Rabu, 18-11-2020 - 19:54:18 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Pj Bupati H Syahrial Abdi Ikuti Tabligh Akbar UAS di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis | | Ancam Kebebasan Berpendapat, Penyidik Periksa Ketua Dan Anggota FPI Kota Pekanbaru | | Banjir Rendam Ratusan Hektar Lahan Pertanian Masyarakat Rohil | | Antisipasi Bahaya Penyebaran Covid-19, Kapolsek Kandis bagi 300 Masker | | Forum SPMB Akan Gelar Unjuk Rasa Di PT Mmusimas | | Terkait Pesta Demokrasi Pemilihan BPD 17 Desember 2020 Mendatang, Khairil Anwar Nomor Urut 5 Siap Berkompetisi dengan Visi- Misinya
 
Arfan Usman : "Untuk pihak kecamatan maupun Kampung, agar terus menyampaikan pentingnya membayar zak
Sekda Siak Distribusikan Zakat Tahap ke-IV Tahun 2020
Rabu, 18-11-2020 - 19:54:18 WIB

TERKAIT:
 
  • Sekda Siak Distribusikan Zakat Tahap ke-IV Tahun 2020
  •  

    SIAK, DELIK RIAU - Untuk terus meningkatkan pengumpulan zakat di Kabupaten Siak, Pemerintah Kabupaten Siak bersama Baznas Kabupaten Siak terus berupaya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya membayar zakat. 

    Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman saat menghadiri Pendistribusian Zakat Tahap ke-IV tahun 2020, Rabu Siang (18/11/2020) di mesjid Al-Munawwaroh, Kampung Olak, Kecamatan Sungai Mandau kabuparen Siak, Riau.

    "Zakat merupakan kewajiban bagi kita umat muslim yang telah mencapai nisabnya dan termasuk kedalam salah satu rukun islam," ucap Arfan. 

    Oleh karena itu, tidak semua masyarakat memahami pentingnya zakat sebagai salah satu cara untuk mensucikan harta dan juga salah satu cara untuk membantu sesama muslim yang membutuhkan. 

    "Saya berharap kepada pihak Kecamatan dan juga Pemerintah Kampung, agar ikut andil dalam mensosialisasikan betapa pentingnya membayar zakat kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing," harap Arfan. 

    Sehubungan dengan hal tersebut, Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto menyampaikan bahwa terhitung mulai januari hingga bulan november 2020, pengumpulan zakat di Kabupaten Siak mencapai 14.6M, ditambah dengan sisa saldo tahun lalu berjumlah 6M.

    "Untuk di kabupaten Siak, potensi pengumpulan zakat maksimal berjumlah 50M. Oleh karena itu, kami dari pihak Baznas   Siak bersama Pemerintah Kabupaten Siak, berupaya semaksimal mungkin agar potensi zakat tersebut tercapai," jelas Rasyid. 

    Baznas Kabupaten Siak sendiri telah membuat beberapa program untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan, yakni pertama Siak Sejahtera meliputi zakat pola konsumtif dan produktif. Kedua Program Siak sehat, yaitu membantu biaya berobat warga miskin. Ketiga Siak Cerdas, yaitu program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa untuk keluarga yang kurang mampu. 

    "Untuk program keempat  Siak reliji, yaitu untuk membiayai para ustadz atau dai dalam rangka memberikan bimbingan agama bagi masyarakat pelosok. Yang kelima program Siak peduli, program ini dibuat untuk membantu masyarakat miskin seperti membuat rumah layak huni, pemasangan listrik gratis, dan sanitasi," tambahnya. 

    Selain itu ada program Siak tanggap bencana, program ini membantu masyarakat yang terkena bencana seperti kebakaran, banjir dan lain-lain. 

    "Disamping itu Baznas Kabupaten Siak juga memiliki program layanan aktif Baznas untuk  masyarakat. Ini bertujuan untuk mempermudah masyrakat dalam  mendapatkan pelayanan. Seperti, mengantar orang sakit dan mengantar jenazah. Serta pihak Baznas Kabupaten Siak memberikan bantuan bagi pendatang yang terdampar," kata Rasyid. 

    Oleh karena itu Baznas Kabupaten Siak mengajak seluruh masyarakat untuk peduli kepada sesama, yaitu dengan menunaikan zakat melalui amil zakat yang ditunjuk (UPZ) Kampung dan kecamatan. Karena membayar zakat ini adalah rukun islam yang ketiga, hukumnua wajib ditunaikan. 

    Untuk pendistribusian Zakat Tahap ke-IV tahun 2020 di Kecamatan Sungai Mandau, akan diberikan kepada 71 penerima, akan mendapatkan uang 300.000 dan sembako seperti 1 kotak mie instan, 10 Kg beras, 2 Kg gula dan 5 Liter minyak makan. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Sekda Siak Distribusikan Zakat Tahap ke-IV Tahun 2020
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pj Bupati H Syahrial Abdi Ikuti Tabligh Akbar UAS di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis
    02 Ancam Kebebasan Berpendapat, Penyidik Periksa Ketua Dan Anggota FPI Kota Pekanbaru
    03 Banjir Rendam Ratusan Hektar Lahan Pertanian Masyarakat Rohil
    04 Forum SPMB Akan Gelar Unjuk Rasa Di PT Mmusimas
    05 Terkait Pesta Demokrasi Pemilihan BPD 17 Desember 2020 Mendatang, Khairil Anwar Nomor Urut 5 Siap Berkompetisi dengan Visi- Misinya
    06 Lahan Teracam Dirampas Perusahaan, Petani Kelapa Sawit Dayun Siak Riau Gelar Aksi Demo Di Dekat Istana Presiden RI
    07 Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Pendidikan
    08 Antisipasi Bahaya Penyebaran Covid-19, Kapolsek Kandis bagi 300 Masker
    09 Danpuspomad Tinjau Latihan UST Kompi Yonpomad dan Bagikan Sembako Untuk Warga
    10 Kapolda Riau Ditemani Sekda Arfan Usman Gowes Keliling Kota Siak
    11 Pertamina RU II Sungai Pakning Kembali Salurkan Bantuan Ke Puskesmas Lubuk Muda
    12 Terkait Pernyataan Zulfan Mahendra "Panitia Penjaringan Bumdes bertindak curang dan Tidak Amanah", Zulkifli Obet: Itu Tidak Benar
    13 Asisten III Jamaluddin Sambut Kunjungan FPK ke Kabupaten Siak
    14 Sekda Arfan Usman Hadiri The Capacity Building in Heritage Management Clinic 2020-2021 Secara Webinar
    15 Zulfan Mahendra: Diduga Panitia Penjaringan dan Penyaringan BUMDES dan UED SP Desa Sungai Selari Tidak Amanah dan Terindikasi Curang
    16 Setelah 3 Hari, Rahmat Ucok Yang Dikabarkan Hilang Akhirnya Hari Ini Diketemukan
    17 Gratis, Ditresnarkoba Polda Riau Lakukan Test Narkoba DiLingkup Tenaga Kerja
    18 Pusdalop BPBD Kabupaten Siak, Menceritakan Kronologis Hilangnya Ucok Warga Benteng Hilir Siak
    19 Sekda Siak Distribusikan Zakat Tahap ke-IV Tahun 2020
    20 Proses Pencarian Masih Berlangsung, Diduga Warga Benteng Hilir Hilang Di Danau Zamrud
    21 Cegah Karhutla, Serda Ade Dharma Purba Giat Patroli dan Sosialisasi di Desa Lukit
    22 25 Peserta Ikuti Seleksi Penjaringan Pengurus Bumdes Selari Indah Cemerlang dan UED SP Selari Mandiri
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI