Sabtu, 24 Februari 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Bupati Siak apresiasi RSUD Tengku Rafian Bahagiakan Anak Yatim | | Bupati Siak Lakukan Kesepakatan Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Siak, Guna Mencegah Penyimpangan Penggunaan Anggaran tahun 2024 | | Alfedri Apresiasi Ratusan Santri di Siak, Ikut Pragaan Manasik Haji | | Sekda Arfan; Mari Jadikan Rasulullah Suri Tauladan Umat | | Akhirnya Masyarakat Kampung Minas Timur Rasakan Air Bersih | | Sekda Arfan Usman Ikuti Upacara Penutupan Pekemahan Sabtu Minggu Saka Wira Kartika Tingkat Korem 031/Wirabima oleh Danrem
 
Sekda Arfan : 'Guru Kunci Utama Transformasi Pendidikan'
Jumat, 24-11-2023 - 16:52:35 WIB

TERKAIT:
   
 

SIAK, DELIK RIAU - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman memimpin Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Pelaksanaan Upacara digelar pada Jumat (24/11/2023) di Lapangan SD Sains Tahfidz Islamic Center Siak, Riau.

Dalam amanatnya, Sekda Arfan menyampaikan bahwa PGRI hadir sebagai wadah perjuangan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan, serta berkhidmat untuk memajukan Pendidikan Nasional.

Menurut Arfan, peringatan ini juga merupakan momentum mengapresiasi dan menghormati jasa para guru yang telah mengabdikan diri untuk mendidik generasi penerus bangsa. Guru adalah kunci utama dalam transformasi pendidikan, gurulah yang memegang peranan penting dalam mengembangkan potensi peserta didik, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang unggul dan berdaya saing. 

"Guru juga berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik, sehingga mereka menjadi pribadi yang berintegritas, berakhlak mulia, dan berjiwa Pancasila. Untuk menjadi guru diperlukan kompetensi dan kualifikasi yang tinggi, guru harus memiliki kemampuan untuk menginspirasi, menggerakkan, dan memberdayakan peserta didik, serta dapat menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat," sebutnya.

Lebih lanjut Arfan menambahkan, pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi guru, salah satu upaya tersebut adalah melalui program Guru Penggerak. Program Guru Penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.

"Program ini bertujuan mengembangkan kompetensi guru dalam hal pedagogik, profesional, sosial dan emosi, serta kepemimpinan. Guru-guru yang telah mengikuti program Guru Penggerak menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran," ujarnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Siak dan PGRI menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru, pendidik, tenaga pendidikan yang setia mengabdi. Mengisi kekosongan guru dan mengajar tanpa dedikasi serta pengabdian guru, proses pembelajaran di sekolah dan di madrasah akan terhenti karena ketiadaan guru.

"Masih banyak pekerjaan rumah terkait tata kelola guru yang akan terus diperjuangkan. Kami mohon para rekan sejawat bekerja dengan sungguh-sungguh, menjaga integritas, dedikasi, dan loyalitas serta menjadi contoh keteladanan dalam pendidikan karakter," pungkasnya.

Diakhir kegiatan upacara dilakukan penyerahan cinderamata dari PGRI Kecamatan Siak, kepada Anggota PGRI yang telah memasuki masa purnabakti. Secara simbolis kepada penerima, diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman. (infotorial)



 
Berita Lainnya :
  • Sekda Arfan : 'Guru Kunci Utama Transformasi Pendidikan'
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Siak apresiasi RSUD Tengku Rafian Bahagiakan Anak Yatim
    02 Alfedri Apresiasi Ratusan Santri di Siak, Ikut Pragaan Manasik Haji
    03 Bupati Siak Buka Musrenbang Dan Rembuk Stunting tingkat Kecamatan Sungai Mandau
    04 Sempena HPN 2024, GAPKI dan PWI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Jurnalis Muda Indonesia
    05 Bupati Siak Lakukan Kesepakatan Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Siak, Guna Mencegah Penyimpangan Penggunaan Anggaran tahun 2024
    06 Bupati Alfedri Menjadi Pembina Upacara, Sempena Upacara Pembukaan TMMD ke - 119 tahun 2024
    07 Hadiri Milad DDII ke - 57, ini harapan Wabup Husni
    08 Rombongan Pengurus PWI Riau Hadiri Puncak HPN ke 78 Di Jakarta
    09 Irwasda Polda Riau Tinjau Distribusi Logistik Dan Pengamanan TPS Inhil
    10 Jelang Pemilu 2024, Personil Ditlantas Polda Riau Sambangi Bengkel Radiator Sampaikan Pesan Pemilu Damai yang Berkeselamatan
    11 Wakapolda Riau Tinjau Persiapan Pengamanan TPS Di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil
    12 Demi Terciptanya Suasana Pemilu Yang Demokratis, Panwascam Berserta PKD dan PTPS se Kecamatan Dayun Tertibkan Ratusan APK
    13 ‘Coolling System’ di Kawasan Wisata, Personel Satlantas Polres Siak Lakukan Edukasi Pentingnya Ketertiban Berkendara
    14 Manfaatkan Libur Panjang, Ditlantas Polda Riau sampaikan pesan Pemilu Damai 2024 di Lokasi Wisata
    15 Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Amankan Dua Orang Pria dan Satu orang Wanita Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika
    16 Hebat, Selama Masa Kampanye Caleg DPRD Bengkalis Ini Rampungkan Kampanye Dialogis di 50 Titik Lokasi Berbeda
    17 Ketua PWI Siak Apresiasi 'Fast Respon' Polres Pelalawan Berserta Tim, Atas Informasi Hilangnya Seorang Warga Siak Yang Hanyut terseret Ombak Bono
    18 Majukan Daerah, Tim Kawan Alga Ajak Masyarakat Menangkan Caleg DPRD Provinsi Riau, M. Alga Viqky Azmi
    19 Jumat Barokah Dan Pesan Pemilu Damai, Ditlantas Polda Riau Ke Panti Asuhan AL - ISTIQLAL Pekanbaru
    20 Panwaslu Kecamatan Siak Kecil Gelar Penguatan Kapasitas Saksi Partai Politik Pemilu 2024
    21 Kombes Taufiq Pastikan Polantas Hadir Saat libur Panjang dan Ajakan Masyarakat Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu
    22 JMSI Riau Gelar Syukuran dan Doa HUT Ke - 4
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI