Senin, 05-10-2020 - 22:53:39 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Bawa Shabu, Diduga Oknum Perwira Menegah Polri di Riau Tertembus Timah Panas | | Kapolda Riau : Agresif Dan Lebih Tegas Berantas Narkoba, Polda Riau Kembali Berhasil Ungkap 36 Kg Sabu Dan Amankan 5 Tersangka | | Polsek Tualang Dirikan Dapur Umum Untuk Masyarakat | | Bupati Alfedri Resmikan Taman Syarifah Sembilan Kecamatan Sungai Apit Siak | | Jamaluddin : Kita Bertekad Kedepannya PT Persi Bisa Menjadi Perusahaan Terbesar di Kabupaten Siak | | Bupati Alfedri : Ubi Racun Bisa Menjadi Komoditi Primadona di Kabupaten Siak
 
Diwarnai Aksi Protes dan Adu Argumen, Bawaslu Se Riau Tertibkan 11.890 Baliho dan Spanduk Calon Bupati/Walikota
Senin, 05-10-2020 - 22:53:39 WIB

TERKAIT:
 
  • Diwarnai Aksi Protes dan Adu Argumen, Bawaslu Se Riau Tertibkan 11.890 Baliho dan Spanduk Calon Bupati/Walikota
  •  

    PEKANBARU, DELIKRIAU - Meskipun diwarnai aksi protes dan adu agumentasi dengan simpatisan dan Tim pasangan calon Bupati/ Walikota, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) se Riau berhasil menertibkan 11.890 baliho dan Spanduk Calon Bupati/Walikota. Baliho dan spanduk yang disebut Alat Peraga Sementara (APS) atau Alat Peraga Kampanye (APK) itu ditertibkan karena tidak sesuai dengan aturan, Senin (05/10/2020).

    Kegiatan penertiban APS/APK Paslon Bupati dan Wakil Bupati serta Paslon Walikota dan Wakil Walikota di 9 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau serentak dilaksanakan mulai tanggal 30 September hingga 04 Oktober 200.

    Pelaksanaan penertiban APS/APK Paslon Bupati dan Wakil Bupati serta Paslon Walikota dan Wakil Walikota di 9 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota beserta jajaran Panwaslu Kecamatan dan jajaran PKD serta melibatkan  Satpol PP didampingi pihak kepolisian di masing-masing daerah.

    Dalam melaksanakan tugas penertiban APS/APK Paslon  di 9 Kabupaten/Kota se Riau Bawaslu kabupaten/Kota secara umum berjalan tertib dan aman, walaupun terdapat beberapa penolakan seperti di Kabupaten Rokan Hulu terdapat penolakan dari Tim Paslon Nomor Urut 01 & 02 terhadap APS/APK yang berada di sepanjang jalan protokol seperti di Kecamatan Rambah, Rambah Samo dan Ujung Batu namun penertiban tetap dilaksanakan setelah dilakukan pendekatan  secara persuasif sesuai regulasi yang ada.

    Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti berupa komplain dari salah satu Ketua tim Paslon Nomor urut 01,  menurutnya hanya  APS/APK Paslon 01 saja yang ditertibkan sementara untuk Bacalon Said Hasim – Abdul Rauf  tidak ditertibkan. Bawaslu Meranti kemudian menjelaskan bahwa status Hasim- Abdul Rauf waktu itu masih bersatus bakal calon belum ditetapkan menjadi calon karena  positif covid-19, maka APS nya belum ditertibkan. 

    Sebelum penertiban, Bawaslu Kabupaten/Kota sebenarnya telah mengirimkan surat terlebih dahulu kepada masing-masing  Pasangan Calon (Paslon) agar menurunkan atau membuka sendiri APS/APK yang tidak sesuai dengan aturan tersebut, namun tidak dilaksanakan oleh Paslon

    Jumlah tertinggi APS/APK yang ditertibkan berada di 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Pelalawan dengan Jumlah sebanyak 3.503 dan 1.825 di Kabupaten Rokan Hilir. Sedangkan, 2 Kabupaten terendah jumlah APS/APK yang ditertibkan berada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sebanyak 503 dan Kabupaten Bengkalis dengan jumlah 669 APS/APK.

    Sedangkan jumlah penerti si 5 Kabupaten/Kota lainnya yakni 1.308 APS/APK di Kabupaten Rokan Hulu, 1.216 di Kabupaten Kepulauan Meranti, 1.092 di Kabupaten Siak, 928 di Kota Dumai, dan 846 di Kabupaten Indragiri Hulu.

    Pelaksanaan penertiban diutamakan sekitaran perkantoran pemerintah seperti kantor Kecamatan, kantor Kelurahan, kantor Desa hingga kebeberapa ruas jalan protokol Kabupaten/Kota.

    Ketua Bawaslu Rusidi Rusdan mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Bawaslu Kabupaten /Kota dan semua pihak yang telah membantu proses dan pelaksanaan penertiban APS/APK di Riau. Rusidi berharap agar Bawaslu Kabupaten/Kota agar terus menjaga kerja-sama dengan pihak-pihak yang berwenang dalam menertibkan APS/APK itu.

    “Terima kasih kepada sahabat jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota dan seluruh pihak yang membantu proses dan pelaksanaan penertiban, dan saya berharap kepada Bawaslu Kabupaten/Kota untuk selalu berkerja-sama dengan pihak-pihak berwenang," harapnya. (rilis/raf)



     
    Berita Lainnya :
  • Diwarnai Aksi Protes dan Adu Argumen, Bawaslu Se Riau Tertibkan 11.890 Baliho dan Spanduk Calon Bupati/Walikota
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kapolda Riau : Agresif Dan Lebih Tegas Berantas Narkoba, Polda Riau Kembali Berhasil Ungkap 36 Kg Sabu Dan Amankan 5 Tersangka
    02 Bawa Shabu, Diduga Oknum Perwira Menegah Polri di Riau Tertembus Timah Panas
    03 Polres Inhil Ungkap Kasus Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan
    04 Sebelum Kunker Gubri di Bengkalis, Pj Bupati H Syahrial Abdi Gelar Pertemuan bersama Kepala Puskemas Se-Kabupaten Bengkalis
    05 Total Kasus Covid-19 Capai 634, Pasien Positif 22 Orang dan Meninggal Satu
    06 Ngah Eet: Aku datang Membawa Perubahan, Esa Nomor Urut 4 Pilihan yang Tepat
    07 Berlangsung Sederhana, Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman pimpin Upacara Hari Santri di Ponpes Nurul Furqon
    08 Aktivis LAR Gelar Aksi Demo di Kantor Kejari Pelalawan
    09 Kapolda Riau Pimpin Upacara Hari Santri Nasional di Pondok Modern Nurul Hidayah
    10 Kapolda Riau Sosialisasi UU Cipta Kerja, Pj Bupati Bengkalis Berikan Dukungan
    11 Kapolda Riau Hadiri Sosialisasi Undang - Undang Cipta Kerja (Omnibuslaw) Cluster Ketenagakerjaan
    12 KOMBS Desak Pj Bupati Copot Kadishub Bengkalis, Terkait Pengaturan Armada Kapal Roro Amburadul
    13 Guna Mewujudkan Pemerintahan Yang Bersih dan Berwibawa, Pemkab-Korwil V KPK Sosialisasikan COI
    14 Pj Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi Usulkan Zona Tambahan untuk Kabupaten Bengkalis
    15 LMB dan Masyarakat Kecamatan Bukit Batu Siap Menangkan AMAN
    16 Focus Group Discussion (FGD) Masyarakat Tapung ; Merancang Visi Misi Tapung Maju Tahun 2045 berjalan semarak
    17 Iyeth Bustami : "Duet Bengkales Banyak, Tapi Tak Digunokan Sebeso - besonyo untuk Kepentingan Rakyat"
    18 Cegah Anarkisme, Sekda Kabupaten Siak Pimpin Deklarasi Cinta Damai
    19 Bedelau, 12 peserta Asal Bengkalis Ikuti TC dan Bakal Jadi Peserta MTQ Nasional di Sumbar
    20 Peresmian Kantor UPT KPH Tasik Besar Serkap Resort Dosan, Wujud Kerjasama Segitiga Pemkab Siak-Pemprov Riau - PT Arara Abadi Dalam Pengelolaan Hutan
    21 Pemkab Siak Dukung Rencana PT AJP kembangkan Rumah Hunian Subsidi bagi ASN dan Honorer di Siak
    22 Sat Reserse Narkoba Polres Siak Kembali Menangkap Satu Orang Pengedar Narkoba Di Tualang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI