Senin, 25 Oktober 2021
Follow Us ON :
 
 
 
| Tim Opsnal Polsek Mandau Berhasil Tangkap 5 Orang Diduga Pelaku Tindak Pidana Curat Sampai Ke Sumbar | | Kelurahan Teluk Meranti Adakan Lomba Kebersihan Dan Kreatif Lingkungan | | Tim Ops Polsek Mandau Berhasil Bekuk 2 Diduga Tersangka Tindak Pidana Narkoba | | Peringati Hari Santri Nasional ke-4 di Ponpes Hidayatul Salafiyah, Polda Riau Gelar Vaksinasi Serentak | | Ciptakan Rasa Aman Bagi Masyarakat Team Resmob Polres Rohul Amankan Pelaku perjudian Online Jenis Domino High | | Bupati Alfedri Sebut Penanganan Stunting Butuh Kerjasama Multipihak
 
Tokoh Masyarakat Kecamatan Koto Gasib Mendukung Polri Dalam Penanggulangan Terorisme/Radikalisme dan Intoleransi di Kabupaten Siak
Minggu, 15-08-2021 - 19:07:22 WIB

TERKAIT:
 
  • Tokoh Masyarakat Kecamatan Koto Gasib Mendukung Polri Dalam Penanggulangan Terorisme/Radikalisme dan Intoleransi di Kabupaten Siak
  •  

    SIAK, DELIK RIAU - Radikalisme merupakan faham atau aliran radikal dalam politik yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis. Radikalisme merupakan pandangan mengenai keinginan 
    melakukan perubahan radikal sesuai dengan interpretasi agama dan ideologi yang dianut melalui kekerasan fisik ataupun kekerasan simbolik, bahkan sampai pada bunuh diri menuju kebermaknaan hidup yang diyakininya.

    Hulu dari radikalisme adalah fundamentalisme yaitu radikalisasi paham keagamaan komunitas yang mengkonstruksi makna salafisme radikal yang eksklusif dan cenderung ekstrim (merasa paling benar, dan menyesatkan orang lain).

    Adapun hilir dari radikalisme adalah aksi terorisme (faham mengenai pilihan penggunaan cara-cara kekerasan 
    yang menimbulkan ketakutan dan ancaman (intangible threats) sebagai cara yang sah untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang biasanya mengatasnamakan suatu agama atau ideologi).

    Untuk menjaga situasi dan kondisi yang kondusif terhadap gangguan dan ancaman terorisme di wilayah Kabupaten Siak yang berpotensi menggangu keamanan dan ketertiban masyarakat tentang bahaya terorisme / radikalisme dan intoleransi, Sat Intelkam Polres Siak menggelar Sosialisasi Pencegahan Bahaya Radikalisme / Terorisme dan intoleransi kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak, Minggu (15/08/2021).

    Kasat Intelkam Polres Siak, AKP Junaidi melalui KBO Intelkam Polres Siak, Ipda Ratno mengatakan Tijuana dari kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi masuknya paham radikal dan intoleransi di wilayah Kabupaten Siak khususnya diwilayah Kecamatan Koto Gasib. Sat Intelkam Polres Siak melakukan silaturrahmi dan koordinasi dengan Tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di wilayah Kecamatan Koto Gasib diantaranya Pimpinan pondok pesantren Ittihadul Muslimin (Wakil ketua MUI Kec. Koto Gasib) Irsamsi, Tokoh Masyarakat Kecamatan Koto Gasib (NU) Ucu dan Penghulu Kp. Pangkalan Pisang Kecamatan Koto Gasib, Budiyanto.

    "Harapan Kami agar para tokoh masyarakat dan tokoh agama tersebut  bisa menyampaikan tentang bahayanya terorisme / radikalisme dan intoleransi tersebut kepada masyarakat Kecamatan Koto Gasib sehingga wilayah Kabupaten Siak terhindar dari bahaya terorisme / radikalisme dan intoleransi," jelas Ipda Ratno.

    Pimpinan Ponpes Ittihadul Muslimin  Kecamatan Koto Gasib, Irsamsi mengatakan bahwa paham radikal dan intoleransi berkembang di Indonesia karena kurangnya sosialisasi secara dini kepada masyarakat tentang bahayanya paham radikal.

    "Saya selaku Pimpinan Ponpes selalu menanamkan kepada santri yang ada di ponpes yang Kami pimpin tentang bahayanya paham radikal sehingga para santri dapat mengantisipasi sedini mungkin," ujar Irsamsi.

    Sementara itu Penghulu Kampung Pangkalan Pisang Budiyanto mengatakan pihaknya senantiasa akan selalu mengingatkan masyarakatnya terhadap bahayanya terorisme, paham radikal dan intoleransi.

    "Kami selalu mengingatkan kepada masyarakat, baik melalui forum-forum terbuka maupun dalam setiap kesempatan bertemu dengan masyarakatnya," ungkap Budiyanto.

    Selaku tokoh masyarakat di Kecamatan Koto Gasib yang berada di bawah naungan Nahdatul Ulama (NU) Ucu sangat prihatin melihat adanya beberapa masyarakat yang terpengaruh oleh ajakan-ajakan suatu aliran yang nyata-nyata sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, sehingga dirinya melalui wadah NU bertekat akan menyadarkan masyarakat yang terpengaruh oleh paham-paham yang mengarah kepada radikal.

    "Alhamdulillah Kami sudah beberapa kali menarik kembali para pemuda/masyarakat kembali kejalan yang benar dan harapannya agar Polri khususnya Sat Intelkam Polres Siak selalu bersinergi dengan tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama mencegah berkembangnya terorisme dan penyebaran paham radikal dan intoleransi diwilayah Kabupaten Siak," harap Ucu. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Tokoh Masyarakat Kecamatan Koto Gasib Mendukung Polri Dalam Penanggulangan Terorisme/Radikalisme dan Intoleransi di Kabupaten Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kelurahan Teluk Meranti Adakan Lomba Kebersihan Dan Kreatif Lingkungan
    02 Tim Ops Polsek Mandau Berhasil Bekuk 2 Diduga Tersangka Tindak Pidana Narkoba
    03 Tim Opsnal Polsek Mandau Berhasil Tangkap 5 Orang Diduga Pelaku Tindak Pidana Curat Sampai Ke Sumbar
    04 Peringati Hari Santri Nasional ke-4 di Ponpes Hidayatul Salafiyah, Polda Riau Gelar Vaksinasi Serentak
    05 Ciptakan Rasa Aman Bagi Masyarakat Team Resmob Polres Rohul Amankan Pelaku perjudian Online Jenis Domino High
    06 Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang DI 8 Daerah Riau
    07 Oknum Polisi Yang Terlibat Dalam Kasus Perampasan Mobil, Ini Kata Kapolda Lampung
    08 Bupati Alfedri Sebut Penanganan Stunting Butuh Kerjasama Multipihak
    09 Ini Peran Oknum Anggota Polisi dan ASN di Lampung, Jadi Dalang Perampasan Mobil Mahasiswa
    10 Serahkan zakat secara langsung, Wabup Husni sampaikan 2 pesan kepada Mustahik
    11 Oknum Polisi Diduga Terlibat Perampokan Mobil Mahasiswa di Lampung
    12 Kapolri: Tindak Tegas, Jangan Ragu Pecat dan Pidanakan Anggota Polri Yang Melanggar Aturan!
    13 IPM-KK Berharap Pemerintah Kabupaten Pelalawan Perhatikan Mahasiswa Kurang Mampu
    14 Kapolres Rohul Gelar Konferensi Pers Curat Korban Meninggal Dunia Di Desa Lubuk Bendahara
    15 Oknum Polisi Polresta Bandar Lampung Diduga Terlibat Perampokan Mobil Mahasiswa
    16 Polda Riau Gulung Praktek Judi Online, 59 Tersangka Diciduk
    17 Gugatan Prapid Pemilik Gudang Tersangka Penggelapan Barang Sembako, Di Menangkan Polda Riau
    18 Beri Pelayanan Maksimal kepada Peserta JKN-KIS, RSUD Siak Raih Penghargaan Dari BPJS Kesehatan
    19 Pelaku Pembunuh dan Pemerkosa Honorer Samsat Perawang Merupakan Tetangga Korban
    20 Perkembangan Kasus Kapolsek Parigi Diduga Tiduri Putri Tersangka, Ini Kata Polda Sulteng
    21 Penantian 19 Tahun, Indonesia Juara Piala Thomas Cup 2021
    22 Bos Indomaret Tewas Kecelakaan Di Tol Cipularang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI