Rabu, 19 Januari 2022
Follow Us ON :
 
 
 
| Bangun Ibu Kota Baru Butuh Rp 466 Triliun, Sri Mulyadi Beberkan Pendanaannya | | Yakin Utang Rp6.000 Triliun Lunas, Ini Sosok 'Orang Terkaya' Berharta Rp11.000 Triliun | | Dorong Percepatan Vaksinasi Anak Usia 6 - 11 Tahun, Polres Siak Gelar Vaksinasi Massal | | Tinjau Pelabuhan Benoa, Kapolri Minta Proses Prokes Hingga Karantina PPLN Diperketat | | Gabungan Brimob Dan Polres Rohil Gelar Patroli Vaksinasi, Sasaran Pengguna Jalan Tak Pakai Masker Dan Belum Vaksin | | Terima Sertifikat CSFA dari BPK, Kapolri Ingin Personel Polisi Miliki Kemampuan Auditor
 
Evaluasi Penilaian mandiri Asesor APIP Maturitas SPIP
Pemkab Siak menuju Level 3 dengan BPKP Perwakilan Provinsi Riau
Kamis, 26-07-2018 - 13:53:41 WIB

TERKAIT:
 
  • Pemkab Siak menuju Level 3 dengan BPKP Perwakilan Provinsi Riau
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Pada tahun 2018 ini Kabupaten Siak kembali masuk dalam penilaian Mandiri Asessor APIP Maturitas SPIP pada tahap level 3, dimana sebelumnya sudah melalui tahapan level 1 dan 2. Hal ini dikemukakan oleh Inspektur Kabupaten Siak,  Drs.H. Faly pada acara pertemuan dengan Pimpinan Kepala Daerah Kabupaten Siak dalam hal ini Wakil Bupati Siak Drs.H Alfedri , Kepala perwakilan BPKP Provinsi Riau Didin Sadikin, beserta seluruh Pimpinan OPD serta para Camat se Kabupaten Siak, Kamis pagi (26/7/ 2018) di Ruang Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak.

    Pertemuan ini guna mematangkan data penilaian yang dibutuhkan dari masing masing satker, karena di akui Faly bahwa masih terdapat kekurangan dalam pengumpulan nilai karena masih ada yang berwarna merah artinya nilai harus diatas 3,5 dan DPMP2TSP Kabupaten Siak berhasil mendapatkan nilai tertinggi, hendaknya hasil capaian tersebut dapat di ikuti oleh OPD lainya dengan mengkuti tahapan penilaian yang telah ada. 

    Tahun lalu diadakan pertemuan langsung bersama Presiden Joko Widodo di  BPKP Jakarta dan hanya 2 Kabupaten Kota di Riau yang masuk pada level 2 yakni Kabupaten Inhil dan kabupaten Siak.

    Kabupaten Siak mulai masuk penilaian level 3, dengan didasari pada ; PP nomor 60 tahun 2008 tentang pengendalian intern pemerintah, kemudian PERBUP nomor 126 tahun 2017 . Lebih lanjut, untuk penyelenggaraan sistem pengendalian Kabupaten Siak sudah menyusun Satgas SPIP meliputi 15 satker, sedangkan untuk penilaian itu sendiri ada unsur yang perlu dipenuhi yakni , lingkungan pengendalian, penilaian resiko , kegiatan pengendalian , informasi dan komunikasi , serta yang paling penting ialah pemantauan.

    Inspektorat bersama Pemerintah Daerah dan BPKP juga telah melaksanakan beberapa upaya guna memantabkan pemahaman Counterpart dan Asessor dengan melakukan Bimtek untuk peningkatan Maturitas SPIP , melaksanakan Coaching , Monitoring dan Pra penilaian oleh BPKP serta juga menyelenggarakan Workshop Mandiri. 

    Wakil Bupati Siak , H.Alfedri yang memimpin pertemuan mengemukakan bahwa maturitas SPIP ini sejalan dengan misi Kabupaten Siak dalam mewujudkan tata kelola Pemerintahan Good Gouverment. Harapannya jika SPIP di suatu OPD nilainya baik maka diikuti pula dengan kinerja yang baik pula.

    "Kabupaten Siak sudah mendapatkan Grade B dan Laporan keuangan Siak telah 7 kali mendapatkan WTP (Wajar tanpa pengecualian) , demikian pula Penilaian Ombudsman yang sudah menunjukan lampu hijau. Sehingga capaian ini dapat terus memacu semangat aparatur daerah untuk mempertahankannya", unkap Alfedri.

    H.Alfedri meminta agar tiap OPD dapat segera menyiapkan laporan penilaian yang dibutuhka dengan target waktu satu minggu kedepan, sehingga siak dapat melangkah ke level 3 dan seterusnya.

    Ditemui ditempat yang sama Didin  Sadikin sebagai Kepala perwakilan BPKP Provinsi Riau memberikan penjelasan bahwa dengan pengetahuan dan pemahaman yang nantinya dimilki setiap pengelola kegiatan tentang sistem dan pengelolaan keuangan maka tiap prosedur justru menjadi tahapan yang seharusnya akan memudahkan dalam laporan akuntabilitas dan integritas.

    "SPIP adalah sistem pengendalian intern yang diselenggarakan menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah sesuai dengan PP nomor 60 tahun 2008", jelas Didin.

    Kepada Kepala OPD Didin Sadikin juga mengharapkan , dapat terlibat untuk memantau dan mengetahui sejauh mana perkembangan yang dikerjakan bahwanya dan melakukan sistem pengawasan agar dapat mengendalikan dengan baik peluang untuk tidak terjadinya tindak korupsi", ungkap Didin. (adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Pemkab Siak menuju Level 3 dengan BPKP Perwakilan Provinsi Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Yakin Utang Rp6.000 Triliun Lunas, Ini Sosok 'Orang Terkaya' Berharta Rp11.000 Triliun
    02 Terima Sertifikat CSFA dari BPK, Kapolri Ingin Personel Polisi Miliki Kemampuan Auditor
    03 Bangun Ibu Kota Baru Butuh Rp 466 Triliun, Sri Mulyadi Beberkan Pendanaannya
    04 Selamatkan Warga Yang Nekat Memanjat Tower SUTET, Kapolsek Tenayan Raya Teriakan Sayang Ayo Turun
    05 Wakil Ketua DPD KNPI Bengkalis Bidang Lingkungan Hidup Dukung Penuh Pemkab Cabut Izin PT SIPP
    06 Rakercab Awal Tahun , DPC Partai Gerindra Targetkan 12 Kursi Di Pileg 2024 Mendatang
    07 Kapolda Riau dan Danrem 031/Wira Bima Hadiri Bakti Sosial Donor Darah PWI Riau
    08 Kapolda Kunjungi PWI Riau : Saya Datang Karena Wartawan Adalah Pahlawan Saya
    09 Baru Hitungan Hari Mutasi, Kanit Reskrim Poksek Sabak Auh Ringkus Diduga Pengedar Narkoba
    10 Dorong Percepatan Vaksinasi Anak Usia 6 - 11 Tahun, Polres Siak Gelar Vaksinasi Massal
    11 KNPI Kabupaten Bengkalis "Energy Of Harmony" Buka Suara Beri Saran dan Dukungan Terkait Portal Jalan Gajah Mada, Sebanga Duri
    12 H Sari Antoni SH Mendapatkan Gelar Kehormatan Datuk Rajo Pusako Nan Kuaso
    13 Gabungan Brimob Dan Polres Rohil Gelar Patroli Vaksinasi, Sasaran Pengguna Jalan Tak Pakai Masker Dan Belum Vaksin
    14 Tinjau Pelabuhan Benoa, Kapolri Minta Proses Prokes Hingga Karantina PPLN Diperketat
    15 Bekerjasama Dengan Puskesmas, TNI dan POLRI, SDN 08 & 09 Kotogasib Gelar Vaksinasi Anak Usia 6 - 11 Tahun
    16 Cara IPTU Suheri Sitorus, Membuat Anak-anak Bersemangat Ikut Vaksinisasi
    17 Lagi, Dua Lapas Dalam Sehari Gagalkan Penyelundupan Narkoba
    18 Bupati Kunjungi Vaksinasi Anak Di SD 002 Rambah
    19 SDN 011 Keranji Guguh Bekerjasama Dengan Pukesmas Kotogasib Gelar Vaksinasi Untuk Anak Usia 6 - 11 Tahun
    20 Heboh Video PNS Di Humbahas Joget Sambil Tenggak Miras
    21 Gebyar Hadiah Sulsel Kebut Vaksinasi, Petani Toraja yang Dapat Hadiah Mobil
    22 Bupati Berikan Beberapa Pesan Kepada ASN Dan Non ASN
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI