Kamis, 28-11-2019 - 17:58:07 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Perubahan Status Dokter Aisyah Hanya Dikembalikan ke Fungsional, Ini Penjelasan Kepala BKD Meranti | | Tidak Hentinya Polres Meranti Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat | | Praktisi Hukum Apul Sihombing SH MH Minta Penegak Hukum Dan Instansi Terkait Untuk Memproses Kasus Karhutla Di Pelalawan | | Bupati Suyatno Instruksikan, Pengerjaan Hutan Kota Harus Tepat Waktu | | Ketua Forikan Siak Latih Kaum Ibu di Kandis dan Minas Mengolah Pangan Berbahan Ikan | | Bupati Alfedri, Buka Kejuaraan Tenis Lapangan Piala Pelti Cup Siak 2020
 
Samakan Visi Perlindungan Anak, Pemkab Siak Taja Seminar Sehari
Kamis, 28-11-2019 - 17:58:07 WIB

TERKAIT:
 
  • Samakan Visi Perlindungan Anak, Pemkab Siak Taja Seminar Sehari
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Dalam rangka penyatuan visi antar pemangku kepentingan terhadap perlindungan anak, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Siak mengadakan seminar sehari Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH), Kamis (28/11/2019).

    Seminar sehari ini di buka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Siak H Jamaludin, diikuti 150 orang peserta dan melibatkan Narasumber dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Republik Indonesia Hadi Utomo, Narasumber dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau Ariston Hotman Turnip, Forkopimda, Tenaga Pendidik, Peserta didik, Forum Anak Kabupaten Siak serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak.

    Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, H Jamaludin dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya konsep perlindungan bagi anak, namun demikian kesadaran yang tinggi saja terbukti tidak cukup untuk memberikan kesejahteraan dan perlindungan bagi anak, diperlukan langkah-langkah yang kongkrit, terkoordinasi, terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

    "Kita sendiri sering mendengar bahwa kekerasan dan pelecehan terhadap anak itu masih banyak terjadi di daerah kita ini, baik di Kabupaten Siak maupun skop Nasional. Tentu saja ini menyedihkan hati kita, walaupun sudah banyak upaya-upaya yang kita lakukan secara terkoordinasi dan bersama, namun kekerasan terhadap ini masih juga kita temukan," sebut Jamal.

    Lebih lanjut Jamal menjelaskan meskipun perlindungan anak telah ada dalam berbagai sektor pembangunan, lanjut Jamal, masing-masing sektor tersebut selama ini masih bertindak dan melakukan perlindungan anak secara terpisah dengan visi, misi, target dan sasaran yang berbeda-beda. Padahal upaya untuk melindungi anak tersebut terlalu riskan bila dilakukan secara parsial, terpisah dan sektoral.

    "Misalkan dalam setiap kegiatan rencana pembangunan yang di laksanakan di Kabupaten Siak ini kita selalu mengikutsertakan anak-anak kita, terutama melalui forum anak untuk bersama-sama kita rencanakan pembangunan khususnya yang berkaitan dengan anak. Begitu juga dengan kegiatan yang lain kita selalu mengikutsertakan anak, namun hal itu belum cukup. Oleh karena itu kita memerlukan sistem dan pola kebijakan bersama dalam berbagai bidang pembangunan kesejahteraan dan perlindungan anak yang holistik, terintegrasi dan berkelanjutan," ujarnya. 

    Selanjutnya, Jamal mengharapakan melalui seminar ini agar mendengarkan arahan dan informasi yang sangat berharga dari narasumber, dan nantinya peserta dapat berdiskusi serta berdialog terkait mungkin saja ada permasalahan yang terjadi di lingkungan ataupun di sekolah.

    "Melalui seminar sehari ini kita harapkan ada pencerahan dan wawasan yang baik untuk perkembangan dan perlindungan anak di Kabupaten Siak, sehingga ini bisa membantu mengurangi terjadinya masalah hukum terhadap anak di kabupaten siak ini," ucapnya.

    Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Siak, Ulfah Hanum melaporkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencegah kekerasan terhadap anak, yang terbagi diantaranya, terbangunnya sistem hubungan dan pengendalian untuk mewujudkan pengasuhan yang mendukung relasi yang aman untuk mencegah kekerasan, meningkatnya keterampilan hidup dan ketahanan diri anak dalam mecegah kekerasan serta terbagunnya mekanisme yang efektif untuk mengidentifikasi, mendeteksi, menolong dan melindungi anak yang menjadi korban atau pelaku mencapai keadilan hukum.

     "Dalam rangka memperhatikan keberadaan anak di sekitar kita, perhatian ini tidak hanya semata memenuhi kebutuhan hidup dan memberi kehidupan yang layak, tapi juga dalam perlindungan terhadap anak dari berbagai bentuk kekerasan. Menanggapi isu terkini mengenai pertubuhan teknologi komunikasi, media dan fenomena sosial kekinian yang menyangkut anak dan peran orang tua, guru serta masyarakat sebagai komponen utama dalam bentuk kepedulian lingkungan maupun tanggungjawab pengawasan, serta tersosialisasikannya undang-undang sistem peradilan pidanan anak," pungkasnya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Samakan Visi Perlindungan Anak, Pemkab Siak Taja Seminar Sehari
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Praktisi Hukum Apul Sihombing SH MH Minta Penegak Hukum Dan Instansi Terkait Untuk Memproses Kasus Karhutla Di Pelalawan
    02 Bupati Alfedri Hadiri Rakor Karhutla Provinsi Riau
    03 Ketua Fraksi Golkar Desak Penegak Hukum Proses Dugaan Karlahut PT Arara Abadi
    04 Bupati Suyatno Instruksikan, Pengerjaan Hutan Kota Harus Tepat Waktu
    05 Ketua Forikan Siak Latih Kaum Ibu di Kandis dan Minas Mengolah Pangan Berbahan Ikan
    06 Tidak Hentinya Polres Meranti Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat
    07 Kades Air Terjun Dan Pemuda Tambun Kecewa, Intansi Terkait Diduga Tidak Berani Menindak Lanjuti Keluhan Masyarakat
    08 Plh Bupati Bengkalis Aktifkan Kembali Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
    09 Perubahan Status Dokter Aisyah Hanya Dikembalikan ke Fungsional, Ini Penjelasan Kepala BKD Meranti
    10 PT SP Diduga Menanam Sawit Diatas Kuburan Dan Termasuk Daerah Aliran Sungai Pun Ditanami
    11 Bupati Alfedri, Buka Kejuaraan Tenis Lapangan Piala Pelti Cup Siak 2020
    12 Inyak Allah, Transportasi Selatpanjang-Pekanbaru Via Buton Sudah Normal
    13 PPDB SDN 005 Desa Kiyap Jaya Tidak Berbasis Online
    14 Hadiri Penyaluran BLT, Camat 3T Imbau Warga Jangan Main Api
    15 Kebakaran Hutan Kembali Terjadi di Kecamatan Pangkalan Kerinci
    16 Krisis Pangan Akibat Pandemi Covid-19, Ketua Tim Penggerak PKK Berharap Kader PKK Bisa Membantu Masyarakat
    17 Mahasiswa (HIPMAWAN) Geram Dan Minta Bupati Copot Camat Kerumutan
    18 AKBP Indra Wijatmiko Sik Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres Pelalawan
    19 Plh Bupati Bengkalis Apresiasi Perusahaan Swasta dan Camat Bandar Laksamana Penyaluran BLT DD Tahap III
    20 Data Bansos Masih Amburadul, Pj Sekda Siak Berjanji Evaluasi Kembali
    21 Stuban Bansos, Komisi II DPRD Kampar Kunker ke Dinas Sosial Kabupaten Siak
    22 Cegah Karhutla di Siak, RAPP dan 3 Desa di Kabupaten Siak Lakukan MoU
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI