Kamis, 13-06-2019 - 17:50:11 WIB
Follow Us ON :
 
 
| PT SP Diduga Menanam Sawit Diatas Kuburan Dan Termasuk Daerah Aliran Sungai Pun Ditanami | | Plh Bupati Bengkalis Aktifkan Kembali Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan | | Stuban Bansos, Komisi II DPRD Kampar Kunker ke Dinas Sosial Kabupaten Siak | | Cegah Karhutla di Siak, RAPP dan 3 Desa di Kabupaten Siak Lakukan MoU | | Pemkab Siak - Forkopimda Gelar Upacara Virtual HUT Bhayangkara Ke-74, Sesuai Protokol Covid-19 | | Krisis Pangan Akibat Pandemi Covid-19, Ketua Tim Penggerak PKK Berharap Kader PKK Bisa Membantu Masyarakat
 
Tingkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Kearsipan, Pemkab Siak Gelar Sosialisasi Kearsipan Bersama Inst
Kamis, 13-06-2019 - 17:50:11 WIB

TERKAIT:
 
  • Tingkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Kearsipan, Pemkab Siak Gelar Sosialisasi Kearsipan Bersama Inst
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Pemerintah kabupaten Siak Taja Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah Kabupaten Siak, sebagai salah satu bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Siak, dalam melaksanakan pembinaan dan pengolahan kearsipan di Kabupaten Siak.

    Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Siak Jamaludin saat membuka secara resmi Sosialisasi Kearsipan di Lingkungan Pemkab Siak dan Instansi Swasta Tahun Anggaran 2019, Kamis (13/6/2019) di Ruang Rapat Sri Indrapura, Kantor Bupati Siak, Kabupaten Siak, Riau.

    Hadir dalam sosialisasi ini Kepala Subdirektorat Daerah II A Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Majuni Susi, Kepala Bidang Pembinaan Pengawasan dan Pengelilaan Kearsipan Kab siak Irwan Susanto, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak H Muhammad Arifin, serta Camat se Kabupaten Siak.

    Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Siak, Jamaludin mengatakan sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terhadap kearsipan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

    "Selama ini kita melihat bahwa belum semua pimpinan opd termasuk juga pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak menganggap penting kearsipan ini, padahal kita tahu bahwa kearsipan sangat penting dalam tata pengelola pemerintahan terutama di kabupaten siak, karena arsip ini merupakan suatu bukti resmi yang bisa dijadikan bukti dalam suatu hal pengadilan," sebutnya.

    Lebih lanjut Jamaludin menyampaikan bahwa dikantor-kantor Pemerintah Kabupaten Siak selama ini masih ada arsip tidak dikelola secara baik karena pemahaman kita pada arsip itu belum sama, sehingga ada dokumen-dokumen yang sangat penting bagi keselamatan dan keamanan Pemerintah Kabupaten Siak ini terkadang diabaikan begitu saja, bahkan terkadang diletakkan di sembarang tempat.

    "Maka sebab itulah Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen kedepannya akan lebih hati-hati soal Arsip," ungkap Jamal.

    Selanjutnya Jamal juga mengharapkan kedepan adanya kesetaraan pemahaman tentang kearsipan ini, jadi baik eselon III eselon IV maupun Staf harus mempunyai pemahaman yang sama mengenai tata pengelola kearsipan di kabupaten siak.

    "Tahun 2017 kearsipan kita masih dalam kategori kurang, karena memang perhatian kita terhadap kearsipan ini memang kurang. Alhamdulilah sejak 2018 hingga 2019 ini itu sudah meningkat dan predikat kategori lebih baik. Tahun 2020 mendatang kita akan lakukan pengawasan dan pembinaan arsip di masing-masing OPD," tegasnya.

    Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak, H Muhammad Arifin melaporkan, adapun maksud dan tujuan dari sosialisasi dari kearsipan ini adalah agar terciptanya peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip di masing masing OPD.

    "Tujuannya yang pertama adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dari pada pengelolaan arsip yang ada di masing-masing OPD, kedua menyediakan layanan informasi arsip untuk kasi dan pimpinan pengelolaan arsip di OPD maupun di masyarakat, dan yang ketiga terwujudnya terapan kesadaran arsip sebagai salah satu bentuk smart goverment yang ada dinlingkungan kab siak," terang H Muhammad Arifin.

    Selanjutnya Arifin, menjelaskan bahwa mereka selaku perwakilan dari lembaga kearsipan daerah tahun 2019 ini menyiapkan perangkat-perangkat dan pembinaan terhadap OPD untuk penyerahan arsip ini.

    "Dan 2020 mendatang nanti kami dari Lembaga Arsip Daerah (LAJ) akan melakukan audit kearsipan di masing-masing OPD, karena hasil audit ini nantinya akan menjadi penilaian indeks daripada reformasi birokrasi nantinya. Apabila kearsipan kita nilainya buruk maka nanti akan berpengaruh pada kinerja pemda, oleh karena itu di tahun 2019 ini kami berusaha juga untuk melakukan pembinaan konsultasi dan lain sebagainya terhadap masing-masing OPD. Khususnya  dalam mempersiapkan hal-hal yang berkenaan dengan arsip dinamis dan arsip aktif," jelasnya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Tingkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Kearsipan, Pemkab Siak Gelar Sosialisasi Kearsipan Bersama Inst
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Plh Bupati Bengkalis Aktifkan Kembali Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
    02 PT SP Diduga Menanam Sawit Diatas Kuburan Dan Termasuk Daerah Aliran Sungai Pun Ditanami
    03 Pazriyanto Terpilih Ketua Umum RUMPUT Periode 2020 - 2022
    04 Inyak Allah, Transportasi Selatpanjang-Pekanbaru Via Buton Sudah Normal
    05 PPDB SDN 005 Desa Kiyap Jaya Tidak Berbasis Online
    06 Hadiri Penyaluran BLT, Camat 3T Imbau Warga Jangan Main Api
    07 Kebakaran Hutan Kembali Terjadi di Kecamatan Pangkalan Kerinci
    08 Krisis Pangan Akibat Pandemi Covid-19, Ketua Tim Penggerak PKK Berharap Kader PKK Bisa Membantu Masyarakat
    09 Mahasiswa (HIPMAWAN) Geram Dan Minta Bupati Copot Camat Kerumutan
    10 AKBP Indra Wijatmiko Sik Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres Pelalawan
    11 Plh Bupati Bengkalis Apresiasi Perusahaan Swasta dan Camat Bandar Laksamana Penyaluran BLT DD Tahap III
    12 Data Bansos Masih Amburadul, Pj Sekda Siak Berjanji Evaluasi Kembali
    13 Stuban Bansos, Komisi II DPRD Kampar Kunker ke Dinas Sosial Kabupaten Siak
    14 Cegah Karhutla di Siak, RAPP dan 3 Desa di Kabupaten Siak Lakukan MoU
    15 Selama 20 Hari, Polres Pelalawan Berhasil Tangkap 16 Diduga Pelaku Narkoba
    16 Satlantas Polres Meranti Berikan 17 SIM dan Ingatkan Warga Tertib Berlalu Lintas
    17 Bupati Irwan Ucapkan Selamat dan Berharap Polri Semakin Profesional, Modern dan Terpercaya
    18 Pemkab Siak - Forkopimda Gelar Upacara Virtual HUT Bhayangkara Ke-74, Sesuai Protokol Covid-19
    19 Tuntut Komitmen Komitmen Perusahaan, Koperasi TTS Bukit Batu Hentikan Produksi PT SPM
    20 Bupati Irwan Berika Masukan Kepada KPU dan Bawaslu Jelang Pilkada Serentak 2020
    21 Cegah Karlahut Diwilayah Kepulauan Meranti, Bupati Irwan Teken MoU Program Desa Bebas Api Bersama PT RAPP
    22 Kapolsek Tebing Tinggi Sambangi Desa Sesap Saling Berbagi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI