Selasa, 05 Desember 2023
Follow Us ON :
 
 
 
| Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2024 Disahkan | | Pemkab Siak Peringati HUT Korpri ke-52 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 | | Sekda Arfan Usman Hadiri Sertijab Komandan Lanud Roesmin Nurjadin | | Wabup Husni Sebut Tanggung Jawab Pengelolaan Zakat Dunia Akhirat | | Bupati Alfedri Temui Warga Korban Banjir dan Serahkan Bantuan | | Jadi Pembina Upacara HUT PGRI di Tualang, Ini Harapan Bupati Alfedri
 
Gali Potensi Generasi Muda, Pemkab Siak Gelar Festival Sastra Sungai Jantan 2023
Sabtu, 14-10-2023 - 17:15:22 WIB

TERKAIT:
   
 

SIAK, DELIK RIAU - Pemerintah kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengelar Festival sastra sungai jantan tahun 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian sambut hari jadi kabupaten Siak ke-24.

Festival sastra sungai jantan tahun 2023 tahun ini, di gelar untuk ke tiga kalinya, bertujuan menggali potensi sastra generasi muda yang ada di kabupaten Siak.

"Alhamdulillah, festival SSJ tahun 2023 kita gelar, setelah dua tahun lalu berjalan sukses. Kita berharap melalui festival ini, kedepan muncul penyair, penulis yang handal memiliki karya berkualitas dan mengharumkan nama kabupaten Siak," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Siak Mahadar, saat menyampaikan sambutannya, pada pembukaan FSSJ 2023, Sabut (14/10/2023) di Gedung Tengku Mahratu, Kota Siak, Riau.

Mahadar menjelaskan seni sastra salah satu cabang kesenian di samping seni teater seni, tari dan seni musik sastra atau kesusastraan merupakan suatu bentuk tulisan maupun lisan yang memiliki nilai seni dan budaya dan menyajikan keindahan tutur dan bahasa untuk menyamai makna tertentu.

Dengan sastra manusia mampu menunjukkan kebenaran hidup melalui kisah-kisah yang terdapat di dalamnya yang mengisyaratkan pesan moral sehingga dapat memperkaya rohani. Karya sastra di suatu negara bisa terkenal di negara lain. Dan akan tetap hidup meskipun ditulis ratusan tahun lalu, sastra juga dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan moral kritik rasa nasionalisme pelestarian budaya maupun sebagai sarana pendidikan.

Sastra Melayu hidup pada era Melayu tradisional. Sastra Melayu pertama berbentuk cerita-cerita pelipur lara, dongeng-dongeng seperti legenda, cerita jenaka ataupun kisah Malang pandir. Ragamnya tertuang dalam hikayat tambo syair dan pantun.

"Karna itu, perlu rasanya kembali di gelar festival sastra sungai jantan 2023 ini, agar muncul penggiat-penggiat sastra daerah.Tentunya dapat mengangkat nilai-nilai budaya, yang syarat dengan kearifan lokal," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri yang di wakili Sekretaris Daerah kabupaten Siak Arfan Usman saat membuka event tersebut, berharap FSSJ 2025 mendatang dibuat lebih semarak, meriah dan tambah lomba mendongeng cerita rakyat.

‚ÄĚDongeng cerita rakyat, saat ini hampir punah, padahal di dalamnya terdapat nilai nasehat, dan edukasi. Bisanya, dongeng tersebut di sampaikan orang tua Siak dulu saat hendak menidurkan anak atau cucunya," singkat Ketua LAMR kabupaten Siak itu.

Kegiatan itu, selain menumbuhkan minat masyarakat untuk menulis sejarah dan budaya Siak dalam bentuk karya sastra sebagai upaya melestarikan budaya melayu.

Juga menumbuhkan generasi baru yang nantinya mampu mencatat sejarah untuk masa  mendatang. Termasuk juga  meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang sejarah kerajaan melayu khususnya Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Festival sastra Sungai jantan tahun 2023 digelar selama 3 hari dari tanggal 13 sampai dengan 15 Oktober 2023. Pesertanya terdiri siswa SMP dan SMA sederajat dan umum. Adapun lomba yang di pertandingan, lomba cipta sastra, cipta puisi, cerpen, cerita rakyat, cipta syair, cipta pantun dan berbalas pantun, baca puisi.

Dengan total peserta sebanyak 234 orang, dan kegitan itu, menghadirkan dewan juri yang profesional di bidangnya. Berasal dari Siak dan luar kabupaten Siak. (infotorial)



 
Berita Lainnya :
  • Gali Potensi Generasi Muda, Pemkab Siak Gelar Festival Sastra Sungai Jantan 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2024 Disahkan
    02 Donasi Palestina, Kabupaten Siak Tembus 2 Milyar
    03 Pemkab Siak Peringati HUT Korpri ke-52 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023
    04 Resmikan Rumah Restorative Justice, Bupati Alfedri Harap Masyarakat Benar-benar Mendapat Keadilan Hukum
    05 Ciptakan Pemilu Berkeadilan dan Damai Bawaslu Siak Taja Tabligh Akbar
    06 S Hondro Harap Gubri Edy Natar Cabut Pergub 19 Tahun 2021
    07 Bupati Alfedri Temui Warga Korban Banjir dan Serahkan Bantuan
    08 Jadi Pembina Upacara HUT PGRI di Tualang, Ini Harapan Bupati Alfedri
    09 Untuk Motivasi, Bupati Alfedri akan berikan hadiah umroh bagi peserta MTQ yang berprestasi di tingkat Nasional
    10 Mappilu - PWI Riau Audiensi ke KPU Riau
    11 Sekda Arfan : 'Guru Kunci Utama Transformasi Pendidikan'
    12 Disabilitas Korban Pemerkosaan, Kadis DP3AP2KB Pelalawan Maksimal Upayakan Bantuan
    13 Wabup Husni Sebut Tanggung Jawab Pengelolaan Zakat Dunia Akhirat
    14 Sekda Arfan Usman Hadiri Sertijab Komandan Lanud Roesmin Nurjadin
    15 Dirlantas Polda Riau Pimpin Rapat Forum Lalu Lintas Untuk Sukseskan Program Bulan Tertib Helm
    16 Bahas Sejumlah Isu Pembangunan, Bupati Kasmarni Ikut Rapat bersama Plt. Gubri
    17 Wabup Siak Husni Harap Turnamen Sepak Bola Antar RT Rutin di Gelar
    18 Ops OMB 2023, Polsek Tualang Gencar Melaksanakan Patroli Kantor Panwaslu dan PPK Kecamatan Menjelang Pemilu Tahun 2024
    19 Terkait CSR PT BRK Syariah, Pemohon Akan Ajukan Keberatan ke Pengadilan
    20 Polres Siak Lakukan Patroli Rutin Ke Kantor KPU Kabupaten Siak
    21 Bupati Alfedri Panen Raya Padi, Petani Gembira Harga Gabah Tinggi
    22 Bupati Siak-Ketua PKU dan Bawaslu Tandatangan NPHD Pengawas dan Penyelenggara Pilkada 2024
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI