Selasa, 18 Mei 2021
Follow Us ON :
 
 
 
| Pelayanan Air Bersih di Kota Pasir Pengaraian dan Sekitarnya Terganggu | | Bupati Pelalawan H.Zukri Turun Ke Lokasi Banjir di 2 Desa Kecamatan Bunut | | Bupati Alfedri Pantau Penyuntikan Vaksin Covid-19 Secara Massal | | Pokres Kuansing Berikan Bantuan Sembako Kepada Media | | Kejari Periksa Orang Dekat Bupati Kuansing | | Polres Kuansing memperketat Arus Mudik, dan Tinjau Pos Penyekatan
 
Arfan Usman : "Untuk pihak kecamatan maupun Kampung, agar terus menyampaikan pentingnya membayar zak
Sekda Siak Distribusikan Zakat Tahap ke-IV Tahun 2020
Rabu, 18-11-2020 - 19:54:18 WIB

TERKAIT:
 
  • Sekda Siak Distribusikan Zakat Tahap ke-IV Tahun 2020
  •  

    SIAK, DELIK RIAU - Untuk terus meningkatkan pengumpulan zakat di Kabupaten Siak, Pemerintah Kabupaten Siak bersama Baznas Kabupaten Siak terus berupaya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya membayar zakat. 

    Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman saat menghadiri Pendistribusian Zakat Tahap ke-IV tahun 2020, Rabu Siang (18/11/2020) di mesjid Al-Munawwaroh, Kampung Olak, Kecamatan Sungai Mandau kabuparen Siak, Riau.

    "Zakat merupakan kewajiban bagi kita umat muslim yang telah mencapai nisabnya dan termasuk kedalam salah satu rukun islam," ucap Arfan. 

    Oleh karena itu, tidak semua masyarakat memahami pentingnya zakat sebagai salah satu cara untuk mensucikan harta dan juga salah satu cara untuk membantu sesama muslim yang membutuhkan. 

    "Saya berharap kepada pihak Kecamatan dan juga Pemerintah Kampung, agar ikut andil dalam mensosialisasikan betapa pentingnya membayar zakat kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing," harap Arfan. 

    Sehubungan dengan hal tersebut, Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto menyampaikan bahwa terhitung mulai januari hingga bulan november 2020, pengumpulan zakat di Kabupaten Siak mencapai 14.6M, ditambah dengan sisa saldo tahun lalu berjumlah 6M.

    "Untuk di kabupaten Siak, potensi pengumpulan zakat maksimal berjumlah 50M. Oleh karena itu, kami dari pihak Baznas   Siak bersama Pemerintah Kabupaten Siak, berupaya semaksimal mungkin agar potensi zakat tersebut tercapai," jelas Rasyid. 

    Baznas Kabupaten Siak sendiri telah membuat beberapa program untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan, yakni pertama Siak Sejahtera meliputi zakat pola konsumtif dan produktif. Kedua Program Siak sehat, yaitu membantu biaya berobat warga miskin. Ketiga Siak Cerdas, yaitu program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa untuk keluarga yang kurang mampu. 

    "Untuk program keempat  Siak reliji, yaitu untuk membiayai para ustadz atau dai dalam rangka memberikan bimbingan agama bagi masyarakat pelosok. Yang kelima program Siak peduli, program ini dibuat untuk membantu masyarakat miskin seperti membuat rumah layak huni, pemasangan listrik gratis, dan sanitasi," tambahnya. 

    Selain itu ada program Siak tanggap bencana, program ini membantu masyarakat yang terkena bencana seperti kebakaran, banjir dan lain-lain. 

    "Disamping itu Baznas Kabupaten Siak juga memiliki program layanan aktif Baznas untuk  masyarakat. Ini bertujuan untuk mempermudah masyrakat dalam  mendapatkan pelayanan. Seperti, mengantar orang sakit dan mengantar jenazah. Serta pihak Baznas Kabupaten Siak memberikan bantuan bagi pendatang yang terdampar," kata Rasyid. 

    Oleh karena itu Baznas Kabupaten Siak mengajak seluruh masyarakat untuk peduli kepada sesama, yaitu dengan menunaikan zakat melalui amil zakat yang ditunjuk (UPZ) Kampung dan kecamatan. Karena membayar zakat ini adalah rukun islam yang ketiga, hukumnua wajib ditunaikan. 

    Untuk pendistribusian Zakat Tahap ke-IV tahun 2020 di Kecamatan Sungai Mandau, akan diberikan kepada 71 penerima, akan mendapatkan uang 300.000 dan sembako seperti 1 kotak mie instan, 10 Kg beras, 2 Kg gula dan 5 Liter minyak makan. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Sekda Siak Distribusikan Zakat Tahap ke-IV Tahun 2020
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pelayanan Air Bersih di Kota Pasir Pengaraian dan Sekitarnya Terganggu
    02 Bupati Pelalawan H.Zukri Turun Ke Lokasi Banjir di 2 Desa Kecamatan Bunut
    03 Bupati Alfedri Pantau Penyuntikan Vaksin Covid-19 Secara Massal
    04 Polres Rohul Siapkan Virtual Lebaran Gratis Bagi Masyarakat
    05 Polres Kuansing memperketat Arus Mudik, dan Tinjau Pos Penyekatan
    06 Kejari Periksa Orang Dekat Bupati Kuansing
    07 Pokres Kuansing Berikan Bantuan Sembako Kepada Media
    08 Bupati H.Zukri Harapkan Melalui Rancangan RPJMD Bisa Mensejahterakan Masyarakat Pelalawan
    09 Kunker Gubri Syamsuar Tinjau PSU Di Rohul
    10 Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan Kedua Tahun Sidang Ketiga Tahun 2021 dan Pembukaan Persidangan Ketiga Tahun 2021
    11 64 Anak Yatim Mendapat Santunan Dari Karyawan PT.WCP Langgam
    12 Siapkan 2 Ton Minyak Goreng, PT ISB Gelar Minyak Murah Di Desa Rambah
    13 Jelang Idul Fitri, SPR Langgak Berbagi dengan Warga Tandun dan Anak Yatim
    14 Di Masa Pandemi Tidak Menghalangi PT. EDI Untuk Peduli Kepada Sesama
    15 Jalan Rusak, Bupati H. Zukri Tegaskan Perusahaan Lakukan Perawatan Dari Awal
    16 Polres Rohul Bersama Bersama Satgas Covid-19 Gelar Yustisi Di Kecamatan Tambusai Utara
    17 LSM Permata Kuansing Dukung Kejari Tangkap Perampok Uang APBD
    18 Baznas Rohul Serahkan Bantuan Kepada Dhuafa
    19 Pemuda Pancasila Rokan Hulu Gelar Sosialisasi Larangan Mudik Masa Pandemi Covid-19
    20 Bupati H.Zukri Harapkan Gerakan Cinta Zakat Sampai Kedesa di Kabupaten Pelalawan
    21 Bupati Alfedri Tinjau Perbatasan Siak-Kampar di Kampung Rantau Bertuah
    22 Bupati Siak Pantau Pos Penyekatan Minas dan Kandis
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI