Jum'at, 14 Juni 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Polsek Tualang Gotong Royong di Tempat Rumah Ibadah, Menyambut HUT Bhayangkara Ke-78 | | Bersama RSUD Kabupaten Siak Polres Siak Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis, Sambut Hari Bhayangkara Ke 78 | | AKP Basuki Yuniarto pimpin Apel Personil Pengamanan Olimpiade Olahraga dan Festival Lomba Seni Siswa | | Keluarkan Limbah Busuk, Sebabkan Posyandu Mengungsi dan Tak Hiraukan Keluhan Warga, Penampung Cangkang Sawit Diduga Tanpa Izin dan Amdal | | Serahkan Langsung SK 2.578 PPPK ke Daerah, Pj Gubri SF Hariyanto | | Landasan Kebijakan Pembangunan Kependudukan Terintegrasi, GDPK Jadikan Landasan
 
Kejari Siak Berpartisipasi Dalam 'PERSAJA Creative UMKM Expo dan Charity Concert'
Senin, 29-05-2023 - 22:13:12 WIB

TERKAIT:
   
 

SIAK, DELIK RIAU - Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak ikut berpartisipasi dalam "PERSAJA Creative UMKM Expo dan Charity Concert" yang akan diadakan pada 1 Juli 2023 di The Kasablanka Hall.

Kejari Siak Tri Anggoro Mukti ,SH..M.Krim melalui Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Siak Rawatan Manik, SH.MH mengatakan keikutsertaan Kejari Siak dalam acara tersebut adalah untuk mendukung rangkaian Hari Ulang Tahun Persatuan Jaksa Republik Indonesia (PERSAJA) ke-72 pada 2023.

"Kejari Siak mengikutsertakan UMKM dari Siak yaitu Suwai yang memulai usaha sejak 2021 dengan mengusung konsep bisnis 'socio-preneurship' agar memberikan dampak positif bagi kondisi sosial, ekonomi dan budaya di kabupaten Siak, Riau," kata Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Siak Rawatan Manik, SH.MH, Senin (29/05/2023) di Kabupaten Siak, Riau.

Lebih lanjut Rawatan Manik menyampaikan, kata Suwai berasal dari bahasa Melayu "Suai" yang artinya cocok, benar, betul. Makna 'suwai' diartikan setiap yang menggunakan produk suwai 'cocok' bagi setiap pengguna dan benar bahwa produk-produk Suwai berasal dari alam dan tradisi serta budaya masyarakat Melayu.

"Suwai berdiri karena adanya potensi sumber daya alam berupa daun pandan dan sumber daya manusia yang tinggal di sekitar lingkungan domisili pendiri "Suwai" dan keinginan untuk mengembangkan potensi dan budaya Siak. Selain itu pendiri Suwai ingin mendorong regenerasi pengrajin dari kalangan generasi muda sekaligus membantu perekonomian para pengrajin yang mengalami kesulitan pada masa awal pandemi COVID-19," jelasnya.

Suwai menawarkan produk-produk yang berguna dipakai di rumah konsumen seperti "Betangkai Basket" dari dadun pandan dan pelepah nipah yang bisa dijadikan tempat buah atau tempat hantaran perlengkapan ibadah proses lamaran. 

"Produk selanjutnya adalah "Renjana Basket" yang memiliki arti rindu seperti rasa rindu seorang anak untuk pulang ke rumah. Tempat buah "Renjana Basket" ini mengingatkan masa lalu untuk kembali diulang. Masih ada juga produk "Juwita set" tempat kue lengkap dengan pentutupnya dengan menggunakan teknik rajut pandan 4 tingkat serta pelepah nipah. Produk ini dapat digunakan untuk berbagai macam makanan sekaligus menambah keindahan meja makan," ujar Kasi Intel Kejari Siak.

Kemudian ada "Nirmala Set" yaitu perlengkapan makan yang terdiri dari alas piring bulat, alas gelas dengan teknik rajut daun pandan dan versi lain dari teknik anyam dan sentuhan jahit kuku belalang.

"Selain Suwai, PERSAJA Expo juga diikuti UMKM dari berbagai daerah di Indoensia antara lain Njonjah Poenja, Killo Alta, Exodos57, Rabbit and Wheels, Kaywood, RSV Helmet, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan RI, Khansa Leather, Lasamba dan UMKM Lainnya," ungkap Rawatan Manik.

Sementara Charity Concert dimeriahkan oleh Kahitna, GIGI, Mongolsters, GJLS, Rigen, Rispo, Hifdzi dan Celine Evangelista.

"PERSAJA Creative UMKM Expo dan Charity Concert" merupakan bentuk dukungan program percepatan pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional pasca pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait penyelenggaraan berbagai kegiatan seni budaya seperti konser musik yang akan berdampak positif dalam perekonomian nasional," tutupnya. (rls/fer)



 
Berita Lainnya :
  • Kejari Siak Berpartisipasi Dalam 'PERSAJA Creative UMKM Expo dan Charity Concert'
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polsek Tualang Gotong Royong di Tempat Rumah Ibadah, Menyambut HUT Bhayangkara Ke-78
    02 Bersama RSUD Kabupaten Siak Polres Siak Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis, Sambut Hari Bhayangkara Ke 78
    03 AKP Basuki Yuniarto pimpin Apel Personil Pengamanan Olimpiade Olahraga dan Festival Lomba Seni Siswa
    04 Keluarkan Limbah Busuk, Sebabkan Posyandu Mengungsi dan Tak Hiraukan Keluhan Warga, Penampung Cangkang Sawit Diduga Tanpa Izin dan Amdal
    05 Serahkan Langsung SK 2.578 PPPK ke Daerah, Pj Gubri SF Hariyanto
    06 Landasan Kebijakan Pembangunan Kependudukan Terintegrasi, GDPK Jadikan Landasan
    07 Direktur PJC Terus Berkomitmen Lahirkan Wartawan Profesional, Penyerahan Berkas Ke Kesbangpol
    08 Gelar Apel Pencanangan dan Deklarasi Pembangunan Wilayah Bebas Dari Korupsi, Dipimpin Kapolres Kepulauan Meranti
    09 Kejuaraan Menembak Piala Dandim, Meningkatkan Keterampilan Dan Prestasi
    10 Penyerahan "SK" Dukungan Penuh DPP Partai PAN, Alfedri Bakal Calon Bupari Siak
    11 Hadiri Wisuda IQRA dan Khatam Al-Quran Santri MDTA dan TPQ KE-XV Se Kecamatan Tualang, Tahun Pelajaran 2023-2024
    12 Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu Adhoc Bagi Panwaslu Kecamatan Se- Kabupaten Siak Untuk Pemilu Serentak Tahun 2024, Bawaslu Siak Taja
    13 Gelar Ormas Expo 2024, Tema "Kreatif, Mandiri, Mengayomi",
    14 Pengedar Shabu Ditangkap di Bandara SSK Pekanbaru
    15 Seorang Pria Terduga Kasus Penganiayaan Karyawan PT SRL, Berhasil Diungkap Polsek Rangsang
    16 Penandatanganan MoU Terkait Kerjasama Dibidang Pembangunan Dan Kebudayaan
    17 Bupati Dan Wabup Siak Terima Gelar, Bawa Kota Siak Berkemajuan
    18 Bupati Siak Raih Penghargaan Bupati Aspiratif, Malam Puncak HUT JMSI Award 2024
    19 Kunjungan Pj Bupati Batubara Ke Siak Kota Istana
    20 Tanah Adalah Mama, Suku Awyu: Tanah adalah Rekening Abadi Kami, Soal
    21 Berkedok Panti Pijet di 3 Lokasi, 7 Orang Diamankan Satpol Pp Siak
    22 Pengecer Shabu Disiak Ditangkap Polisi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI