Senin, 11 Desember 2023
Follow Us ON :
 
 
 
| Perda APBD Perubahan Tahun 2023 Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Pelalawan | | Hari Jadi ke-24 Kabupaten, DPRD Pelalawan menggelar Sidang Paripurna Istimewa | | Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pelalawan, Penyampaian dan Penyerahan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2024 | | Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2024 Disahkan | | Pemkab Siak Peringati HUT Korpri ke-52 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 | | Sekda Arfan Usman Hadiri Sertijab Komandan Lanud Roesmin Nurjadin
 
Antisipasi Karhutla dan Cuaca Extreme, Pemkab Siak Gelar Apel Siaga
Selasa, 11-07-2023 - 20:04:02 WIB

TERKAIT:
   
 

SIAK, DELIK RIAU - Pemerintah Kabupaten Siak, menggelar apel Pencegahan dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan Cuaca Extreme di Kabupaten Siak,  Selasa (11/7/2023) bertempat di Halaman Kantor Bupati Siak, Kabupaten Siak, yang Riau.

Bertindak selaku Inspektur Apel Bupati Siak Alfedri, dengan Perwira Apel Kasat Sabhara Polres Siak AKP Cecep Sujapar dan Komandan Apel Letnan I Makodim 0322/Siak Arhanud Jhonson Nainggolan. 
Apel tersebut di ikuti oleh seluruh Tim Pemadam Karhutla, Unit Reaksi Cepat Perusahaan di Kabupaten Siak, Forkopimda Kabupaten Siak, Para Asisten, Pimpinan OPD beserta Camat se-Kabupaten Siak, Kwarcab Siak, TNI dan Polri.

Bupati Alfedri menyampaikan bahwa apel Pencegahan dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan dan Cuaca Extreme adalah sebagai bentuk kesiapan dalam menanggulangi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kabupaten Siak, dari segi pencegahan maupun penanganan.

"Hal ini dikarenakan kabupaten Siak merupakan salah satu daerah di Provinsi Riau yang rentan terjadinya bencana Kahutla. Data menunjukan tahun 2022, kita menempati peringkat 9 dari 12 kabupaten/kota hanya terbakar seluas 24,31 hektar, 31 titik api, dan 128 hotspot. Adapun di Tahun 2023 ini, luas terbakar kita sudah mencapai 22,31 hektar, 27 titik api, dan 82 hotspot," sebutnya.

Disampaikan Bupati, sebagai bentuk kesiapsiagaan pencegahan lebih dini secara terpadu, dalam menghadapi musim kemarau dan terjadinya Karhutla di Tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Siak telah mengeluarkan beberapa Surat Keputusan (SK), salah satunya yaitu Surat Keputusan Bupati Siak Nomor 297/HK/KPTS/2023 Tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Siak Tahun 2023.

"Untuk mencegah Karhutla, berbagai upaya telah kita lakukan, seperti pembuatan kanal bloking, pembuatan embung dan kolam-kolam penampungan air. Semua itu akan terus kita lanjutkan. Upaya pencegahan lainnya seperti patroli terpadu akan tetap dilakukan selama status siaga darurat ditetapkan. Untuk itu, semua peralatan pendukung dan personil satgas sudah kita siapkan untuk menjaga Kabupaten Siak dan mendukung Provinsi Riau tanpa asap di Tahun 2023 ini," ujarnya.

Sementara, lanjutnya, untuk mengantisipasi dan mencegah serta menanggulangi Karhutla, memang membutuhkan koordinasi yang lebih intensif. Untuk itu, setelah apel siaga ini, seluruh pemangku kepentingan diintruksikan agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang telah terbangun baik selama ini. 

Ia juga mengatakan, penyelesaian karhutla tidak bisa di selesaikan sendiri melainkan harus ada kerjasama yang baik seluruh stakeholder.

"kita tidak perlu menyalahkan tapi kita meningkatkan kontribusi yang maksimal, sebab tindakan yang saling menyalahkan tidak akan menyelesaikan masalah tetapi malam sebaliknya membuat masalah baru hal itu tidak kita ingin kan dan tidak boleh terjadi," kata dia.

Terlebih-lebih ketika sudah terjadi bencana Karhutla antar satu instansi baik pemerintah, aparat maupun swasta harus saling bahu-membahu. Langkah ini penting, agar bencana Karhutla tersebut tidak menjadi bencana kabut asap yang merugikan semua pihak.

"Khusus kepada Camat, kami instruksikan agar segera mengumpulkan Lurah/Penghulu, lakukan dan lebih gencar mensosialisasikan penangangan Karhutla. Bagi pihak perusahaan, perlu kami ingatkan agar dapat menjaga lahan kawasannya, dan perusahaan pemilik lahan perkebunan harus lebih tanggap terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran di lahannya. Jangan sampai bencana kebakaran lahan akibat kelalaian, berbagai sangsi di terapkan, termasuk izinnya bisa dicabut. Semoga hal ini tidak terjadi," pungkasnya. (infotorial)



 
Berita Lainnya :
  • Antisipasi Karhutla dan Cuaca Extreme, Pemkab Siak Gelar Apel Siaga
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2024 Disahkan
    02 Donasi Palestina, Kabupaten Siak Tembus 2 Milyar
    03 Pemkab Siak Peringati HUT Korpri ke-52 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023
    04 Resmikan Rumah Restorative Justice, Bupati Alfedri Harap Masyarakat Benar-benar Mendapat Keadilan Hukum
    05 Ciptakan Pemilu Berkeadilan dan Damai Bawaslu Siak Taja Tabligh Akbar
    06 S Hondro Harap Gubri Edy Natar Cabut Pergub 19 Tahun 2021
    07 Bupati Alfedri Temui Warga Korban Banjir dan Serahkan Bantuan
    08 Jadi Pembina Upacara HUT PGRI di Tualang, Ini Harapan Bupati Alfedri
    09 Untuk Motivasi, Bupati Alfedri akan berikan hadiah umroh bagi peserta MTQ yang berprestasi di tingkat Nasional
    10 Mappilu - PWI Riau Audiensi ke KPU Riau
    11 Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pelalawan, Penyampaian dan Penyerahan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2024
    12 Sekda Arfan : 'Guru Kunci Utama Transformasi Pendidikan'
    13 Disabilitas Korban Pemerkosaan, Kadis DP3AP2KB Pelalawan Maksimal Upayakan Bantuan
    14 Wabup Husni Sebut Tanggung Jawab Pengelolaan Zakat Dunia Akhirat
    15 Sekda Arfan Usman Hadiri Sertijab Komandan Lanud Roesmin Nurjadin
    16 Dirlantas Polda Riau Pimpin Rapat Forum Lalu Lintas Untuk Sukseskan Program Bulan Tertib Helm
    17 Bahas Sejumlah Isu Pembangunan, Bupati Kasmarni Ikut Rapat bersama Plt. Gubri
    18 Wabup Siak Husni Harap Turnamen Sepak Bola Antar RT Rutin di Gelar
    19 Ops OMB 2023, Polsek Tualang Gencar Melaksanakan Patroli Kantor Panwaslu dan PPK Kecamatan Menjelang Pemilu Tahun 2024
    20 Terkait CSR PT BRK Syariah, Pemohon Akan Ajukan Keberatan ke Pengadilan
    21 Polres Siak Lakukan Patroli Rutin Ke Kantor KPU Kabupaten Siak
    22 Bupati Alfedri Panen Raya Padi, Petani Gembira Harga Gabah Tinggi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI