Kamis, 19-11-2020 - 18:53:56 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Pj Bupati H Syahrial Abdi Ikuti Tabligh Akbar UAS di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis | | Ancam Kebebasan Berpendapat, Penyidik Periksa Ketua Dan Anggota FPI Kota Pekanbaru | | Banjir Rendam Ratusan Hektar Lahan Pertanian Masyarakat Rohil | | Antisipasi Bahaya Penyebaran Covid-19, Kapolsek Kandis bagi 300 Masker | | Forum SPMB Akan Gelar Unjuk Rasa Di PT Mmusimas | | Terkait Pesta Demokrasi Pemilihan BPD 17 Desember 2020 Mendatang, Khairil Anwar Nomor Urut 5 Siap Berkompetisi dengan Visi- Misinya
 
Sekda Arfan Usman Hadiri The Capacity Building in Heritage Management Clinic 2020-2021 Secara Webinar
Kamis, 19-11-2020 - 18:53:56 WIB

TERKAIT:
 
  • Sekda Arfan Usman Hadiri The Capacity Building in Heritage Management Clinic 2020-2021 Secara Webinar
  •  

    SIAK, DELIK RIAU -  Southeast Asian Cultural Heritage Alliance (SEACHA) didukung oleh Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) dan The Siam Society under Royal Patronage serta Pemerintah Kabupaten Siak menyelenggarakan The Capacity Building in Heritage Management Clinic 2020-2021 dengan tema "Tourism and Heritage: Enemies or Partners in Progress?"

    Kegiatan ini berlangsung secara Webinar di Siak Live Room kantor Bupati Siak yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman dan didampingi oleh Kadis PU Tarukim Irving Kahar dan diikuti oleh perwakilan  SEACHA dan  BPPI. 

    Arfan Usman menuturkan, Siak sebagai salah satu anggota jaringan kota pusaka di Indonesia dinilai aktif dalam melestarikan peninggalan sejarah. 

    "Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan dan kemajuan Heritage City di negeri istana. Tentunya jika dikemas dengan baik semakin banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Siak," ucap Arfan, Kamis (19/11/2020) usai acara The Capacity Building in Heritage Management Clinic 2020-2021 secara Webinar di Siak Live Room kantor Bupati Siak, kabupaten Siak, Riau.

    Kota Siak Sri Indrapura sejak ditetapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai kawasan cagar budaya Nasional, maka Kota Siak kini tidak hanya menjadi milik rakyat Siak dan Riau, tapi juga menjadi aset milik bangsa Indonesia.

    Sementara itu Irving Kahar menjelaskan, Siak aktif dalam upaya mengembangkan kota pusaka SEACHA atau aliansi kota pusaka Asia Tenggara bekerjasama dengan BPPI mengusulkan Siak sebagai salah satu contoh untuk dilakukan program klinik. 

    "Karena Siak ini aktif dalam mengembangkan kota pusaka, maka Siak ditunjuk sebagai salah satu contoh untuk program klinik di Asia Tenggara, dan kota Phrae di Thailand," sebut dia. 

    Lebih lanjut Irving menjelaskan, dari 57 daerah kota pusaka di Indonesia yang di analisa oleh SEACHA, Siak dianggap lebih aktif. Misalnya selalu melakukan revitalisasi  dan melestarikan bangunan-bangunan cagar budaya. 

    Irving menyampaikan tema yang diangkat tersebut cukup "seksi" disatu sisi bisa meningkatkan ekonomi, disisi lain bisa merusak cagar budaya tersebut. 

    Yang pertama kata dia, pengunjung akan membawa budayanya ke Siak, kemudian membawa sampah serta pengunjung yang usil mengotak-atik bangunan cagar budaya. 

    "Jadi fokus kita pada hari ini adalah bagaimana ekonomi meningkat dan cagar budaya tidak rusak," ujarnya. 

    Sebelumnya di forum itu, bos PU Tarukim Siak ini telah mempresentasikan Secara daring sejumlah potensi objek cagar budaya di Kabupaten Siak serta sejarah berdirinya kerajaan Siak hingga kondisi kota Siak Sri Indrapura setelah pisah dari Kabupaten Bengkalis. 

    Webinar itu juga diikuti Komunitas Heritage Hero Siak, Heritage Expert Board Siak, Nguyen Duc Tang dari SEACHA boar and founder,Prof Johanes Widodo dari Universitas Singapura, Prof Dorojatun Kuntjoro Yakdi dan Catrini Kubontubuh dari BPPI. 

    Kegiatan ini diselenggarakan selama 6 bulan mulai November 2020 s.d Mei 2021 diawali dengan presentasi awal tentang tantangan Siak mewujudkan Cultural Heritage Tourism. 

    Kemudian dilanjutkan dengan masukan pakar serta pilot aksi di lapangan untuk penerapan prinsip-prinsip, upaya solusi dan praktik pengalaman sukses yang tepat dan diakhiri dengan perumusan disain strategi sebagai model yang tepat dalam Quality Cultural Heritage Conservation & Cultural Heritage Tourism Management tidak hanya untuk Siak, tapi juga Indonesia, Thailand, dan Asia. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Sekda Arfan Usman Hadiri The Capacity Building in Heritage Management Clinic 2020-2021 Secara Webinar
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pj Bupati H Syahrial Abdi Ikuti Tabligh Akbar UAS di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis
    02 Ancam Kebebasan Berpendapat, Penyidik Periksa Ketua Dan Anggota FPI Kota Pekanbaru
    03 Banjir Rendam Ratusan Hektar Lahan Pertanian Masyarakat Rohil
    04 Forum SPMB Akan Gelar Unjuk Rasa Di PT Mmusimas
    05 Terkait Pesta Demokrasi Pemilihan BPD 17 Desember 2020 Mendatang, Khairil Anwar Nomor Urut 5 Siap Berkompetisi dengan Visi- Misinya
    06 Lahan Teracam Dirampas Perusahaan, Petani Kelapa Sawit Dayun Siak Riau Gelar Aksi Demo Di Dekat Istana Presiden RI
    07 Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Pendidikan
    08 Antisipasi Bahaya Penyebaran Covid-19, Kapolsek Kandis bagi 300 Masker
    09 Danpuspomad Tinjau Latihan UST Kompi Yonpomad dan Bagikan Sembako Untuk Warga
    10 Kapolda Riau Ditemani Sekda Arfan Usman Gowes Keliling Kota Siak
    11 Pertamina RU II Sungai Pakning Kembali Salurkan Bantuan Ke Puskesmas Lubuk Muda
    12 Terkait Pernyataan Zulfan Mahendra "Panitia Penjaringan Bumdes bertindak curang dan Tidak Amanah", Zulkifli Obet: Itu Tidak Benar
    13 Asisten III Jamaluddin Sambut Kunjungan FPK ke Kabupaten Siak
    14 Sekda Arfan Usman Hadiri The Capacity Building in Heritage Management Clinic 2020-2021 Secara Webinar
    15 Zulfan Mahendra: Diduga Panitia Penjaringan dan Penyaringan BUMDES dan UED SP Desa Sungai Selari Tidak Amanah dan Terindikasi Curang
    16 Setelah 3 Hari, Rahmat Ucok Yang Dikabarkan Hilang Akhirnya Hari Ini Diketemukan
    17 Gratis, Ditresnarkoba Polda Riau Lakukan Test Narkoba DiLingkup Tenaga Kerja
    18 Pusdalop BPBD Kabupaten Siak, Menceritakan Kronologis Hilangnya Ucok Warga Benteng Hilir Siak
    19 Sekda Siak Distribusikan Zakat Tahap ke-IV Tahun 2020
    20 Proses Pencarian Masih Berlangsung, Diduga Warga Benteng Hilir Hilang Di Danau Zamrud
    21 Cegah Karhutla, Serda Ade Dharma Purba Giat Patroli dan Sosialisasi di Desa Lukit
    22 25 Peserta Ikuti Seleksi Penjaringan Pengurus Bumdes Selari Indah Cemerlang dan UED SP Selari Mandiri
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI