Rabu, 24 Juli 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Terima Dana Insentif Fiskal Rp6,7 Miliar dari Kemenkeu | | PWRI Kabupaten Siak Merupakan Wadah Dan Tempat Untuk Bersilaturahmi dan Bertukar Pikiran Bagi Pensiunan (PNS) | | Dinilai Tak Beretika, ASN Kampar Viral Beli BBM Rp10.000 Sambil Ketawa Tuai Kritik Pedas Netizen | | Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika, 2 Pemuda Diamankan Reskrim Polsek Kandis Barang Bukti Berupa 20 Paket Sabu | | Dibebankan Rp 50.000 Untuk Surat Keterangan Lulus dan Raport Di SMAN 1 Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau | | Polres Inhu Tindak 360 Kendaraan, Tujuh Hari Ops Patuh LK 2024
 
Landasan Kebijakan Pembangunan Kependudukan Terintegrasi, GDPK Jadikan Landasan
Kamis, 13-06-2024 - 13:04:09 WIB

TERKAIT:
   
 

SIAK, DELIK RIAU - Wakil Bupati Siak Husni Merza melakukan ekspos penyusunan dan pemanfaatan Grand Desain Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kabupaten Siak tahun 2023-2048. Melalui zoom meeting di ruang Bandar Siak, lantai II Kantor Bupati Siak, Kecamatan Mempura, Rabu (12/06/2024).

Dokumen GDPK nantinya dijadikan landasan kebijakan pembangunan kependudukan yang terintegrasi. Pemerintah memfasilitasi GDPK melalui berbagai regulasi, termasuk Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 dan Kepmendagri Nomor 050-3708 Tahun 2020.

"Pembangunan kini semakin menuntut integrasi yang kuat antara variabel demografi dan pembangunan. Untuk itu, mewujudkan kebijakan pembangunan kependudukan yang terpadu menjadi hal yang penting dan mendesak," ujar Wakil Bupati Siak Husni Merza memulai eksposnya.

GDPK Kabupaten Siak tahun 2023-2048, Pemkab Siak telah melibatkan beberapa pihak terkait termasuk akademisi dari berbagai universitas yang bergabung dalam koalisi kependudukan Indonesia Provinsi Riau.

"Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen penuh terhadap penyusunan GDPK, Kabupaten Siak ini bisa dilihat dalam integras 5 pilar kedalam penyusunan dokumen perencanaan baik dalam jangka panjang maupun pendek diantaranya Rancangan RPJPD Kabupaten Siak tahun 2025-2045, RPJMD Kab. Siak tahun 2025-2029, Renstra Perangkat Daerah , RKPD, dan Rencana Kerja (Renja)," paparnya.

Lanjutnya, tidak hanya itu pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran untuk dukungan terhadap pembangunan kependuduk, membuat Peraturan Bupati tentang GDPK 5 Pilar, dan telah membuat SK tim pelaksana GDPK.

Husni juga menambahkan, latar belakang penyusunan GDPK Kabupaten Siak didasari oleh lajunya pertumbuhan penduduk yang setiap tahun bertambah yang disebabkan semakin bertambahnya usia harapan hidup masyarakat.

"Pertumbuhan penduduk ini tentu saja akan membawa implikasi kepada lingkungan hidup seperti pemukiman, tempat usaha, infrastruktur jadi perlu ada suatu perencanaan dokumen yang mampu mengakomodir berbagai aspek kepentingan penduduk dan kesejahteraan penduduk Kabupaten Siak," sebut Wabup Siak itu.

Selain penyusunan GDPK, sambung Husni, Pemkab Siak terus bagaimana melayani administrasi kependudukan masyarakat dan salah satunya dengan program Bujang Kampung atau Bupati Bekerja dan Berkantor di kampung.

"Setiap hari jumat, kami turun ke desa-desa memberikan pelayanan baik pembuatan KTP, KIA, pelayanan kesehatan dan lainnya. Pemkab Siak juga telah membuat program Kepiting (Kejar anak Stunting), Insting (Ibu asuh anak stunting), Siaga 24 jam dan CCTV Terintegritas untuk pemantauan wilayah dan ketertiban kota guna memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada masyarakat Kabupaten Siak," kata Husni lagi.

Dalam ekspor tersebut, terdapat 5 Provinsi dan 10 kabupaten/kota yang mengikuti tahapan wawancara nominator GDPK Award 2024 yang sebelumnya telah diseleksi dari 300 lebih Kabupaten/Kota.

Pengumuman pemenang GDPK Award tahun 2024 sendiri akan dilakukan pada puncak peringatan Harganas 2024 tanggal 31 Juni 2024 mendatang. "GDPK ini kan di lombakan, tentu kita optimis mendapat penghargaan ini, mengingat upaya dan inovasi yang telah dibuat selama ini," pungkasnya. (Rls)

Laporan : ferdy



 
Berita Lainnya :
  • Landasan Kebijakan Pembangunan Kependudukan Terintegrasi, GDPK Jadikan Landasan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Terima Dana Insentif Fiskal Rp6,7 Miliar dari Kemenkeu
    02 PWRI Kabupaten Siak Merupakan Wadah Dan Tempat Untuk Bersilaturahmi dan Bertukar Pikiran Bagi Pensiunan (PNS)
    03 Dinilai Tak Beretika, ASN Kampar Viral Beli BBM Rp10.000 Sambil Ketawa Tuai Kritik Pedas Netizen
    04 Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika, 2 Pemuda Diamankan Reskrim Polsek Kandis Barang Bukti Berupa 20 Paket Sabu
    05 Dibebankan Rp 50.000 Untuk Surat Keterangan Lulus dan Raport Di SMAN 1 Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau
    06 Polres Inhu Tindak 360 Kendaraan, Tujuh Hari Ops Patuh LK 2024
    07 Di hari Ke-8 Satlantas Polres Meranti Gencar Giat Operasi Patuh LK 2024
    08 Sertijab Kapolres Siak, Harap Pengabdian Terbaik Untuk Negeri
    09 Adakan Kegiatan Sosialisasi Tentang Materi Keselamatan Berlalulintas, Kasat Lantas Polres Siak AKP Fandri SH
    10 Empat Orang Terduga Penyalahgunaan Narkotika Diamankan Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak
    11 Pelaku Jurtul Judi KIM Diamankan Sat Reskrim Polres Sergai
    12 Upacara Serah Terima Jabatan Kasat Intelkam, Kasat Resnarkoba, Kasat Binmas, Kasat Lantas dan Kapolsek Tambang.
    13 Berkurangnya Curah Hujan, Sekda Arfan Ingatkan Semua Pihak Agar Tak Bakar Lahan
    14 Lomba Layang-layang Ikut Meriahkan dan Sukseskan Hari Jadi Ke-512 Bengkalis, Permainan Anak Negeri
    15 Razia Gakkum Penumbar, 118 Truk Terjaring Dishub Riau di Pelalawan
    16 Ratusan Hektar Lahan Terbakar di Inhu, Pemadam di Bantu Water Boming
    17 Tugas Perdana AKBP Fahrian Saleh Siregar Pimpin Sertijab, Kapolres, Waka, dan Dua Kasat di Polres Inhu Dimutasi
    18 Investasi Bodong, 2 Wanita Ditangkap Polres INHIL Karna Tipu 140 Investor Rp 6.3 Milliar
    19 Babinsa Kodim 0322/Siak, Sosialisasi dan Himbauan Terkait Kejadian Serangan Harimau di Dusun II Kampung Penyengat
    20 Himbau Agar Masyarakat Lubuk Dalam Selalu Kondusif, Bersama pokdar Kamtibmas resort Siak
    21 Sukses Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat, Polres Kepulauan Meranti Pimpin Patroli KRYD dan Presisi Antisipasi C3
    22 Modus Berobat, 3 Perampok Sekap-Todong Pistol ke Bidan di Dumai Ditangkap
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI