Selasa, 08-10-2019 - 21:15:29 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Akibat Salah Paham dan Mengkomsumsi Narkoba, Pelaku Pembacokan Di Dayun Akhirnya Tertangkap | | Kegiatan Keramaian, Jika Sudah Kantongi Surat Rekomendasi dari Gugus Tigas Covid-19 | | Hari Terakhir Ops Patub Lancang Kuning 2020, Sat Lantas Polres Pelalawan Bagikan Kotak P3K, Helm Dan 187 Kendaraan Ditilang | | Percam Lubuk Dalam Salurkan BST Kemensos RI Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 | | Pemkam Suak Merambai Salurkan BLT-DD Tahap I II dan III Kepada Warga Yang Terdampak Covid-19 | | 245 KK Kampung Benhul Terima BST Tahap III Untuk Masyarakat Yang Terkena Dampak Covid-19
 
YLBHI-LBH Pekanbaru Gelar Acara Talk Show
Selasa, 08-10-2019 - 21:15:29 WIB

TERKAIT:
 
  • YLBHI-LBH Pekanbaru Gelar Acara Talk Show
  •  

    PEKANBARU, DELIKRIAU - Sempena menyambut hari jadi yang ke-14 YLBHI-LBH Pekanbaru mengadakan acara talk show di gedung balai Lembaga Adat Melayu Riau jalan Diponegoro, Pekanbaru pada Selasa (8/10/2019) pagi tadi dengan mengusung tema Tapak tilas peran LBH Pekanbaru dalam mewujudkan acces to justice di provinsi Riau.

    Diawali kata sambutan dari Andri Alatas selaku Ketua Panitia kegiatan dari YLBHI-LBH Pekanbaru tentang pengenalan dan harapan YLBHI-LBH Pekanbaru kedepannya, acara dilanjutkan dengan talk show yang dibawakan oleh Rian Sibarani, kepala divisi sosial dan budaya di LBH Pekanbaru.

    Rian Sibarani mengatakan, berdirinya LBH Pekanbaru dikarenakan banyaknya pelanggaran hukum dan kasus yang terjadi di Pekanbaru, dan selain kasus biasa LBH Pekanbaru lebih fokus kepada kasus lingkungan, korupsi, perburuhan dan perilaku hakim.

    Dalam acara talk show juga dihadirkan beberapa orang pembicara, diantaranya Suryadi, Mantan Direktur YLBHI-LBH Pekanbaru pada tahun 2011-2013 dan juga menjabat Ketua DPD IKADIN Riau. Indra Jaya (advokat senior) sejak 2007 yang juga menjadi advokasi dilembaga lingkungan hidup. Aditia Bagus Santoso, Direktur YLBHI-LBH Pekanbaru. Hotman Paruliaan Siahaan, koordinator Penghubung KY Riau.

    Mantan Direktur YLBHI-LBH Pekanbaru, Suryadi mengatakan, untuk masuk LBH itu dahulunya pada tahun 2005 harus mengikuti latbakum, (latihan bantuan hukum) dan LBH merupakan sebuah lembaga yang berkerja secara sosial atau tanpa gaji.

    "Rata-rata 30 kasus pertahun yang ditangani oleh LBH Pekanbaru, dan setiap perkara yang ditangani tidak dipungut biaya," ujar Suryadi.

    Dalam sesi tanya-jawab beberapa komunitas dan kelompok yang hadir ada beberapa komunitas yang mengucapkan selamat hari ulang tahun dan terima kasih kepada LBH Pekanbaru.

    Diantaranya dari kelompok disabilitas, usai memberikan apresiasi kepada LBH Pekanbaru, perwakilan kelompok ini memberikan saran kepada LBH Pekanbaru agar memberikan bantuan hukum kepada kelompok disabilitas yang tuna rungu agar punya orang atau tim yang bisa mengerti bahasa tuna rungu guna memudahkan dalam bantuan hukum.

    Dan dari Komunitas pengajian selain memberikan ucapan selamat ulang tahun juga menanyakan apakah LBH Pekanbaru sudah punya usaha untuk menangkis anggapan negatif dari pihak lain, seperti adanya isu yang beranggapan LBH Pekanbaru membela aliran sesat, LGBT serta tuduhan negatif lainnya.

    Dalam menanggapi hal tersebut koordinator Penghubung KY Riau, Hotman Paruliaan Siahaan mengatakan, siapapun harus mendapatkan perlakuan hukum yang sama.

    "Siapa pun dia, dia harus mendapatkan perlindungan hukum, terlepas apapun keyakinannya itu, meskipun konotasi negatifnya ya saya pasti akan dicap membela aliran sesat," jawabnya.

    Ia juga menambahkan, siapapun itu selama dia warga negara harus mendapatkan hak yang sama dimata hukum, termasuk dalam menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

    "Makanya LBH mengambil garis lurus, siapapun itu, kalau dia warga negara, dia harus tetap mendapatkan hak yang sama," tambahnya.

    Sementara itu Aditia menjawab bahwa yang dibela adalah subjeknya, hak dia sebagai warga negara, bukan perbuatannya. (Raf)



     
    Berita Lainnya :
  • YLBHI-LBH Pekanbaru Gelar Acara Talk Show
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kegiatan Keramaian, Jika Sudah Kantongi Surat Rekomendasi dari Gugus Tigas Covid-19
    02 Akibat Salah Paham dan Mengkomsumsi Narkoba, Pelaku Pembacokan Di Dayun Akhirnya Tertangkap
    03 Hari Terakhir Ops Patub Lancang Kuning 2020, Sat Lantas Polres Pelalawan Bagikan Kotak P3K, Helm Dan 187 Kendaraan Ditilang
    04 Pasien positif Covid-19 di Kabupsten Pelalawan Berjumlah 16 orang Sembuh 3 orang
    05 Polsubsektor Pelalawan Melaksanakan Patroli Karhutla, Sekalian Pengecekan Kanal Bloking Dibuat oleh CV Arya Bumi Riau Teknik
    06 Pilkada Bengkalis 2020, Aktivis Mahasiswa dan Generasi Milenial Dukung Program Pendidikan AMAN
    07 Polsek Sei Kijang Laksanakan Kegiatan Kebiasaan Adaptasi Baru Covid-19
    08 Reses Anggota DPD-RI, MISHARTI Serap Aspirasi Warga Desa Kiyap Jaya Pelalawan Riau
    09 Festival Siak Bermadah Ikut Dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020
    10 5 Agustus 2020, Pemkab Meranti Mulai Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Pelajar Tingkat SMP Sederajat
    11 Tetap Kedepankan Independen, PWI Bengkalis "Welcome" Kepada Siapapun
    12 Curi 3 Kardus Rokok, Pasutri Asal Dayun Siak Berhasil Ditangkap Polsek Tapung Hilir Kampar
    13 Guna Cegah C3, Personil Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Patroli di Perumahan Penduduk yang Ditinggal Liburan
    14 Masuk Dalam Bursa Calon Kepala Daerah Pilkada Bengkalis 2020, Iyeth Bustami Berpotensi Sapu Suara Swing Voters
    15 Produksu Pertanian Holtikultur Tak Terkendala pandemi, Bupati Alfedri Bersama Warga Panen Semangka
    16 Sambagi Rumah Korban Kebakaran Warga Minas Barat, Bupati Alfedri Serahkan Bantuan dan Uang Tunai
    17 Pondok Pesantren Kembali Di Buka, Ini Pesan Bupati Alfedri
    18 Kapolsubsektor Pelalawan Zulmaheri Lakukan Penerapan Pola Adaptasi Untuk Menghadapi Wabah Virus Covid-19
    19 Polsek Bandar Sei Kijang Bersama Masyarakat Berhasil Tangkap2 orang Diduga Pelaku Curanmor
    20 Safari Jum'at, H.Alfedri: Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan Langkah Terbaik Dalam Memerangi Penyebaran Covid-19
    21 Bupati Alfedri: Mari Bersama Kita Mengambil Ibrah Dari Kisah Pengorbanan Nabi Ibrahim
    22 Hari Raya Idul Adha 1441 H, Rahmah Yenny Kembali Sumbang Hewan Qur'ban Satu Ekor Sapi di Desa Sepahat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI