk Peduli Kepada Sesama
    15 Jalan Rusak, Bupati H. Zukri Tegaskan Perusahaan Lakukan Perawatan Dari Awal
    16 Polres Rohul Bersama Bersama Satgas Covid-19 Gelar Yustisi Di Kecamatan Tambusai Utara
    17 LSM Permata Kuansing Dukung Kejari Tangkap Perampok Uang APBD
    18 Baznas Rohul Serahkan Bantuan Kepada Dhuafa
    19 Pemuda Pancasila Rokan Hulu Gelar Sosialisasi Larangan Mudik Masa Pandemi Covid-19
    20 Bupati H.Zukri Harapkan Gerakan Cinta Zakat Sampai Kedesa di Kabupaten Pelalawan
    21 Bupati Alfedri Tinjau Perbatasan Siak-Kampar di Kampung Rantau Bertuah
    22 Bupati Siak Pantau Pos Penyekatan Minas dan Kandis
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI