Senin, 20-01-2020 - 19:30:26 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Alhamdulilah, Layanan Aplikasi CCTV dan WiFi Pelabuhan Roro Air Putih Sei Selari Kembali Normal | | 3 Pelaku Diduga Bandar Sabu Berhasil Diringkus Sat Res Narkoba Polres Siak | | Tidak Sesuai Ketentuan, Bawaslu Bongkar Paksa APK di Bengkalis | | Kembangkan Sayap Bisnis Baru, WW Group Resmikan Usaha Grand Opening D'Golden Bakery | | Sidang Paripurna, Perubahan APBD Bengkalis Sudah Ditetapkan 3,159 Triliun | | Polsek Koto Gasib Tanam Pepaya Bersama Poktan Subur Jaya di Pangkalan Pisang
 
Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum
Senin, 20-01-2020 - 19:30:26 WIB

TERKAIT:
 
  • Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Anggota DPRD Kabupaten Siak, Sudharman menyebutkan, bahwa pembatalan yang dilakukan oleh Tim pengawas (Timwas) pemilihan kepala kampung 2019, terhadap pembatalan pelaksanaan pemilihan kepala kampung Benteng Hulu, sehingga berujung gagalnya dilantik Penghulu terpilih, Sadam, pada tanggal 27 Desember 2019, akhirnya berlanjut.
     
    "Kami melihat sistem pembatalan atau prosesnya cacat hukum. Menurut kami kenapa cacat hukum, harusnya pihak yang mengajukan keberatan harusnya mereka mengajukan ke PTUN, bukan kepada panitia, karena panitia hanya pelaksana, Bapekam sebagai KPU, katanya, bahasanya seperti itu, kalau bahasa kita panitia sebagai KPPS. Kami melihat ini ada cacat hukum, harusnya orang yang kalah ini tadi,  melaporkan keberatannya ke PTUN dan harus prosesnya ke PTUN serta pembuktian di PTUN, saya melihat disini, ini bertindak sebagai hakim disini," ujar Politisi PKS, Sudharman, dalam hearing berlangsung di Kantor DPRD Kabupaten Siak, Senin (20/1/2020).

    hadir pada acara Hearing DPRD Siak tersebut, Sadam didampingi Penesehat hukumnya Azuhri Alpazuhri, mengikuti hearing bersama Ketua Komisi 1 Syamsurijal, S.H, M.kn dan Timwas Pilkampung 2019, Panitia Pilkampung Benteng Hulu dan anggota Dewan komisi 1 DPRD Kabupaten Siak.

    Sudharman menilai, pemutusan dilakukan, tidak bisa diputuskan asal memutuskan, jadi pemilu itu diputuskan secara hukum. Kalau misalnya Ia batal secara hukum, kalau misalnya kami tidak terpilih dibatalkan ke MK bukan ke Pengawas pemilu, pengawas pemilu hanya meneruskan laporan ke PTUN.

    "Yang kami tuntut bukan kesalahan, tapi adalah prosesnya. Gak ada pembuktian kalah menang itu melalui musyawarah, pasti di pengadilan, kalau kami MK, kalau desa ke PTUN. Kalau sudah diproses di PTUN dia kalah, baru diputuskan oleh PTUN, baru batal gak jadi menang. Baru pihak penyelenggara membatalkan itu," tegasnya.

    Kita menggaris bawahi ini, jangan sampai kita tidak berlaku adil kepada siapapun, ini terzholimi pak Sadam ini. Kalau terzholimi do'anya makbul, saya yakin itu.

    Sementara itu, Penesehat hukum Sadam Penghulu gagal dilantik, Azuhri Alpazuhri mengatakan, bahwa pemilihan Pilkampung pada tanggal 20 Desember kemaren, itu berdasarkan Perda No 3 tahun 2015, rekomendasi yang disampaikan Bapekam Benteng Hulu Kecamatan Mempura itu tentang pembatalan penetapan Penghulu, bukan pembatalan proses pemilihan Penghulu Benteng Hulu.

    Dengan hal itu, Tim pengawas pemilihan Penghulu Kabupaten Siak tahun 2019 dan kecamatan, seterusnya Bapekam harus berjalan di rel yang benar karena mereka telah melanggar aturan sendiri, tufoksi ada di pasal 65. Di pasal 65 di Perda No 3 tahun 2015 itu menjelaskan, bahwa sifat keputusan mereka bukan membatalkan, tetapi mereka hanya merekomendasikan kepada Bupati.

    Selain itu, pelanggaran yang dilakukan tim pengawas ini adalah pasal 48, 49, dan 50. Perda ini mengatakan tentang tata cara penyelesaian sengketa pemilihan, jadi tatacara penyelesaian sengketa pemilihan yang dilakukan dari A sampai Z itu semua berisikan tentang rekomendasi bukan tentang pembatalan. Disitu jelas itu, bahkan di point terakhir yaitu pasal 50 dinyatakan bahwasanya rekomendasi akhirnya tetap dilantik menjadi calon terpilih atau kepala kampung.

    PH Hukum Sadam menyayangkan sikap Timwas yang membatalkan pemilihan Penghulu Benteng Hulu, seharusnya tidak, pihak penyangga seharusnya mengajukan ke PTUN untuk membuktikan, masa kami yang mengajukan ke Hukum, ini tidak logis secara hukum.
     
    "Kalau kita lihat logikanya, kalau tidak diputus secara pengadilan, Ia (Sadam, Penghulu terpilih Benhul, red) tetap harus dilantik, diharapkan timwas cakap membaca karena ini peraturan dibuat sendiri," sindirnya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Alhamdulilah, Layanan Aplikasi CCTV dan WiFi Pelabuhan Roro Air Putih Sei Selari Kembali Normal
    02 Tidak Sesuai Ketentuan, Bawaslu Bongkar Paksa APK di Bengkalis
    03 Kembangkan Sayap Bisnis Baru, WW Group Resmikan Usaha Grand Opening D'Golden Bakery
    04 3 Pelaku Diduga Bandar Sabu Berhasil Diringkus Sat Res Narkoba Polres Siak
    05 Sidang Paripurna, Perubahan APBD Bengkalis Sudah Ditetapkan 3,159 Triliun
    06 Polsek Koto Gasib Tanam Pepaya Bersama Poktan Subur Jaya di Pangkalan Pisang
    07 Pj Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi Siap Lanjutkan Program Pembangunan
    08 Mengawali Tugas, Pjs Bupati Siak Pimpin Rapat Koordinasi Perdana
    09 Pembunuhan Pengusaha Rental Mobil, Polda Riau Merilis Foto Dua Pelaku Yang Kini Masih DPO
    10 Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi Hadiri Peresmian Objek Ekowisata Mangrove Desa Pangkalan Jambi Tahun 2020
    11 Polda Riau Berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan Berencana Yang Disertai Curas Terhadap Korban Sdr M. Alhadar
    12 Kronologi Penangkapan 2 Pelaku Pembunuhan Pengusaha Rental Mobil Di Pekanbaru Riau
    13 Pelaku Pembunuhan Pungusaha Rental Mobil Pekanbaru, Berhasil Ditangkap Di Kota Binjai Sumut
    14 Didampingi Suami Tercinta Iyeth Bustami pulang Kampung Halaman Hadiri Resepsi Pernikahan
    15 Gubernur Riau Resmi Lantik H Syahrial Abdi Sebagai Pj Bupati Bengkalis
    16 Polsek Koto Gasib berhasil Tangkap Diduga Pelaku Pencabulan Setelah 9 Bulan Kabur
    17 Gubri Resmi Lantik Indra Agus Lukman Sebagai Pjs Bupati Siak
    18 Gubernur Syamsuar Lantik Pj Dan 4 Pjs Bupati Di Riau
    19 Terjadi Lakalantas Mobil Tangki CPO Tabrak warung, Satu Anak Meninggal Dunia, Lainya Luka Serius
    20 Disambar Petir, Layanan Aplikasi CCTV dan WiFi Pelabuhan Roro Air Putih Sei Selari Terganggu
    21 Hasil Rapat Pleno KPU Pelalawan, Pencabutan Nomor Urut Paslon Pilkada 2020
    22 Wujudkan Smart City, Kabupaten Siak Resmikan Portal Siak Bedelau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI