Sabtu, 27 April 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Resmi Daftar Calon Bupati Siak ke PDI P, Afni Hari Senin Lanjut ke PKB | | Irjen Rachmad Wibowo Kapolda Sumatera Selatan, Tegaskan Penyidiknya Bekerja Profesional dan Proporsional Tangani Perkara | | Pemkab Siak Mendukung Dan Menyambut Dengan Baik PSN Pada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Group Harap Husni Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat. | | Kepsek SMAN 2 Sembawa Banyuasin Menolak Jurnalis Sampai Satpam Halang - Halangi Wartawan, Diduga Ada Penyimpangan Dana Bos | | Pemkab Siak Merevisi RDTR Kawasan Perkotaan, Dinamika Pembangunan Pesat | | BB Narkoba Senilai Rp89 M Dimusnahkan, Disaksikan 17 Tersangka Jaringan Internasional
 
Gali Potensi Generasi Muda, Pemkab Siak Gelar Festival Sastra Sungai Jantan 2023
Sabtu, 14-10-2023 - 17:15:22 WIB

TERKAIT:
   
 

SIAK, DELIK RIAU - Pemerintah kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengelar Festival sastra sungai jantan tahun 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian sambut hari jadi kabupaten Siak ke-24.

Festival sastra sungai jantan tahun 2023 tahun ini, di gelar untuk ke tiga kalinya, bertujuan menggali potensi sastra generasi muda yang ada di kabupaten Siak.

"Alhamdulillah, festival SSJ tahun 2023 kita gelar, setelah dua tahun lalu berjalan sukses. Kita berharap melalui festival ini, kedepan muncul penyair, penulis yang handal memiliki karya berkualitas dan mengharumkan nama kabupaten Siak," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Siak Mahadar, saat menyampaikan sambutannya, pada pembukaan FSSJ 2023, Sabut (14/10/2023) di Gedung Tengku Mahratu, Kota Siak, Riau.

Mahadar menjelaskan seni sastra salah satu cabang kesenian di samping seni teater seni, tari dan seni musik sastra atau kesusastraan merupakan suatu bentuk tulisan maupun lisan yang memiliki nilai seni dan budaya dan menyajikan keindahan tutur dan bahasa untuk menyamai makna tertentu.

Dengan sastra manusia mampu menunjukkan kebenaran hidup melalui kisah-kisah yang terdapat di dalamnya yang mengisyaratkan pesan moral sehingga dapat memperkaya rohani. Karya sastra di suatu negara bisa terkenal di negara lain. Dan akan tetap hidup meskipun ditulis ratusan tahun lalu, sastra juga dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan moral kritik rasa nasionalisme pelestarian budaya maupun sebagai sarana pendidikan.

Sastra Melayu hidup pada era Melayu tradisional. Sastra Melayu pertama berbentuk cerita-cerita pelipur lara, dongeng-dongeng seperti legenda, cerita jenaka ataupun kisah Malang pandir. Ragamnya tertuang dalam hikayat tambo syair dan pantun.

"Karna itu, perlu rasanya kembali di gelar festival sastra sungai jantan 2023 ini, agar muncul penggiat-penggiat sastra daerah.Tentunya dapat mengangkat nilai-nilai budaya, yang syarat dengan kearifan lokal," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri yang di wakili Sekretaris Daerah kabupaten Siak Arfan Usman saat membuka event tersebut, berharap FSSJ 2025 mendatang dibuat lebih semarak, meriah dan tambah lomba mendongeng cerita rakyat.

”Dongeng cerita rakyat, saat ini hampir punah, padahal di dalamnya terdapat nilai nasehat, dan edukasi. Bisanya, dongeng tersebut di sampaikan orang tua Siak dulu saat hendak menidurkan anak atau cucunya," singkat Ketua LAMR kabupaten Siak itu.

Kegiatan itu, selain menumbuhkan minat masyarakat untuk menulis sejarah dan budaya Siak dalam bentuk karya sastra sebagai upaya melestarikan budaya melayu.

Juga menumbuhkan generasi baru yang nantinya mampu mencatat sejarah untuk masa  mendatang. Termasuk juga  meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang sejarah kerajaan melayu khususnya Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Festival sastra Sungai jantan tahun 2023 digelar selama 3 hari dari tanggal 13 sampai dengan 15 Oktober 2023. Pesertanya terdiri siswa SMP dan SMA sederajat dan umum. Adapun lomba yang di pertandingan, lomba cipta sastra, cipta puisi, cerpen, cerita rakyat, cipta syair, cipta pantun dan berbalas pantun, baca puisi.

Dengan total peserta sebanyak 234 orang, dan kegitan itu, menghadirkan dewan juri yang profesional di bidangnya. Berasal dari Siak dan luar kabupaten Siak. (infotorial)



 
Berita Lainnya :
  • Gali Potensi Generasi Muda, Pemkab Siak Gelar Festival Sastra Sungai Jantan 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Irjen Rachmad Wibowo Kapolda Sumatera Selatan, Tegaskan Penyidiknya Bekerja Profesional dan Proporsional Tangani Perkara
    02 Pemkab Siak Mendukung Dan Menyambut Dengan Baik PSN Pada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Group Harap Husni Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat.
    03 Kepsek SMAN 2 Sembawa Banyuasin Menolak Jurnalis Sampai Satpam Halang - Halangi Wartawan, Diduga Ada Penyimpangan Dana Bos
    04 Pemkab Siak Merevisi RDTR Kawasan Perkotaan, Dinamika Pembangunan Pesat
    05 BB Narkoba Senilai Rp89 M Dimusnahkan, Disaksikan 17 Tersangka Jaringan Internasional
    06 Kabar Duka, Indra Mukhlis Adnan Bupati Indragiri Hilir 2 Periode, Meninggal Dunia
    07 Resmi Daftar Calon Bupati Siak ke PDI P, Afni Hari Senin Lanjut ke PKB
    08 Bupati Bengkalis Berikan Pembekalan ke 186 JCH Rayon Bengkalis, Berpesan Jaga Kesehatan Fokus Dalam Keberangkatan Ibadah Haji
    09 Indonesia Cetak Sejarah, Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024
    10 46 Paket Sabu-Sabu Diamankan dari Pengedar DiKebun Sawit
    11 Upaya Pencegahan Kekelakaan, Sat Lantas Polres Siak Lakukan Pemasangan Sticker Dan Tanda Berwarna Scotlight di Body Truck Angkutan Barang
    12 Jangan Jadikan Beban Wali Murid Atau Murid Itu Sendiri, Acara Perpisahan Cukup Diadakan Secara Sederhana Di Setiap Sekolah Masing - masing
    13 Tak Ada Habisnya, Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Menangkap Satu Orang Laki Laki Penyalahgunaan Narkoba
    14 Pj Wako Muflihun Bersilaturahmi Dengan Warga Kuansing di Pekanbaru
    15 Dituduh Ambil Brondolan Sawit, Remaja di Rohul Tewas Ditebas Teman
    16 Irjen Iqbal Beri Penghargaan ke Jajarannya, Ramadan & Idulfitri di Riau Aman
    17 BUMN China Akan Tinjau Lokasi Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatra Pekan Depan
    18 Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Riau di Dumai, Bupati Bengkalis Menabuh Kompang Bertanda MTQ Dimulai
    19 68 Peserta Kafilah Bengkalis di Dumai Mendapatkan Motivasi Dari Bupati Kasmarni
    20 Pasca libur lebaran, Seluruh Satuan Pendidikan Sudah Harus Kembali Masuk Pada Tanggal 22 April 2024
    21 Momen Jokowi dan Paloh Ngobrol Akrab di Acara Nikahan, Di Unggah Elite NasDem
    22 Tewas Terbawa Arus Air Laut Yang Sedang Pasang Saat Bekerja
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI