Minggu, 27 November 2022
Follow Us ON :
 
 
 
| Diduga Asal Jadi, Pengerjaan Jalan di Desa Sari Mulya jadi Sorotan Publik | | APBD 2023 Disahkan, Balai Kayang Segera Dituntaskan, Dua Ranperda Dalam Pembahasan | | Bertabur Hadiah, Korwil Pendidikan Bukit Batu Gelar Jalan Sehat Bermasa | | Optimalkan Gerakan Wakaf Seribu Sehari, Wabup Husni Minta Maksimalkan Pengumpulan | | Sekda Arfan Usman Buka Kegiatan Tentang Manajemen dan Pengawasan Penyelengaraan Pemerintah Kampung | | Asisten Adum Jamal Penggunaan Bahasa di Ruang Publik dan Dokumen Lembaga Utamakan Bahasa Negara
 
Peringati Hari Diabetes Sedunia 2022, Pemkab Siak Buka Layana Gratis
Jumat, 11-11-2022 - 18:00:03 WIB

TERKAIT:
   
 

SIAK, DELIK RIAU - Pemerintah kabupaten Siak mengelar peringatan Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day yang berlangsung, Jum'at, (11/14/2022) di Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak, Riau.

Hari Diabetes Sedunia tahun ini  mengusung tema “Cegah dan Kendalikan Diabetes Untuk Masa Depanmu”.

Peringatan Hari Diabetes Sedunia diperingati dalam rangka Hari Kesehatan Nasional Ke-58  Tahun 2022 ini, Dinas kesehatan Kabupaten Siak memberikan pelayanan kesehatan secara gratis berupa pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan Gula Darah untuk masyarakat berusia 15 tahun keatas. 

Wakil Bupati Siak Husni Merza saat menghadiri acara tersebut menyampaikan peringatan  Hari Diabetes Sedunia 2022 di peringati setiap tahunnya pada tanggal 14  November bertujuan untuk mengampanyekan kesadaran penyakit diabetes kepada masyarakat.

Salah satu dampak negatif dari perkembangan zaman di bidang kesehatan adalah terjadinya perubahan gaya hidup atau pola makan yang tidak sehat yaitu dengan mengkonsumsi yang serba instan sehingga dapat memicu Diabetes. Federasi Diabetes Internasional (IDF) dalam IDF Diabetes Atlas 2021 melaporkan jumlah diabetesi secara global sekitar 537 juta orang dewasa (berusia 20-79 tahun). Jumlah ini diperkirakan akan mencapai 643 juta pada tahun 2030. 

Jumlah diabetesi di Indonesia merupakan terbanyak kelima di dunia. Pada tahun 2021, jumlah diabetesi dewasa di Indonesia diperkirakan 19,47 orang. Dengan jumlah penduduk sebesar 179,72 juta, ini berarti prevalensi diabetes di Indonesia sebesar 10,6 persen.

“Sementara itu, data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, sejak tahun 2019 sampai September 2022 kasus baru Penyakit Diabetes Melitus pada penduduk Kabupaten Siak yang berusia diatas 15 tahun sebanyak 26.909 orang. Data ini bisa saja meningkat jika semua penduduk Kabupaten Siak memeriksakan diri ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan,” sebut dia, di Kecamatan Lubuk Dalam.

Lebih lanjut Husni mengatakan, penyakit Diabetes Melitus tidak menular ia juga dikenal dengan nama penyakit gula atau penyakit kencing manis, merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh di atas batas normal yaitu <100 mg/dl (gula darah puasa : 70-130 mg/dl atau gula darah setelah makan  : <180 mg/dl). Pada tahun 2021, Internasional Diabetes Federation (IDF) mencatat 537 juta orang dewasa (umur 20-79 tahun) atau 1 dari 10 orang, hidup dengan diabetes di seluruh dunia. Diabetes juga menyebabkan 6,7 juta kematian atau satu tiap lima detik. 

”Untuk itu saya mengajak segenap komponen masyarakat mari kita tingkatkan derajat kesehatan semaksimal mungkin dengan selalu memeriksakan kesehatan secara berkala di puskesmas dan rumah sakit terdekat serta menjaga pola makan sehat yang teratur. Masyarakat yang sehat, akan menjadi generasi yang cerdas dan bermartabat, untuk membangun kabupaten Siak yang lebih maju," pintanya.

Pada kesempatan itu, Wabup Husni juga memberikan tips bagaimana cara kita mencegah penyakit diabetes, ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu :

1. Terus bergerak.
Aktifitas fisik dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Penelitian menemukan bahwa jalan kaki setiap hari dapat mengurangi resiko diabetes sebesar 30 persen.
2. Menjaga berat badan ideal. Kelebihan berat badan bisa mengganggu kerja metabolisme sehingga sel-sel tubuh tidak dapat merespon insulin dengan baik. Salah satu cara menjaga berat badan ideal adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang manis dan banyak minum air putih.
3. Konsumsi makanan bergizi seimbang. Pola makan yang sehat salah satunya adalah dengan menghindari makanan cepat saji, lebih baik mengkonsumsi makanan yang di olah sendiri di rumah. Lebih terjamin bersih dan sehat.
4. Berhenti merokok,Menurut penelitian perokok aktif memiliki risiko diabetes 44 persen lebih tinggi dari orang yang tidak merokok. 
5. Deteksi sedini mungkin. Diabetes menjadi salah satu penyakit tidak menular yang bisa di deteksi melalui Skrining Riwayat Kesehatan. (infotorial)



 
Berita Lainnya :
  • Peringati Hari Diabetes Sedunia 2022, Pemkab Siak Buka Layana Gratis
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Diduga Asal Jadi, Pengerjaan Jalan di Desa Sari Mulya jadi Sorotan Publik
    02 Bertabur Hadiah, Korwil Pendidikan Bukit Batu Gelar Jalan Sehat Bermasa
    03 Ditresnarkoba Adakan Healing dan Konseling untuk Pasien Ketergantungan Obat
    04 Peringati Hari Guru Nasional, DPC PKS Lakukan Kunjungan ke Sekolah-sekolah di Pangkalan Kerinci
    05 APBD 2023 Disahkan, Balai Kayang Segera Dituntaskan, Dua Ranperda Dalam Pembahasan
    06 Berkah Dihari Guru, Kapolres Siak Wujudkan Mimpi Suryati Miliki Sepeda Motor Baru
    07 84 Perusahaan Tak Kantongi Izin HGU Akan Ditindak, Secepatnya Kejati Riau Bentuk Tim Terpadu
    08 Peringati Hari Guru,Dukung Proses Belajar Mengajar Polres Siak Polda Riau Beri Tablet Berisi Aplikasi E-Library Presisi Polda Riau
    09 Tukar Kado Warnai Perayaan Hari Guru ke-77 di SMAN 2 Dayun
    10 Polres Siak Lakukan Bakti Sosial, Personil Sat Intelkam Berikan Bantuan Paket Sembako ke Panti Asuhan Assidqiyah Kampung Dalam
    11 Ditresnarkoba Adakan Healing dan Konseling untuk Pasien Ketergantungan Obat
    12 Optimalkan Gerakan Wakaf Seribu Sehari, Wabup Husni Minta Maksimalkan Pengumpulan
    13 Bupati Alfedri Hadir Acara 3RD International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2022 Di Bali
    14 Pemkab Siak raih penghargaan pada Riau Investment Award 2022
    15 Arfan Usman: Koordinasi Peta Ketahan dan Kerentanan Pangan Kabupaten Siak Terus Diupdate
    16 Saat Menjalani Perawatan Medis, Tahanan Polda Lampung Kabur dari Rumah Sakit
    17 Diduga Tersangka Narkotika, Anak Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta ditangkap Polusi
    18 Tingkatan Kerjasama Pendidikan di Kabupaten Siak, Pemkab Siak - Tanoto Foundation Gelar Audiensi
    19 Asisten Adum Jamal Penggunaan Bahasa di Ruang Publik dan Dokumen Lembaga Utamakan Bahasa Negara
    20 Wabup Husni paparkan persiapan TDSi 2022 Desember Mendatang
    21 Sekda Arfan Usman Buka Kegiatan Tentang Manajemen dan Pengawasan Penyelengaraan Pemerintah Kampung
    22 Bagikan BLT dan Cek Harga Komoditas, Presiden Jokowi Kunker Di Pasar Malang Jiwan Colomadu
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI