Rabu, 20-01-2021 - 19:50:17 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi | | Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi | | Sat Intelkam Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas dan Memberikan Batuan Kepada Napi Asimilasi Agar Meminimalisir Terulangnya Kejahatan | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat | | Meminimalisir Terulangnya Kejahatan oleh Napi Asimilasi, Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas
 
BPK RI Riau Minta Pemda Laporkan LKPD 2020 Paling Lambat 5 Maret 2021 Mendatang
Rabu, 20-01-2021 - 19:50:17 WIB

TERKAIT:
 
  • BPK RI Riau Minta Pemda Laporkan LKPD 2020 Paling Lambat 5 Maret 2021 Mendatang
  •  

    SIAK, DELIK RIAU - Bupati Siak Alfedri menghadiri Video Conference pelaksanaan audit LKPD tahun anggaran 2020, dan mencetak masukan terkait tugas pemeriksaan BPK, Rabu (20/01/2021)  yang bertempat di Balaikota Siak Lantai 2 Kantor Bupati Siak, Kabupaten Siak, Riau .

    Hadir di Vicon, Sekretaris Siak Arfan Usman, Kepala Inspektur Kabupaten Siak, Pembantu Sekretaris Pembangunan dan Ekonomi Kabupaten Siak Hendrisan, Kepala Bapeda Siak Wan Yunus, Perwakilan Badan Keuangan Daerah Tengku Musa.

    Sementara dari layar monitor tampak Plh, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy, Kepala Inspektur Riau, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Widhi Widayat serta jajaran serta Bupati dan Wakil Bupati di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

    Bupati Siak Alfedri menyambut baik pemeriksaan yang akan dilakukan oleh BPK Perwakilan Provinsi Riau yang akan segera melakukan pemeriksaan tahap pertama tersebut.

    “Kami akan lebih mempersiapkan laporan keuangan untuk tahun anggaran 2020. Kami sangat berterima kasih kepada BPK yang terkoordinasi, dan menunjuk tim yang akan menjadi auditor penghubung BPK,” ujar Alfedri.

    Ia juga mengingatkan kepada seluruh pimpinan OPD agar pelaporan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan kabupaten bukan hanya menjadi tugas SKPKD.

    “Saya berharap seluruh OPD memiliki tanggung jawab yang besar untuk mendukung proses pemeriksaan, dan yang terpenting adalah mengkomunikasikan dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan tim auditor,” ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, dari tingkat penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh BPK Perwakilan Provinsi Riau sejak tahun 2005 sampai dengan 31 Desember 2020 Siak berada di posisi teratas.

    “Alhamdulillah, angka penyelesaian Siak di atas 75 persen. Artinya capaian ini perlu dipertahankan. Hal ini menunjukkan tingkat akuntabilitas penyampaian pelaporan keuangan daerah terus membaik,” ujarnya. 

    Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Widhi Widayat mengatakan, laporan LKPD bukanlah hal baru tetapi sudah menjadi kewajiban Pemerintah Daerah. Oleh karena itu LKPD tahun 2020 akan diaudit paling lambat disampaikan pada tanggal 5 Maret 2021.

    “Kami berharap bisa mendapatkan audit audit paling lambat tahun 2020 pada 5 Maret 2021. Mengapa demikian, karena dari waktu ke waktu proses penyusunan LKPD tidak lagi menjadi beban tetapi ini menjadi kewajiban tahunan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah,” ujarnya.

    Dengan mekanisme yang lebih baik dan sistem pelaporan yang tidak selalu menunggu hingga 31 Maret. Jadi ada baiknya kita berdua dorong untuk mempercepat pelaporan, dengan mempercepat pelaporan, maka proses pemeriksaan juga lebih cepat, LHPD juga disampaikan lebih cepat, APBDP juga dibahas lebih cepat. Sehingga semuanya berkembang seiring waktu.

    “Saya berharap untuk bapak, LKPD hasil audit terakhir selambat-lambatnya 5 Maret sudah kita terima dan bahkan lebih maju di bulan Februari kita akan lebih bahagia. Tapi ini tidak seperti anak-anak ujian, tuntas atau tidak terkumpul, tidak seperti itu ada syarat tertentu yang harus dipenuhi, ”jelasnya.

    Tim inspeksi akan melanjutkan pemeriksaan yang merupakan pemeriksaan mendetail, yang menurut jadwal dilakukan selama 30 hari jangka waktu tentatif. Mulai 8 Maret hingga 9 April 2021. Namun, hal ini masih bersifat tentatif artinya sangat fleksibel sesuai dengan kebutuhan di lapangan, jika merasa perlu untuk bisa memperpanjang jangka waktu pemeriksaan secara detail.

    “Kami jadwalkan LHP LKPD tahun anggaran 2020 akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota pada 6 Mei 2021. Kami sangat berharap alur yang direncanakan ini menjadi perhatian khusus bapak dan ibu kepala daerah,” terangnya.

    Terlebih dalam merealisasikan pelaksanaan APBN 2020 berjalan dalam musim yang dinamis. Tentu saja transisi dan penganggaran terjadi.

    “Pelaksanaan APBN 2020 penuh dinamika, regulasi sangat dinamis berubah dari waktu ke waktu. Tentunya tim pemeriksa bukan bermaksud untuk bersantai atau memberikan justifikasi atas segala sesuatu yang dilakukan selama tahun anggaran 2020,” ujarnya.

    Ia juga meminta bupati agar mengirimkan surat kepada seluruh pengurus parpol yang memiliki kursi di DPRD untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan untuk diserahkan kepada BPK paling lambat 31 Januari 2021.

    “Karena ini bagian dari tugas wajib BPK yaitu memeriksa laporan penggunaan dana bantuan keuangan, maka kami titipkan kepada kepala daerah untuk mengingatkan pengurus partai agar memenuhi kewajiban menyerahkan LPJ tepat waktu,” pungkasnya.

    Di akhir sambutannya, ia meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk mendukung tugas tim pemeriksa sesuai dengan nilai-nilai dasar BPK, mandiri, berintegritas dan profesional. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • BPK RI Riau Minta Pemda Laporkan LKPD 2020 Paling Lambat 5 Maret 2021 Mendatang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi
    02 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa
    03 Sambil Menunggu Kesiapan Diskes, DPRD Rohil Siap Divaksinasi
    04 Gubri Syamsuar Ingatkan Jangan Sampai Terkena ISPA dan Corona
    05 Diduga PT.Arara Abadi Tumbang Kepung Sialang, LAMR Pelalawan Lakukan Kosolidasi Internal
    06 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.V)
    07 TNI AD Laksanakan Vaksinasi Serentak
    08 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat
    09 Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi
    10 Berawal dari Jual-Beli, Hingga Berakhir Sengketa Lahan Koperasi
    11 Bupati Alfedri Terima Kunjungan Anggota Komisi II DPR RI Andi Rachman
    12 Polres Siak Sosialisasikan Bahaya Penyalah Gunaan Narkoba Di Perawang
    13 32 Honorer Terima SK P3K dari Bupati Siak
    14 Sekda Arfan Usman Ikuti HUT Damkar ke 102 tahun, Tingkat Nasional
    15 Wabup H. Asmar Sidak Kondisi Ruang dan Kinerja Pegawai Dilingkungan Sekretariat, Ingatkan Jaga Disiplin dan Jauhi Narkoba
    16 Bupati dan Wakil Bupati Meranti H.M Adil-H. Asmar Sampaikan Visi dan Misi Serta 7 Program Strategis kepada DPRD
    17 Pembina Apel Senin Pagi, Bupati H.M Adil Ingatkan ASN Laksanakan Tupoksi Dengan Baik dan Melayani Dengan Ihklas
    18 Karena Zona Hijau, Bupati H.Adil Akan Koordinasi Dengan Kapolres dan Kajari Tentang Sekolah Tatap Muka
    19 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.IV)
    20 DLH Meranti Terus Terapkan Jadwal 4 Pembuangan Sampah
    21 Buka Musrenbang Tualang, Bupati Alfedri Minta Peruntukan Dana Desa Percepat Pemulihan Ekonomi
    22 l Janji Siap Wujudkan 7 Program Strategis H. Adil-H. Asmar, Siap Dikritik Jika Melenceng Dan Mohon Doa dan Dukungan Maayarakat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI