Selasa, 19-01-2021 - 17:55:06 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi | | Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi | | Sat Intelkam Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas dan Memberikan Batuan Kepada Napi Asimilasi Agar Meminimalisir Terulangnya Kejahatan | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat | | Meminimalisir Terulangnya Kejahatan oleh Napi Asimilasi, Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas
 
Presiden Jokowi Dorong Pelaku Usaha, Sebanyak 56 Pengusaha 196 UMKM Bersaing Secara Global Termasuk PT RAPP
Selasa, 19-01-2021 - 17:55:06 WIB

TERKAIT:
 
  • Presiden Jokowi Dorong Pelaku Usaha, Sebanyak 56 Pengusaha 196 UMKM Bersaing Secara Global Termasuk PT RAPP
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU – Mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI melakukan Penandatanganan Komitmen Kerjasama Usaha Besar antara Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMA/ PMDN) dengan mitra UMKM, Senin (18/01/2021) secara virtual di PT RAPP Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Riau.

    Sebanyak 56 pengusaha besar dan 196 UMKM turut serta pada kegiatan ini, termasuk PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan mitrabinanya. Kegiatan ini juga disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dari Istana Bogor.

    Dalam pemaparannya, Presiden mengatakan kerja sama ini harus terus ditingkatkan agar bisa membantu para pelaku UMKM terus berkembang tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di pasar global. 

    “Kerja sama ini sangat penting agar UMKM kita bisa masuk ke rantai produksi global. Selain itu kerja sama ini juga meningkatkan kualitas UMKM menjadi lebih kompetitif,” kata Presiden Jokowi.

    Presiden Jokowo mengajak agar semua pihak, baik perusahaan dan UMKM mampu berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi.

    "Nilainya juga harus terus meningkat, sehingga cakupannya semakin luas dan mampu bersaing secara global," tega Presiden dua priode ini.

    Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadalia menuturkan kolaborasi antara perusahaan, UMKM dan pemerintah merupakan implementasi dari tujuan investasi yang berkualitas dan inklusif. Hal ini diharapkan berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi di daerah.

    “Kita harapkan terjadi keseimbangan investasi di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa sehingga berdampak positif terhadap pembangunan ekonomi di daerah," kata Bahlil Lahadalia.

    Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP), Budi Surlani mengapresiasi program Community Development (CD) RAPP yang telah membina para UMKM tempatan.

    “Saya kerap bertanya kepada perusahaan dan memang ada kebijakan untuk pekerjaan tertentu diberikan kepada pengusaha tempatan,” tuturnya.

    Salah satu mitra bina, Datuk Panglima Bungsu Mardianto mengaku sejak bermitra dengan RAPP usahanya terus meningkat dan mampu berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi di Pelalawan.

    “Selama ini kami selalu rutin berkomunikasi dengan RAPP sehingga apa yang kami lakukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Saat ini kami telah memiliki 30 unit kendaraan sebagai alat transportasi karyawan di kompleks perusahaan. Semoga ke depannya lebih bagus lagi,” tutur pemilik usaha bidang transportasi, PT Riau Mitra Pelalawan.

    CD Head RAPP, BR Binahidra Logiardi mengatakan kemitraan perusahaan dengan UMKM sudah terjalin sejak lama. Pihaknya terus menambah jumlah UMKM binaan agar bisa terlibat dalam rantai pasokan perusahaan. Mereka disebut sebagai Small Medium Entreprise (SMEs) di mana usaha mereka berhubungan langsung dengan operasional perusahaan, seperti menyalurkan media tanam seperti arang sekam, tenaga kerja, palet, bus karyawan dan sebagainya.

    “Hal itu merupakan komitmen perusahaan untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat dan kita akan terus kembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hingga saat ini, perusahaan telah membina sebanyak 266 UMKM yang berada di sekitar daerah operasional,” tuturnya.

    Binahidra memaparkan perusahaan telah melakukan pembinaan kepada mitra binanya dengan memberikan pelatihan soft skill maupun non-soft skill.

    Program ini, dilanjutkan Binahidra, merupakan bagian dari visi APRIL 2030 di mana perusahaan berupaya mendorong tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs) di Indonesia pada tahun 2030. APRIL 2030 juga mendorong kemajuan inklusif untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia melalui serangkaian inisiatif dalam menyediakan mata pencaharian. (rls/dr)



     
    Berita Lainnya :
  • Presiden Jokowi Dorong Pelaku Usaha, Sebanyak 56 Pengusaha 196 UMKM Bersaing Secara Global Termasuk PT RAPP
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi
    02 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa
    03 Sambil Menunggu Kesiapan Diskes, DPRD Rohil Siap Divaksinasi
    04 Gubri Syamsuar Ingatkan Jangan Sampai Terkena ISPA dan Corona
    05 Diduga PT.Arara Abadi Tumbang Kepung Sialang, LAMR Pelalawan Lakukan Kosolidasi Internal
    06 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.V)
    07 TNI AD Laksanakan Vaksinasi Serentak
    08 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat
    09 Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi
    10 Berawal dari Jual-Beli, Hingga Berakhir Sengketa Lahan Koperasi
    11 Bupati Alfedri Terima Kunjungan Anggota Komisi II DPR RI Andi Rachman
    12 Polres Siak Sosialisasikan Bahaya Penyalah Gunaan Narkoba Di Perawang
    13 32 Honorer Terima SK P3K dari Bupati Siak
    14 Sekda Arfan Usman Ikuti HUT Damkar ke 102 tahun, Tingkat Nasional
    15 Wabup H. Asmar Sidak Kondisi Ruang dan Kinerja Pegawai Dilingkungan Sekretariat, Ingatkan Jaga Disiplin dan Jauhi Narkoba
    16 Bupati dan Wakil Bupati Meranti H.M Adil-H. Asmar Sampaikan Visi dan Misi Serta 7 Program Strategis kepada DPRD
    17 Pembina Apel Senin Pagi, Bupati H.M Adil Ingatkan ASN Laksanakan Tupoksi Dengan Baik dan Melayani Dengan Ihklas
    18 Karena Zona Hijau, Bupati H.Adil Akan Koordinasi Dengan Kapolres dan Kajari Tentang Sekolah Tatap Muka
    19 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.IV)
    20 DLH Meranti Terus Terapkan Jadwal 4 Pembuangan Sampah
    21 Buka Musrenbang Tualang, Bupati Alfedri Minta Peruntukan Dana Desa Percepat Pemulihan Ekonomi
    22 l Janji Siap Wujudkan 7 Program Strategis H. Adil-H. Asmar, Siap Dikritik Jika Melenceng Dan Mohon Doa dan Dukungan Maayarakat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI