Jumat, 08-01-2021 - 20:32:21 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Ketua PCNU Kabupaten Meranti Dukung Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri | | Demi Selamatkan Bayi, Suster Mia Meninggal Terjebak Reruntuhan Gempa Mamuju | | Mahasisa ST2P Pelalawan Luncurkan Perusahaan Pelayanan Jasa | | Silaturahmi Dengan Tokoh Agama di Tebingtinggi Barat, Kapolres Meranti Ajak Ciptakan Situasi yang Aman dan Kondusif | | Atasi Pengurangi Sampah Plastik, DLH Bersama Polres Meranti Lakukan Batako dan Paving Blok Dari Sampah | | Forum RT dan RW Kepulauan Meranti Sembangi Dinas Perikanan Meranti
 
FWBS Silaturahmi bersama Forum Kepala Desa Siak Kecil, Ini Penjelasan Ketua PWI Bengkalis Alfis Nardo
Jumat, 08-01-2021 - 20:32:21 WIB
Ketua PWI Kabupaten Bengkalis Alfis Nardo, S.AP menjelaskan tugas wartawan saat pertemuan FWBS bersama Forum Kepala Desa Siak Kecil
TERKAIT:
 
  • FWBS Silaturahmi bersama Forum Kepala Desa Siak Kecil, Ini Penjelasan Ketua PWI Bengkalis Alfis Nardo
  •  

    BENGKALIS, DELIK RIAU - Dalam rangka meningkatkan kerjasama media di Tahun 2021, Forum Wartawan Bukit Batu Siak Kecil dan Bandar Laksamana melakukan Silaturahmi bersama Forum Kepala Desa Siak Kecil.

    Pertemuan tersebut, berlangsung di Ruang Rapat Kantor Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Jum'at (08/01/2021). Selain seluruh Forum Kepala Desa se-Kecamatan Siak Kecil, Juga hadir Ketua PWI Kabupaten Bengkalis, Alfis Nardo S.AP, Ketua FWBS Darmayanto A. Md, Erwin Syahputra S.Psi, Ketua Awni Darwis AK dan beberapa rekan media lainnya.

    Dalam sambutannya, Ketua Forum kepala desa Siak Kecil Irawan mengatakan bahwa pertemuan bersama FWBS dan rekan wartawan yang diundang secara resmi yakni, guna membahas kerjasama baik media cetak maupun online.

    "Hari ini kita akan membahas kerjasama media untuk kedepannya tahun 2021. Dan kita sangat mengharapkan wartawan yang berada di wilayah kita ini mampu untuk membantu, khususnya didalam pemberitaan guna pembangunan di Siak Kecil ini," tuturnya.

    Selain itu, Irawan juga menyampaikan ada beberapa keluhan yang dialami oleh kepala desa di Siak Kecil diantaranya, banyaknya wartawan yang mendatangi kepala desa ketika ADD cair. Bahkan dari luar seperti Pekanbaru, Dumai dan lainnya berdatangan.

    "Dalam hal ini kita minta solusi atau masukan  dari Ketua PWI Kabupaten Bengkalis Alfis Nardo," ujar Irawan.

    Menanggapi hal tersebut, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis Alfis Nardo S. AP menjelaskan bahwa, terkait kerjasama media haruslah Fleksibel terkhusus media cetak.

    "Harus ada konsekuensinya, seperti berlangganan koran, kalau wartawan itu ada korannya dan aktif masuk kedesa baru dibayar. Jika tidak, tidak perlu dibayar. Dan koran ada Dua Versi ada yang mingguan dan ada harian," tutur Alfis.

    Selain itu, Alfis juga mengatakan bahwa untuk tahun 2021 untuk media cetak dan online akan dijadikan 1 pintu yakni melalui FWBS. Tujuannya, agar mempermudah desa dalam melaksanakan tugas dan tupoksinya dalam melayani masyarakat serta guna menertibkan wartawan yang sering menakut nakuti kepala desa.

    "Kepala desa tidak perlu takut terhadap wartawan. Dan kepala desa juga harus tau kinerja wartawan itu sendiri. Seorang wartawan tidak hanya menggantungkan kartu pers, namun tetapi ada medianya, ada surat tugasnya, mana tulisannya dan harus mempunyai legalitas yang jelas," ungkapnya.

    Alfis juga menjelaskan, ketika ada wartawan yang datang kedesa baik lokal maupun dari luar temui saja, tanyakan apa keperluannya. Jika Ia ingin mengkonfirmasi berita mencari data sesuai aturan itu sudah tugasnya. Dan bila kedatangan wartawan tersebut meminta uang, itu adalah pemerasan, dan segera laporkan ke dewan pers," jelasnya.

    "Perlu digaris bawahi, wartawan mempunyai tingkatan, ada yang PWI dan ada tidak. Yang lebih berkualitasnya sudah UKW belum, ada yang UKW muda, kemudian Madya dan selanjutnya Utama. Jadi, wartawan tidak semuanya sama. Alhamdulillah, wartawan yang bergabung di FWBS ini hampir semua sudah PWI dan UKW, meskipun ada beberapa lagi yang akan menyusul. Ini semua agar wartawan itu mengerti kode etik jurnalistik dan bagaimana menulis berita yang berimbang, bukan wartawan Abal Abal yang menakuti kepala desa," tegas Alfis.

    Sementara itu, Ketua FWBS Darmayanto mengatakan bahaw akan mendata wartawan yang ada di 3 Kecamatan yakni, Bukit Batu Siak Kecil dan Bandar Laksamana. Baik media cetak maupun online.

    "Itikad baik kita bagaimana kerjasama media terhadap Desa Siak Kecil ini tertib, dan tidak amburadul sebagaimana dari dulu FWBS terjalin kerjasama yang baik terhadap desa. Dan kita bisa lihat mana yang wartawan dan mana yang mengaku wartawan," ungkapnya.

    Terakhir, Darmayanto berharap kedepan Pemerintah desa akan terus mendukung kerjasama kemitraan antara FWBS dengan seluruh Pemerintah Desa,  hal itu penting agar informasi dan komunikasi dapat menjadi penunjang positif dalam mewujudkan pembangunan yang ideal di tengah - tengah masyarakat.

    "Kami FWBS mengucapkan terimakasih kepada Forum Kepala Siak Kecil karena telah berkomitmen untuk menjalin kerjasama media. Dan saya mewakili rekan rekan media mengucapkan terima kasih sudah memfasilitasi pertemuan ini," tutupnya. (Andhika)



     
    Berita Lainnya :
  • FWBS Silaturahmi bersama Forum Kepala Desa Siak Kecil, Ini Penjelasan Ketua PWI Bengkalis Alfis Nardo
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Mahasisa ST2P Pelalawan Luncurkan Perusahaan Pelayanan Jasa
    02 Ketua PCNU Kabupaten Meranti Dukung Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri
    03 Demi Selamatkan Bayi, Suster Mia Meninggal Terjebak Reruntuhan Gempa Mamuju
    04 Forum RT dan RW Kepulauan Meranti Sembangi Dinas Perikanan Meranti
    05 Atasi Pengurangi Sampah Plastik, DLH Bersama Polres Meranti Lakukan Batako dan Paving Blok Dari Sampah
    06 Silaturahmi Dengan Tokoh Agama di Tebingtinggi Barat, Kapolres Meranti Ajak Ciptakan Situasi yang Aman dan Kondusif
    07 April Mendatang Jabatan 29 kades di Meranti akan diisi oleh ASN
    08 Pertahankan Ekosistem Mangrove Cegah Abrasi, Sekda Kamsol Lakukan Penanaman Bibit Mangrove di Pesisir Insit Laut
    09 4 Unit Ruko dan 1 Unit Rumah Permanen Ludes Terbakar Di Pasar Tradisional Duri Bengkalis
    10 Jambret HP Anak Pejabat Tinggi Di Riau, Pelaku Berhasil Diamankan
    11 Resmikan Gedung Divisi Humas Polri Yang Baru, Begini Pesan Kapolri
    12 Sejumlah Tokoh Masyarakat Meranti Dukung Komjen Listyo Sigit Probowo Sebagai Calon Kapolri
    13 Diduga PT PSPI Tidak Merealisasikan Sisa Lahan Untuk Masyarakat Petapahan Kampar, Forum PPB Dan Yayasan SMT Gelar Aksi Demo
    14 Spesialis Bongkar Rumah Dibekuk Tim Reskrim Polsek Merbau
    15 Wabup Said Hasyim Serahkan SK CPNS Meranti Formasi 2019-2020, Ingatkan Sebagai ASN Harus Menjadi Orang Yang Dibutuhkan
    16 Disdukcapil Bengkalis dan Bapenda Kembali Tandatangani Perjanjian Kerjasama ke-9
    17 Diduga Maki Wartawan Via WA, Oknum Kabid Dishub Rohil Akan Dilaporkan
    18 Pemkab Siak Sosialisasi PTSL Di Kecamatan Koto Gasib
    19 Asisten 1 Bersama Kepala BPN Kabupaten Siak Berikan Penyuluhan PTSL di Dua Kampung Kecamatan Tualang
    20 MPR dan IWO Sepakat Bekerja Sama Majukan Peradaban dan Kemanusiaan Bangsa Indonesia
    21 Dinkes Ersan Saputra: Vaksin Covid-19 di Kabupaten Bengkalis Bulan Febuari
    22 Pelaku Terduga Pembunuhan Mayat yang Ditemukan di Jalan Poros Langgam 25 Desember 2020 lalu Berhasil di Tangkap Polres Pelalawan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI