Kamis, 23-07-2020 - 20:14:35 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Akibat Salah Paham dan Mengkomsumsi Narkoba, Pelaku Pembacokan Di Dayun Akhirnya Tertangkap | | Kegiatan Keramaian, Jika Sudah Kantongi Surat Rekomendasi dari Gugus Tigas Covid-19 | | Hari Terakhir Ops Patub Lancang Kuning 2020, Sat Lantas Polres Pelalawan Bagikan Kotak P3K, Helm Dan 187 Kendaraan Ditilang | | Percam Lubuk Dalam Salurkan BST Kemensos RI Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 | | Pemkam Suak Merambai Salurkan BLT-DD Tahap I II dan III Kepada Warga Yang Terdampak Covid-19 | | 245 KK Kampung Benhul Terima BST Tahap III Untuk Masyarakat Yang Terkena Dampak Covid-19
 
Lantik Bapekam, Bupati Alfedri : Segera Pahami Tugas dan Wewenang
Kamis, 23-07-2020 - 20:14:35 WIB

TERKAIT:
 
  • Lantik Bapekam, Bupati Alfedri : Segera Pahami Tugas dan Wewenang
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Bupati Siak Drs H Alfedri MSi melantik anggota Badan Permusyawaratan Kampung (Bapekam) dari Kampung Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang, Kampung Muara Bungkal Kecamatan Sungai Mandau, dan Kampung Teluk Mesjid Kecamatan Sungai Apit masa bhakti 2020-2026, Kamis (23/7/2020) bertempat di Aula Kantor Penghulu Pinang Sabatang Barat, kecamatan Tualang, kabupaten Siak, Riau.

    Acara di awali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan Badan Pengawasan Kampung yang diikuti seluruh anggota Bapekam dari Kampung Pinang Sebatang Barat, Muara Bungkal, dan Kampung Teluk Mesjid.

    Selanjutnya, sambutan Bupati Siak Alfedri yang dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa Bapekam  merupakan wujud lembaga demokrasi di Kampung yang pemilihannya dari, oleh, dan untuk rakyat.

    "Pemilihan Bapekam merupakan entry point dari Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2018 tentang perubahan Perda Nomor 5 tahun 2015. Hal ini merupakan wujud demokrasi dari, oleh, dan untuk rakyat dimana dalam pelaksanaannya memastikan masyarakat turut serta dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung dalam memilih perwakilannya," ungkapnya.

    Alfedri juga menjelaskan, Bapekam memiliki keudukan yang setara dengan pemerintahan kampung sekaligus merupakan mitra kerja Penghulu.

    Lebih lanjut, Alfedri menjelaskan  selain menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, Bapekam juga memiliki peran melakukan pegawasan terhadap Penghulu dalam  penyelenggaraan pemerintahan kampung.

    "Bapekam didalam pelaksanaan tugasnya memiliki kedudukan yang setara dengan pemerintahan kampung dan memiliki peran sebagai mitra kerja penghulu," kata Alfedri. 

    Lanjutnya, selain menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat  saudara-saudara juga berperan melakukan pengawasan jalannya roda pemerintahan kampung agar selalu berada dalam koridor yang benar dalam mendukung visi dan misi Kabupaten Siak.

    Alfedri berpesan agar Bapekam terpilih untuk segera mempelajari tugas dan kewajiban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    "Pesan saya,segera pelajari dan pahami tugas kewajiban dan wewenang saudara-saudara sebagai Bapekam sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan jalinlah komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh kelembagaan yang ada di tingkat kampung," ucapnya.

    Bupati kemudian menjelaskan bahwa aparatur yang telah di pilih masyarakat untuk menduduki suatu jabatan merupakan pelayan bagi masyarakat.

    "Aparatur negara maupun pejabat publik yang telah dipilih masyarakat sejatinya ialah pelayan bagi masyarakat, saya Bupati juga pelayan masyarakat, pak Camat, Lurah, Kepala Kampung, Bapekam juga merupakan pelayan masyarakat. Sudah seharusnya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sesuai dengan tugas dan jabatan yang diemban," urainya.

    Pada kesempatan selanjutnya, Bupati Alfedri menekankan bahwa dalam masa kenormalan baru, peran lebih Bapekam sangat diharapkan untuk ikut membantu  mensosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat.

    "Pada era kenormalan baru ini, Saya harap peran lebih Bapekam dalam ikut berperan membantu Penghulu dalam mensosialisasikan pola hidup sehat sehari-hari bagi masyarakat," ucap Bupati Siak itu. 

    Alfedri meneruskan, "Kenormalan baru ini bukan berarti kita semua telah terbebas dari covid-19, namun sebaliknya kita dipaksa untuk hidup berdampingan dengan virus mematikan ini". 

    Ia meneruskan, "maka dari itu saya sangat berharap kepada seluruh masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan, dengan sering mencuci tangan,memakai masker,dan menjaga jarak di setiap aktifitas sehari-hari," harapnya.

    Di akhir sambutannya Alfedri mengharapkan dengan telah dilantiknya Bapekam tiga kampung ini akan mampu meningkatkan pelayanan pemerintahan Kampung kepada masyarakat.

    "Tentu harapan kita bersama,dengan telah saya lantik Bapekam Kampung Pinang Sebatang Barat,Kampung Muara Bungkal, dan Kampung Teluk Mesjid ini dapat meningkatkan pelayanan pemerintahan Kampung kepada masyarakat," tutupnya.

    Acara ini juga di hadiri oleh Asisten I Setda Kabupaten Siak Budi Yuwono, Camat Tualang Zalik Efendi beserta Upika Kecamatan Tualang, Penghulu Pinang Sebatang Barat Herman, tokoh dan masyarakat Pinang Sebatang Barat. (rilis/fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Lantik Bapekam, Bupati Alfedri : Segera Pahami Tugas dan Wewenang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kegiatan Keramaian, Jika Sudah Kantongi Surat Rekomendasi dari Gugus Tigas Covid-19
    02 Akibat Salah Paham dan Mengkomsumsi Narkoba, Pelaku Pembacokan Di Dayun Akhirnya Tertangkap
    03 Hari Terakhir Ops Patub Lancang Kuning 2020, Sat Lantas Polres Pelalawan Bagikan Kotak P3K, Helm Dan 187 Kendaraan Ditilang
    04 Pasien positif Covid-19 di Kabupsten Pelalawan Berjumlah 16 orang Sembuh 3 orang
    05 Polsubsektor Pelalawan Melaksanakan Patroli Karhutla, Sekalian Pengecekan Kanal Bloking Dibuat oleh CV Arya Bumi Riau Teknik
    06 Pilkada Bengkalis 2020, Aktivis Mahasiswa dan Generasi Milenial Dukung Program Pendidikan AMAN
    07 Polsek Sei Kijang Laksanakan Kegiatan Kebiasaan Adaptasi Baru Covid-19
    08 Reses Anggota DPD-RI, MISHARTI Serap Aspirasi Warga Desa Kiyap Jaya Pelalawan Riau
    09 Festival Siak Bermadah Ikut Dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020
    10 5 Agustus 2020, Pemkab Meranti Mulai Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Pelajar Tingkat SMP Sederajat
    11 Tetap Kedepankan Independen, PWI Bengkalis "Welcome" Kepada Siapapun
    12 Curi 3 Kardus Rokok, Pasutri Asal Dayun Siak Berhasil Ditangkap Polsek Tapung Hilir Kampar
    13 Guna Cegah C3, Personil Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Patroli di Perumahan Penduduk yang Ditinggal Liburan
    14 Masuk Dalam Bursa Calon Kepala Daerah Pilkada Bengkalis 2020, Iyeth Bustami Berpotensi Sapu Suara Swing Voters
    15 Produksu Pertanian Holtikultur Tak Terkendala pandemi, Bupati Alfedri Bersama Warga Panen Semangka
    16 Sambagi Rumah Korban Kebakaran Warga Minas Barat, Bupati Alfedri Serahkan Bantuan dan Uang Tunai
    17 Pondok Pesantren Kembali Di Buka, Ini Pesan Bupati Alfedri
    18 Kapolsubsektor Pelalawan Zulmaheri Lakukan Penerapan Pola Adaptasi Untuk Menghadapi Wabah Virus Covid-19
    19 Polsek Bandar Sei Kijang Bersama Masyarakat Berhasil Tangkap2 orang Diduga Pelaku Curanmor
    20 Safari Jum'at, H.Alfedri: Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan Langkah Terbaik Dalam Memerangi Penyebaran Covid-19
    21 Bupati Alfedri: Mari Bersama Kita Mengambil Ibrah Dari Kisah Pengorbanan Nabi Ibrahim
    22 Hari Raya Idul Adha 1441 H, Rahmah Yenny Kembali Sumbang Hewan Qur'ban Satu Ekor Sapi di Desa Sepahat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI