Rabu, 01 Februari 2023
Follow Us ON :
 
 
 
| Ketua DPRD Siak Angkat Bicara Terkait Pekerja Tewas Di PT BSP | | Wabup Siak Jadi Pembina Apel Senin Bersama, Ini Pesan Husni | | Audensi bersama Bupati Bengkalis, Kasmarni Akan Hadir Pelantikan JMSI | | Sempena HPN Ke-77, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah PEKANBARU, DELIK RIAU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah dalam rangka | | Bupati Afrizal Sintong Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil | | MPC PP Bengkalis Utus 22 Anggota Ikuti Diklat Kaderisasi
 
Masyarakat Rantau Panjang Desak Pemkab Siak Agar PT WSSI Angkat Kaki Dari Tanah Melayu
Masyarakat Desa Rantau Panjang Gelar Aksi Demontrasi Di Lokasi PT WSSI
Selasa, 06-12-2022 - 20:50:17 WIB
Foto: Massa Aksi saat di Lokasi PT WSSI
TERKAIT:
   
 

SIAK, DELIK RIAU - Ratusan Warga Desa (Kampung) Rantau Panjang dan Kecamatan Kotogasib Kabupaten Siak melakukan Aksi Damai, Selasa (06/12/2022).di lokasi perkebunan PT Wanna Sawit Subur Indah (PT WSSI), kabupaten Siak, Riau.

Aksi damai oleh masyarakat ini dimulai dari Simpang Sialang, kemudian dilanjutkan dengan konvoi menuju ke Ampang-amapang Pos Satpam di lokasi lahan perkebunan PT WSSI.

Massa Aksi dalam orasinya mengungkapkan bahwa selama hampir 16 tahun PT WSSI hadir di wilayah Desa Rantai Panjang ini tidak membawa kesejahteraan masyarakat, justru banyak kesengsaraan yang didapat, salah satunya persoalan perusahan adalah menutupi Ampang-ampang sehingga hasil perkebunan masyarakat tidak dapat keluar untuk dijual.

Selain itu aksi ini membawa beberapa pesan dan tuntutan melalui kekerasan KARTINI yang dipegang, diantaranya menuntut PT WSSI kembalikan Hak Masyarakat, Kami tak butuh janji palsu PT WSSI, Tanah ini milik Kampung Rantau Panjang, PT WSSI angkat kaki dari Kampung kami, Kami tidak ingin dijajah oleh PT WSSI, Tanah ini untuk masa depan anak cucu Kami dan untuk taat dan patuh pada Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Mereka juga menuntut kepada pemerintah daerah dan aparat penegak hukum untuk PT WSSI angkat Kaki dari tanah melayu dan menindak perusahaan perkebunan yang diduga melanggar aturan, sebagai kentuan Peraturan Daerah Kabupaten Siak Tentang Pengelolaan Usaha Perkebunan Berkelanjutan.

Menurut mereka, selama ini masyarakat tidak mendapatkan apa-apa dari perusahaan perkebunan.

“Kami ingin PT WSSI angkat Kaki dari tanah Melayu ini, dan kami juga tidak pernah mendapatkan apa dari PT WSSI, malah buah yang kami Panen saja tidak dapat keluar dari ampang-amapang untuk kami jual  memenuhi kebutuhan kami” ungkap ibu-ibu peserta aksi.

Koordinator Aksi Sailendra  mengatakan masyarakat Kampung Rantau Panjang sangat merasa dirugikan dengan adanya PT WSSI di Kampung kami, selain itu juga pada 16 Desember 2020 masyarakat Kampung Rantau Panjang sudah pernah melakukan Tuntutan terhadap PT WSSI yang menindak lanjuti dengan permintaan kerja sama Nomor 029/WSSI-KUB/PKS/VII/2011 atas Kegagalan PT WSSI mengelola Kebun plasma untuk masyarakat Kampung Rantau Panjang.

"Dulu juga pernah kami melakukan tuntutan  seperti ini yaitu masyarakat belum pernah menerima Kucuran hasil plasma yang di Kelola PT WSSI, dan sekarang yang kami kembali menuntut melalui orasi adalah kembalikan hak masyarakat Kampung Rantau Panjang, dan jangan larang  masyarakat mengerjakan lahan mereka masing-masing. Selain itu, masyarakat mendesak pemkab Siak untuk mencabut segala izin-izin yang diberikan kepada PT WSSI, dan masyarakat Rantau Panjang Desak Pemkab Siak Agar PT WSSI Angkat Kaki Dari Tanah Melayu," ujarnya.

Sementara Camat Koto Gasib Yudha Rajasa
mengatakan ada beberapa hal yang disampaikan oleh masyarakat seperti membuka Ampang-ampang, ada permasalahan izin IUP PT WSSI dan ada juga  permasalahan keberadaan dari perusahaan. Namun, keputusan yang kami ambil adalah kita akan melaksanakan pertemuan selanjutnya pada hari Jumat pada tanggal 09-12-2022, untuk mengumpulkan data-data hak dari masyarakat.

"Kita akan redakan ini sementara waktu, untuk kita tunjukkan dulu data-data hak masyarakat kita, kalau masyarakat milik secara hak milik, maka kita akan kumpulkanlah data-data masyakarakat kita dan bagaimana kronologis tersebut dari awal sampai akhir, " tutup Camat Kotogasib. 

Pihak PT WSSI melalui humasnya Asri saat dikonfirmasi enggan untuk memberikan komentarnya. (fer)



 
Berita Lainnya :
  • Masyarakat Desa Rantau Panjang Gelar Aksi Demontrasi Di Lokasi PT WSSI
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ketua DPRD Siak Angkat Bicara Terkait Pekerja Tewas Di PT BSP
    02 Audensi bersama Bupati Bengkalis, Kasmarni Akan Hadir Pelantikan JMSI
    03 Wabup Siak Jadi Pembina Apel Senin Bersama, Ini Pesan Husni
    04 Sempena HPN Ke-77, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah PEKANBARU, DELIK RIAU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah dalam rangka
    05 Bupati Afrizal Sintong Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil
    06 MPC PP Bengkalis Utus 22 Anggota Ikuti Diklat Kaderisasi
    07 Peserta Terbanyak di Indonesia, Diklat Kaderisasi MPW Pemuda Pancasila Riau Catatkan Rekor
    08 Panwascam Menpura Buka Pendaftaran Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa, ini Syaratnya
    09 Drag Race Kapolres Siak Cup 14 dan 15 Januari 2023 Gairahkan Ekonomi Masyarakat Siak
    10 Sita Tiga Senpi, Tim Jatanras Polda Riau Berhasil Tangkap Dua Warga Kwalian Siak
    11 Satres Narkoba Polres Siak Mengamankan Dua Orang Terduga Pengedar Narkotika, Ditangan Pelaku Diamankan 50 Gram Diduga Narkotika Jenis Shabu
    12 Polsek Rokan IV Koto Respon Cepat, Jemput Maling Sepeda Motor
    13 Menguak Fakta Cairan Sperma Pria Bisa Bikin Wanita Awet Muda
    14 Hasil Razia Warung Remang-remang, Polres Siak Berhasil Mengamankan 3 PSK
    15 Polres Lamsel Berhasil Geruduk Tambang Emas Ilegal
    16 Sebagai Peringatan Terakhir, Sat Pol PP Segel Hotel GR Di Kota Siak
    17 Pemilik dan Petinggi Media Ciber Berkumpul di Duri, Ini yang Dibahas
    18 Satres Narkoba Polres Siak Berhasil Tangkap Diduga Bandar Shabu-shabu Di Tualang
    19 Harga Laptop Gaming ASUS dan Hal-Hal yang Perlu Gamers Perhatikan Sebelum Membelinya
    20 PT Berlian Inti Mekar Rengat Berikan Bantuan CSR Untuk Masyarakat Sekitar Dan Karyawan
    21 Pele, Legenda Sepak Bola Brasil Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun
    22 Akibat Cemburu, Jadi Alasan Suami Bunuh Istri
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI