Senin, 01-03-2021 - 16:23:56 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Berikan Pelayanan Maksimal, UPT Samsat Taluk Kuantan Akan Buka UP Samsat di Kecamatan Kuantan Hilir | | Camat Taufik Apresiasi Bumdes Selari Indah Cemerlang, Berhasilnya Panen Raya Cabe Merah dan Jagung | | Sambut Ramadhan IKBMP Goro dan Ziarah Kubur Di Pemakaman Lama | | Pemkab Bengkalis Akan Terapkan Program Pembinaan Umat, Pengajian Satu Ustad Satu Desa | | Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial Tuntaskan Reses 8 Titik di Pulau Rupat | | Lulus Jadi Polisi, Kisah Anak Tukang Sate Sujud dan Cium Kaki Bapak Depan Komandannya
 
Sekda Arfan Usman Ikuti HUT Damkar ke 102 tahun, Tingkat Nasional
Senin, 01-03-2021 - 16:23:56 WIB

TERKAIT:
 
  • Sekda Arfan Usman Ikuti HUT Damkar ke 102 tahun, Tingkat Nasional
  •  

    SIAK, DELIK RIAU - Sekretaris Daerah kabupaten Siak Arfan Usman hadiri peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Ke-102 Tahun 2021 melalui Zoom Meeting, Senin pagi (01/03/2021) di ruang Bandar Siak kantor Bupati Siak Lantai II, kabupaten Siak, Riau.

    Upacara itu dilaksanakan secara sederhana dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian dan diikuti secara langsung, serta puluhan Pemda tingkat satu dan dua se-Indonesia melalui virtual.

    Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian mengatakan kebakaran salah satu tantangan pemerintah Daerah. Damkar bertugas bukan hanya untuk memadamkan kebakaran tetapi juga mengandung misi penyelamatan, meskipun ada badan-badan lain yang mengerjakan itu, tapi Damkar lah yang paling awal terbentuk yaitu pada tahun 1919. Terlatih well-established (Mapan) terhadap tugas-tugas penyelamatan.

    "Di luar negeri Pemadam Kebakaran di minta untuk membantu masyarakat yang kucingnya naik di atas pohon, kemudian mereka mintak bantuan kepada Pemadam Kebakaran. Begitu dibutuhkannya para petugas Damkar," ujarnya.

    Ia berharap, kepada kepala Daerah untuk memberikan perhatian serius kepada Damkar baik organisasinya, anggara serta sarana perasaranya agar di tingkatkan.

     "Kalau bisa Dinas tersendiri, saya akan mengeluarkan peraturan untuk itu, kepala daerah harus mendengar aspirasi dari anggota Pemadam, lalu apa yang dibutuhkan mereka, untuk tunjangan mungkin sarana perasarannya agar mereka bekerja secara maksimal," harapnya.

    Salah satu pasukan terlatih selain satpol kemudian Pemadam Kebakaran, militan tinggal bagaimana kepala daerahnya, mau membuat itu atau tidak, mereka satu titik di bawah kepolisian.

    Dirinya juga ingin, rekan rekan Damkar proaktif untuk mencegah terjadinya kebakaran. Ini juga memerlukan dukungan dari kepala daerah. Setiap pembanguan gedung misalnya kawasan-kawasan perkantoran itu memerlukan langkah pecegahan kebakaran.

    "Anggota Pemadam Kebakaran dapat di tugaskan studi kelayakan sebuah bangunan. Apakah konsep yang dibuat pengembang, gedung, mall dan ruang publik lain nya, memenuhi keriteria untuk mencegah dan memitigas bila terjadinya kebakaran. Sebelum ada studi kelayakan dari Pemadam, maka profosal dari penggembang sebaiknya di pertimbangkan, jangan sampai sudah terjadi kebakaran kemudaian kelabakan, karena airnya tidak ada, jaringan listrinya berantakan," terangnya.

    Ia juga berpesan kepada jajaran Kebakaran jangan hanya fokus pada masalah kebakaran saja, namun juga kembangkan kemampuan penyelamatan karena nomenkelaturnya Pemadam Kebakaran dan Keselamatan.

    "Di luar negeri jajaran Damkar tidak bertugas urusan api saja, tapi juga memberikan bantuan untuk penyelamat, misalnya jika terjad bencana alam, gempa bumi dan logsor, mereka bersinergi dengan badan-badan lain," tutupnya.

    Ia mengucapkan terima kasih kepada anggota Damkar yang ada hadir secara virtual yang mengangkat tema peringatan HUT Pemadam Kebakaran tahun inilah pemadam kebakaran dan penyelamatan yang profesional mandiri dan layani dalam mendukung adaptasi Kebiasaan Baru.

    Sekretaris Daerah Arfan Usman mengucapkan  selamat HUT Pemadam Kebakaran yang ke 102, semoga jajaran damkar semakin tangguh dalam melaksanakan tugas di manapun saja.

    "Hari ini kita mengikuti upacara memperingati hari ulang tahun secara virtual, kami atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan Selamat HUT Damkar yang ke 102 tahun," ucapnya.

    Lebih lanjut Arfan mengatakan, ada beberapa intruksi yang di sampaikan Menteri Dalam Negeri diantaranya, membetuk dinas sendiri, dan dukungan anggaran serta komitmen kepala daerah terhadap lembaga Damkar.

    "Dukungan berupa anggaran dan peralatan sudah kita lakukan, namun kedepan tetap kita dukung anggaranya, berkaitan dengan usulan menjadi dinas sendiri sesuai intruksi Pak Menteri akan kita sampaikan ke Bupati," kata Arfan. 

    Pelaksanaan HUT Damkar yang jatuh pada setiap 1 Maret saat ini, di peringati di musim pendemi Covid 19, dan musim kering, semoga peringatan HUT damkar menjadi penyemangat untuk para anggota yang saat ini berada di lapangan. (rls/fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Sekda Arfan Usman Ikuti HUT Damkar ke 102 tahun, Tingkat Nasional
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Berikan Pelayanan Maksimal, UPT Samsat Taluk Kuantan Akan Buka UP Samsat di Kecamatan Kuantan Hilir
    02 Camat Taufik Apresiasi Bumdes Selari Indah Cemerlang, Berhasilnya Panen Raya Cabe Merah dan Jagung
    03 Sambut Ramadhan IKBMP Goro dan Ziarah Kubur Di Pemakaman Lama
    04 Pemkab Bengkalis Akan Terapkan Program Pembinaan Umat, Pengajian Satu Ustad Satu Desa
    05 Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial Tuntaskan Reses 8 Titik di Pulau Rupat
    06 Kejari Bersama PWRI Kuansing Bagikan Masker Dan Paket Sembako Gratis Kepada Masyarakat Kurang Mampu
    07 Mantap, Pelajar SD/SMP IT Al Hidayah Sungai Pakning Ditempa Jadi Pengusaha Islami
    08 Dedi Handoko Secara Resmi Lantik Empat Kab/Kota Pengurus Perbakin
    09 Praktek Sulap Bahan Bakar Minyak, Diduga BBM Subsidi Jadi Industri
    10 Jemput Dana Pusat Gesa Pembangunan Bidang Olahraga, Bupati Adil Kunjungi Kemenpora RI
    11 Bupati Terpilih Hadiri Silaturahmi Mubalig dan BKM Sekecamatan Pangkalan Kerinci
    12 Tiada Henti, HMI Cabang Kepulauan Meranti Tampil Bantu Masyarakat
    13 Diduga Merugikan Negara Mencapai 1,1 M, Kasubbag Keuangan Camat Kandis Resmi Di Tahan Kejari Siak
    14 Bupati Terpilih Yang Akan Dilantik Pada Tanggal 26 April 2021, H. Zukri Punya Strategi Dalam Penurunan Stunting
    15 Tokoh Masyarakat Meranti dukung Program Bupati Adil Sejahterakan Masyarakat Dengan 7 Program
    16 Project Jembatan Nillo Kerinci, Perusahaan Diduga Gunakan BBM Subsidi
    17 Wabup Meranti H. Asmar Tutup MTQ Ke-12 Kabupaten Meranti 2021, Tebing Tinggi Pertahankan Gelar Juara Umum
    18 Usulan Masyarakat Kampung Harapan, Insya Allah Akan Di Perjuangkan
    19 Bagus Santoso Minta PMD dan Bagian Hukum Kaji Perbatasan Desa Lubuk Gaung dan Bandar Jaya
    20 Jelang Pelantikan di Pekanbaru, Pengurus PWRI Kuansing Terus Gelar Pertemuan
    21 Makam Tua Datuk Malin Kuning Di PT Adei, Ninik Mamak, Minta Kembalikan Lahannya
    22 Bupati Alfedri Secara Resmi Tutup STQ Kecamatan Tualang Siak
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI