Jumat, 22-01-2021 - 15:13:23 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi | | Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi | | Sat Intelkam Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas dan Memberikan Batuan Kepada Napi Asimilasi Agar Meminimalisir Terulangnya Kejahatan | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat | | Meminimalisir Terulangnya Kejahatan oleh Napi Asimilasi, Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas
 
Sosialisasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan Bengkalis
Jumat, 22-01-2021 - 15:13:23 WIB

TERKAIT:
 
  • Sosialisasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan Bengkalis
  •  

    SIAK, DELIK RIAU - Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis melakukan sosialisasi di Kecamatan Bukit Batu dan Bandar Laksamana terkait pembelajaran tatap muka terbatas tingkat Sekolah TK, SD dan SMP yang rencana akan dibuka normal pada 25 Januari 2021 mendatang.

    Kegiatan sosialisasi tersebut, berlangsung di Gedung Serbaguna Bujang Kelana Kecamatan Bukit Batu, Jum'at (22/01/2021). Dan turut dihadiri Kabid Pembina SD Bengkalis Randy Vernanda, ST, Kasi Kurikulum, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, Camat Bandar Laksamana Acil Esyno, Kapolsek Kompol Hendrik, SH, Danramil, dr. Dian dan jajaran Kepala Sekolah.

    Dalam pengarahannya, Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembina SD Randy Vernanda ST mengatakan bahwa, rencana pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah akan dimulai pada 25 Januari 2021 mendatang dengan dimulai sosialisasi kepada orangtua murid oleh kepala sekolah dan komite sekolah setempat.

    "Sekolah yang dibolehkan melakukan pembelajaran tatap muka sudah tentu dengan syarat-syarat yang sangat ketat. Dan Sekolah tersebut benar benar sudah mempersiapkannya dengan matang," kata Randy.

    Menurut Randy, Sekolah tidak boleh terburu buru untuk melakukan pembelajaran tatap muka bila belum siap, Karena terlebih dahulu harus memenuhi protokol kesehatan. 

    "Hal ini juga kita minta dukungan dari berbagai pihak diantaranya, Kapolsek, Danramil, tenaga kesehatan, satgas kecamatan untuk turut membantu memantau agar sekolah bisa berjalan sebagaimana mestinya," ungkapnya.

    Sementara itu, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat menyampaikan proses pembelajaran tatap muka terbatas wajib menerapkan Prokes mulai dari siswa, petugas hingga guru harus disiplin. Dan senantiasa menyiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan, seperti sanatizer, masker yang harus diperhatikan , serta ruangan kelas maksimal 50 persen.

    "Yang paling penting dari siswa tentang berinteraksi bila keluar daerah, pada hari libur perlu di kawal ketat karena ini menjadi hal serius. Dan dari pihak sekolah benar benar tegas terhadap wali murid demi kepentingan bersama . Pembelajaran tatap muka juga diserahkan ke daerah masing masing, khusus dari kecamatan Bukit Batu sangat mendukung kebijakan pemerintah daerah. Dan kita siap menurunkan satgas kecamatan di sekolah," jelas Camat Taufik.

    Disampaikan juga Kapolsek Bukit Batu Kompol Hendrik, SH bagi sekolah yang ingin menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas tentu harus benar benar mengikuti prosedur yang telah diberikan. Karena Masih banyak ditemukan sebagian warga yang tidak memakai masker. 

    "Kita dari pihak satgas kepolisian sudah banyak memberikan masker, bahkan dari berbagai kalangan namun ternyata masih banyak yang tidak mengenakan masker. Mungkin saja sebagian masyarakat masih tidak percaya dengan adanya Covid-19 ini," ujar Kapolsek.

    Selain itu, Kapolsek menyampaikan Dari satgas Kecamatan akan datang melihat Sekolah. Di khawatirkan Prokes hanya diterapkan hanya pada hari pertama dan Kedua. Dan hari Ketiga sudah tidak ada, seperti sabun dan masker habis.

    "Bila tim kita turun mendatangi sekolah sekolah, jika tidak ditemukan syarat syaratnya akan menjadi temuan. Ini tentu akan membuat klaster menjadi naik, tenaga kesehatan saja mengakui adanya wabah ini, masyarakat harus mengikutinya. Dan siswa lebih percaya dengan gurunya, jadi tolong diperhatikan orang tua dirumah sampaikan kepada anaknya. Dengan adanya vaksin yang berkelanjutan ini dapat mengurangi laju perkembangan Covid-19," tuturnya.

    Disamping itu, disampaikan juga dr. Dian Kepala tenaga Kesehatan Puskesmas Bukit Batu, peran sebagai tenaga kesehatan pertama berharap pelaksanaan dari pembelajaran tatap muka terbatas dengan prokes yang sangat ketat itu syaratnya. Pelaksanaanya juga harus konsisten.

    "Hal ini harus bisa dilaksanakan dengan baik, bukan hanya sekedar syarat diatas kertas, tapi pelaksanaanya harus mengikuti prosedur. Dan harus memakai masker bukan sekedar pakai masker didagu, ini sangat kita khawatirkan," kata dr. Dian.

    Lebih lanjut, dr. Dian mengatakan kurang dari 500 tenaga kesehatan akan melakukan vaksin. Vaksin yang dibutuhkan sekitar 4 juta sementara kita hanya mendapat 3 Juta vaksin. Dan tidak semua orang yang divaksin, ada yang boleh ada yang tidak. Orang yang pernah menderita Covid-19 tidak divaksin. Diatas 18 tahun yang sehat, anak anak belom divaksin sebelum ada data keamanan serta Lansia juga belum ada uji klinik aman untuk di vaksin.

    Selain itu, disampaikan juga Kasi Kurikulum Kabupaten Bengkalis Khozali, A M.Pd bahwa, dimulai perangkat Sekolah satu hari sebelum sekolah dibuka, harus disemprot Desinfektan, Simulasikan fotonya telebih dahulu.

    Kemudian harus di patuhi jaga jarak 1,5 meter dan anak harus diantar orang tua. 

    "Sekolah siapkan antar jemput siswa, jaga jarak. Surat edaran Menteri ada 2 Shift pergantian siswa, namun Kebijakan Pemerintah Bengkalis kita jadikan 1 Shift saja. Siswa belajar mulai Pukul, 08:00 hingga jam 10:00 Wib. Ketika anak pulang kerumah, ruangan harus dilakukan Desinfektan kembali," terangnya.

    "Kemudian, ketika anak masuk gerbang sekolah petugas sudah memeriksa suhu badan anak, jika tinggi Bawak ke pos kesehatan. Dan peralatan anak harus pribadi tidak boleh pinjam punya temannya," jelasnya.

    Dikatakan juga Camat Bandar Laksamana Acil Esyno bahwa juga ikut andil dalam mensosialisasikan ke Pemerintahan desa Bandarlaksamana.

    "Kita Pemerintahan Kecamatan Vandar Laksamana akan ikut menyampaikan kepada kepala desa tentang akan dilaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas ini," ujarnya.

    Selanjutnya, dari pihak Korwilcam Bukit Batu Dunny Duvira membuka dan memperlihatkan video simulasi di sekolah untuk dipahami berbagai kepala sekolah. 

    "Kita akan monitoring Kesekolah, dari Dinas Pendidikan yang diwakili Korwilcam. Karena pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan bertahap, mana layak untuk melakukan pembelajaran tatap muka tersebut," tutupnya. (Andhika).



     
    Berita Lainnya :
  • Sosialisasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan Bengkalis
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi
    02 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa
    03 Sambil Menunggu Kesiapan Diskes, DPRD Rohil Siap Divaksinasi
    04 Gubri Syamsuar Ingatkan Jangan Sampai Terkena ISPA dan Corona
    05 Diduga PT.Arara Abadi Tumbang Kepung Sialang, LAMR Pelalawan Lakukan Kosolidasi Internal
    06 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.V)
    07 TNI AD Laksanakan Vaksinasi Serentak
    08 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat
    09 Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi
    10 Berawal dari Jual-Beli, Hingga Berakhir Sengketa Lahan Koperasi
    11 Bupati Alfedri Terima Kunjungan Anggota Komisi II DPR RI Andi Rachman
    12 Polres Siak Sosialisasikan Bahaya Penyalah Gunaan Narkoba Di Perawang
    13 32 Honorer Terima SK P3K dari Bupati Siak
    14 Sekda Arfan Usman Ikuti HUT Damkar ke 102 tahun, Tingkat Nasional
    15 Wabup H. Asmar Sidak Kondisi Ruang dan Kinerja Pegawai Dilingkungan Sekretariat, Ingatkan Jaga Disiplin dan Jauhi Narkoba
    16 Bupati dan Wakil Bupati Meranti H.M Adil-H. Asmar Sampaikan Visi dan Misi Serta 7 Program Strategis kepada DPRD
    17 Pembina Apel Senin Pagi, Bupati H.M Adil Ingatkan ASN Laksanakan Tupoksi Dengan Baik dan Melayani Dengan Ihklas
    18 Karena Zona Hijau, Bupati H.Adil Akan Koordinasi Dengan Kapolres dan Kajari Tentang Sekolah Tatap Muka
    19 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.IV)
    20 DLH Meranti Terus Terapkan Jadwal 4 Pembuangan Sampah
    21 Buka Musrenbang Tualang, Bupati Alfedri Minta Peruntukan Dana Desa Percepat Pemulihan Ekonomi
    22 l Janji Siap Wujudkan 7 Program Strategis H. Adil-H. Asmar, Siap Dikritik Jika Melenceng Dan Mohon Doa dan Dukungan Maayarakat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI