Senin, 08 08 2022
Follow Us ON :
 
 
 
| Masyarakat Desak Instansi Terkait Turun Ke Lokasi Jalan Berlubang Yang Semakin Parah | | Akibat Balap Liar, Enam Unit Kendaraan Roda Dua Diamankan oleh Unit Lantas Polsek Tualang | | Empat Unit Mobil Terlibat Tabrakan Beruntun di Jalan Lintas Perawang-Dayun, Diduga Gagal Fokus | | Kapolres AKBP Ronald: 'Ini Wujud Kepedulian Kita Bersama dan Mengingatkan Untuk Selalu Bersyukur' | | Bhabinkamtibmas Benteng Hulu Aipda Irhami, Tetap Di Percaya Menjadi Khutbah Jum'at Oleh MUI Kecamatan Menpura | | Seluruh Jemaah Haji Rokan Hilir Telah Pulang ke Tanah Air
 
Evaluasi Penilaian mandiri Asesor APIP Maturitas SPIP
Pemkab Siak menuju Level 3 dengan BPKP Perwakilan Provinsi Riau
Kamis, 26-07-2018 - 13:53:41 WIB

TERKAIT:
   
 

SIAK, DELIKRIAU - Pada tahun 2018 ini Kabupaten Siak kembali masuk dalam penilaian Mandiri Asessor APIP Maturitas SPIP pada tahap level 3, dimana sebelumnya sudah melalui tahapan level 1 dan 2. Hal ini dikemukakan oleh Inspektur Kabupaten Siak,  Drs.H. Faly pada acara pertemuan dengan Pimpinan Kepala Daerah Kabupaten Siak dalam hal ini Wakil Bupati Siak Drs.H Alfedri , Kepala perwakilan BPKP Provinsi Riau Didin Sadikin, beserta seluruh Pimpinan OPD serta para Camat se Kabupaten Siak, Kamis pagi (26/7/ 2018) di Ruang Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak.

Pertemuan ini guna mematangkan data penilaian yang dibutuhkan dari masing masing satker, karena di akui Faly bahwa masih terdapat kekurangan dalam pengumpulan nilai karena masih ada yang berwarna merah artinya nilai harus diatas 3,5 dan DPMP2TSP Kabupaten Siak berhasil mendapatkan nilai tertinggi, hendaknya hasil capaian tersebut dapat di ikuti oleh OPD lainya dengan mengkuti tahapan penilaian yang telah ada. 

Tahun lalu diadakan pertemuan langsung bersama Presiden Joko Widodo di  BPKP Jakarta dan hanya 2 Kabupaten Kota di Riau yang masuk pada level 2 yakni Kabupaten Inhil dan kabupaten Siak.

Kabupaten Siak mulai masuk penilaian level 3, dengan didasari pada ; PP nomor 60 tahun 2008 tentang pengendalian intern pemerintah, kemudian PERBUP nomor 126 tahun 2017 . Lebih lanjut, untuk penyelenggaraan sistem pengendalian Kabupaten Siak sudah menyusun Satgas SPIP meliputi 15 satker, sedangkan untuk penilaian itu sendiri ada unsur yang perlu dipenuhi yakni , lingkungan pengendalian, penilaian resiko , kegiatan pengendalian , informasi dan komunikasi , serta yang paling penting ialah pemantauan.

Inspektorat bersama Pemerintah Daerah dan BPKP juga telah melaksanakan beberapa upaya guna memantabkan pemahaman Counterpart dan Asessor dengan melakukan Bimtek untuk peningkatan Maturitas SPIP , melaksanakan Coaching , Monitoring dan Pra penilaian oleh BPKP serta juga menyelenggarakan Workshop Mandiri. 

Wakil Bupati Siak , H.Alfedri yang memimpin pertemuan mengemukakan bahwa maturitas SPIP ini sejalan dengan misi Kabupaten Siak dalam mewujudkan tata kelola Pemerintahan Good Gouverment. Harapannya jika SPIP di suatu OPD nilainya baik maka diikuti pula dengan kinerja yang baik pula.

"Kabupaten Siak sudah mendapatkan Grade B dan Laporan keuangan Siak telah 7 kali mendapatkan WTP (Wajar tanpa pengecualian) , demikian pula Penilaian Ombudsman yang sudah menunjukan lampu hijau. Sehingga capaian ini dapat terus memacu semangat aparatur daerah untuk mempertahankannya", unkap Alfedri.

H.Alfedri meminta agar tiap OPD dapat segera menyiapkan laporan penilaian yang dibutuhka dengan target waktu satu minggu kedepan, sehingga siak dapat melangkah ke level 3 dan seterusnya.

Ditemui ditempat yang sama Didin  Sadikin sebagai Kepala perwakilan BPKP Provinsi Riau memberikan penjelasan bahwa dengan pengetahuan dan pemahaman yang nantinya dimilki setiap pengelola kegiatan tentang sistem dan pengelolaan keuangan maka tiap prosedur justru menjadi tahapan yang seharusnya akan memudahkan dalam laporan akuntabilitas dan integritas.

"SPIP adalah sistem pengendalian intern yang diselenggarakan menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah sesuai dengan PP nomor 60 tahun 2008", jelas Didin.

Kepada Kepala OPD Didin Sadikin juga mengharapkan , dapat terlibat untuk memantau dan mengetahui sejauh mana perkembangan yang dikerjakan bahwanya dan melakukan sistem pengawasan agar dapat mengendalikan dengan baik peluang untuk tidak terjadinya tindak korupsi", ungkap Didin. (adv)



 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Siak menuju Level 3 dengan BPKP Perwakilan Provinsi Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Akibat Balap Liar, Enam Unit Kendaraan Roda Dua Diamankan oleh Unit Lantas Polsek Tualang
    02 Empat Unit Mobil Terlibat Tabrakan Beruntun di Jalan Lintas Perawang-Dayun, Diduga Gagal Fokus
    03 Masyarakat Desak Instansi Terkait Turun Ke Lokasi Jalan Berlubang Yang Semakin Parah
    04 Kapolres AKBP Ronald: 'Ini Wujud Kepedulian Kita Bersama dan Mengingatkan Untuk Selalu Bersyukur'
    05 Bhabinkamtibmas Benteng Hulu Aipda Irhami, Tetap Di Percaya Menjadi Khutbah Jum'at Oleh MUI Kecamatan Menpura
    06 Seluruh Jemaah Haji Rokan Hilir Telah Pulang ke Tanah Air
    07 Danramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Resmikan Pembentukan Kampung Pancasila
    08 Paripurna Laporan Banggar Terhadap pertanggujawaban APBD Tahun 2021
    09 Hanya Dua Bulan Gaji Dibayarkan, Seluruh Security RSUD Selasih Pelalawan Diliburkan
    10 Karhutla Sejak Maret Sekitar 303,5 Hektare di Kabupaten Rokan Hulu
    11 Dinas sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Anak dan Perdagangan Orang
    12 Wujud Kebersamaan, DPRD Zuhandi Gelar Jamuan Makan Siang di Mangrove Desa Pangkalan Jambi
    13 Tiga Bulan Gaji Belum Dibayarkan, Security RSUD Selasih Pelalawan Gelar Aksi Mogok Kerja
    14 Guna Pemberdayaan, Pemerintah Desa Pangkalan Jambi Salurkan Rp.19.250.000 Dana BKK ke Satgas Peduli Lingkungan Mangrove
    15 Pemkab Rohul Gelar Rapat Persiapan Kepulangan Jamaah Haji
    16 Survei Calon Gubri, Versi 'VOXinstitute': Syamsuar Menguasai Enam kabupaten/kota Di Riau
    17 Survei Calon Gubernur Riau 'VOXinstitute' : Syamsuar Tertinggi, Diikuti Edy Natar dan Syamsurizal
    18 Jadwal Wapres RI Resmikan Konversi BRK Syariah, Ini Tanggalnya
    19 Wabup Husni Serahkan SK PPPK 684 Guru di Siak
    20 Sekda Arfan Usman: Alhamdulillah, Jamaah Haji Kabupaten Siak Sehat Semua dan Segera Dipulangkan
    21 PeringatanTahun Baru Islam 1444 H, Pemerintah Kecamatan Bukit Batu Gelar Tabliq Akbar di Desa Pangkalan Jambi
    22 Tutup Turnamen U-21 ASKAB PSSI, Sekda Arfan Beri Selamat Kepada Pemenang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI