Rabu, 01 Februari 2023
Follow Us ON :
 
 
 
| Ketua DPRD Siak Angkat Bicara Terkait Pekerja Tewas Di PT BSP | | Wabup Siak Jadi Pembina Apel Senin Bersama, Ini Pesan Husni | | Audensi bersama Bupati Bengkalis, Kasmarni Akan Hadir Pelantikan JMSI | | Sempena HPN Ke-77, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah PEKANBARU, DELIK RIAU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah dalam rangka | | Bupati Afrizal Sintong Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil | | MPC PP Bengkalis Utus 22 Anggota Ikuti Diklat Kaderisasi
 
Nama Pejabat Tinggi Diduga Diperiksa Reskrimsus Polda Riau Efek Normalisasi Sungai Kerumutan
Kamis, 08-12-2022 - 19:42:25 WIB

TERKAIT:
   
 

PELALAWAN, DELIK RIAU - Pengerjaan pencucian Sungai Kerumutan (Normalisasi) Kabupaten Pelalawan, Riau, yang dilaporkan oleh Yayasan Anak Rimba Indonesia (ARIMBI) ke Reskrimsus Polda Riau pada Oktober lalu dikabarkan telah memanggil para pihak guna dilakukan pemeriksaan.

Menurut ketua Yayasan ARIMBI, Mattheus didalam rilis yang diterima awak media, sedikitnya sebanyak 8 (Delapan) perusahaan diduga kuat terlibat dalam kasus yang dilaporkannya Dua bulan lalu itu. Selain pemegang izin HGU, pemilik izin HTI juga dikabarkan terlibat.

Dalam laporan bernomor 026/Yayasan-ARIMBI/LP/X/2022 tertanggal 31 Oktober 2022 tersebut, selain melaporkan Bupati dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pelalawan. Delapan perusahaan yang terseret dalam kasus yang dilaporkannya, diantaranya PT Sari Lembah Subur (PT SLS), PT Gandaerah Hendana, PT Arara Abadi, PT Pertamina Hulu Energi Kampar (PT PHE), PT Mekarsari Alam Lestari (PT MAL), PT Mitra Tani Nusa Sejati (PT MTNS), PT Karya Panen Terus (PT KPT) dan PT Sungai Nago Belingko.

Ia meyakini selain dugaan pengerusakan lingkungan pada kegiatan normalisasi sungai dikawasan Suaka Margasatwa Kerumutan, ada indikasi abuse of power oleh Bupati Pelalawan dalam pembentukan konsorsium beberapa perusahaan.

"Mulai dari menginisiasi pembentukan konsorsium beberapa perusahaan, penunjukan pelaksana pekerjaan hingga pengumpulan dana patungan. Sampai-sampai untuk meminta dana tersebut, Bupati menggunakan Kop Surat Pemerintah Kabupaten Pelalawan,” ungkap Mattheus usai memberikan keterangan kepada penyidik Direktorat kriminal khusus, Senin (28/11/2022) lalu di Mapolda Riau.

Mattheus membeberkan, semua bukti-bukti tertulis mengenai kasus yang dilaporkan nya sudah lengkap sampai ke meja penyidik.

“Kasus yang sedang bergulir ini bukan hanya terkait pidana lingkungan, tetapi ada dugaan “abuse of power” oleh Bupati, sehingga pantas dilakukan penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi atas pengambilan sejumlah uang Corporate Social Resposibility (CSR) yang diduga menyalahi peraturan perundang-undangan,” tegas Mattheus.

Dari informasi yang didapat, besaran nilai dana CSR yang dikumpulkan diduga mencapai Rp 1.100.000.000,- (Satu miliyar seratus juta rupiah).

Dari penelusuran investigasi mencuat nama PT. Sungai Nago Belingko (PT. SNB) yang disebut-sebut sebagai perusahaan pihak ketiga dalam konsorsium beberapa perusahaan penyumbang dana CSR.

Ketika coba diklarifikasi pihak PT SNB melalui nomor handphone yang tertera dilaman website Kemenkumham dengan nomor +62 853-7588-xxxx membantah jika nomor tersebut milik perusahaan.

"Bukan pak. Maaf salah sambung ," jawab pemilik nomor yang tertera dilaman website Kemenkumham ketika hendak dimintai klarifikasi, Rabu (08/12/2022).

Namun setelah diperlihatkan screenshot adanya nomor tersebut diprofil perusahaan tersebut yang dicantumkan dilaman website Kemenkumham, jawabannya justru berbanding terbalik dari sebelumnya.

"Biar sy sampaika kpd pemilik perihal yg ingin bpk sampaikan pak," jawabnya. 

Kabid Humas Polda Riau, Kombespol Sunarto sejauh ini belum menjawab ketika ditanyakan progres pemeriksaan maupun siapa saja pihak-pihak yang telah dipanggil dalam penyidikan. (AK/Team)



 
Berita Lainnya :
  • Nama Pejabat Tinggi Diduga Diperiksa Reskrimsus Polda Riau Efek Normalisasi Sungai Kerumutan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ketua DPRD Siak Angkat Bicara Terkait Pekerja Tewas Di PT BSP
    02 Audensi bersama Bupati Bengkalis, Kasmarni Akan Hadir Pelantikan JMSI
    03 Wabup Siak Jadi Pembina Apel Senin Bersama, Ini Pesan Husni
    04 Sempena HPN Ke-77, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah PEKANBARU, DELIK RIAU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah dalam rangka
    05 Bupati Afrizal Sintong Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil
    06 MPC PP Bengkalis Utus 22 Anggota Ikuti Diklat Kaderisasi
    07 Peserta Terbanyak di Indonesia, Diklat Kaderisasi MPW Pemuda Pancasila Riau Catatkan Rekor
    08 Panwascam Menpura Buka Pendaftaran Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa, ini Syaratnya
    09 Drag Race Kapolres Siak Cup 14 dan 15 Januari 2023 Gairahkan Ekonomi Masyarakat Siak
    10 Sita Tiga Senpi, Tim Jatanras Polda Riau Berhasil Tangkap Dua Warga Kwalian Siak
    11 Satres Narkoba Polres Siak Mengamankan Dua Orang Terduga Pengedar Narkotika, Ditangan Pelaku Diamankan 50 Gram Diduga Narkotika Jenis Shabu
    12 Polsek Rokan IV Koto Respon Cepat, Jemput Maling Sepeda Motor
    13 Menguak Fakta Cairan Sperma Pria Bisa Bikin Wanita Awet Muda
    14 Hasil Razia Warung Remang-remang, Polres Siak Berhasil Mengamankan 3 PSK
    15 Polres Lamsel Berhasil Geruduk Tambang Emas Ilegal
    16 Sebagai Peringatan Terakhir, Sat Pol PP Segel Hotel GR Di Kota Siak
    17 Pemilik dan Petinggi Media Ciber Berkumpul di Duri, Ini yang Dibahas
    18 Satres Narkoba Polres Siak Berhasil Tangkap Diduga Bandar Shabu-shabu Di Tualang
    19 Harga Laptop Gaming ASUS dan Hal-Hal yang Perlu Gamers Perhatikan Sebelum Membelinya
    20 PT Berlian Inti Mekar Rengat Berikan Bantuan CSR Untuk Masyarakat Sekitar Dan Karyawan
    21 Pele, Legenda Sepak Bola Brasil Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun
    22 Akibat Cemburu, Jadi Alasan Suami Bunuh Istri
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI