Senin, 08 08 2022
Follow Us ON :
 
 
 
| Akibat Balap Liar, Enam Unit Kendaraan Roda Dua Diamankan oleh Unit Lantas Polsek Tualang | | Empat Unit Mobil Terlibat Tabrakan Beruntun di Jalan Lintas Perawang-Dayun, Diduga Gagal Fokus | | Kapolres AKBP Ronald: 'Ini Wujud Kepedulian Kita Bersama dan Mengingatkan Untuk Selalu Bersyukur' | | Bhabinkamtibmas Benteng Hulu Aipda Irhami, Tetap Di Percaya Menjadi Khutbah Jum'at Oleh MUI Kecamatan Menpura | | Seluruh Jemaah Haji Rokan Hilir Telah Pulang ke Tanah Air | | Karhutla Sejak Maret Sekitar 303,5 Hektare di Kabupaten Rokan Hulu
 
Mayarakat Kecamatan Sungai Apit Berikan Apresiasi Kegiatan Bujang Kampung
Rabu, 22-06-2022 - 19:51:52 WIB

TERKAIT:
   
 

SIAK, DELIK RIAU - Masyarakat memberikan apresiasi kegiatan Bupati Kerja dan Ngantor di Kampung (Bujang Kampung) yang dilakukan pemerintah Kabupaten Siak, karena selain berkantor dan bekerja seharian di desa yang menjadi tuan rumah Bujang Kampung itu, Bupati Siak membawa sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terutama bidang pelayanan.

OPD seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan UMKM, BKD, dan lainnya.

Bujang Kampung ke-18 ini yang menjadi tuan rumah adalah Kampung Mengkapan, kegiatan tersebut dipusatkan di kantor Kampung.

Bupati Siak Alfedri memimpin rombongan, setelah melakukan apel bersama dengan OPD, dan perangkat kampung, semua layanan dari OPD dibuka, seperti pelayanan dari Disdukcapil Siak.

Disdukcapil Siak melayani penerbitan KK, merekaman dan percetakan e-KTP, surat pindah, penerbitan Kartu Identitas Anak, penerbitan Akta Kelahiran dan penerbitan Akta Kematian.

“Kami asal dari Jambi, merantau ke Mengkapan ini, dan kami mau berdomisili di Mengkapan. Tidak seperti yang saya pikirkan selama ini mengurus administrasi kependudukan sulit, Alhamdulillah, di kegiatan Bujang Kampung ini, pengurusannya cepat dan selesai dalam satu hari,” kata Mukri.

Mukri mengatakan, program seperti ini cukup baik untuk masyarakat, dan program seperti ini kata Mukri belum ada di daerah lain.

“Dari Jambi, saya sempat berpindah-pindah di beberapa daerah, di Siak inilah mudah untuk mengurus administrasi data diri, perlu dijadikan contoh untuk daerah-daerah lainnya,” katanya.

Sama halnya dengan Fadil, juga warga setempat. Ia merasa kegiatan Bujang Kampung ini sangat bermanfaat.

“Seharusnya saya harus pergi ke Siak untuk merekam e-KTP, tetapi dengan adanya Bupati Siak membawa petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ke kampung kami, tidak perlu lagi kami ke Siak,” terang Fadli.

Penghulu Mengkapan Muhir mengatakan, penduduk Mengkapan saat ini berjumlah 3.200 jiwa atau 820 KK, masyarakatnya saat ini tidak banyak lagi yang tidak memiliki administrasi data diri.

“Hanya beberapa saja lagi warga kami yang belum memiliki data diri, itu pun banyak warga pendatang dan bakal berdomisili disini. Tetapi dengan kegiatan Bujang Kampung ini cukup membantu masyarakat kami yang ingin mengurus administrasi kependudukan,” kata Muhir.

Muhir mengatakan, selain kegiatan Bujang Kampung ini, sebelum ini Disdukcapil Siak juga telah pernah datang ke Mengkapan untuk membuka pelayanan yang sama kepada masyarakat.

“Untuk Disdukcapil Siak saya sangat-sangat berterima kasih, karena sangat terbantu masyarakat kami dengan program ini. Selain itu, Disdukcapil Siak juga telah membuka UPTD Disdukcapil di Sungai Apit, tentu tidaklah jauh sangat dari Mengakapam ini. Intinya masyarakat kami terbantu lah,” terang Muhir.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Siak Hasmizal mengatakan, saat kegiatan Bujang Kampung di Mengkapan, pihaknya melayani perekaman e-KTP sebanyak 24, untuk cetak e-KTP bagi pemula sebanyak 24 keping, cetak e-KTP karena rusak sebanyak 33 keping, cetak e-KTP karena perubahan 27 keping, cetak e-KTP karena hilang 5 keping, dan cetak e-KTP karena pindah datang 1 keping.

“Untuk pengecekan data dan pengecekan biometrik sebanyak 98,” kata Hasmizal.

Sementara untuk pendaftaran penduduk kata Hasmizal, pendaftaran Kartu Keluarga (KK sebanyak 78, entry KK 76, cetak KK susah diserahkan ke masyarakat sebanyak 76 lembar, dan penerbitan biodata sebanyak 2.

“Ada 2 KK yang dalam proses dinas, ini karena perlu pengkajian lebih dalam. Sebab, kami perlu koordinasi dulu,” terang Hasmizal.

Untuk surat pindah kata Hasmizal, pihaknya menerima 13 berkas untuk pindah datang, dan 5 berkas untuk pindah pergi serta pindah desa dan kecamatan ada 14 berkas.

“Untuk catatan sipil, akta kelahiran yang kita terbitkan sebanyak 24, dan akta kematian sebanyak 1,” terangnya.

Untuk Kartu Identitas Anak (KIA), dicetak di dinas adana diserahkan ke masyarakat sebanyak 60 keping, cetak di desa dan diserahkan ke masyarakat sebanyak 77 keping dan dalam proses dinas 45 berkas. (infotorial)



 
Berita Lainnya :
  • Mayarakat Kecamatan Sungai Apit Berikan Apresiasi Kegiatan Bujang Kampung
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Akibat Balap Liar, Enam Unit Kendaraan Roda Dua Diamankan oleh Unit Lantas Polsek Tualang
    02 Empat Unit Mobil Terlibat Tabrakan Beruntun di Jalan Lintas Perawang-Dayun, Diduga Gagal Fokus
    03 Kapolres AKBP Ronald: 'Ini Wujud Kepedulian Kita Bersama dan Mengingatkan Untuk Selalu Bersyukur'
    04 Bhabinkamtibmas Benteng Hulu Aipda Irhami, Tetap Di Percaya Menjadi Khutbah Jum'at Oleh MUI Kecamatan Menpura
    05 Seluruh Jemaah Haji Rokan Hilir Telah Pulang ke Tanah Air
    06 Danramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Resmikan Pembentukan Kampung Pancasila
    07 Paripurna Laporan Banggar Terhadap pertanggujawaban APBD Tahun 2021
    08 Hanya Dua Bulan Gaji Dibayarkan, Seluruh Security RSUD Selasih Pelalawan Diliburkan
    09 Karhutla Sejak Maret Sekitar 303,5 Hektare di Kabupaten Rokan Hulu
    10 Dinas sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Anak dan Perdagangan Orang
    11 Wujud Kebersamaan, DPRD Zuhandi Gelar Jamuan Makan Siang di Mangrove Desa Pangkalan Jambi
    12 Tiga Bulan Gaji Belum Dibayarkan, Security RSUD Selasih Pelalawan Gelar Aksi Mogok Kerja
    13 Guna Pemberdayaan, Pemerintah Desa Pangkalan Jambi Salurkan Rp.19.250.000 Dana BKK ke Satgas Peduli Lingkungan Mangrove
    14 Pemkab Rohul Gelar Rapat Persiapan Kepulangan Jamaah Haji
    15 Survei Calon Gubri, Versi 'VOXinstitute': Syamsuar Menguasai Enam kabupaten/kota Di Riau
    16 Survei Calon Gubernur Riau 'VOXinstitute' : Syamsuar Tertinggi, Diikuti Edy Natar dan Syamsurizal
    17 Jadwal Wapres RI Resmikan Konversi BRK Syariah, Ini Tanggalnya
    18 Wabup Husni Serahkan SK PPPK 684 Guru di Siak
    19 Sekda Arfan Usman: Alhamdulillah, Jamaah Haji Kabupaten Siak Sehat Semua dan Segera Dipulangkan
    20 PeringatanTahun Baru Islam 1444 H, Pemerintah Kecamatan Bukit Batu Gelar Tabliq Akbar di Desa Pangkalan Jambi
    21 Tutup Turnamen U-21 ASKAB PSSI, Sekda Arfan Beri Selamat Kepada Pemenang
    22 Hadiri Peringatan Tahun baru Islam 1444 H, Alfedri Ajak Untuk Terus Memperbaiki Diri
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI