Sabtu, 01-08-2020 - 23:38:46 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Pembunuhan Pengusaha Rental Mobil, Polda Riau Merilis Foto Dua Pelaku Yang Kini Masih DPO | | Pj Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi Siap Lanjutkan Program Pembangunan | | Mengawali Tugas, Pjs Bupati Siak Pimpin Rapat Koordinasi Perdana | | Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi Hadiri Peresmian Objek Ekowisata Mangrove Desa Pangkalan Jambi Tahun 2020 | | Polda Riau Berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan Berencana Yang Disertai Curas Terhadap Korban Sdr M. Alhadar | | Kronologi Penangkapan 2 Pelaku Pembunuhan Pengusaha Rental Mobil Di Pekanbaru Riau
 
Pondok Pesantren Kembali Di Buka, Ini Pesan Bupati Alfedri
Sabtu, 01-08-2020 - 23:38:46 WIB

TERKAIT:
 
  • Pondok Pesantren Kembali Di Buka, Ini Pesan Bupati Alfedri
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Pondok pesantren telah ada sejak tahun 1742 jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia (17/8/1945). Kala itu peranannya bukan hanya sebagai lembaga pendidikan keagamaan,namun juga sebagai basis perlawanan terhadap segala bentuk penjajahan. DNA perjuangan inilah diharapkan terus terpatri, agar santri mampu menjadi garda terdepan dalam pendisiplinan pola interaksi baru (menjaga jarak,memakai masker) dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan dimasa kelaziman baru.

    Dalam konteks kepesantrenan yang erat dengan kehidupan religius, acap muncul kesan takdir Tuhan Yang Kuasa diatas segalanya,menjadikan diskursus medis belum begitu hegemonik di kalangan santri. Hal ini menjadikan edukasi tatanan kelaziman baru menjadi semakin berat. Dalam tataran ini, peran Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan.

    Sejalan dengan hal tersebut, hari ini, Sabtu (2/8/2020) malam, di Pendopo Utama Pondok Pesantren Madratul Qur'an Kecamatan Sabak Auh, Bupati Siak Drs.H.Alfedri,M.Si membuka secara langsung kegiatan pembelajaran sekaligus memberikan edukasi penerapan disiplin protokol kesehatan bagi santri dan segenap pengasuh Pondok Pesantren Madratul Qur'an, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19,  memasuki tatanan kelaziman baru.

    Mengawali arahannya, Bupati menyampaikan keputusan membuka kembali kegiatan pembelajaran bagi pondok pesantren merupakan keputusan bersama antara Pemerintah Daerah,Kementrian Agama,dan para ulama,beralaskan masukan dari wali santri.

    "Hari ini kita bersama meresmikan pembukaan kegiatan pembelajaran Pondok Pesantren Madratul Qur'an setelah beberapa waktu di hentikan disebabkan pandemi covid-19. Pembukaan kegiatan pembelajaran ini merupakan keputusan bersama antara Pemerintan Daerah Kabupaten Siak dan Kementrian Agama Kabupaten Siak,serta Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Siak, bedasarkan masukan dari wali santri di berbagai Kecamatan,di tambah dukungan dari tokoh masyarakat dan Ulama kita," jelasnya.

    Lebih lanjut Alfedri lalu menyampaikan harapan agar pelaksanaan disiplin ibadah dan disiplin protokol kesehatan dilaksanakan serentak oleh segenap santri,sebab ia tidak ingin adanya generasi hilang karena covid-19.

    "Kita semua pasti tidak  ingin ada lost generation, atau generasi hilang karena Covid-19, jangan sampai itu terjadi dalam klaster pondok pesantren. Untuk itu,mari berupaya bersama-sama mendisiplinkan diri dalam ibadah dan mentaati protokol kesehatan dilaksanakan serentak dan beriringan, agar santri tetap bisa belajar dan aman Covid-19," tegasnya.

    Bupati Alfedri menekankan,betapa pentingnya menjaga generasi islami untuk tetap terus dapat belajar mendalami agama,sebagai bekal hidup,terutama dalam menghadapi wabah.

    "Menjaga generasi penerus terutama santri,bagi kita sangat penting, sebab santri kelak akan menjadi generasi islami yang kokoh dalam menghadapi tantangan kehidupan. Saya juga berharap santri Madratul Qur'an ini menjadi generasi islami yang unggul,dan menjadi contoh  dalam menerapkan protokol kesehatan dalam bentuk menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan memakai sabun,serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Hanya dengan cara tersebut,kita akan mampu memutus mata rantai penyebaran covid-19. Inilah peran santri dalam tatanan kelaziman baru sekarang ini", tutupnya.

    Sebelumnya, KH.Ahmad Syaifuddin,pengasuh Ponpes Madratul Qur'an menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan aturan protokol kesehatan secara ketat dalam setiaap kegiatan pembelajaran.

    "Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati yang telah mengijinkan dan mendukung pelaksanaan pembelajaran di Ponpes Madratul Qur'an ini di lanjutkan. Kami berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan ketat di setiap aktifitas kegiatan santri, sebab kami juga tidak ingin menjadi klaster baru penyebaran covid-19," tegasnya.

    Di kesempatan terpisah, Ichsan,seorang santri dalam kesempatan wawancara menyampaikan perubahan positif sebelum dan sesudah penerapan protokol kesehatan di Madratul Qur'an.

    "Dulu kami rame-rame pas olahraga kadang berdebu,sering pilek batuk. Sekarang pak Kiai menyuruh kami pakai masker setiap saat, pas olahraga atau nyapu banyak debu, tak batuk lagi," katanya.

    Terlepas ada tidaknya covid-19, nyatanya, protokol kesehatan sangat penting penerapannya di dunia pendidikan guna mencetak generasi sehat dan disiplin.

    Kegiatan ini juga di hadiri oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Siak Muharom, Camat Sabak Auh Tengku Mukhtasar, Camat Sungai Apit  Wahyudi, Wakil Ketua MUI Kabupaten Siak Husni Merza, Anggota DPRD Fraksi PKB. Mukhtarom, dan para Alim Ulama,Kiai, serta tokoh masyarakat, dan masyarakat Kecamatan Sabak Auh. (rilis/fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Pondok Pesantren Kembali Di Buka, Ini Pesan Bupati Alfedri
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pj Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi Siap Lanjutkan Program Pembangunan
    02 Mengawali Tugas, Pjs Bupati Siak Pimpin Rapat Koordinasi Perdana
    03 Pembunuhan Pengusaha Rental Mobil, Polda Riau Merilis Foto Dua Pelaku Yang Kini Masih DPO
    04 Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi Hadiri Peresmian Objek Ekowisata Mangrove Desa Pangkalan Jambi Tahun 2020
    05 Polda Riau Berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan Berencana Yang Disertai Curas Terhadap Korban Sdr M. Alhadar
    06 Kronologi Penangkapan 2 Pelaku Pembunuhan Pengusaha Rental Mobil Di Pekanbaru Riau
    07 Pelaku Pembunuhan Pungusaha Rental Mobil Pekanbaru, Berhasil Ditangkap Di Kota Binjai Sumut
    08 Didampingi Suami Tercinta Iyeth Bustami pulang Kampung Halaman Hadiri Resepsi Pernikahan
    09 Gubernur Riau Resmi Lantik H Syahrial Abdi Sebagai Pj Bupati Bengkalis
    10 Polsek Koto Gasib berhasil Tangkap Diduga Pelaku Pencabulan Setelah 9 Bulan Kabur
    11 Gubri Resmi Lantik Indra Agus Lukman Sebagai Pjs Bupati Siak
    12 Gubernur Syamsuar Lantik Pj Dan 4 Pjs Bupati Di Riau
    13 Terjadi Lakalantas Mobil Tangki CPO Tabrak warung, Satu Anak Meninggal Dunia, Lainya Luka Serius
    14 Disambar Petir, Layanan Aplikasi CCTV dan WiFi Pelabuhan Roro Air Putih Sei Selari Terganggu
    15 Hasil Rapat Pleno KPU Pelalawan, Pencabutan Nomor Urut Paslon Pilkada 2020
    16 Wujudkan Smart City, Kabupaten Siak Resmikan Portal Siak Bedelau
    17 Besok, Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual
    18 Bahas Pembangunan Infrastruktur dan Penanganan Covid-19, Sekda Meranti Terima Kunker Legislator DPRD Riau
    19 Janji Siap Menjaga Kehormatan Melayu, Ormas Gagak Hitam Sematkan Tanjak Kepada Sekda Meranti
    20 Masa Cuti sebagai Cabup dan Cawabup, Suyatno dan Jamiludin Kembalikan Aset Negara
    21 KPU Meranti Gelar Penetapan No Urut Tiga Pasangan Colon Bupati
    22 Pilkada 2020, Ini Nomor Urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Rohil
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI